Playstation VR 2 sangat dinantikan oleh para pecinta game di seluruh dunia. Sekarang Sony akhirnya membuat suaranya terdengar tentang rencananya untuk meluncurkan PlayStation paling canggih.

Baca juga: Sabar? Baca tips dan trik sebelum membeli PS5! Harus tahu

Sony secara resmi mengumumkan spesifikasi dan fitur Playstation VR 2 kepada para penggemarnya pada 4 Januari 2022 di Consumer Electronics Show atau CES. Kabar ini sontak disambut dengan sambutan hangat dari para pengguna setia Sony.

Mereka mengaku sudah tidak sabar untuk menyambut perilisan produk kebanggaan Sony tersebut. Dalam bocorannya, Sony mengakui bahwa PlayStation VR2 merupakan perangkat virtual reality yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke konsol PS5.

Perangkat Playstation VR 2. itu akan membawa pengalaman game VR yang lebih menyenangkan dan menantang ke tingkat yang baru. SVP PlayStation Experience Platform, Hideaki Nishino mengungkapkan bahwa pengguna PlayStation VR 2 akan merasakan sensasi yang berbeda.

Mereka dibawa ke dunia game baru yang menawarkan tingkat realitas yang lebih mengesankan. Ini adalah penemuan pertama di dunia, terutama untuk merek Sony, karena belum pernah ada sebelumnya.

Pengguna Sony sepertinya penasaran dengan merek nomor satu di dunia ini. Kecanggihan teknologi dan berbagai fitur yang dibangun di dalamnya menjadi alasan utama para pengguna merek Sony menantikan produk ini.

Ilustrasi Playstation VR 2 akan datang

Fitur Playstation VR 2 - Spesifikasi PS VR2

Meski belum diumumkan kapan flagship Sony, Playstation VR 2, akan segera dirilis, telah dijelaskan bahwa Playstation VR 2 memiliki tiga fitur menarik bagi pecinta game. Fitur tersebut menggunakan layar OLED.

Dimensinya mencapai 2000 x 2040 per mata dengan refresh rate 120 Hz. Ukuran layar sebesar itu tentunya mendukung resolusi hingga 4K HDR. Sedangkan sudut pandangnya mencapai 110 derajat dan tampilannya sangat mulus dan sempurna.

Selain itu, Playstation VR 2 juga menggunakan teknologi canggih yang disebut eye-tracking. Dimana dapat mendeteksi dan melacak pergerakan mata secara akurat dan spesifik.

Tidak berhenti sampai di situ, eyetracking Playstation VR 2 juga bisa membuat input tambahan untuk karakter di dalam game. Jadi pemain dapat berinteraksi lebih intuitif dengan cara baru yang segar.

Sony sengaja mengintegrasikan fungsi sensor Playstation VR 2 berupa Sense Technology. Kemampuan ini merupakan kombinasi dari teknologi eye-tracking, headset feedback, audio 3D, dan kontroler Playstation VR 2.

Integrasi teknologi canggih dianggap sebagai pengalaman bermain game yang lebih baik, yang mengesankan melalui getaran dan sentuhan. Dengan begitu, pemain bisa merasakan secara langsung detak jantung sang karakter, yang sangat meningkat saat berada dalam situasi tegang.

Menggunakan Playstation VR 2 , Pemain juga bisa merasakan getaran ketika ada benda di dekat kepala mereka. Seperti getaran kendaraan di jembatan dan lain sebagainya.

Fitur utama Playstation VR 2

Fitur Playstation VR 2 - Spesifikasi PS VR2

Produk-produk yang diluncurkan Sony memang tak pernah sepi di pasaran. Masyarakat selalu antusias menyambutnya, bahkan beberapa dari mereka tidak segan-segan merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkan produk baru tersebut.

Sejauh ini, reputasi Sony sendiri sangat bagus. Brand ini mampu bersaing di tengah ketatnya persaingan global yang tidak pernah meninggalkan celah.

Bersamaan dengan pengumuman Playstation VR 2, Sony juga membuka voting pada kontroler PlayStation VR2 secara bersamaan. Produk ini memiliki fitur khusus yaitu haptic feedback dan adaptif trigger yang memastikan semua pengguna dapat menangani game dengan mudah dan nyaman.

Kontroler Playstation VR 2 dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth tipe 5.1 dan port USG tipe C. Dengan perangkat ini, pengguna dijamin dimanjakan dengan fasilitas dan fungsi yang sangat mumpuni.

Selain itu, Playstation VR 2 juga mendukung berbagai game andalan yang biasa dimainkan di PS5. Seperti Horizon Call of The Mountain dan lain-lain. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah bagi brand Sony yang belum diketahui kapan keluarnya.

Meski demikian, Sony masih melacak daftar game PS5 yang nantinya bisa digunakan dengan Playstation VR 2. Selain itu, Sony juga masih enggan membicarakan harga satuan dan waktu peluncurannya.

Playstation VR 2 untuk PS5 dengan kamera

Fitur Playstation VR 2 - Spesifikasi PS VR2

Rumor bahwa Sony sedang mengembangkan headset virtual reality Playstation generasi kedua yang akan mendukung kontrol PS5 semakin terdengar. Namun, menurut informasi yang dirilis oleh LetsGoDigital, Sony berusaha mendapatkan paten untuk perangkat yang dirancang sebagai media pemrosesan data.

Hingga kini, kabar tersebut belum didukung dengan menyebut nama spesifik perangkat tersebut. Ada kabar bahwa perangkat yang dimaksud adalah Playstation VR 2. Ini karena perangkat ini sangat mirip dalam desain dengan Playstation VR generasi pertama.

Dalam paten yang dikeluarkan Oktober lalu oleh Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat, atau USPTO, Sony telah menempatkan banyak gambar pada perangkat yang dimaksud. Selain itu, beberapa komponen terpasang pada perangkat, yang sering disebut kacamata VR.

Jika dilihat lebih detail, Playtion VR sebenarnya hampir sama. Namun, ada sejumlah fitur menarik yang juga disematkan dalam paten tersebut. Jelas, headset VR memiliki dua kamera depan.

Sementara kamera Playstation VR 2 lainnya ada di bagian belakang. Selain itu, ada juga beberapa lampu LED yang sengaja ditempatkan di sekitar kaca VR. Tujuannya adalah untuk mengikuti pergerakan pemain.

Ada juga mikrofon yang terpasang di headset. Untuk dapat membaca pergerakan pemain secara detail dan akurat, Sony telah membenamkan kamera tambahan. Tak hanya itu, Sony juga menambahkan aksesoris untuk pengontrol game VR milik Sony.

Produk Playstation VR 2 berbeda dengan versi sebelumnya dimana terdapat fitur wireless yang dapat terhubung secara otomatis ke PS5 tanpa perlu kabel. Selain itu, mode transparan juga dapat ditemukan di kacamata VR terbaru ini.

Fasilitas Playstation VR 2 untuk Menjelajahi Dunia Metaverse

Fitur Playstation VR 2 - Spesifikasi PS VR2

Keberadaan Playstation VR 2 memungkinkan PS5 menjelajahi dunia metaverse. Perangkat yang dibuat khusus untuk PS5 ini menjamin akan membawa penggunanya ke level baru yang lebih bergaya dan menantang.

Beberapa perubahan signifikan menunjukkan peningkatan. Sehingga pemain memiliki kesempatan untuk menyelam lebih dalam ke dunia game. Dengan perangkat yang satu ini, pemain bisa merasakan sensasi yang terlihat nyata.

Mainkan game dengan Playstation VR 2 tentunya membuat pemain betah berlama-lama dan tidak menimbulkan efek kusam. Apalagi di dunia metaverse, banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan, tidak hanya sekedar bermain game.

Namun, pemain juga bisa melakukan aktivitas lain seperti jual beli, mencoba pakaian dan melihat karya seni. Kemajuan teknologi yang semakin maju disambut baik oleh seluruh masyarakat global.

Di Indonesia sendiri, metaverse masih dipelajari. Karena pembangunan masih harus disesuaikan dengan infrastruktur dan jaringan telekomunikasi.

Namun dibalik fakta tersebut, ada yang menarik dimana penjual seri Sony VR sebelumnya meledak di pasar Indonesia. Produk VR pertama kali masuk ke tanah air pada tahun 2016.

Saat ini, satu VR Playstation dibanderol mulai Rp 6,69 juta. Para pecinta game Indonesia sangat antusias untuk mendukung produk andalan Sony tersebut. Hal yang sama juga diprediksi akan terjadi pada tipe Playstation VR 2 itu sendiri.

Masyarakat Indonesia selalu terbuka dengan penemuan-penemuan teknologi baru. Seakan haus akan penyegaran bertipe VR, para penikmat produk Sony akan menantikan peluncurannya. Selain itu, PS5 telah tersebar luas di Indonesia dan didukung dengan perkembangan metaverse yang semakin gencar.

Perkembangan di dunia game atau virtual reality pada dasarnya adalah penemuan-penemuan positif. Namun, semuanya dikembalikan ke pengguna di mana mereka harus menggunakannya dengan bijak.

Tidak apa-apa menghabiskan waktu bermain game, tetapi penting untuk diingat bahwa interaksi sosial yang sebenarnya terjadi di dunia nyata. Karena itulah Sony selalu peduli dan mengutamakan dengan terus mengkampanyekan interaksi sosial.

Seperti dengan mengadakan pertandingan pertandingan di suatu tempat dalam skala besar atau pengenalan produk dan uji coba massal. Dengan begitu tidak akan ada ketimpangan sosial di dunia nyata, meski sebagian orang menghabiskan waktunya untuk bermain game.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Koleksi Game PPSSPP Kecil

Merupakan flagship Sony dan diharapkan laris manis di pasar Indonesia seperti seri-seri sebelumnya. Publik harus bersiap untuk rilis Playstation VR 2 jika perlu mengikuti program pre-order setelah dibuka nanti.

Sumber Link: Kunjungi website