Aplikasi sholat yang bisa Anda unduh di playstore maupun Apps Store saat ini. Keberadaan aplikasi tersebut menghindarkan Anda dari lupa waktu sholat setiap harinya. Tidak hanya itu saja ada banyak juga fitur unggulan lain di dalam aplikasi tersebut bagi seorang muslim.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Arab dan Websitenya

Umumnya aplikasi pengingat Sholat ini dilengkapi dengan notifikasi adzan sebagai pengingat masuknya waktu beribadah bagi seorang muslim. Tentu saja penggunaan aplikasi tersebut sangat bermanfaat bagi penduduk indonesia yang mayoritasnya beragama Islam. 

Semuanya kasih tahu kalau Sholat ini merupakan kewajiban utama bagi seorang muslim. Sebenarnya di Indonesia sendiri adzan dikumandangkan dengan bebas di seluruh wilayah. Namun penggunaan aplikasi pengingat Sholat ini tetap dibutuhkan.

Khususnya bagi mereka yang sering beraktivitas berlama-lama di dalam gedung hingga tidak terdengar suara Adzan ke dalam gedung tersebut. Penggunaan aplikasi sholat ini tentu akan sangat membantu mereka. Selain mudah digunakan, aplikasi pengingat tersebut juga memiliki ukuran yang sangat ringan. 

Perangkat smartphone dengan spek minim sekalipun bisa menggunakan aplikasi ini. Apk pengingat Sholat tersebut juga terintegrasi dengan jadwal di internet. Jadi pemberitahuan akan muncul secara otomatis setiap kali Anda memasuki waktu Sholat. 

Aplikasi Sholat Banyak Tersedia di Indonesia

Rekomendasi Aplikasi Sholat Terbaik 2022 dan Manfaatnya

Berbeda dengan di negara lain, aplikasi pengingat Sholat ini berkembang dengan sangat pesat di Indonesia. Bagaimana tidak, Indonesia sendiri merupakan negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Tentu saja keberadaan aplikasi satu ini memberikan dampak yang sangat positif.

Terutama untuk para pekerja yang sering beraktivitas tanpa kenal waktu di wilayah berjauhan dengan masjid. Keberadaan aplikasi ini akan membuat mereka terhindar dari keterlambatan ibadah Sholat. Mantapnya aplikasi ini didesain untuk memberikan notifikasi secara otomatis.

Setiap kali waktu Sholat tiba smartphone Anda akan berbunyi secara otomatis dan memperdengarkan suara adzan. Bahkan beberapa waktu sebelum notifikasi adzan tersebut keluar, akan muncul notifikasi sekunder yang memberitahukan kalau waktu Sholat akan segera tiba. 

Untuk waktu sekunder ini Anda bisa mensettingnya sesuai keinginan masing-masing. Pengguna bisa mensettingnya 5, 10, 15 atau bahkan 20 menit sebelum adzan. Penggunaan aplikasi ini memberikan dampak yang sangat positif terhadap masyarakat muslim di Indonesia. 

Kenapa Harus Menggunakan Aplikasi Sholat?

Rekomendasi Aplikasi Sholat Terbaik 2022 dan Manfaatnya

Sebagaimana sudah kami jelaskan sebelumnya, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat ketika seorang muslim menggunakan aplikasi pengingat sholat. Namun agar Anda tidak ragu untuk segera menggunakannya, kami akan menjelaskan fungsi lain yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. 

  • Pengingat datangnya waktu Sholat

Alasan pertama Kenapa Anda harus menggunakan aplikasi sholat ini adalah sebagai pengingat. Ketika Anda menggunakan aplikasi, notifikasi adzan akan selalu muncul setiap kali jam menunjukkan waktu Sholat. Jadi Anda tidak akan terlambat untuk melakukan ibadah wajib satu ini. 

  • Melakukan Sholat dengan lebih baik

Secara tidak langsung keberadaan aplikasi pengingat sholat ini membuat ibadah Anda jauh lebih baik. Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk melakukan ibadah Sholat tepat waktu secara berjamaah. Aplikasi ini merupakan salah satu sarana terbaik untuk mewujudkan hal tersebut. 

  • Mengenal zikir, doa dan bacaan setelah Sholat

Alasan lain Kenapa Anda harus menggunakan aplikasi sholat ini adalah tersedia berbagai bacaan dzikir dan doa setelah Sholat di dalamnya. Tentu saja fitur satu ini sangat pas bagi Anda yang tidak hafal akan bacaan dan doa tersebut. 

Di dalam Islam ibadah apapun sangat bergantung kepada kaidah fiqih. Agar ibadah Sholat Anda lebih sempurna penggunaan aplikasi pengingat sholat ini benar-benar kami rekomendasikan. Di dalamnya ada banyak materi fiqih tentang Sholat yang bisa Anda pelajari. 

  • Sarana komunikasi dengan muslim yang lain

Beberapa aplikasi ini juga memberikan fitur komunitas di dalam APK yang mereka kembangkan. Fitur komunitas ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan pengguna lain dan berdiskusi terkait agama Islam secara lebih mendalam. 

Fitur-Fitur yang Tersedia Pada Aplikasi Sholat

Rekomendasi Aplikasi Sholat Terbaik 2022 dan Manfaatnya

Tidak bisa disangkal, ada banyak sekali fitur keren dibenamkan ke dalam aplikasi pengingat sholat yang sedang kita bahas ini. Keberadaan fitur-fitur tersebut memungkinkan Anda untuk mendalami Islam dengan lebih baik. 

Anda juga bisa lebih istiqomah dalam melaksanakan semua jenis ibadah. Telah kami rangkum dari berbagai sumber ada 10 fitur unggulan yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi sholat

Tentunya tidak semua aplikasi memiliki fitur-fitur di bawah ini. Namun pasti mereka memiliki beberapa diantaranya. Fitur di bawah ini adalah kumpulan dari aplikasi pengingat sholat di Play Store dan App Store. 

  1. Reminder waktu Sholat yang akurat dan terintegrasi ke internet. 
  2. Aplikasi bisa digunakan secara online maupun offline
  3. Tersedia fitur pembahasan fiqih sholat yang sangat lengkap
  4. Beberapa aplikasi sholat dilengkapi dengan doa dan dzikir setelah sholat
  5. Fitur komunitas yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan pengguna lain
  6. Layanan untuk donasi sesuai syariat Islam seperti zakat, shodaqoh, infaq, fidyah dan lain sebagainya. 
  7. Reminder waktu buka puasa dan imsak di bulan Ramadhan.
  8. User interface yang sangat sederhana
  9. Ukuran aplikasi sangat ringan sehingga bisa di-instal di berbagai jenis perangkat

Dengan berbagai fitur unggulan yang sudah kami jelaskan di atas tidak heran kalau kemudian aplikasi ini banyak diunduh oleh masyarakat Indonesia saat ini. Kedepannya, sudah pasti fitur-fitur yang tersedia akan semakin bertambah dan memudahkan Anda dalam beribadah. 

Rekomendasi Aplikasi Sholat Terbaik 2022

Rekomendasi Aplikasi Sholat Terbaik 2022 dan Manfaatnya

Di Play Store dan App Store ada banyak sekali aplikasi pengingat sholat yang bisa Anda pilih. Namun di sini kami sudah memiliki 10 rekomendasi aplikasi terbaik dengan fitur terlengkap. Langsung saja simak pilihannya di bawah ini. 

Rekomendasi kamu yang pertama adalah Al Quran Indonesia. Aplikasi ini sebenarnya merupakan aplikasi Murottal Al Quran. Namun di dalamnya ada fitur pengingat sholat yang sangat akurat. Al Quran Indonesia juga dilengkapi dengan fitur pengingat imsakiyah dan buka puasa dan kalender Islam. 

Pilihan aplikasi sholat lainnya adalah Muslim Prayer Times yang dikembangkan oleh VMuslim. Aplikasi ini memang dikhususkan sebagai pengingat waktu sholat lebih pada muslim. 

Tidak hanya di Indonesia saja aplikasi ini juga bisa diakses di negara lain karena tersedia dalam berbagai bahasa. Muslim Prayer Times memiliki desain yang sangat mewah dan elegan. 

Umma merupakan salah satu aplikasi Sholat terpopuler di Indonesia. Aplikasi ini sudah dibentuk oleh kumpulan juta orang di seluruh negeri. Tentu saja didalamnya ada berbagai fitur unggulan yang akan memudahkan Anda dalam melaksanakan ibadah. 

  • Jadwal Sholat, Kiblat, dan Adzan

Pilihan aplikasi selanjutnya adalah Jadwal Sholat, Kiblat, dan Adzan. Karena namanya panjang, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan aplikasi ini di Play Store. Memberikan notifikasi 101 aplikasi tersebut juga dilengkapi dengan kompas kiblat, jadwal puasa dan kitab fiqih yang cukup lengkap terkait sholat. 

Rekomendasi apk selanjutnya adalah Player Time With Qibla yang dikembangkan oleh Dawat-e-Islami. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang sangat lengkap untuk seorang muslim. Di dalamnya juga tersedia fitur GPS dan panduan arah kiblat yang akurat.

Pilihan aplikasi sholat lain yang bisa Anda pilih adalah Salaam. Aplikasi ini dikembangkan secara official oleh Samsung Indonesia. Meskipun begitu, pengguna smartphone dari brand lain tetap bisa menggunakannya. Fungsi dari aplikasi ini sama dengan apk sebelumnya. Salaam sudah mendapatkan Sertifikat Lajnah dari Kemenag RI.

Anda ingin aplikasi pengingat sholat yang bebas iklan, Usholli adalah jawabannya. Aplikasi ini jadwal sholat yang terverifikasi oleh Kementerian Agama RI. Di dalamnya terdapat banyak fitur yang akan memudahkan Anda dalam beribadah sehari-hari. Salah satu fitur terbaik adalah peta masjid terdekat yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain.

Toppa menjadi rekomendasi aplikasi pengingat sholat lain yang bisa Anda pilih. Aplikasi satu ini memiliki ukuran yang sangat ringan. Namun fitur di dalamnya terasa sangat lengkap. 

Baca juga: Tips Memilih HP Gaming untuk Kado Lebaran

Keunggulan dari aplikasi satu ini adalah keberadaan suara Adzan Otometrik yang terintegrasi langsung dengan jadwal di Kemenag. Saat ini Toppa sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna d i Indonesia. 

Tentunya masih banyak aplikasi lain yang bisa Anda pilih untuk mengingatkan waktu sholat. Namun beberapa rekomendasi di atas merupakan pilihan terbaik yang tidak boleh Anda lewatkan. Deretan aplikasi sholat diatas memiliki fitur lengkap dengan cara penggunaan yang mudah.

 

Sumber Link: Kunjungi website