RS Pondok Indah Hadirkan Teknologi Medis Terkini

09 December 2016

rspondok

INILAHCOM, Jakarta – Kemajuan teknologi yang sangat pesat di bidang kesehatan, mempengaruhi layanan yang digunakan oleh RS Pondok Indah Group dari masa ke masa.

Merayakan 30 Tahun, RS Pondok Indah Group mengumumkan sejumlah terobosan teknologi kesehatan untuk fasilitas mereka, menghadirkan beberapa teknologi yang dikembangkan mampu memberikan kenyamanan sekaligus membuka akses terhadap perawatan medis canggih bagi para pasien.

Direktur di RS Pondok Indah Group, Dr. Yanwar Hadiyanto menyatakan, kami berkomitmen selalu memberikan perawatan terbaik bagi pasien kami dengan menggunakan teknologi medis paling inovatif di dunia guna mendukung para dokter dalam melakukan diagnosa penyakit dengan lebih cepat di dalam pelayanan pasien yang semakin baik.

“Penambahan teknologi di rumah sakit ini akan memungkinkan kami untuk menawarkan kenyamanan sambil terus meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pasien,” jelas Dr. Yanwar Hadiyanto di Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Sejumlah Teknologi revolusioner yang secara dramatis mengubah pengalaman pasien selama pemeriksaan neurologi dengan MRI telah hadir di rumah sakit Pondok Indah Grup.

Teknologi ini menjawab salah satu tantangan paling signifikan dalam memastikan kenyamanan pasien, yaitu sisi diagnostic pencitraan hingga suara bising berlebihan selama pemeriksaan MRI.

Scanner MRI konvensional dapat menghasilkan suara lebih dari 110 desibel, setara dengan suara konser musik rock dan memerlukan alat pelindung telinga.

Teknologi baru yang dihadirkam ini dirancang untuk mengurangi kebisingan scanner MRI ke level seperti suara latar.

Selain itu dengan Adanya penyempurnaan MRI Tesla Skyra 3 mampu mendiagnosis bagian tubuh terkecil yang bisa terlihat jelas.

“Dua hal teknologi yang berpengaruh dalam diagnosis pasien memerlukan kecepatan dan keakuratan yang tinggi”ujar Dr. Med. Luqman Adji Saptogino selaku Dokter spesialis Radiologi Kedokteran Nuklir RS Pondok Indah Group.

Ia menambahkan pasien selama pemeriksaan neurologi dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI) di RS Pondok Indah Group akan merasa jauh lebih rileks, bahkan selama proses scan keluarga yang menemani dapat bercakap cakap, memberikan tingkat kenyamanan yang lebih baik selama pemeriksaan MRI berlangsung.

Disamping itu, RS Pondok Indah Group juga mengumumkan Ultrasonografi atau USG,teknologi terkini dengan USG 4 dimensi (USG 4D) yang memungkinkan dokter untuk melakukan diagnosa terhadap kondisi organ tubuh atau janin pada ibu hamil.

Prinsipnya cara kerja sistem ini adalah gelombang suara dihantarkan menembus kulit kemudian dipantulkan kembali ke layar monitor menbentu gambar bagian dalam tubuh yang diperiksa.

Pemeriksaan USG tidak menggunakan sinar x yang mengandung radiasi, sehingga relatif aman dilakukan untuk segala usia.

Dr Azen salim, Sp.OG mengungkapkan dengan kemajuan teknologi Sistem USG 4D ini menggunakan kamera yang mengadopsi fitur Full-HD yang dirancang untuk membantu dokter mendapatkan gambar berkualitas tinggi dengan framerate lebih dipercepat dibanding USG 3D.

“Teknologi ini berkontribusi untuk membantu diagnosa yang lebih akurat kepada pasien selama pemeriksaan rutin maupun pemeriksaan lanjutan.”jelasnya.

Teknologi full HD juga kerap digunakan dalam tindakan koreksi dalam menjaga kesehatan lutut.

Dr. L Andre Pontoh, Sp. OT (K) mengungkapkam ‘Teknologi Untuk Kesehatan Lutut’ dapat membantu meminimalisir risiko pada teknik operasi dan mempercepat proses pemulihan pasien.

Melalui fasilitas tim Jakarta Knee And Shoulder Orthopaedic Sport Center (JKSOSC). MRI 3T Skyra adalah teknologi yamg dihadirkan untuk mendiagnosa pasien dengan pencitraan detil dan tajam, hingga teknologi operasi arthroscopy yang sudah menggunakan kamera High Definition untuk memberikan hasil operasi yang lebih baik.

“Dengan teknologi yaitu Computer Assisted Surgery untuk operasi penggantian sendi lutut yang menggunakan 3D Computer Systemdengan tingkat akurasi yang tinggi.”jelasnya.

Yang terakhir, RS PondokIndah juga memaparkan teknologi medis terkini yang digunakan dalam Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Intensive Care Unit (ICU) melalui mesin Continous Renal Replacement Therapy (CRRT) .

CRRT ini difungsikan pada pasien dengan kondisi tidak stabil seperti pasien yang ginjal kritis.

“Untuk membantu ginjal melakukan tugasnya kembali, maka dibutuhkanlah alat bantu CRRT dari luar tubuh untuk membersihkan racun atau obat yang telah menumpuk pada tubuh manusia,” ujar Dr dr. Yohanes W. H. George.

Sumber : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2344573/rs-pondok-indah-hadirkan-teknologi-medis-terkini