Huawei P50 akan resmi dirilis di seluruh dunia pada Januari 2022. Pada Desember 2021, versi P50 Pocket dirilis di China. Kehadiran Huawei disambut antusias oleh para penggemar gadget di Tanah Air karena Huawei merupakan brand yang dikenal dengan smartphone high-end dan high-end-nya.

Baca Juga: Fitur dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE Terbaru

Sejak Juli 2021, kabar soal varian P50 sudah beredar di masyarakat. Juga, banyak bocoran mengenai spesifikasi ponsel Huawei telah keluar. Kali ini, Huawei menghadirkan dua tipe ponsel dari varian P, yakni P50 dan P50 pro.

Di Indonesia, Huawei merupakan smartphone yang memiliki cukup banyak penggemar setia. Memang ponsel pabrikan China ini kebanyakan bertipe kelas wahid. Huawei P50 juga kabarnya ditujukan untuk kalangan menengah ke atas.

Versi ROM China yang diluncurkan Huawei memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni. Menurut laporan, beberapa perbedaan dan peningkatan telah dilakukan untuk versi global. Jika Anda penggemar smartphone Huawei, lihat spesifikasi lengkapnya di bawah ini.

Spesifikasi Huawei P50 Versi Global

Huawei P50 - Huawei P50 pro

Untuk P50 versi global, chipset yang digunakan adalah Snapdragon 888 4G. Untuk sistem operasinya sendiri, P50 disematkan dengan HarmonyOS 2.0. Untuk tipe layarnya sendiri, P50 sudah menggunakan OLED yang mampu menampilkan 1 miliar warna, dan refresh rate hingga 90Hz.

Ukuran layarnya sendiri adalah 6,5 inci dengan resolusi 1228 x 2700 piksel, sehingga pengguna bisa dengan senang hati menonton atau bermain game melalui layar lebar tersebut. Huawei P50 dihadirkan dengan kerapatan 458 ppi, yang mampu menampilkan kualitas gambar lebih baik.

Versi Huawei P50 hadir dengan RAM 8 GB, dengan dua pilihan penyimpanan internal, yakni 128 GB dan 256 GB. Tersedia pula slot kartu berjenis Nano Memory yang mendukung memori eksternal hingga kapasitas 266 GB. Slot kartu juga dapat digunakan sebagai tempat untuk kartu SIM tambahan.

Ponsel Huawei ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas jumbo, yakni 4100 mAh, non-removable. Ada juga fungsi quick charge yang mencapai 66W sehingga baterai bisa terisi penuh dalam waktu singkat.

Beberapa fitur menarik yang disematkan di Huawei P50 seperti sidik jari yang tersedia, sensor spektrum warna, fungsi kompas dan banyak lagi. Pada versi P50, pilihan warnanya adalah hitam, emas, dan putih.

Manfaat kamera disajikan di P50

Huawei P50 - Huawei P50 pro

Salah satu hal yang menarik dari P50 adalah kameranya. Huawei mengintegrasikan tiga kamera, dengan kamera utama memiliki resolusi 50 MP. Kamera telephotonya sendiri berukuran 12 MP yang bisa di-zoom hingga 5x.

Sedangkan untuk kamera ultra-wide sendiri dihadirkan dengan resolusi 13 MP, f/2/2. Kamera utama di Huawei P50 hadir dengan berbagai fitur menarik, di antaranya tersedianya dual LED flash. Fungsi ini membuat rekaman lebih cerah di malam hari.

Kamera utama pada smartphone Huawei ini dirancang oleh Leica, perusahaan kamera ternama di Jerman. Sejak 2013, Huawei dan Leica telah bekerja sama, membuat hampir semua kamera Huawei berkualitas tinggi.

Fitur seperti panorama dan HDR juga masih tersedia di kamera utama ini. Untuk kemampuan videonya sendiri, Huawei versi P50 mampu merekam gambar dengan kualitas 4K/30/60 fps, 1080p/960 fps.

Huawei juga menghadirkan kamera selfie premium pada versi P50. Resolusi kamera depan Huawei P50 mulai dari 13 MP, f/2.4, (wide) yang juga dilengkapi fungsi Panorama dan HRD. Kamera depan ini juga mampu merekam video 4K/30fps dan 1080p/30/60/240fps.

Perbedaan P50 VS P50 Pro dari ponsel Huawei

Huawei P50 - Huawei P50 pro

P50 dan P50 Pro adalah ponsel andalan Huawei saat ini karena tidak diluncurkan secara global hingga awal 2022. Biasanya versi Pro memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari versi aslinya.

P50 sudah dirilis di China, sedangkan P50 Pro baru dirilis sejak Januari. Meski P50 dan P50 Pro merupakan generasi yang sama, namun ada beberapa perbedaan antara kedua ponsel tersebut, yakni sebagai berikut.

1. Kecepatan refresh P50 Pro yang lebih tinggi

Salah satu perbedaan mencolok antara Huawei P50 dan P50 Pro adalah pada kecepatan refresh. Secara umum, semakin tinggi kecepatan refresh ponsel, semakin halus tampilannya dan juga semakin nyaman digunakan.

Pada versi P50 Pro, refresh rate telah mencapai 120 Hz, sedangkan pada versi reguler, refresh rate hanya 90 Hz. Memang, refresh rate 90 Hz relatif kecil, karena umumnya digunakan pada ponsel entry-level dan mid-range.

2. P50 Pro memiliki kamera quad

Selain refresh rate, perbedaan antara Huawei P50 dan versi P50 Pro juga terlihat pada kamera. Seri P50 memang sangat unggul dari segi kamera, karena masih menggunakan basis kamera Leica.

P50 versi reguler masih menggunakan triple camera sedangkan P50 versi pro menggunakan quad camera. Kamera tambahan pada P50 Pro adalah sensor Ominivision dengan resolusi 40 MP. Salah satu keunggulan kamera Huawei adalah zoom yang mencapai 5x.

3. Kapasitas dan fitur baterai sedikit berbeda

Perbedaan mencolok lainnya dari smartphone Huawei adalah baterainya. Huawei P50 versi pro memiliki baterai yang lebih besar, yakni berkapasitas 4300 mAh. Sedangkan P50 biasa hanya berkapasitas 4100 mAh.

Keduanya sudah didukung fitur fastcharger. Namun, versi P50 pro memiliki fitur tambahan yaitu wireless charging. Huawei P50 reguler belum mendukung pengisian nirkabel.

4. P50 Pro memiliki fungsi inframerah

Fitur infrared umumnya sering dijumpai pada smartphone entry-level atau mid-range seperti Xiaomi dan sejenisnya. Kali ini, Huawei hadir dengan inovasi baru, yakni menghadirkan fungsi infrared di versi P50 Pro.

Fungsi infrared hanya dihadirkan pada tipe Huawei P50 Pro, sedangkan fungsi ini belum tersedia pada tipe P50 biasa. Inframerah cukup berguna karena memungkinkan telepon berfungsi sebagai remote control untuk peralatan elektronik.

Alasan mengapa Huawei tidak menggunakan 5G pada versi P50

Huawei P50 - Huawei P50 pro

Salah satu hal yang mendapat banyak perhatian saat Huawei memperkenalkan variannya Huawei P50 konektivitas yang digunakan masih sebatas 4G LTE, meski sebagian besar smartphone terbaru saat ini sudah mendukung konektivitas 5G.

Ternyata Huawei punya alasan tersendiri untuk hal ini. CEO Huawei, Richard Yu mengungkapkan bahwa ponsel Huawei tidak dapat menggunakan konektivitas 5G karena sanksi yang diperkenalkan oleh Amerika beberapa tahun lalu.

Perang dagang antara China dan Amerika telah memukul Huawei karena negara Paman Sam telah melarang Huawei beredar di Amerika. Ini menghambat Huawei P50 dari sisi pengembangan.

Richard Yu menjelaskan bahwa modul 5G harus dihilangkan dari desain chip pada varian P50 dan diganti dengan modul 4G. Meskipun Snapdragon 888 yang digunakan pada P50 berkemampuan 5G, namun tidak dapat terhubung ke jaringan 5G.

Penggemar setia Huawei tidak masalah dengan itu, karena jaringan 5G belum tersedia di semua wilayah dan masih dalam pengembangan. Oleh karena itu, 5G tidak dianggap penting untuk kebutuhan smartphone saat ini.

Harga terbaru Huawei P50 Regular dan P50 Pro versi

Huawei P50 - Huawei P50 pro

Huawei memang sudah dikenal sebagai smartphone untuk kalangan high-level, karena spesifikasi pada ponsel apapun memang layak disandingkan dengan ponsel high-end besutan Samsung dan Apple.

Huawei P50 merupakan produk smartphone terbaru yang dihadirkan oleh perusahaan asal China tersebut. Sejak diumumkan pada Juli 2021, banyak penggemar gadget yang sudah tidak sabar menunggu kedatangan produk baru ini.

Selain itu, Huawei kini juga mulai beredar di Amerika Serikat, membuat inovasi semakin agresif. Terakhir, Huawei menghadirkan dua tipe untuk varian P, yakni P50 dan P50 Pro.

Versi saku telah dirilis untuk P50 itu sendiri, yaitu ponsel Huawei yang dapat dilipat. Kabarnya, saku P50 akan bersaing dengan smartphone besutan Samsung yang sudah lebih dulu menghadirkan ponsel versi lipat.

Untuk harga sendiri, ada sedikit perbedaan antara P50 dan P50 Pro, karena spesifikasi yang dibawa juga berbeda. Untuk P50 sendiri akan dijual di pasaran dengan kisaran harga 10 juta rupiah, dan P50 Pro akan dijual di kisaran 13 juta rupiah.

Baca juga: Perlu Anda Ketahui! Berikut Spesifikasi dan Harga HP Gaming Redmi K40

Huawei selalu mampu memenuhi ekspektasi para penggemar ponsel di tanah air berkat smartphone berkualitas tinggi yang dihadirkannya. Produk terbaru Huawei yakni Huawei P50 hadir dengan segudang keunggulan terutama dari segi kamera.

Sumber Link: Kunjungi website