Di tahun 2019, Microsoft memperkenal sebuah perangkat baru dan yang paling menyita perhatian banyak orang yaitu Microsoft Surface Duo.

Produk tersebut termasuk ke dalam Produk Surface Windows yang pertama dengan menanamkan sistem android dalam sistem operasinya.

Banyak orang lainnya yang juga menyebutnya sebagai ponsel dengan bentuk yang mirip seperti tablet.

Surface Duo ini tersusun dari 2 panel terpisah dan disambungkan engsel serta bezel yang begitu tipis di bagian sisinya.

Sehingga menguatkan kesan jika produk ini adalah ponsel yang mengadopsi trend layar lipat, seperti perangkat lain yang telah dirilis terlebih dahulu.

Microsoft menciptakan perangkat terbaik ini yang dapat beradaptasi untuk membantu menyelesaikan beberapa tujuan, menjadikan pengguna sebagai orang yang paling produktif dan kreatif.

Jika Anda penasaran dengan produk baru yang satu ini, bisa dicek spesifikasi lengkap Microsoft Duo di bawah ini.

Microsoft Surface Duo

Mengenal Microsoft Surface Duo, Bukan Sekedar Telepon

Tidak diragukan lagi, Microsoft Surface Duo ini didukung dengan dua layar berukuran 5.6 inci. Namun untuk tampilan dan nuansa, rasanya perangkat ini merupakan “adik” dari Surface Neo.

Keistimewaannya di sini adalah kehadiran sistem android yang akan menjadi sistem oeprasi serta memiliki kemampuan panggilan telepon.

Mungkin banyak orang yang menganggap jika Surface Duo ini adalah smartphone, namun bukan sekedar telepon biasa.

Perangkat ini telah dirancang dengan desain yang baik untuk bisa melakukan lebih banyak hal lainnya.

Spesifikasi Surface Duo

1. Desain Layar

Tak seperti smartphone dengan layar ganda lainnya yang memiliki layar menyambung. Microsoft Duo ini hadir dengan layar yang memiliki sedikit jarak terpisah dan disambungkan dengan engsel.

Microsoft juga memastikan jika engsel yang digunakan pada layar dapat mendukung agar kedua layar dapat berputar hingga 360 derajat.

Kedua layar memiliki desain 5.6 inci, di mana saat kedua layar digunakan mampu menyediakan layar berukuran 8.3 inci yang terlihat seperti tablet.

Dilihat dari video teaser yang dirilis Microsoft, memperlihatkan jika body perangkat ini terbilang cukup tipis.

Hal yang lebih menarik lagi adalah kedua layar dapat digunakan bersama-sama. Mendukung style hingga memberikan pengalaman bermain games yang sangat memuaskan.

Pengguna juga bisa menjalankan 2 aplikasi berbeda pada setiap layar. Selain itu pengguna juga dapat menggunakan salah satu layar untuk keyboard virtual ketika bermain game mobile.

Kehadiran dua layar yang didesain terpisah ini pun juga memungkinkan agar pengguna bisa menggunakannya lebih menarik.

Misalnya saja dengan memposisikan seperti laptop, satu layar dapat digunakan sebagai monitor, dan layar satunya lagi dapat digunakan sebagai keyboard untuk mengetik.

Hanya saja sayangnya, Microsoft belum merilis detail lebih jauh mengenai spesifikasi lengkap layar Surafce Duo.

Mulai dari resolusi layar dan lainnya, namun pastinya perangkat ini telah mengadopsi Microsoft Launcher serta mempunyai Google Play Store.

Baca juga:

2. Sistem Android

Berbeda dengan perangkat Microsoft sebelumnya, kali ini Microsoft bekerja sama dengan android yang akan menjadi sistem operasinya.

Hal ini akan menjadi pilihan yang sangat tepat, karena aplikasi android saat ini telah menguasai hingga 90% pasar smartphone.

3. Kamera

Chief Product Officer Microsoft menjelaskan jika saat ini Microsoft sedang bekerja sama dengan kamera kelas dunia.

Dilihat dari prototype yang dipamerkan sebelumnya, perangkat ini hanya menampilkan sebuah kamera selfie tunggal.

Namun kini terungkap, akan ada lekukan bundar besar yang ditempatkan di bagian body belakang. Hal ini bisa menjadi pengganti tempat model kamera hanya saja memiliki 1 lekukan saja.

Modul kamera yang akan dipasang oleh Microsoft dalam Surface Duo ini harus memiliki desain yang lebih tipis. Dikarenakan memiliki ketebalan 2 kali lipat ketika perangkat ditutup.

Microsoft juga mempunyai paten, yang menggambarkan terdapat grup lensa terpisah serta sensor gambar yang berpindah dari posisinya dengan actuator ketika dibutuhkan.

Sehingga saat tidak dibutuhkan, sensor dapat dipindahkan serta modul topik dapat masuk ke dalam “posisi ditarik”

Surface Duo hanya memiliki satu kamera utama dengan sensor 11 MP (f/2.0) dan turut dibekali beberapa fitur seperti auto modes for low light, HDR multi-frame, 7x super zoom, dan perekaman video 1080p (30fps/60fps) dan 4K.

4. Dapur Pacu

Snapdragon 855 telah diumumkan menjadi otak utama di dalam dapur pacu perangkat Microsoft ini.

Jadi bisa dibayangkan bagaimana peforma perangkat ini terbilang sangat mulus. Ponsel ini ditenagai chip Qualcomm Snapdragon 855 dengan kapasitas RAM dan media penyimpanan 6 GB/256 GB.

Dengan dapur pacu tersebut, Surface Duo juga di bekali baterai berkapasitas 3.577 mAh, Microsoft mengklaim bahwa ponsel ini dapat digunakan untuk pemutaran video hingga 15,5 jam, dan waktu pemakaian saat panggilan suara selama 27 jam.

Baca juga : Daftar HP Snapdragon 855

Tablet Untuk Segmen Tertentu

Dilihat dari presentasi yang dilakukan oleh pihak Microsoft, banyak keunggulan yang ditawarkan oleh Microsoft Surface Duo ini, yang akan sangat cocok untuk segmen-segmen tertentu.

Seperti kalangan jurnalis, penulis, maupun pelaku bisnis. Kehadiran layar serta keyboard virtualnya akan menawarkan pengalaman menulis berbeda, dibandingkan saat menggunakan smartphone lain maupun laptop.

Keyboard Surface Duo ini memiliki bentuk dudukan layar horizontal yang lebih lebar serta memungkinkan pengetikan yang lebih luwes.

Tampilan 2 layar yang lebih lebar juga sangat memberikan kenyamanan dalam membaca maupun membuka aplikasi berbeda secara bersamaan.

Sehingga kehadiran Microsoft Surface Duo ini sangat mempermudah pekerjaan menulis hingga pebisnis.

Apalagi tablet Microsoft ini pun juga dapat difungsikan sebagai ponsel. Membawa satu tablet ini akan jauh lebih efektif dalam pekerjaan, dibandingkan dengan Anda membawa laptop dan ponsel saat bepergian kemana-mana.

Harga dan Tanggal rilis

Di kutip dari Kompas.com, tanggal 10 September 2020 kemarin akhirnya rilis juga Surface Duo ini. Di Amerika Serikat, Surface Duo akan diluncurkan. Harganya 1.399 dollar AS atau sekitar Rp 20,7 juta.

Bila di cek di pasaran Indonesia, seperti di marketplace lokal. Microsoft Surface Duo di jual di kisaran harga Rp. 30-an juta.

Selain itu, informasi harga Gadget terbaru juga bisa Anda lihat di GadgetInside.ID

Apakah Worth it?

Dari preview yang diberikan oleh Microsoft, mungkin perangkat Microsfot Duo ini akan sangat cocok untuk segmen-segmen tertentu.

Baik penulis hingga pebisnis dan dengan berbagai fitur yang ditawarkan dapat memudahkan pekerjaan sehari-hari.

Bagi anda yang ingin insight menarik seputar teknologi sehari-hari, kunjungi Dailytech.ID.

Mungkin bagi Anda yang menginginkan hal praktis, mungkin perangkat Microsoft Duo ini akan sangat direkomendasikan. Untuk lebih pastinya, tunggu saja perilisannya pada akhir tahun 2020 mendatang.

Sumber Link: Kunjungi website