Aplikasi edit foto banyak dicari pada era sosial media seperti sekarang ini untuk membuat gambar terlihat lebih menarik sebelum diunggah. Pengunggahan di sosial media memiliki beragam tujuan. Mulai dari hanya sekadar upload maupun untuk tujuan promosi produk.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Polaroid Terbaik di HP, Mudah Digunakan dan Keren Hasilnya !

Jika proses edit dilakukan menggunakan aplikasi khusus, hal penting yang perlu diperhatikan adalah Anda sudah memasangnya pada perangkat smartphone maupun PC. Pasang terlebih dahulu dengan mengunduh di playstore bila belum memilikinya.

Akan ada banyak aplikasi yang nantinya Anda temukan. Inilah yang membuat sebagian orang kebingungan memilih manakah paling rekomended. Berikut ada beberapa rekomendasi aplikasi bisa Anda jadikan pertimbangan.

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Bisa Digunakan Melalui Android

Rekomendasi Aplikasi dan Situs Edit Foto

Dulu untuk edit sebuah foto kita harus menggunakan PC atau laptop. Sekarang, sudah banyak smartphone Android canggih penyedia fitur ini. Bahkan ada juga layanan sederhana edit bawaan dari smartphone.

Bila fiturnya dirasa kurang lengkap, Anda bisa memasang aplikasi edit gambar pada smartphone. Beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa di akses melalui Android yaitu:

PicsArt merupakan aplikasi edit foto populer dan diunduh oleh hampir setengah miliar pengguna. Fitur menarik yang diberikan membuatnya banyak peminat. Untuk mendapatkan layanan lebih lengkap, Anda bisa mengupgrade ke akun premium berbayar.

Jika ingin menggunakan fitur gratisan juga tidak masalah. Sebab, tanpa upgrade ke akun berbayar, layanan yang diberikan sudah sangat banyak. Tidak heran bila akhirnya banyak pengguna lebih memilih PicsArt untuk membantu proses edit gambar.

Rekomendasi aplikasi edit foto yang bisa di akses pada smartphone berikutnya yaitu Snapseed. Dulu Snapseed tersedia di appstore dan berbayar khusus iPad. Hingga akhirnya Google tertarik untuk membeli perusahaan induknya.

Ketika Google mengambil alih, aplikasi ini menjadi gratis. Selain itu, tersedia dibanyak platform, termasuk Android. Banyak fitur yang ditawarkan, seperti filter, pengaturan warna, suhu, pencahayaan, titik fokus dan masih banyak lainnya.

Snapeed berbeda dari aplikasi edit gambar lainnya. Penggunaannya lebih kepada profesional dibandingkan pemula. Bisa dikatakan Snapseed merupakan alternatif aplikasi edit pada komputer yang lebih portabel.

Cymera Photo Editor cocok bagi Anda pencari aplikasi edit foto cepat dan sederhana. Namun, untuk pengeditan profesional seperti Photoshop tidak mendukung. Banyak fitur yang disajikan, ada bingkai, stiker, filter dan lain-lain.

Pembuatan kolase foto juga bisa dilakukan melalui aplikasi ini. Ada dua versi penggunaan Cymera Photo Editor yaitu gratis dan berbayar. Perbedaannya dari layanan yang nantinya bisa digunakan.

Rekomendasi aplikasi edit foto terakhir yaitu Pixlr yang berasal dari Autodesk. Selain unik, Pixlr merupakan software yang fiturnya sulit dikalahkan oleh para pesaingnya. Seluruh fitur yang ada di Snapseed bisa Anda temukan di Pixlr.

Bagi Anda yang ingin meningkatkan kualitas foto, maka software ini bisa menjadi pilihan tepat. Tidak hanya melalui aplikasi, Anda bisa mengakses Pixlr lewat situs websitenya di https://pixlr.com.

Bila tidak ingin mendownload aplikasi edit gambar pada smartphone, Anda bisa menggunakan website khusus. Pemakaiannya juga sangat mudah, hanya tinggal mengunjungi situs saja untuk bisa menggunakan. Berikut beberapa rekomendasi website yang bisa Anda jadikan referensi.

Situs edit foto pertama yaitu Canva yang memiliki beragam tools serta efek. Agar bisa menggunakan layanan yang ditawarkan oleh website ini, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu.

Dibandingkan dahulu, sekarang situs Canva memiliki lebih banyak fitur. Selain banyak, fiturnya tidak kalah menarik. Antar muka penggunanya juga mudah dipahami dan intuitif. Alamat websitenya yaitu https://www.canva.com/.

Website edit foto selanjutnya adalah Img2Go. Tools yang disajikan lumayan memadai, mulai dari crop, rotate, watermark, compress, resize, upscale maupun konversi ke format file jenis lain. Anda bisa mengakses situs ini menggunakan Bahasa Indonesia.

Tidak hanya Bahasa Indonesia saja, ada Inggris, Perancis, Italia, Arab dan lain-lain. Walaupun antar muka penggunanya terlihat kaku, namun proses edit bisa dilakukan dengan cepat. Situsnya bisa di akses di halaman https://www.img2go.com.

Polarr tidak hanya tersedia melalui situs saja, tapi juga aplikasi. Situs ini sangat mudah digunakan dan cepat. Selain itu, tools yang dimiliki juga cukup lengkap. Proses edit foto yang Anda lakukan secara real time.

Namun sayangnya, ada fitur tertentu yang hanya bisa di akses bila Anda memiliki akun premium. Jadi, tidak gratis untuk bisa menggunakannya, seperti fitur brush. Anda bisa mengakses Polarr di https://www.polarr.com.

Cara Edit Foto untuk Pemula Supaya Terlihat Lebih Menarik

Rekomendasi Aplikasi dan Situs Edit Foto

Mengedit gambar tidak sembarang. Ada teknik khusus untuk membuatnya terlihat lebih menarik. Apalagi bagi pemula, biasanya bingung bagaimana cara mengeditnya. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Cara edit foto pertama yaitu luruskan objek. Hal ini berlaku bila gambar Anda miring, sehingga perlu diluruskan agar terlihat lebih simetris. Biasanya pada aplikasi atau situs memiliki fitur rotate untuk membantu pelurusan objek.

Pada saat mengambil gambar berjarak jauh, biasanya penangkapan objek tidak sesuai keinginan. Ada saja objek tidak diinginkan tertangkap. Untuk mengatasinya, Anda bisa memotong bagian dari gambar tersebut yang mengganggu dan tidak diperlukan.

  • Menghapus Objek Mengganggu

Hapus objek mengganggu pada gambar supaya terlihat lebih nyaman dipandang. Biasanya aplikasi menyediakan fitur khusus untuk membantu penghapusan objek ini. Misalnya penggunaan fitur brush, kemudian usap objek mengganggu tersebut.

Pengaturan warna pada foto menyesuaikan kebutuhan. Fitur yang bisa dipakai untuk edit foto terkait warna yaitu saturation, color balance serta warmth. Tentukan terlebih dahulu konsep gambar seperti apa yang diinginkan.

  • Mengatur Pencahayaan serta Kontras

Atur juga bagian pencahayaan dan kontras. Ketika mengambil gambar, pencahayaan tidak selalu memberikan hasil maksimal. Inilah pentingnya melakukan proses edit bagian pencahayaan bila hasil jepretan dirasa kurang.

  • Mengatur Shadow dan Highlight

Ketika sudah melakukan pengeditan foto pada bagian pencahayaan, namun memberikan hasil kurang memuaskan, Anda bisa mengatur shadow dan highlight. Sesuaikan saja pemberian shadow dan highlight dengan kebutuhan.

Beberapa Kesalahan Ketika Mengedit Foto yang Kerap Terjadi

Rekomendasi Aplikasi dan Situs Edit Foto

Ketika mengedit foto, ada beberapa kesalahan kerap terjadi. Kesalahan ini akan membuat hasil gambar tampak kurang nyata. Selain itu juga memberikan kesan tidak profesional. Beberapa kesalahan tersebut yaitu:

Ketika mengedit gambar, pastikan terlebih dahulu berapa ukuran yang Anda butuhkan. Bila ukuran hasil jepretan kurang proporsional, lakukan crop. Lakukan perbandingan gambar sebelum dan sesudah untuk memastikan hasilnya sudah rapi.

Jangan sampai objek utama terpotong yang membuat tampilan menjadi tidak nyaman dilihat. Jadi, pastikan ketika melakukan cropping atau pemotongan gambar pada bagian tidak dibutuhkan dengan tepat.

  • Tingkat Saturasi Berlebihan

Kesalahan berikutnya yang biasa dilakukan ketika edit foto adalah pengaturan tingkat saturasi berlebihan. Akibatnya gambar menjadi tidak tampak natural. Terlalu banyak penggunaan warna bisa membuat penglihatan terganggu.

Dalam pengaturan eksposur harus sangat diperhatikan. Ketahui cara penggunaannya terlebih dahulu, perhatikan dukungan dari cahaya sekitarnya. Foto tidak perlu terlalu banyak sentuhan supaya tampak alami.

Sebagai contoh, pengaturan eksposur untuk langit. Pakai opacity lebih rendah untuk melihat kadar campur tangan yang dibutuhkan oleh aplikasi untuk mendukung eksposur. Untuk gambar pemandangan, harus lebih berhati-hati dalam pengambilan eksposur.

  • Kurang Menguasai Aplikasi Foto

Kesalahan lainnya yaitu kurang menguasai aplikasi. Untuk menghasilkan editan menarik, Anda harus memahami dengan baik terlebih dahulu aplikasi yang dipakai. Apalagi setiap aplikasi memberikan fitur berbeda-beda.

Bila perlu, Anda dapat membandingkan antara software satu dengan lainnya. Sebab, gambar yang dihasilkan akan berbeda tentunya dari setiap perangkat lunak.

  • Terlalu Mengkhawatirkan Detail

Terlalu mengkhawatirkan detail gambar malah bisa membuat hasilnya tidak maksimal. Sebenarnya, gambar terbaik adalah tampak natural. Bila ingin melakukan modifikasi, sebaiknya mulai dengan hal kecil terlebih dahulu.

Misalnya dalam pengaturan kontras, mulai dengan natural. Jika dirasa kurang puas dan pemilihan natural terlihat terlalu berat, berikan warna soft. Tidak perlu terburu-buru dalam proses mengedit, supaya hasilnya maksimal.

Baca juga: Top 10 Aplikasi Scan Foto Terbaik yang Wajib Kalian Coba!

Tidak hanya memilih aplikasi atau situs tepat saja yang penting diperhatikan. Tapi, cara mengedit supaya terkesan natural juga sangat berpengaruh terhadap hasil foto nantinya. Apalagi jika foto tersebut untuk kebutuhan profesional.

Bila Anda sudah menentukan aplikasi atau situs yang ingin digunakan, pelajari terlebih dahulu dengan baik sebelum menggunakan. Pelajari fitur-fiturnya supaya memudahkan dalam proses edit foto.

Sumber Link: Kunjungi website