Realme 8 Pro merupakan produk dari Realme yang dirilis pada Maret 2021. Realme sepertinya ingin tampil beda dengan merilis produk yang satu ini. Mereka yang biasanya mengutamakan fungsionalitas daripada desain dan tampilan smartphone kini tampaknya telah berubah. Pada produk ini, realme sepertinya terlalu fokus pada desain smartphone-nya.

Mungkin Realme mulai menyadari bahwa desain smartphone dari seri realme sebelumnya terlihat terlalu sederhana sehingga kurang menarik. Itu sebabnya mereka membuat terobosan pada Realme 8 Pro.

Realme 8 Pro sangat identik dengan desainnya yang terlihat berbeda dengan tulisan “DARE TO LEAP” dengan ukuran yang cukup besar di bagian belakang case.

Penempatan slogan realme sangat terlihat sehingga orang dapat dengan mudah membacanya. Dengan warna huruf glossy pada case yang memiliki warna dasar kusam, sepertinya mereka sengaja menonjolkan tulisan ini.

Selain itu, Quad Camera yang memakan cukup banyak ruang di bagian belakang case juga seolah menambah daya tarik orang untuk membelinya. Mari simak pembahasan berikut untuk membahasnya lebih detail.

Spesifikasi Realme 8 Pro

Realme 8 Pro, smartphone pertama dengan kamera quad 108MP!

Tubuh Dimensi 160.6 x 73.9 x 8.1mm
Berat 176 gram
Layar 6,4 inci
1080 x 2400 piksel
Super AMOLED
Chipset dan Sistem Operasi Snapdragon 720G
GPU Adreno 618
Android 11, Realme UI 2.0
Penyimpanan RAM 8GB + ROM 128GB
kamera utama Kamera empat kali lipat 108 MP, f/1.9, 26 mm (sudut lebar); 8 MP, f/2.3, 119˚, 16mm (sudut ultra lebar); 2MP, f/2.4, (makro); 2 MP, f/2.4, (kedalaman)
Rekaman video tiba [email protected]
Kamera depan Kamera tunggal 16 MP, f/2.5, (sudut lebar)
Rekaman video tiba [email protected]/120fps
Baterai 4.500 mAh
Pengisian cepat 50W
Fungsi Tampilan selalu aktif
Kartu SIM ganda
USB Tipe-C
NFC
Jack audio 3,5mm
Sensor sidik jari dalam layar

Sekilas Kelebihan dan Kekurangan Realme 8 Pro

Kekuatan sebuah produk smartphone terletak pada kelebihan dan kekurangannya. Berikut deskripsi tentang apa yang ada di Realme 8 Pro. Yuk disimak satu per satu, yuk!

Keunggulan realme 8 pro

Realme 8 Pro, smartphone pertama dengan kamera quad 108MP!

Inilah keunggulan realme 8 Pro yang harus Anda ketahui:

1. Berbekal Kamera Quad 108 MP

Fitur utama Realme 8 Pro adalah Quad Camera 108 MP.

Realme sangat bangga dengan keunggulan ini. Mereka bahkan sempat mencetak foto yang diambil dengan smartphone ini di atas kanvas besar. Hal ini untuk membuktikan kualitas Quad Camera 108MP yang mampu menghasilkan foto yang tidak pecah meski dicetak dalam format besar.

Baca juga: Redmi 9 Harga dan spesifikasi smartphone canggih yang terjangkau

Kamera Realme 8 Pro yang satu ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Produk ini merupakan produk smartphone pertama dengan kamera quad dengan resolusi 108 MP. Ini adalah resolusi tertinggi di antara smartphone saat ini.

Dengan kamera itu kita bisa mengambil gambar yang sangat jernih. Kita juga bisa memanfaatkan fungsi sudut lebar, sehingga kita bisa mengambil foto dengan jangkauan yang lebih luas. Kemudian mode malam kamera ini juga sangat memuaskan. Ia masih mampu menangkap gambar dengan sangat detail, bahkan dengan minimnya pencahayaan.

Lalu masih banyak lagi fitur yang bisa kita nikmati dengan kamera realme 8 Pro ini. Kita bisa mengambil gambar keren dengan menggunakan fitur Dynamic Bokeh. Lalu ada fungsi Tilt-Shift yang membuat suatu objek terlihat seperti miniatur dengan memberikan efek blur di beberapa bagian. Selanjutnya ada juga fitur Dual-view Video yang dapat membuat kamera depan dan kamera belakang bekerja secara bersamaan. Selain itu masih banyak fitur lainnya seperti Ultra Nightscape Video, AI Color Portrait dan AI Portrait Baru yang bisa kita coba sendiri.

2. Prosesor Snapdragon 720G Jadi Senjata Realme 8 Pro

Selain kamera yang sangat stylish, Realme juga mempersenjatai produk ini dengan prosesor yang cukup bertenaga. Qualcomm Snapdragon 720G menjadi pilihan untuk membekali smartphone yang satu ini.

Berbekal prosesor ini, smartphone ini bisa menjalankan hampir semua aplikasi di Playstore. Semua aplikasi bisa berjalan dengan sangat lancar di smartphone yang satu ini.

Smartphone yang ditenagai Snapdragon 720G ini dapat dengan mudah menghancurkan game online seluler populer seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile dengan pengaturan rata kanan tanpa penundaan sedikit pun. Namun, saat menjalankan game seperti Genshin Impact yang sangat membebani visual grafis, Realme 8 Pro cukup lemah untuk ditangani.

3. RAM 8GB dan internal 128GB

Kita bisa leluasa multitasking dengan kapasitas RAM 8GB yang besar ini. Beberapa aplikasi dapat dijalankan secara bersamaan tanpa takut terjadi ditutup paksa pada aplikasi kita.

Hal ini sangat berguna bagi kita yang sering multitasking dengan smartphone kita. Dengan RAM 8 GB dan Prosesor Snapdragon 720G, kita tidak perlu khawatir lag dengan smartphone yang satu ini. Dua hal ini bisa membuat Realme 8 Pro tidak lemot yang sangat mengganggu.

Kemudian berbekal penyimpanan internal 128 GB, Realme terlihat sangat gagah. Dengan penyimpanan yang sangat besar itu kita dapat dengan aman menyimpan semua data di smartphone kita. Kita tidak perlu lagi takut akan hal seperti Full Storage Space. Kita bisa menginstal beberapa aplikasi di smartphone yang satu ini secara bersamaan.

4. Realme 8 Pro memiliki baterai 4500 mAh

Smartphone ini semakin menarik dengan baterai built-in 4500 mAh. Dengan dukungan baterai besar ini, realme 8 Pro akan bertahan lama.

Saat menggunakan Realme 8 Pro untuk bermain game online, baterai hanya berkurang sekitar 10%-15% dalam satu jam penggunaan terus menerus. Penggunaan baterai ini sangat tahan lama.

Kita bisa menggunakan smartphone ini tanpa takut kehabisan baterai meskipun kita menggunakannya terus menerus setiap hari.

5. Proses pengisian baterai yang sangat cepat

Selain daya tahan baterai yang lama, pengisian baterai juga sangat cepat. Pengisi daya standar yang disertakan dalam paket bundel Realme 8 Pro memungkinkan kita untuk menikmati fitur pengisian cepat di smartphone ini.

Dalam waktu sekitar 30 menit, baterai yang tadinya 0% bisa terisi hingga 77%. Kemudian 15 menit berikutnya baterai terisi 92% dan 5 menit berikutnya baterai terisi 100%.

Artinya kita hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh. Proses ini sangat cepat.

Kita bisa menggunakan smartphone dalam waktu yang lama. Jika baterai kemudian kosong, kita cukup mengisi daya smartphone selama 50 menit dan kita akan mendapatkan baterai penuh kembali pada smartphone ini.

6. Bodi kurus dan nyaman di tangan

Kemudian keunggulan selanjutnya adalah bodi smartphone yang terlihat ramping dan nyaman saat kita pegang. Dengan ketebalan sekitar 8,1 mm dan berat sekitar 176 g, kita bisa merasakan ukurannya yang pas saat menggunakan Realme 8 Pro.

Dengan ketebalan dan bobot yang pas, kita bisa merasakan bahwa smartphone ini memiliki bobot yang tidak terlalu ringan dan juga tidak terlalu berat untuk dibawa sehari-hari.

Kelemahan Realme 8 Pro

Realme 8 Pro, smartphone pertama dengan kamera quad 108MP!

Nah, setelah membahas beberapa kelebihan dari produk realme yang satu ini, tentunya belum lengkap jika belum membahas kekurangannya.

1. Tulisan di bagian belakang casing terlalu besar dan permanen

Kekurangan pertama terlihat jelas pada desain casing belakang yang terlalu mencolok. Realme terlalu berani untuk mencetak huruf besar seperti itu di bagian belakang kasing.

Saat pertama kali melihatnya, kami pikir desainnya cukup keren karena terlihat berbeda dari beberapa smartphone lainnya. Namun, jika kita terlalu sering melihat bagian belakang kasus, kita akan merasa bahwa tulisannya terlalu besar dan terlalu mencolok di depan umum.

Desain ini sangat cocok untuk kita yang sangat menyukai seri realme dan selalu menggunakan produknya. Karena dengan desain yang begitu mencolok, seolah menunjukkan bahwa kita ingin menunjukkan smartphone kita kepada orang-orang.

Baca juga: Sidik jari HP Xiaomi di layar murah kualitas terbaik

Desain tulisan seperti itu akan lebih baik jika ditempatkan hanya pada soft case asli. Jadi kita bisa memilih untuk menginstalnya atau tidak.

2. Prosesor yang sama dengan seri Realme sebelumnya

Prosesor Qualcomm Snapdragon 720G memang merupakan prosesor yang cukup bertenaga. Namun, Realme telah menggunakan prosesor ini untuk produknya di seri sebelumnya seperti Realme 6 Pro dan Realme 7 Pro. Sehingga ini menjadi kekurangan dari produk realme 8 Pro karena sepertinya dari segi prosesor tidak ada kemajuan dibandingkan seri sebelumnya.

Tertarik untuk membeli smartphone Realme 8 Pro?

Dengan budget sekitar 4 jutaan, kita sudah bisa memiliki Realme 8 Pro. Harganya pun terjangkau dan sangat cocok untuk smartphone yang satu ini. Untuk harga sekitar Rp4.499.000 Berbagai keunggulan Realme 8 Pro bisa kita nikmati seperti Quad Camera 108MP dan juga kemampuan menjalankan aplikasi yang sangat memuaskan.

Sumber Link: Kunjungi website