Saat menerima foto yang dikirim melalui WhatsApp, gambar sering terlihat buram karena kualitas. Ini karena WhatsApp menulis file gambar yang dikirim, jadi lebih kecil dan lebih mudah untuk dipindahkan.

Namun, ada cara untuk membuat foto yang dikirim melalui WhastApp agar tetap dalam resolusi tinggi, sehingga gambar tidak buram.

Cara menyimpan file gambar yang dikirim melalui WhatsApp dalam resolusi tinggi adalah dengan menggunakan fitur untuk mengirim dokumen. Jenis file ini memiliki sedikit waktu, terutama jika ukuran file cukup besar.

Metode ini dapat dilakukan pada platform Android dan iOS. Pada platform yang sama metode ini sangat mirip, kecuali iPhone / iPad, caranya sedikit lebih rumit.

Android

Di ponsel Android, cara mengirim foto melalui WhatsApp tanpa resolusi lebih rendah, atau dalam bentuk dokumen dapat dilakukan dengan cara yang lebih mudah.

Sama seperti mengirim gambar biasa, klik menu lampiran dalam bentuk ikon penjepit kertas di bawah ini, atau di sebelah ikon kamera. Kemudian, pilih opsi dokumen.

Lanjutkan dengan mengklik “browse dokumen lain” (cari dokumen lain). Pilih gambar mana yang akan dipilih, jika Anda hanya memilih satu, klik opsi “kirim” yang muncul.

Jika Anda ingin mengirim lebih dari satu foto, sentuh dan tahan gambar hingga muncul tanda centang biru, lalu pilih beberapa foto lain yang Anda suka. Kemudian pilih opsi “buka” di kanan atas, dan pilih opsi “kirim”.

Foto yang dikirim berupa file dokumen dalam format JPG. Bedanya dalam mengirim gambar biasa, gambar mini gambar tidak terlihat. Karena itu, penerima harus terlebih dahulu membuka file untuk mengetahui konten gambar.

Karena pengiriman dalam bentuk dokumen, foto tidak akan masuk ke galeri foto tetapi di folder “file”. Gambar-gambar tersebut berada di “WhatsApp Docs”.

Baca Juga:  Para Ilmuwan Berhasil Melacak Asal Ledakan Radio Yang Cepat Dari Galaksi Yang Jauh

iOS (iPhone / iPad)

Pengiriman yang sama melalui iPhone agak rumit. Karena Anda memerlukan bantuan “File Files” untuk menautkannya ke iCloud. Setelah gambar disimpan di “File Aplikasi”, cara untuk mengirimnya sama dengan Android.

Pilih ikon lampiran, lalu pilih file gambar yang disimpan di “File Files”, lalu kirim gambar.

Karena resolusi gambar tidak dikompresi, tentu saja, konsekuensinya adalah menggunakan lebih banyak data untuk mengunggah gambar. Namun resolusi tetap dipertahankan.

Waktu yang diperlukan untuk mengunggah atau mengirim sedikit lebih lama, dibandingkan dengan mengirim foto dengan cara biasa, atau dikompresi.

Tetapi tidak ada salahnya menggunakan metode ini jika gambar resolusi tinggi benar-benar dibutuhkan segera.

Sumber Artikel : https://www.jualanbarang.com/blog/teknologi/tips-mengirim-foto-di-whatsapp-tanpa-menurunkan-kualitas/

Belum ada peringkat.

Berikan rating untuk post ini ?