Langsung melacak HP Android yang hilang saat itu juga. Pergunakan semua cara yang Anda tahu, dan juga tidak perlu takut kalau baterai HP yang hilang itu sudah 0% karena selalu ada caranya. Tetapi pastikan dulu Anda telah melakukan hal-hal penting saat hp itu hilang.

Baca Juga: 14 Aplikasi Pengukur Jarak Versi Gratis Terbaik di Android

Memang bukan satu kegiatan yang mudah untuk mencari hp yang secara tiba-tiba hilang. Tetapi secara teoritis, ini harus dilakukan agar semua data, dana, hingga hobi Anda yang ada di device android itu dapat segera ditemukan. Belum lagi jika itu sudah dicuri orang lain.

Kita hanya bisa meminimalisir kemungkinan barang hilang itu dicuri atau hilang, tetapi jika mencegah secara 100%, tampaknya bukan sebuah hal yang mungkin. Untuk melacak HP Android yang hilang tersebut, sebisa mungkin Anda mencari metode yang pas.

Tidak peduli HP dalam kondisi masih menyala atau sudah mati, tetap ada cara yang bisa dipaki. Entah itu menggunakan aplikasi pihak ketiga, menggunakan cara resmi dari developer Android, hingga menggunakan IMEI ponsel. Lantas, apa saja yang bisa Anda gunakan?

Aplikasi untuk Melacak HP Android yang Hilang

Metode Melacak HP Android yang Hilang atau Mati Total

Menggunakan aplikasi dapat dikatakan sebagai salah satu cara yang paling masuk akal untuk saat ini. Terlebih kemudahan yang ditawarkan serta banyaknya opsi aplikasi yang membuat jumlah pengunduhnya tidak pernah sedikit. Apalagi jika cara lain sudah tidak bisa dipakai.

Kendati demikian, ada juga aplikasi yang bisa dibilang tidak dapat diandalkan. Mereka hanya menggunakan kalimat kalau terpercaya dan 100% dapat menemukan HP yang hilang, tetapi pada nyatanya tidak. Jadi, hanya aplikasi-aplikasi ini yang sejauh ini masih kami percaya:

1. Find My Device

Aplikasi pertama ini sudah pasti dapat diandalkan untuk melacak HP Android yang hilang. Apalagi aplikasi ini dikeluarkan langsung oleh Google untuk pengguna Android yang kehilangan HP mereka. Tetapi, pastikan dulu kalau sudah mengunduhnya.

Cara menggunakan Find My Device by Google ini adalah Anda hubungkan dulu dengan Google Accound di HP yang hilang. Setelah itu, akan ada opsi “Find Your Lost Phone”. Nanti setelah itu akan ada pop up titik mana dan sejauh apa lokasi Anda ke HP.

2. Samsung’s Find My Mobile

Selain dari Google, bagi para pengguna Samsung juga bisa menggunakan aplikasi yang sudah ada di HP semenjak dibeli. Ini adalah Find My Mobile yang membuat para pengguna bisa melacak HP Android yang hilang setelah log in ke samsung account.

Sebenarnya cara ini lebih mudah daripada Find My Device by Google. Ini bahkan bisa dioperasikan dengan cepat dan memberikan lokasi real time. Tekan saja “Locate My Device” di HP yang hilang dan yang digunakan untuk tracking jadi remote control.

3. Cerberus

Untuk aplikasi tidak resmi dari Merk HP maupun Google, kami akan menjadikan aplikasi Cerberus sebagai aplikasi paling pas untuk melacak HP Android yang hilang. Di sini, ada opsi Remote Control untuk Anda mencari HP yang diculik tersebut.

Fitur yang diberikan aplikasi ini juga beragam, mulai dari menyimpan data dari HP yang terhubung, membunyikan Alarm, mengambil foto pencuri secara diam-diam, hingga merekam video dan audio lewat jarak jauh. Jadi, tertarik untuk mencobanya?

4. Prey anti Theft

Ada juga aplikasi Prey yang bukan hanya dapat digunakan untuk melacak HP Android yang hilang, melainkan juga laptop dan device lain. Aplikasi Prey ini sangat pas untuk orang yang kehilangan Hpnya tetapi tidak ingin ribet untuk mencari di sekitar.

Aplikasi Prey ini memilki fitur GPS Tracking secara real time dan scanning WiFi yang ada di dekat HP yang hilang tersebut. Ini akan menjadi pengalaman mencari HP hilang paling mudah yang pernah Anda alami, dan yang paling penting, Prey ini gratis.

5. Drop Box

Ada juga aplikasi DropBox yang sebenarnya tidak dirancang secara khusus untuk melacak HP hilang, tetapi lebih sebagai tempat penyimpanan yang bersistem Cloud. Bahkan fitur yang diberikan ini juga tidak langsung membantu pencarian ponsel.

Sistem Cloud ini seperti sistem database lainnya yang setiap kali pencuri mengambil foto lewat HP tersebut, akan langsung terupload di DropBox. Dan ini akan menjadi kesempatan untuk mengenali lokasi dan latar belakang dan HP bisa ditemukan.

Melacak HP Android yang Hilang dan Baterai 0%

Metode Melacak HP Android yang Hilang atau Mati Total

Namun, sangat disayangkan karena semua aplikasi yang kami rekomendasikan tadi tidak dapat digunakan jika HP yang hilang maupun diculik itu sudah 0% atau kehabisan baterai. Tetapi jangan takut, masih ada cara melacak HP dalam kondisi mati, yaitu dengan cara:

  1. Kunjungi situs Google Timeline
  2. Masuk ke Google Account yang terhubung dengan HP yang hilang
  3. Pastikan kalau History Lokasi dan Reporting aktif sebelum hilang
  4. Di halaman utama, tekan menu timeline dan pilih hari dan tanggal dengan waktu kehilangan
  5. Klik dan di bagian sebelah kiri, Anda akan melihat timeline yang berisi nama lokasi yang dikunjungi
  6. Akan ditulis juga berapa lama HP tersebut berada di lokasi yang ditunjukkan
  7. Masuk Google Maps di HP yang digunakan untuk melacak HP Android yan hilang
  8. Kunjungi tempat yang ditunjukkan oleh Google Timeline
  9. Hanya sekedar informasi, data lokasi yang akan ditampilkan itu adalah lokasi paling akhir HP tersebut memiliki internet sebelum ponsel tersebut mati.

Apakah Melacak HP Android yang Hilang Bisa Menggunakan IMEI?

Metode Melacak HP Android yang Hilang atau Mati Total

Untuk bisa dengan cepat menemukan HP tersebut, selalu pastikan agar tidak mengerjakan semua dengan buru-buru. Sebaliknya, pergunakan waktu mencari itu dengan efektif dan tidak panik. Jika dengan aplikasi yang sudah kami sebutkan belum bisa, masih ada caranya!

Anda bisa menggunakan IMEI yang ada pada ponsel sebagai cara menemukan ponsel yang hilang itu. Cara ini masih banyak yang menganggap sepele, padahal jika kita melihat jumlah kemungkinan menemukan, IMEI dapat dikatakan sebagai yang paling efektif saat ini.

IMEI yang dimiliki satu handphone dengan yang lainnya itu berbeda. Dengan semua yang berbeda ini, pasti IMEI yang dimasukkan ke kolom pencarian hanya melacak HP Android yang hilang itu saja. 15 angka pada IMEI ini adalah kode untuk perusahaan cek kondisi HP.

Kode unik ini dapat menemukan HP yang hilang, tetapi Anda harus tahu dulu IMEI pada ponsel. Ini bisa ditemukan di kotak HP, Settings, atau bahkan perangkat keras HP Android. Atau jika sudah tidak bisa menemukan, klik *#06# di aplikasi menelepon di HP Android.

Setelah itu, Anda bisa hubungi penyedia jasa internet dan menanyakan lokasi terakhir HP ke mereka. Sebutkan saja IMEI yang sudah dicatat sebelumnya dan mereka akan melanjutkan dengan melacak HP Android yang hilang dengan bantuan internet dan sinyal cakupan.

Karena setiap kali berpindah tempat, maka sinyal dari tower juga berbeda. Ini bisa menjadi cara agar mereka menemukan HP. Tetapi jika ingin yang lebih gampang, unduh saja aplikasi IMEI Tracker dan paste IMEI di kolom search. Nanti akan ditunjukkan lokasi real time.

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Melacak HP Android yang Hilang?

Metode Melacak HP Android yang Hilang atau Mati Total

Daripada nanti data ataupun dana yang dimiliki hilang karena HP yang diculik, maka Anda perlu setidaknya untuk melakukan proteksi terlebih dahulu. Bahkan saat sebelum mulai mencari HP tersebut, sebaiknya lock aktivitas dari HP yang hilang itu dari jarak jauh.

Laporkan juga ke penyedia jasa internet dan telepon untuk menunda semua langganan selama HP sedang dicuri. Ini berguna agar Anda tidak diberikan bill atas apa yang pencuri itu lakukan dengan servis internet. Apalagi ini bukan sebuah situasi yang menyenangkan.

Hapus semua data lewat jarak jauh, apalagi Google Find My Device telah menyediakan opsi ini selain hanya sebagai aplikasi melacak HP Android yang hilang. Jangan sampai karena ini, data pribadi dicuri. Sehingga sering kali disarankan untuk simpan di folder aman saja.

Back Up data juga bisa dilakukan karena saat ini hampir semuanya sudah menggunakan sistem cloud yang lebih canggih dan bisa dikendalikan jarak jauh. Jadi, dokumen pekerjaan dan yang urgent dapat diambil sembari menunggu hasil pencarian HP hilang tersebut.

Baca Juga: Inilah Cara Melacak iPhone yang Hilang dengan Mudah

Satu lagi yang juga tidak kalah penting, karena semua sudah menggunakan basis internet dan terhubung, Anda sebaiknya hapus history pencarian untuk mengantisipasi adanya password yang tertinggal di sebuah aplikasi. Hal seperti ini harus menjadi sebuah kesadaran juga.

Selalu hati-hati dalam menggunakan aplikasi tracking, jangan semua Anda unduh karena bisa jadi mereka memanfaatkan kesempatan pencarian HP untuk mereka ambil. Melacak HP Android yang hilang sebaiknya hanya dilakukan dengan kondisi sadar dan tetap tenang.

Sumber Link: Kunjungi website