Kementerian Agama (Kementerian Agama) menetapkan bahwa 1 Zulhijah 1440 Hijriah akan jatuh pada hari Jumat, 2 Agustus 2019. Kementerian Agama menetapkan setelah mengadakan sidang isbat awal Zulhijah 1440 Hijriah, Kamis (1/8).

“Kami menyimpulkan bahwa 1 Zulhijah jatuh pada Jumat 2 Agustus 2019. Dengan demikian 10 Zulhijah atau Hari Idul Adha jatuh pada hari Minggu, 11 Agustus 2019”. Direktur Jenderal Binmas Islam Muhammadiyah, Amin mengatakan pada konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (1/8)

Menurut Amin, selama sidang isbat, Kementerian Agama menerima laporan dari sepuluh lokasi yang memantau hilal. Pada sepuluh poin, kemiringannya lebih dari dua derajat.

“Posisi baru bulan, di mana posisi bulan baru ditentukan, bulan baru berdasarkan penghitungan sudah di atas cakrawala dua derajat,” katanya.

Sidang Isbat pada awal bulan Zulhijah 1440 Hijriah dipimpin oleh Direktur Jenderal Hubungan Islam Kementerian Agama Muhammadiyah Amin yang mewakili Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin yang melayani sebagai amirulhaj di Arab Saudi.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Majelis Ulama Indonesia, duta besar dari negara-negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung (MA), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Badan (MUDAH), Badan Informasi Geospasial (BIG)), Institut Teknologi Bosscha Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Ahli dari Organisasi Islam, Pejabat Agama Eselon I dan II; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sumber Artikel : https://www.jualanbarang.com/blog/lainnya/pemerintah-telah-memutuskan-bahwa-idul-adha-akan-jatuh-pada-tanggal-11-agustus-2019/

Belum ada peringkat.

Berikan rating untuk post ini ?

Baca Juga:  Fenomena Langka ‘Black Moon’ Akan Tampil Minggu Ini