Ingin membeli smartphone sesuai kebutuhan namun terkadang masih tergoda dengan spek tinggi atau smartphone keluaran terbaru? Saat ini peminat smartphone memang sering dimanjakan dengan banyaknya penawaran yang ada di pasar.

Baca Juga : 12 Cara Mudah Mengatasi Baterai Tanam yang Panas pada Handphone anda

Perangkat dari berbagai kategori dan jenjang harga seakan siap memenuhi kebutuhan calon konsumen. Sehingga hal tersebut membuat Anda kesulitan memilih smartphone mana yang sebaiknya dibeli.

Supaya tidak salah pilih, sebaiknya ada beberapa hal yang perlu dijadikan sebagai bahan pertimbangan misalnya mengenai kebutuhan Anda saat membeli smartphone. Sebaiknya ketahui dulu kebutuhan Anda, agar bisa menyelesaikan sesuatu sesuai dengan aktivitas.

Anda harus tahu terlebih dahulu kebutuhan seperti apa yang ingin dipenuhi dari sebuah smartphone karena setiap orang memang memiliki prioritas masing-masing mengenai spek pada smartphone.

Beberapa orang mungkin menginginkan gadget dengan daya tahan tinggi namun yang lainnya bisa saja mengutamakan kemampuan kamera yang mumpuni dan lain-lain. Kebutuhan content creator tentu saja akan berbeda dengan kebutuhan para pembisnis.

Jadi agar Anda terpuaskan dengan smartphone yang akan Anda beli, cari tahu terlebih dahulu kebutuhan Anda. Untuk lebih jelasnya berikut uraian mengenai cara membeli smartphone agar tidak keliru.

Apa Alasan Anda Membeli Smartphone Baru?

membeli smartphone sesuai kebutuhan

Seperti pembahasan diatas di mana ketika Anda ingin membeli smartphone sesuai kebutuhan caranya adalah dengan mengetahui apa alasan Anda membelinya. Apakah benda-benda mendesak atau hanya ingin saja.

Mungkin terdengar klasik dan bahkan klise, ketika Anda akan membeli sesuatu maka berilah karena memang Anda benar-benar membutuhkannya bukan karena keinginan semata atau hanya bermodal ikut-ikutan saja.

Begitu juga dalam hal gadget, seorang content creator misalnya seperti youtuber, selebgram dan semacamnya sudah pasti akan memilih handphone dengan kualitas kamera yang mumpuni karena memang digunakan untuk kepentingan foto dan video.

Perbedaan lagi jika Anda adalah seorang gamers, biasanya para gamers akan memilih handphone yang memiliki ketahanan baterai dan ram yang sangat besar. Sedangkan untuk anak sekolah, biasanya hanya membutuhkan handphone dengan harga ekonomis.

Handphone anak sekolah identik digunakan untuk mengakses zoom meeting dan WhatsApp saja sehingga tidak masalah jika speknya tidak terlalu tinggi. Setelah mengetahui alasan Anda membeli gadget maka Anda bisa mencari tahu mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Tentukan OS Android atau iOS Saat Akan Membeli Smartphone

membeli smartphone sesuai kebutuhan

Agar Anda benar-benar membeli smartphone sesuai kebutuhan maka tentukan terlebih dahulu jenisnya, apakah berbasis OS Android atau iOS. Perlu diketahui bahwa jika dilihat dari segi jumlah maka Android paling banyak digunakan dibanding iOS.

Orang-orang lebih dominan memilih Android karena dianggap lebih variatif dengan harga terjangkau dibanding dengan kios yang hanya bisa digunakan pada iPhone saja. Kamu tenang saja karena keduanya juga memiliki fitur unggulan yang tak kalah menarik.

Misalnya saja iOS sudah membawa pembaruan iOS 13 pada produk ponsel terbarunya yaitu seri iphone 11 kemudian ada fitur unggulan yaitu dengan menambah emoji, drag mode, screen time dan lain-lain 

Sedangkan Android, kini juga sudah ada dark mode hanya saja Anda perlu melakukan pembaruan untuk mendapatkan fitur tersebut. Android memiliki beragam fitur baru misalnya seperti screen recording, kontroversi, mode fokus dan lain-lain.

Jadi tentukan terlebih dahulu apakah Anda akan membeli ponsel berbasis Android atau iOS. Sesuaikan dengan kebutuhan mana yang lebih membantu aktivitas sehari-hari Anda apakah Android atau iOS.

Membeli Smartphone Sesuai Kebutuhan dengan Menentukan Budget

membeli smartphone sesuai kebutuhan

Hal yang tak kalah penting adalah menentukan budget atau anggaran untuk membeli ponsel. Dengan menentukan besaran budget artinya ada sedang memper sepi cakupan opsi yang akan dipilih sehingga tidak terlalu pusing memilih merk dan tipe.

Secara umum ponsel sendiri terbagi menjadi tiga kelas harga, entry-level atau harga paling bawah berada di kisaran 1 sampai 2 juta, kemudian ada mid range yang biasanya banyak dipakai oleh kalangan menengah ke bawah yaitu dengan harga 3 sampai 5 juta.

Dan yang terakhir ada tipe flagship yang biasanya sering dibeli oleh kalangan menengah ke atas yaitu dengan harga di atas 8 juta. Tentu saja semakin tinggi harga ponsel maka kualitasnya dan fitur juga semakin lengkap dan mumpuni.

Kembali lagi, ada harus membeli smartphone sesuai kebutuhan dan tujuan awal membeli ponsel dan hindari memaksakan diri untuk membeli bangsa mahal padahal tidak sesuai dengan aktivitas sehari-hari Anda.

Karena artinya anggaran akan terbuang sia-sia namun fungsi tidak bisa dimaksimalkan. Percuma jika Anda membeli HP dengan spek tinggi bahkan memiliki banyak fitur jika fitur-fitur tersebut tidak terpakai.

Coba tanyakan lagi pada diri Anda apakah Anda puas dengan ponsel entry level atau membeli produk dengan segmen yang lebih tinggi? Jika membeli smartphone dengan harga yang cukup mahal, apakah nantinya ponsel tersebut sesuai dengan kebutuhan?

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Agar Anda Membeli Smartphone Sesuai Kebutuhan

membeli smartphone sesuai kebutuhan

Alasan membeli ponsel kemudian menentukan kios atau Android serta budgeting memang sangat penting, namun tetap saja ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan Anda secara matang yaitu:

1. Pilih Brand Smartphone yang Terkenal Berkualitas

Beberapa merek ponsel menjadi populer dan banyak dicari. Tentu saja hal tersebut bukan tanpa alasan karena brand tertentu memang memiliki kualitas yang mumpuni bahkan dengan harga terjangkau.

Carilah brand yang benar-benar memberikan jaminan kualitas yang setara dengan smartphone kelas tinggi, tidak masalah jika barang tersebut merupakan brand pendatang baru jika memiliki review yang baik dari para penggunanya.

Apalagi di era yang serba digital seperti sekarang ini, segala macam informasi bisa didapatkan dengan mudah. Bahkan adanya perlu berselancar pada Google search saja untuk mendapatkan informasi mengenai brand yang dipopulerkan banyak orang.

2. Cari Tahu Ukuran Layar yang Sesuai

Membeli smartphone sesuai kebutuhan juga bisa dilihat dari ukuran layar yang sesuai. Mungkin Anda pun bertanya-tanya mengenai berapa ukuran ideal layar ponsel pintar untuk setiap orang?

Jawabannya adalah tergantung dari ukuran tangan dan panjang jari, misalnya saja tangan Anda cukup lebar maka bisa mencoba membeli smartphone dengan layar 6 inci atau lebih karena akan pas saat dipakai.

Sedangkan untuk anak-anak atau remaja maka sebaiknya pilihlah smartphone dengan layar berukuran 5 inci saja karena sudah cukup sesuai dengan tangan anak atau remaja, perhatikan pula screen-to-body untuk meningkatkan kenyamanan.

3. Ketahui Spesifikasi Secara Mendetail

Penting sekali mengetahui spesifikasi smartphone itu sendiri misalnya seperti jumlah processor, kapasitas RAM dan memori internal agar tidak ada kendala di kemudian hari selain berfokus pada membeli smartphone sesuai kebutuhan.

Perlu diketahui bahwa spesifikasi ponsel memiliki korelasi yang sangat besar dengan kebutuhan Anda. Misalnya baterai besar akan menunjang daya tahan perangkat sehingga Anda bisa memakainya tanpa harus sering melakukan charge.

Sedangkan spesifikasi yang baik mengenai rangkaian kamera bisa menentukan objek eksplorasi fotografi. Untuk Anda yang hobby memakai kamera ponsel untuk mendapatkan gambar atau video menarik.

Tips Membeli Smartphone Sesuai Kebutuhan dengan Harga Murah

membeli smartphone sesuai kebutuhan

Ada harga ada kualitas, memang sering dijadikan acuan oleh banyak orang akan sangat tidak mungkin ada smartphone dengan spek tinggi namun harganya sangat murah. Jika pelampung murah tentu saja Anda pun patut mencurigainya.

Namun tenang saja karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan smartphone dengan harga yang cukup terjangkau. Beberapa smartphone bahkan sudah dijual melalui e-commerce atau dijual secara online.

Menariknya Anda bisa membeli smartphone sesuai kebutuhan melalui program promo karena ikomas biasanya sering sekali menggelar ajang promosi sehingga Anda bisa mendapatkan produk dengan harga lebih murah saat membeli online.

Penting untuk diingat, Anda harus berhati-hati saat membeli ponsel secara online, ada banyak akun abal-abal yang menyediakan smartphone dengan harga murah spek tinggi namun hanya tipu-tipu belaka.

Belilah pada e-commerce terpercaya dan pastikan Anda membelinya pada official store brand smartphone. Biasanya harga akan lebih murah di momen-momen tertentu misalnya penawaran akhir tahun atau awal bulan.

Anda hanya perlu memantau linimasa media sosial dan situs berita untuk brand-brand tertentu agar mendapatkan smartphone dengan spek tinggi namun dengan harga yang sangat terjangkau.

Baca Juga : 2 Cara Membuat Sorotan di IG Terupdate

Pastikan ketika Anda akan membeli smartphone maka Anda perlu berhasil terlebih dahulu mengenai spek-spek terbaru sekaligus harganya. Tentukan kisaran budget, spek, kemudian cobalah berselancar di google search agar berhasil membeli smartphone sesuai kebutuhan Anda.

Sumber Link: Kunjungi website