Berbicara tentang cara logout gmail di android sebenarnya tidak terlalu rumit. Hanya dalam beberapa detik Anda dapat mempraktikkannya di perangkat Anda sendiri. Tapi walaupun sederhana, penting untuk kamu ketahui.

Baca juga: Cara Cepat Memblokir Nomor Tidak Dikenal di WhatsApp

Alasan bisa dibilang penting adalah karena fitur penghafal kata sandinya. Setelah Anda selesai membuat alamat email dan kata sandi, sistem akan memberi tahu Anda apakah Anda perlu mengingat kata sandi atau tidak.

Jika Anda mengizinkannya untuk diingat, Anda tidak perlu memasukkan kembali kata sandi setiap kali Anda masuk ke email itu. Namun, fitur ini juga berarti bahwa email Anda akan dapat diakses oleh orang lain jika Anda lupa untuk keluar dari akun Anda.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara keluar dari akun Gmail di Android. Walaupun mungkin kamu sudah tahu, tapi setidaknya kamu bisa mengingatkan mereka untuk tidak lupa logout setelah login ke perangkat yang bukan milikmu. Atau nanti saat Anda akan menjual perangkat tersebut.

1. Log out email di ponsel melalui aplikasi default Gmail

Sign Out Email di HP melalui Aplikasi Gmail

Metode pertama dari cara logout gmail di android yang bisa kamu coba dulu adalah melalui aplikasi bawaan Gmail itu sendiri. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke aplikasi gmail di smartphone kamu.
  2. Lihat di pojok kiri, Anda akan melihat simbol 3 garis horizontal, klik simbol tersebut. Sebuah jendela dengan beberapa menu akan muncul, gulir hingga Anda menemukan menu “pengaturan”. Klik pada bagian itu.
  3. Setelah itu, masuk ke bagian yang menampilkan akun email yang Anda miliki. Anda tidak perlu menyentuh bagian itu karena yang perlu Anda lakukan hanyalah mengeklik tiga titik di sudut kanan halaman.
  4. Setelah simbol itu, muncul jendela dengan 2 opsi, yaitu “kelola akun” dan “bantuan dan masukan”. Anda mengklik opsi pertama.
  5. Kemudian sistem akan mengarahkan Anda ke bagian sinkronisasi pengaturan smartphone. Bagian ini mencantumkan data Anda yang disimpan di setiap akun. Sekarang klik pada bagian berlabel “google”.
  6. Di sini Anda akan menemukan daftar akun email yang telah Anda buat melalui Google. Anda tinggal memilih salah satu akun.
  7. Setelah dipilih, sekarang fokuskan mata Anda pada simbol lingkaran yang berisi titik-titik. Klik pada simbol, pilih “hapus akun”.
  8. Untuk masuk ke bagian sinkronisasi ini, Anda juga dapat memasukkan gambar profil di sudut kanan atas melalui email Anda. Setelah mengklik, pilih “kelola akun di perangkat ini”.

2. Keluar dari Gmail di Browser Android Chrome

Keluar dari Gmail di Chrome

Lebih dari cara logout gmail di android yang bisa anda lakukan adalah melalui browser google chrome. Langkah-langkahnya juga sangat sederhana seperti pada versi aplikasi. Berikut penjelasannya:

  1. Buka halaman utama browser web Google Chrome Anda. Lihat di pojok kanan atas tempat avatar atau foto profil Anda berada. Klik pada bagian itu.
  2. Sebuah halaman akan muncul yang mencantumkan semua akun Gmail yang Anda miliki. Anda tidak perlu menyentuh akun karena yang perlu Anda lakukan hanyalah mengeklik tombol “kelola akun” di bagian bawah daftar akun Gmail.
  3. Kemudian sistem akan membawa Anda ke halaman yang sama persis dengan yang sebelumnya. Tidak apa-apa, ini bukan kesalahan karena sistem telah mengaturnya seperti itu. Kali ini pilih “kelola akun di perangkat ini” di halaman itu.
  4. Sekali lagi Anda akan melihat halaman baru yang masih menampilkan akun Gmail yang Anda miliki. Tetapi jika Anda melihat bagian akhir, Anda akan menemukan menu baru yang bertuliskan “log out and turn off sync”.
  5. Klik tombol tersebut jika Anda benar-benar ingin keluar dari akun Google Anda melalui smartphone. Tetapi Anda harus ingat bahwa jika Anda logout di menu, sinkronisasi akun Anda dengan Google akan dihapus.

3. Cara Log Out Akun Gmail di Android melalui Pengaturan Smartphone

Akun Gmail di Android melalui pengaturan smartphone

Cara alternatif yang bisa Anda pilih untuk keluar dari akun Gmail Anda juga bisa melalui pengaturan smartphone. Sedangkan settingan merek smartphone ini mungkin berbeda satu sama lain.

Oleh karena itu, berikut ini penjelasan berbagai cara berdasarkan settingan merk Android berikut ini:

  • Cara Logout Gmail Di Hp Android Xiaomi :

  1. Masuk ke pengaturan smartphone xiaomi ini. Anda dapat masuk ke pengaturan dengan masuk ke menu seperti biasa. Selain itu, bisa lebih cepat dengan menyeret layar di halaman utama.
  2. Lihat di sudut kanan atas, Anda akan menemukan simbol roda gigi, klik di atasnya.
  3. Setelah Anda memasuki halaman pengaturan, gulir hingga Anda menemukan pengaturan akun. Klik bagian “Sinkronkan” untuk menunjukkan bahwa perangkat xiaomi Anda sudah terhubung ke akun.
  4. Pilih akun Google dan beberapa akun email yang telah Anda buat melalui Gmail akan muncul. Pilih akun dari mana Anda ingin keluar.
  5. Kemudian pada halaman baru yang muncul, lihat di bagian bawah, ada lingkaran dengan titik di dalamnya.
  6. Tekan tombol itu dan sebuah jendela akan muncul dengan 2 opsi, yaitu sinkronkan sekarang atau hapus akun. Pilih “hapus akun” dan akun Anda keluar.
  • Logout Gmail di HP Android Oppo

  1. Masuk ke menu setting atau pengaturan smartphone Oppo.
  2. Setelah Anda memasuki halaman pengaturan, gulir sampai Anda menemukan bagian ‘akun dan sinkronisasi’.
  3. Dari sekian banyak akun yang ditautkan ke perangkat Oppo, pilih akun Google.
  4. Daftar akun Gmail yang Anda miliki akan muncul, pilih yang ingin Anda hapus.
  5. Setelah mengklik salah satu akun Gmail Anda, akan muncul beberapa menu, seperti: “login and security”, “personal info and privacy” dan “account preferences”. Di menu, pilih “login dan keamanan”.
  6. Kemudian akan muncul beberapa halaman menu untuk mengatur keamanan akun, abaikan saja. Di sini Anda hanya perlu menekan “hapus akun” dengan ikon tempat sampah.
  7. Akun Gmail yang Anda pilih telah keluar.

Saya baru saja ingin keluar dari Android, mengapa saya harus menghapus akun saya?

Dari penjelasan 3 jenis cara logout di smartphone pasti kalian bingung. Saya hanya ingin logout agar saya bisa login lagi nanti, tapi kenapa saya harus menghapus akun saya?

Berdasarkan konfirmasi dari Google sendiri, tidak ada cara logout gmail di android tanpa menghapus akun bila dilakukan melalui Android.

Berbeda dengan apa yang dapat Anda lakukan di PC di mana Anda dapat logout sementara. Jadi jika nanti Gmail dibuka oleh orang lain, maka akan muncul halaman login, bukan akun pribadi Anda. Namun, password tersebut tetap disimpan sehingga Anda dapat dengan mudah login kembali nanti.

Anda tidak dapat melakukannya di smartphone. Untuk logout secara otomatis, hapus juga sinkronisasi akun Anda dengan gmail. Jadi jika Anda ingin masuk kembali ke akun email Anda, Anda harus mengetik ulang alamat gmail dan kata sandi Anda secara manual di kolom login di Gmail.

Bisakah saya keluar dari akun Gmail saya di perangkat lain?

Tidak perlu lagi mencari dan mengingat perangkat mana yang terkait dengan akun gmail Anda. Cukup dari smartphone yang Anda gunakan sekarang, Anda dapat memutuskan sambungan dari perangkat lain dari jarak jauh. di sini cara logout gmail di hp lain yang:

  1. Masuk ke akun gmail Anda, klik gambar profil di sudut kanan atas. Pada akun Gmail yang sedang Anda gunakan, terdapat menu “manage your Google account”. Klik pada kartu menu.
  2. Sistem akan mengarahkan Anda ke pengaturan yang lebih detail di akun Gmail Anda. Gulir melalui kolom pengaturan di atas sampai Anda menemukan tombol “keamanan”.
  3. Pada halaman keamanan, gulir ke menu “perangkat Anda”, yang menunjukkan riwayat perangkat mana yang disinkronkan dengan akun Gmail Anda. Tekan tombol “Kelola perangkat”.
  4. Perangkat yang terhubung ditampilkan lebih jelas. Sekarang yang harus Anda lakukan adalah mengklik tiga titik pada perangkat yang bukan milik Anda. Pilih “log out” di jendela yang muncul.

Baca Juga : Cara Menghapus Akun Instagram Orang Lain Tanpa Rumit

Itu adalah apa cara logout gmail di android dan hal-hal penting lainnya untuk dibagikan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sumber Link: Kunjungi website