Kami sudah melakukan riset tentang penggunaan corel draw untuk para Visual Artist. Tetapi ketika dibandingkan dengan aplikasi lain seperti Adobe Illustrator, ada sedikit kelemahannya. Soal fitur juga harus diakui ada beberapa yang sudah terkesan jadul dan perlu diganti.

Baca Juga : Situs dan Aplikasi Hapu

Background Foto dengan Mudah

Bagi Illustrator, desainer grafis, hingga Visual Artist dari mana saja akan menggunakan CorelDraw untuk penggunaan sehari-harinya. Aplikasi ini seakan datang untuk menjadi solusi agar menghasilkan grafis, foto, dan desain yang menakjubkan dan tingkatkan kreativitas.

Selain itu, untuk target pemakaiannya juga mulai dari bisnis yang baru berkembang atau yang mencoba menghasilkan karya seni agar menarik perhatian lebih banyak orang. Jika tidak ada PC, maka Handphone juga bisa digunakan untuk masuk ke aplikasi resmi CorelDraw.

Aplikasi ini juga sangat berguna untuk menghasilkan karya seni digital 2D. Simpel tetapi tetap fungsional, kata-kata ini cocok untuk setiap kali Anda membuat desain, brosur, logo, kartu undangan menggunakan CorelDraw. Tetapi, apakah CorelDraw mutlak harus dipilih?

Perbandingan Corel Draw dengan Adobe Illustrator untuk Visual Artists

Tools dan Shortcut Corel Draw

Baik CorelDraw maupun Adobe Illustrator adalah program menghasilkan desain grafis yang menggunakan teknik vektor. Oleh karena penggunaannya yang mirip, maka kami akan coba membandingkan keduanya. Adapun beberapa faktor pertimbangannya antara lain:

  • Biaya Langganan – CorelDraw

Yang pertama adalah dalam segi biaya langganan. Adobe Illustrator menggunakan sistem pembayaran bulanan yang akan membuat lebih mahal jika digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Sedangkan corel draw sekali bayar untuk selamanya.

  • Jumlah Tools Unggulaan – CorelDraw

Jumlah tools yang diunggulkan juga lebih banyak dari Adobe Illustrator. Salah satunya adalah tools Steep Leaning Curve yang bisa membuat tulisan atau gambar tidak hanya lurus, tetapi juga melengkung tidak ada di aplikasi Illustrator.

  • Aksesibilitas dengan Program-Program – Adobe Illustrator

Nilai jual utama dari Illustrator adalah aplikasi ini bisa terhubung dengan program lain yang mungkin dibutuhkan oleh desainer. Misalnya untuk share ke apps lain, Illustrator ini tidak perlu di save dulu baru membagikannya, tetapi bisa share langsung.

  • Kemudahan Pemakaian – CorelDraw

Keunggulan corel draw selanjutnya adalah kemudahan pemakaian, dimana jika Anda tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup, tinggal kunjungi saja situsnya dan log in ke akun yang terdaftar. Seluruh karya Anda juga akan tersimpan di akun itu.

  • Lebih Banyak Digunakan Professional – Adobe Illustrator

Adobe Illustrator harus diakui mendapat atensi yang lebih besar dari para profesional. Pemakaiannya lebih cocok untuk High Industry, sedangkan CorelDraw lebih untuk yang tidak ingin ribet. Jadi, Anda perlu pelajari Illustrator dulu sebelum terlambat!

Tools yang Banyak Digunakan Oleh Visual Artist di Corel Draw

Tools dan Shortcut Corel Draw

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya kalau CorelDraw merupakan aplikasi yang sangat kaya akan tools. Tools ini adalah alat bantu yang membuat kerja pemakainya lebih mudah. Misalnya ketika mau buat kolom persegi, maka ada tools yang bernama rectangle Tools.

Selain itu, masih ada banyak tools yang wajib Anda ketahui agar saat digunakan nanti tidak bingung apa saja fungsinya. Pelajari tools baru mulai menjalankan desainnya. Ini baru langkah yang benar, adapun tools yang wajib Anda kuasai di corel draw antara lain:

Tools pertama adalah Pick Tool, yang fungsinya adalah untuk memilih gambar. Kalau Anda tidak memilih pick tool jika ingin memindahkan atau mengedit gambar, maka akan disesuaikan dengan tools terakhir, akan bahaya jika memilih Erase Tools.

Di gambar yang dipilih tadi, Anda bisa menambahkan semacam persegi, lingkaran, atau bahkan segitiga di dalamnya. Ini adalah tools corel draw yang dinamakan Shape Tool. Objek yang dipilih ada banyak, dan bisa disesuaikan dengan penggunaan.

Kalau Crop ini berguna untuk Anda yang ingin menghilangkan beberapa bagian di foto atau objek. Tetapi tools yang satu ini bisa dipakai jika objek yang ingin dihilangkan itu letaknya di ujung. Jika di tengah-tengah, ada tools lain yang bisa digunakan.

Tools yang satu ini adalah alat bantu yang sering membuat keajaiban di corel draw. Tools ini membantu Anda menggambar desain yang diinginkan. Freehand atau jika kita artikan adalah “Membantu”, merupakan tools yang membuat pemula terbantu.

Dari namanya saja kita sudah membayangkan segi empat, bukan? Tools yang satu ini adalah untuk yang ingin membuat objek persegi atau persegi panjang. Tarik saja cursor ke arah berlawanan, dan akan langsung membentuk objek segi empat.

Kalau polygon ini hampir sama penggunaannya dengan tools corel draw Rectangle. Tetapi Polygon ini adalah bentuknya lebih dari 4 sudut, seperti membuat tanda panah, bintang, spiral, hingga segi 5, semua menggunakan tools Polygon satu ini.

Bagaimana jika ingin menambah tulisan pada corel draw? Jawabannya simpel, yaitu dengan Text Tool yang akan display tempat untuk Anda mengetik tulisan. Text Tool ini juga bisa disesuaikan besar kecilnya sesuai dengan keinginan desainer.

Eye Dropper ini berkaitan dengan warna, warna apa yang bisa sesuai dengan satu objek di posisi itu. Coba saja Anda copy satu objek dan paste di tempat lain yang latar belakangnya berbeda. Klik juga Eye Dropper dan gambar akan berubah warna.

Tools andalan corel draw juga ada Smart Fill, atau pengisian cerdas. Tools ini sangat mirip dengan tools paint bucket pada Microsoft Paint, yaitu tools yang membuat Anda bisa dengan cepat mengisi warna pada objek yang sudah terbentuk.

Karena berperan sebagai desainer, maka setiap detail perlu diperhatikan. Maka dari itu, Anda perlu berulang kali melakukan zoom in dan zoom out. Tetapi ini tidak bisa dilakukan langsung, ada alat bantu untuk membuat tampilan lebih besar.

Fitur-Fitur Unggulan Aplikasi Corel Draw

Tools dan Shortcut Corel Draw

Bagaimana setelah mendengar penjelasan masing-masing tools di atas? Apakah Anda merasa kalau butuh lebih banyak hal untuk membuat Anda yakin? Kalau begitu, mungkin saja tentang fitur bisa membuat semakin yakin, karena jumlahnya yang juga lumayan banyak.

Fitur pertama adalah Multi-Monitor, fitur yang membuat pengguna bisa melakukan desain di lebih dari satu monitor. Apalagi jika ingin tampilan yang luas, maka fitur ini akan sangat membantu. Selain itu, ada juga Healing Clone yang membuat kualitas objek meningkat.

Misalnya saat pewarnaan ada beberapa titik yang tertinggal. Jika Anda menggunakan fitur Healing Clone yang disediakan corel draw, maka tampilannya langsung lebih sempurna. Ini juga berkaitan dengan Powerful Stylus Enhancements, sistem baru dari CorelDraw.

Fitur lain mungkin adalah untuk printing. Mungkin kualitas yang dihasilkan di Illustrator saat di print tidak sebaik yang ada di komputer. Tetapi jika Anda menggunakan fitur dari CorelDraw ini, maka tidak perlu lagi khawatir akan menurun kualitasnya.

Saat ini, dikabarkan kalau pihak CorelDraw sedang mengusahakan sistem yang terintegrasi. Artinya, satu desain bisa dikerjakan bersama-sama sebagai tim, seperti yang ada di Canva atau beberapa aplikasi lain. Jika ini tercapai, corel draw akan semakin sempurna.

Shortcut Keyboard yang Wajib Visual Artist Ketahui

Tools dan Shortcut Corel Draw

Anda sudah tahu banyak tentang tools hingga keunggulan aplikasi CorelDraw ketimbang banyak aplikasi desain grafis lainnya. Tetapi penggunaan ini tidak akan berarti jika tidak mengetahui shortcut atau jalan pintar keyboardnya. Shortcut yang wajib diketahui yaitu:

  1. Sejajarkan di bawah – B
  2. Sejajarkan objek di tengah secara horizontal – C
  3. Sejajarkan objek di tengah secara vertikal – E
  4. Sejajarkan ke Kiri – L
  5. Sejajarkan ke Kanan – R
  6. Sejajarkan ke Atas – T
  7. Pindahkan gambar ke lapisan bawah – Ctrl + PgDn
  8. Pisahkan Gambar Ctrl + K
  9. Mengatur Brightness / Kontras / Intensity – Crtl + B
  10. Menyeimbangkan warna – Ctrl + Shift + B
  11. Cut – Ctrl + X
  12. Delete – Delete
  13. Copy – Ctrl + Insert
  14. Duplicate – Ctrl + D
  15. Eraser – X
  16. Mengecilkan ukuran Font – Ctrl + Numpad2
  17. Membesarkan ukuran Font – Ctrl + Numpad8
  18. Freehand – F5
  19. Import – Ctrl + I
  20. New – Ctrl + N
  21. Options – Ctrl + J
  22. Print – Ctrl + P
  23. Text – F7

Baca Juga : Ini Cara Menyembunyikan Foto dan Video di Galeri iPhone

Itulah beberapa shortcut penting yang kami rasa perlu Anda ketahui. Sebenarnya masih ada banyak, tetapi tidak semua bakal digunakan selama Anda masih di aplikasi desain. Untuk user corel draw, sangat wajib pahami beberapa tools dan shortcut utamanya lebih dulu.

Sumber Link: Kunjungi website