Whatsapp telah menjadi media komunikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Dari kelompok keluarga, sekolah hingga urusan pekerjaan menggunakan aplikasi yang satu ini. Namun, ada kalanya aplikasi mogok dan Whatsapp tidak bisa dibuka.

Baca juga: Begini Cara Membuat WhatsApp Dengan Nomor Yang Sama

Apa yang menyebabkan WhatsApp tidak bisa dibuka dan bagaimana cara memperbaikinya? Lihat di bawah ini.

Perangkat berbeda, solusi berbeda

Whatsapp tidak bisa dibuka

Whatsapp adalah aplikasi yang disukai oleh pengguna dari segala usia. Terutama karena antarmuka yang minimalis dan mudah digunakan. Keuntungan lain dari Whatsapp adalah dapat dibuka di perangkat yang berbeda.

Tidak hanya di ponsel Android, di iPhone dan komputer Anda juga bisa menggunakan Whatsapp. Karena beda platform, tentu saja fiturnya juga berbeda. Jadi kalau susah buka cara operasinya juga beda. Artikel ini membahas cara mengatasi WhatsApp tidak bisa terbuka baik di HP maupun di komputer.

Whatsapp tidak bisa dibuka di Android

Whatsapp tidak bisa dibuka

Berikut beberapa cara mengatasinya: penyebab whatsapp tidak bisa dibuka di ponsel android. Untuk iPhone, Anda masih bisa menerapkan solusi berikut.

1. Pastikan sistem operasi ponsel Anda kompatibel

Penyebab pertama WhatsApp tidak terbuka adalah sistem operasi seluler Anda tidak mendukung penggunaan WhatsApp. Mulai 1 November 2021 akan ada update kondisi pengoperasian aplikasi ini.

Aplikasi ini hanya tersedia di OS 4.1 Jelly Bean dan di atasnya untuk Android, iOS 10 dan di atasnya untuk iPhone dan KaiOS 2.5.1. Artinya jika sistem operasi ponsel Anda masih di bawah itu, Anda tidak akan bisa membuka program Whatsapp di ponsel Anda.

Sebagian besar ponsel memiliki sistem operasi bawaan dari sana. Ponsel dengan OS 4.0.4 ke bawah dan tidak dapat membuka Whatsapp, misalnya: Samsung Galaxy Ace II, Samsung Galaxy Core, Samsung Galaxy S3 Mini, LG Optimus F7, Sony Xperia Neo L, Huawei Ascend D2 dan HTC Desire 500.

Untuk memeriksa sistem operasi ponsel Anda, buka menu Pengaturan di ponsel Anda. Kemudian pilih opsi Tentang telepon. Anda akan melihat versi OS yang saat ini diinstal pada perangkat Anda.

Namun jangan khawatir jika sistem operasi Anda tidak mendukung WhatsApp. Karena Anda masih bisa melakukan update sistem operasi. Untuk melakukan ini, buka pengaturan ponsel Anda. Kemudian pilih System, diikuti oleh opsi Advanced atau Advanced Settings. Kemudian pilih Pembaruan Sistem.

2. Perbarui WhatsApp Anda ke versi terbaru

Yang kedua adalah karena WhatsApp di ponsel Anda tidak diperbarui. Aplikasi telepon perlu diperbarui setiap beberapa periode. Tujuannya adalah untuk menambahkan fitur baru atau memperbaiki masalah bermasalah di versi sebelumnya. WhatsAppnya juga sama.

Beberapa ponsel memiliki opsi pembaruan otomatis dan Anda tidak perlu memperbarui sendiri. Namun, beberapa lainnya memiliki pengaturan pembaruan manual.

Perlu diingat bahwa memperbarui aplikasi ini membutuhkan data internet yang cukup besar. Kami menyarankan Anda menghentikan paket data atau menggunakan koneksi Wi-Fi sebelum memperbarui.

Cara update aplikasi di android yaitu :

  • Buka aplikasi Google Play di ponsel Anda
  • Ketik "Whatsapp" di kotak pencarian dan cari
  • Saat halaman aplikasi WhatsApp muncul, klik opsi Perbarui aplikasi

3. Membersihkan file yang tidak digunakan

Alasan kenapa WhatsApp tidak bisa dibuka lainnya adalah seluruh memori ponsel Anda. Untuk ponsel tertentu dengan kapasitas memori rendah, aplikasi Whatsapp akan mengalami penundaan saat memori penuh.

Solusinya adalah dengan menghapus aplikasi dan file yang sudah tidak diperlukan lagi di ponsel Anda. Anda juga dapat memindahkannya ke perangkat lain atau ke kartu memori eksternal.

File WhatsApp juga dapat mengisi memori perangkat Anda. Misalnya, terlalu banyak obrolan atau file gambar dan video. Apalagi jika pengaturan WhatsApp memungkinkan penyimpanan gambar secara otomatis. Untuk membersihkannya, hapus gambar dan video yang tidak lagi diperlukan di galeri ponsel Anda.

Cara menghapus chat WhatsApp yang sudah tidak Anda perlukan lagi adalah dengan tap dan tahan pada kolom chat kontak Anda. Kemudian klik tempat sampah di pojok kanan atas menu.

4. Hapus Cache Aplikasi

Jika Anda sudah membersihkan file yang tidak terpakai dan chat WhatsApp yang tidak Anda perlukan, namun memori ponsel Anda masih penuh, bisa jadi karena cache. Cache menyimpan semua aktivitas Anda dalam aplikasi yang Anda gunakan.

Mengosongkan cache secara rutin dapat meringankan memori ponsel Anda sehingga WhatsApp dapat berjalan dengan lancar. Menghapus cache tidak akan menghapus data pribadi Anda, jadi jangan khawatir.

Membersihkan cache adalah sebagai berikut. Buka menu pengaturan di ponsel lalu pilih opsi Manajer aplikasi. Setelah itu, aplikasi yang diinstal pada perangkat Anda akan muncul.

Pilih aplikasi yang banyak Anda gunakan dan makan banyak data internet. Kemudian klik Penggunaan Penyimpanan dan klik Hapus Cache.

5. Meringankan Beban RAM Anda

Kemudian Anda mungkin juga mengalami kesalahan WhatsApp dan tidak akan terbuka ketika beban RAM ponsel Anda terlalu berat. Ini berarti Anda memiliki terlalu banyak aplikasi yang terbuka sekaligus. Apalagi jika ponsel Anda memiliki kapasitas RAM yang kecil, misalnya hanya 1 GB atau 500 MB.

Pastikan untuk menutup semua aplikasi yang sedang tidak Anda gunakan. Anda dapat menutup aplikasi satu per satu secara manual atau menutup semuanya sekaligus dari menu Aplikasi terbaru. Biasanya, tab Recent Apps dapat diakses dari tombol Home atau tombol di sebelahnya.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi Booster dan Phone Cleaner. Aplikasi secara otomatis menutup program yang tidak Anda buka.

6. Tutup paksa aplikasi

Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Dibuka lainnya adalah dengan Force Quit atau Force Close. Anda dapat melakukan ini jika WhatsApp Anda membeku atau tidak merespons saat Anda mengkliknya. Whatsapp akan sering 'tertinggal' jika ponsel Anda membuka aplikasi berat atau kehabisan memori.

Untuk berhenti, Anda dapat melakukannya melalui Pengaturan. Klik Pengaturan di telepon dan lanjutkan dengan menekan Manajer Aplikasi. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan aplikasi Whatsapp. Klik Whatsapp dan pilih opsi Force Stop.

Setelah paksa berhenti, Anda dapat membuka kembali WhatsApp Anda. Jika program masih macet, Anda dapat me-restart ponsel terlebih dahulu.

7. Lakukan instal ulang

Jika Anda sudah mencoba beberapa cara, tetapi WhatsApp Anda tetap tidak bisa dibuka, file instalasi WhatsApp Anda mungkin rusak. Untuk file yang rusak atau corrupt, cara memperbaikinya adalah dengan mendownload kembali aplikasi Whatsapp.

Pertama, hapus WhatsApp dari ponsel Anda. Anda dapat melakukan ini dari Google Play atau dari Manajer Aplikasi. Kemudian instal ulang WhatsApp dari Google Play.

Hal ini seperti ini. Buka Google Play dan cari Whatsapp di kolom pencarian. Saat halaman aplikasi Whatsapp muncul, klik Instal Aplikasi.

Whatsapp tidak bisa dibuka di komputer

Whatsapp tidak bisa dibuka

Kemudian diskusikan apakah aplikasi ini tidak terbuka di komputer. Mengendarai Whatsapp Web tidak bisa dibuka di PC (Personal Computer) ada berbagai jenis. Solusinya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan ponsel Anda aktif

Solusi pertama adalah pastikan ponsel Anda dalam keadaan hidup. Mungkin sebagian masih belum begitu paham bahwa Whatsapp di komputer perlu terkoneksi dengan aplikasi di ponsel. Jadi, ponsel Anda harus dihidupkan dan terhubung ke koneksi internet agar WhatsApp berfungsi di komputer.

Jika ponsel Anda tersambung ke Internet dan menyala, tetapi komputer tetap tidak dapat tersambung, Anda dapat masuk lagi. Caranya dengan menekan opsi tiga titik di pojok kanan ponsel saat membuka Whatsapp. Klik Perangkat yang Dipasangkan. Kemudian pindai kode batang di komputer WhatsApp Anda.

2. Setel ulang aplikasi ke pengaturan asli

Jika masih tidak bisa, lakukan reset aplikasi untuk kembali ke pengaturan awal. Ada kemungkinan bahwa pengaturan aplikasi telah diubah secara tidak sengaja.

Untuk melakukan ini, klik logo Windows di komputer Anda. Lanjutkan dengan menekan opsi Pengaturan. Pilih opsi Aplikasi dan pengaturan fitur dan gulir hingga Anda menemukan WhatsApp. Pilih opsi Pengaturan Lanjut atau Pengaturan Lanjut dan lanjutkan dengan menekan fungsi Pulihkan atau Atur Ulang.

3. Perbarui WhatsApp Desktop ke versi terbaru

Penyebab lain Whatsapp Anda tidak berfungsi di komputer Anda juga bisa karena Anda belum mengunduh aplikasi ke versi terbaru. Untuk melakukan ini secara manual, Anda dapat pergi ke situs web resmi WhatsApp dan menginstal ulang aplikasi WhatsApp.

4. Pecahkan masalah koneksi internet Anda

Dan terakhir, mungkin koneksi internet komputer Anda yang bermasalah. Jika Anda terus memuat WhatsApp dan tidak mau terbuka, lakukan dengan cara ini.

Klik logo Windows dan klik Pengaturan. Kemudian pilih menu Internet dan Jaringan. Gulir ke bawah dan pilih opsi Pemecahan Masalah. Akan mencari tahu apa masalahnya dengan koneksi internet Anda.

Baca juga: Kode Verifikasi Whatsapp Tidak Muncul? Ini Penyebab dan Solusinya!

Ini adalah cara yang berbeda untuk mengatasi jika Whatsapp tidak bisa dibuka. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda menyelesaikan masalah di WhatsApp.

Sumber Link: Kunjungi website