Anda dapat membuka aplikasi atau game Android di perangkat komputasi menggunakan perangkat lunak yang disebut emulator Android. Berbekal software aplikasi yang bisa diinstall di laptop atau komputer, Anda bisa mengakses aplikasi Android di komputer dengan lebih mudah.

Baca Juga: Jam Tangan Termahal di Dunia, Harga Di Atas 20 Miliar

Di beberapa kalangan, emulator saat ini banyak menjadi aplikasi penting untuk merasakan “sensasi” berbeda saat mengakses aplikasi Android. Walaupun aplikasi ini cukup penting, namun masih banyak orang yang belum begitu memahami keberadaan dan fungsi dari aplikasi emulator.

Penjelasan Singkat Memahami Emulator Android

Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang emulator untuk perangkat Android, sangat penting untuk membahas pengertian emulator terlebih dahulu.

Secara sederhana, emulator Android adalah jenis aplikasi perangkat lunak yang diinstal pada komputer atau laptop dengan tujuan untuk membuka dan menjalankan aplikasi yang sebelumnya hanya dapat diakses dengan gadget berbasis Android.

Dengan menggunakan aplikasi emulator, Anda dapat menjalankan platform berbasis Android di komputer Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan aplikasi tersebut, seperti menjalankan game Android dan lain sebagainya.

Untuk pemain permainan, emulator bisa menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan bermain game dengan spek tinggi, namun hanya memiliki perangkat smartphone spek menengah. Anda bisa menggunakan emulator untuk memainkannya di komputer dengan spesifikasi yang lebih mumpuni.

Rekomendasi Pilihan Terbaik untuk Emulator Android

Bagi Anda yang sedang mencari opsi rekomendasi emulator terbaik untuk dipasang di komputer atau laptop Anda, berikut ini beberapa opsi emulator komputer yang perlu dipertimbangkan.

1. Emulator Android LeapDroid

Emulator Android LeapDroid

Pilihan emulator terbaik yang disarankan untuk diinstal di komputer atau laptop Anda adalah emulator LeapDroid. Anda dapat menginstal software ini di komputer Windows secara gratis sehingga Anda tidak perlu khawatir dompet Anda akan bocor.

Sebagai salah satu aplikasi emulator terbaik untuk komputer, LeapDroid hadir dalam ukuran yang cukup ringan dan juga dilengkapi dengan beberapa fitur menarik untuk membantu kemudahan penggunaan emulator.

Salah satu kelebihan dari emulator LeapDroid ini adalah kemudahan untuk mengkustomisasi controller sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan emulator tersebut.

Sebagai salah satu emulator yang cukup ringan, aplikasi ini tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Ukuran dari perangkat lunak Komputer ini hanya memiliki rentang kontrol 250MB yang dapat disesuaikan menggunakan keyboard dan atau mouse komputer.

Spesifikasi minimum yang diperlukan untuk menginstal LeapDroid

Jika Anda tertarik untuk menginstal emulator LeapDroid, berikut adalah spesifikasi komputer minimum yang diperlukan:

  • Sistem Operasi: Setidaknya Windows 7 dengan sistem 32-bit atau 64-bit.
  • Dual core AMD atau Intel CPU
  • GPU: GL2.1
  • RAM: 2GB
  • Ruang disk kosong: 2 GB

Berbekal spek komputer yang tidak terlalu besar, Anda sudah bisa menginstal emulator LeapDroid di komputer manapun yang Anda miliki.

2. Emulator Droid4X

Emulator Droid4X - Emulator Android

Pilihan emulator Android rekomendasi lainnya yang tak kalah menarik adalah Droid4X. Emulator ini juga termasuk dalam tipe emulator yang cukup ringan sehingga tidak terlalu membutuhkan komputer dengan spesifikasi tinggi untuk menjalankan aplikasi emulator.

Jika laptop yang Anda miliki sudah mendukung fitur tersebut layar sentuh atau touchscreen, maka Droid4X adalah pilihan yang tepat untuk anda pertimbangkan. Karena aplikasi ini memiliki satu keunggulan yaitu mendukung fungsi: layar sentuh dalam operasi.

Jadi jika laptop yang Anda miliki sudah dapat dikendalikan dengan layar sentuh, maka Anda dapat menggunakan emulator ini seolah-olah sedang menjalankannya di Android dengan menyentuhnya.

Selain sudah mendukung fitur layar sentuh, kelebihan lain dari emulator ini adalah dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk merekam layar emulator, sehingga memudahkan Anda untuk membuat tutorial atau hal lainnya.

Spesifikasi Komputer yang Diperlukan

Cara install aplikasi emulator android ini adalah sebagai berikut :

  • Sistem operasi: setidaknya Windows XP
  • RAM: 2GB
  • Ruang disk kosong: 2 GB

Karena ukurannya yang relatif ringan, emulator ini sangat disukai oleh sejumlah orang, apalagi aplikasi ini juga memiliki tampilan visual yang cukup mudah untuk dioperasikan.

3. Memu Play Emulator

Memu Play Emulator - Emulator Android

Pilihan emulator Android berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah Memu Play, yang baru saja diluncurkan pada tahun 2015. Meski tergolong aplikasi yang masih tergolong baru, namun Memu Play cukup sering mengupdate aplikasi untuk menambah kenyamanan bagi penggunanya.

Oleh karena itu tidak heran jika aplikasi emulator Android ini semakin populer dan memiliki basis pengguna yang cukup besar. Selain ukurannya yang relatif ringan, aplikasi emulator ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih untuk Anda gunakan.

Salah satunya adalah fitur pengaturan lanjutan yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai pengaturan untuk membuat pengoperasian emulator ini semakin aman dan nyaman, terutama ketika Anda menggunakannya untuk bermain game Android.

Spesifikasi Komputer yang Diperlukan

Untuk menginstal aplikasi ini, berikut adalah spesifikasi perangkat komputasi yang Anda butuhkan:

  • Sistem Operasi: Windows XP SP3 / Win 7 / Win 8 / Win 10
  • Prosesor: Intel atau AMD CPU x86/86_64
  • Windows DirectX 11 / Driver Grafis dengan OpenGL 2.0
  • RAM: 2GB
  • Ruang kosong: 2GB

Sebagai emulator yang cukup ringan, aplikasi ini hanya memiliki ukuran file sekitar 350 MB.

4. Emulator NoxPlayer

Emulator NoxPlayer - Emulator Android

Nox Player adalah opsi lain yang dapat Anda anggap sebagai perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi Android di perangkat komputasi. Aplikasi ini cukup populer dan digandrungi sejumlah orang karena memiliki ukuran yang ringan dan fitur yang cukup maksimal.

Emulator Android ini memiliki fitur unggulan berupa: multi simulator yang memungkinkan Anda untuk menjalankan berbagai game dan aplikasi di emulator apa pun yang digunakan. Sehingga Anda dapat menjalankan beberapa akun aplikasi dengan lebih mudah dan praktis.

Spesifikasi Komputer yang Diperlukan

Bagi Anda yang tertarik menggunakan emulator Android ini, berikut spesifikasi perangkat komputasi yang Anda butuhkan:

  • Prosesor: 2.2GHz
  • RAM minimal 2GB
  • Memori video 1 GB
  • Kartu grafis minimal 1 GB

Aplikasi ini tidak hanya ringan tetapi juga mendukung penggunaan melalui joystick dan perangkat konsol lainnya.

5. Emulator Bluestacks

Emulator Bluestack - Emulator Android

Mungkin banyak dari Anda yang sudah familiar dengan emulator Android yang satu ini. Bluestack adalah aplikasi emulator Android yang sangat populer dan cukup mapan di bidang penyediaan aplikasi perangkat lunak komputer.

Bluestack dianggap sebagai aplikasi emulator yang cukup mapan karena menawarkan sejumlah keunggulan, fitur yang lengkap dan juga tingkat stabilitas yang relatif baik dalam penggunaan.

Selain itu, Bluestack juga memiliki fitur unggulan lainnya, yaitu: beberapa contoh. seperti itu fungsi beberapa contoh di Bluestacks Ini memungkinkan Anda dan pengguna lain untuk membuka beberapa aplikasi dan game secara bersamaan, memungkinkan mereka untuk berjalan secara bersamaan pada satu perangkat komputasi.

Spesifikasi Komputer yang Diperlukan

Jika Anda ingin menggunakan Bluestack sebagai emulator, berikut spesifikasi perangkat komputasi yang Anda butuhkan:

  • Sistem operasi: setidaknya Windows 7
  • Prosesor: Intel atau AMD
  • RAM: 2GB
  • Ruang disk kosong: 5GB

Emulator Android Mana yang Akan Anda Pilih?

Baca Juga: Android 12 Versi Terbaru, Lebih Canggih!

Itulah penjelasan lengkap tentang emulator Android dan juga beberapa rekomendasi emulator terbaik yang harus kamu pertimbangkan. Dengan ulasan ini Anda sekarang juga akan memahami arti emulator dan juga jenis emulator terbaik yang dapat dipertimbangkan.

Sumber Link: Kunjungi website