Apa itu Visual Basic 6.0? Pertanyaan itu mungkin pernah terlintas di benak kalian. Visual Basic adalah sebuah bahasa pemrograman buatan perusahaan Microsoft dengan format sederhana dan mudah dipahami. 

Baca juga : Mengenal Kehebatan dari Google Vs Alexa Bagi Kita

Inilah mengapa pembelajaran Visual Basic biasanya sering diajarkan untuk orang yang pertama kali ingin membuat aplikasi. Juga programmer pemula menganggap Visual Basic sebagai titik awal pengembangan software.

Lalu apa itu Visual Basic 6.0 bisa digunakan untuk membuat aplikasi tingkat lanjut? Tentu Visual Basic 6.0 bisa melakukannya. Karena Visual Basic mempunyai berbagai alat visual yang bisa dipakai untuk pengembangan software.

Visual Basic juga telah dibekali dengan GUI (Graphical User Interface) dalam Visual Basic disediakan Microsoft, sehingga tidak sekadar bahasa pemrograman. Visual Basic juga mencakup berbagai library yang bermanfaat untuk membuat program berorientasi objek. 

Sejarah Singkat Visual Basic 6.0

Sejarah Singkat Visual Basic 6.0

Sejarah Singkat Visual Basic 6.0

Apa itu Visual Basic 6.0 ?, Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang telah ada sejak tahun 1991. Sejak pertama kali diperkenalkan, saat ini sudah ada 9 versi.

Pada tahun 2002, perusahaan Microsoft kemudian memperkenalkan Visual Basic Net 1.0 dengan versi yang sepenuhnya telah didesain serta ditulis ulang untuk lebih memaksimalkan fitur yang ada di dalamnya.

Visual Basic terbaru saat ini sudah dapat menangani program yang ditulis dengan versi yang sebelumnya. Perubahan yang terjadi memang cukup besar pada Visual Basic versi baru, tetapi Versi 6.0 merupakan yang paling banyak disukai programmer.

Meskipun sebagian orang masih menyukai Visual Basic versi lawas. Tetapi tau apa itu Visual Basic 6.0 tentu akan sangat membantu, karena versi ini lebih banyak digemari.

Pada tahun 2008, Microsoft mulai menghentikan dukungan untuk Visual Basic, kemudian menyatakan hal itu sebagai perangkat lunak Legacy. Namun, sistem pemrograman ini tetap dipakai untuk memudahkan pengguna dalam penulisan program saat membuat software.

Fitur-Fitur yang Dimiliki Visual Basic

Apa itu Visual Basic 6.0 ?, Visual Basic merupakan sistem pemrograman yang menjadi favorit para programmer khususnya untuk pemula yang ingin belajar pengembangan software.

Hal ini tentu tidak lepas dari segala fitur yang dimilikinya lalu apa itu Visual Basic 6.0. Berikut beberapa fitur Visual Basic yang bisa kalian ketahui:

Visual Basic hadir dengan berbagai atribut untuk memberikan informasi tambahan untuk penggunaannya.

Informasi tambahan ini merupakan elemen-elemen yang ditulis dan di proses di suatu program. Keberadaan berbagai atribut dalam Visual Basic adalah salah satu daya tarik tersendiri penggunanya.

Hal tersebut dapat menarik minat para pengguna, karena tau apa itu Visual Basic 6.0, akan memudahkan kalian. Visual Basic akan lebih memudahkan pengguna untuk melakukan pengembangan software 

Perlu diketahui melakukan pemformatan dalam Visual Basic dilakukan secara otomatis, dengan perancang XML, browser objek, dan masih banyak lagi. 

Selain kode otomatis, pengumpulan sampah yang bisa dilakukan secara otomatis. Hal ini tentu akan memudahkan untuk pengguna dalam pengoperasiannya.

Fitur dalam Visual Basic yang selanjutnya adalah windows form. Fitur yang satu ini berguna untuk mewariskan form yang telah dibuat, pada form yang sudah ada.

Selain itu, ada juga fitur referensi objek eksternal yang bisa dipakai di aplikasi berbasis Visual Basic.Net. Apa itu Visual Basic 6.0 yang perlu kalian tau.

Program berorientasi objek lengkap dihadirkan oleh Visual Basic.NET. Perlu kalian ketahui Visual Basic 6.0 kebanyakan sudah berorientasi objek.

Subjek perangkat lunak ini memiliki orientasi objek bertopik besar dan dapat melakukan segala sesuatu sebagai objek, agar membuat program bisa lebih efisien dan mudah.

  •  Multithreading Sederhana

Selanjutnya salah satu fitur unggulan Visual Basic adalah multithreading yang sederhana, sehingga memungkinkan aplikasi bisa melakukan multitasking.

Hal tersebut nantinya aplikasi dapat bekerja dan dapat menangani banyak tugas secara bersamaan. Hal ini juga didasari dengan adanya kumpulan pustaka standar dalam Visual Basic.

Apa itu Visual Basic 6.0 yang perlu kalian ketahui adalah menentukan kenyamanan dalam pemilih fitur di dalam aplikasi Visual Basic.

Beberapa Versi Visual Basic yang dapat Kalian Ketahui

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Visual Basic sudah berkecimpung di dunia teknologi sejak tahun 1991, Visual Basic memiliki banyak versi. Berikut beberapa versi Visual Basic yang dapat kalian ketahui:

Apa itu Visual Basic 6.0? Aplikasi versi Ini merupakan salah satu inovasi yang memungkinkan pengguna dapat membagi program menjadi 2 bagian.

Pada bagian pertama programmer dapat menggunakannya untuk menulis program, seperti menambahkan dua nilai tertentu serta membuat program unik.

Sedangkan bagian yang kedua berguna untuk menambahkan nilai. Bagian kedua ini juga disebut Runtime. Konsep dari Runtime memang masih dipakai di versi NET ini. Akan tetapi, tidak lagi disebut sebagai Runtime.

  •  Visual Basic Net Framework

Selanjutnya, versi Visual Basic yang perlu kalian ketahui adalah Net Framework yang merupakan gabungan dari versi yang sebelumnya. Sistem yang tersedia lengkap dengan kerangka yang lebih dari sekadar Runtime.

Versi Net Framework ini merupakan dasar dari keseluruhan dari fitur perangkat lunak. Salah satu bagian utamanya adalah big library yang bisa diunduh gratis di Microsoft.

Framework ini juga menjadi bagian yang disertakan di Windows Server 2003 dan Windows Vista. Jadi untuk itu tau apa itu Visual Basic 6.0 sangat penting.

  •  Visual Basic for Applications

Apa itu Visual Basic 6.0 Visual Basic for Applications adalah Visual Basic versi 6.0 yang dipakai sebagai bahasa pemrograman internal di banyak sistem lain, misalnya Microsoft Word, Excel, dan sejenisnya.

Dari sekian banyak perusahaan selain Microsoft yang juga telah memakai versi ini untuk meningkatkan kemampuan program mereka. Versi ini juga merupakan satu-satunya versi yang saat ini masih dijual dan didukung Microsoft.

Keunggulan Visual Basic yang Harus Kalian Ketahui

Sebagai sarana yang dipakai oleh programmer, Visual Basic hadir dengan keunggulannya. Agar lebih memahami visul basic secara menyeluruh, kenali keunggulan. Berikut beberapa kelebihan yang bisa Kalian ketahui :

  1. VB.Net bisa diformat secara otomatis sehingga memudahkan para pemrogram
  2. Selain itu, ada konstruksi berorientasi objek sehingga bisa membuat kode kelas perusahaan
  3. Fitur web modern, dengan adanya penghitung kinerja, log, sampai sistem file
  4. Formulir web juga tersedia sehingga kamu bisa menikmati kemampuan drag and drop guna mengganti elemen yang diperlukan
  5. Menghubungkan aplikasi ke aplikasi lain secara mudah. Cara ini bisa dibuat dalam bahasa yang berjalan di VB.Net
  6. Fitur docking bisa dinikmati sebagai penahan kontrol otomatis, editor menu untuk mengembangkan aplikasi web.

Cara Install Visual Basic 6.0 yang Harus Kalian Ketahui

Cara Install Visual Basic 6.0 yang Harus Kalian Ketahui

Cara Install Visual Basic 6.0 yang Harus Kalian Ketahui

Sebelum memulai instalasi, kita harus download terlebih dahulu aplikasi Visual Basic 6.0. Setelah selesai mendownload maka, proses instalasi bisa kita mulai. Berikut langkah-langkah menginstal Visual Basic 6.0:

  1. Pertama, extract terlebih dahulu file hasil downloadnya dengan menggunakan winrar atau aplikasi yang lain.
  1. Setelah di extract , masuk ke folder “Visual Basic 6.0 Enterprise Edition” kemudian double klik pada file SETUP.exe , atau bisa juga klik kanan pada file , kemudian “Run as Administrator“.
  2. Setelah itu akan muncul “Warning Run as Administrator” silahkan pilih “Yes”. Akan muncul jendela instalasi Visual Basic 6.0. Klik “Next”.
  3. Kemudian End User License Agreement. Klik “I accept the agreement”. Kemudian “Next”.
  4. Pilih “Install Visual Basic 6.0 Enterprise Edition”. Kemudian “Next”.
  5. Masuk ke jendela Visual Basic 6.0 Setup. Klik “Continue” untuk melanjutkan. Kemudian “OK”.
  6. Lalu pada pilihan instalasi Visual Basic 6.0 kita klik “Typical”.
  7. Kemudian ada warning mengenai penggunaan VSS DB. Jika masih baru menggunakan Visual Basic maka bisa pilih “Yes” supaya terinstall DB V6. Dikarenakan saya masih baru maka pilih “Yes”.
  8. Penginstalan akan berjalan beberapa saat. Setelah itu akan masuk pada updating system.
  9. Terakhir, kalian bisa restart komputer atau laptop Windows kalian.

Begitu langkah telah dijalankan, maka kalian bisa langsung menggunakan aplikasi Visual Basic 6.0 tersebut untuk pengembangan software. 

Baca juga : 12 Aplikasi AI untuk Edit Foto Profesional

Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang biasa dipakai oleh programmer untuk membuat pengembangan software. Maka dari itu mengetahui apa itu Visual Basic 6.0 merupakan hal yang harus diketahui sebelumnya.

Sumber Link: Kunjungi website