Google Lens merupakan salah satu produk terbaru yang membawa banyak manfaat bagi pengguna. Tidak dapat disangkal bahwa Google, perusahaan teknologi terbesar di dunia, memiliki beragam produk unggulan.

Baca juga: Sekilas Kelebihan Windows 11 dan Kekurangannya, Perlu Upgrade?

Meskipun tidak sepopuler produk Google lainnya, inovasi unik ini juga memiliki banyak kegunaan untuk kehidupan sehari-hari setiap pengguna.

Ketahui apa itu layanan Google Lens

Manfaat Google Lens

Bisa dibilang ini adalah salah satu inovasi terbaru dari perusahaan Google. Produk Google ini resmi dirilis pada 4 Oktober 2017 dan mengadopsi teknologi pengenalan gambar.

Pada awal peluncurannya, Google Lensa hanya tersedia untuk ponsel Pixel dan Pixel 2. Namun di tahun 2018, semua jenis smartphone bisa menggunakan produk ini, bahkan Lens sudah tersedia di perangkat iOS.

Untuk mendapatkan manfaat dari produk Google terbaru ini, pengguna dapat mengunduhnya secara gratis dari Google Play Store atau App Store.

Google Lens menerapkan teknologi pengenalan gambar. Secara sederhana, tujuan dari teknologi ini adalah perangkat lunak untuk menemukan objek, orang, lokasi dan tulisan pada gambar.

Google juga telah menyediakan beberapa fitur unggulan untuk produk Lens, seperti menerjemahkan teks, mencari gambar serupa, menemukan informasi lokasi melalui foto, mengidentifikasi jenis hewan dan makanan, dan memecahkan masalah, mengajar masalah.

Hal yang dapat dilakukan dengan Google Lens

Manfaat Google Lens

Menggunakan aplikasi Google Lens ternyata banyak memberikan dampak positif bagi penggunanya. Ada beberapa contoh yang bisa Anda lakukan untuk menguji kemampuan fitur unggulan, antara lain:

1. Salin teks dari gambar

Google telah mengatakan bahwa produk mereka hanya dapat memindai teks langsung dari foto atau gambar. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah menyalin teks yang ada dari foto dan menempelkannya ke aplikasi lain.

Dari Google Lens, Anda tinggal memilih jenis dokumen dan mengarahkan kamera ponsel ke bagian kertas yang akan dipindai. Kemudian teks lengkap dapat ditemukan secara otomatis.

2. Tambahkan acara ke kalender

Ketika Anda memiliki informasi acara berupa foto fisik, Lens ini dapat langsung mengetahui informasi tersebut dan menyesuaikan jadwal dengan aplikasi kalender di ponsel.

Tanggal dan waktu merupakan indikator dari jenis informasi. Anda tidak perlu lagi takut untuk mengikatkan jadwal rapat ke tanggal yang telah ditentukan.

3. Kode QR dan Pindai Kode Batang

Kode QR dan barcode semakin banyak digunakan di banyak tempat. Berbekal kamera ponsel dan teknologi kecerdasan buatan, produk Lens dapat langsung membaca informasi yang terdapat dalam kode. Pengguna hanya perlu menggunakan Lens tanpa harus menginstal aplikasi lain.

4. Temukan Foto dengan Mudah

Melalui aplikasi Google Lens, Anda dapat dengan mudah menikmati kehadiran teknologi pengenalan gambar dari Google Images atau browser Chrome. Anda juga dapat mencari foto serupa atau mencari sumber foto yang Anda inginkan.

Saat mencari foto tersebut, berbagai informasi didapat, mulai dari lokasi foto, penilaian lengkap tempat atau lokasi, jadwal dan lain sebagainya.

Cara mudah menggunakan aplikasi Google Lens

Manfaat Google Lens

Search engine atau mesin pencari tidak jarang menemukan sesuatu di internet. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi suatu objek untuk menampilkan informasi yang relevan.

Lens sudah bisa digunakan untuk perangkat iOS dan Android, tentunya Anda bisa menggunakannya dengan bebas tergantung dari jenis smartphone yang Anda miliki. Berikut beberapa cara untuk mengontrol aplikasi Lens di ponsel Anda:

1. Belanja online

Google Lens sudah menawarkan fitur luar biasa di mana setiap pengguna dapat memindai produk atau kode QR secara virtual. Ini juga akan membuat belanja online lebih mudah.

Caranya cukup sederhana dengan membuka aplikasi Lens, menggesek dan memilih tombol Shop. Ambil foto produk yang ingin Anda beli secara online. Tekan tombol Google Search untuk mencari produk secara online, tunggu beberapa saat hingga produk teridentifikasi.

2. Bisa Membantu Mengerjakan PR

Anda mungkin merasa kesulitan untuk mengerjakan pekerjaan rumah di rumah, namun Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada aplikasi Google Lens dengan fitur unggulannya.

Menggunakannya juga mudah, Anda hanya perlu memilih menu Homework dan tekan Google Search untuk menemukan soal-soal yang akan dikerjakan. Nantinya kamu bisa mempelajari tentang rumus-rumus yang bisa digunakan untuk mengerjakan soal.

3. Identifikasi Hewan dan Tumbuhan

Teknologi kecerdasan buatan pada aplikasi Lens dapat menemukan objek secara detail, seperti hewan dan tumbuhan. Juga mudah untuk masuk ke aplikasi dan mengarahkan kamera ke objek yang ingin Anda ketahui.

4. Dapat membuka dan menilai restoran kafe

Untuk pengguna aplikasi Google Lensa Anda juga dapat menemukan peringkat, ulasan, dan testimonial dari kafe atau restoran yang ingin Anda kunjungi. Pengguna pasti membutuhkan ini sebelum mengunjungi lokasi.

Caranya juga mudah dengan membuka aplikasi Lens lalu langsung memilih menu Makan. Sehingga pengguna dapat langsung memotret makanan tersebut untuk mencari informasi tentang hidangan tersebut.

Manfaat aplikasi Google Lens untuk kehidupan sehari-hari

Manfaat Google Lens

Meski telah resmi dirilis, banyak pengguna smartphone yang masih belum mengetahui fitur dan keunggulan dari aplikasi ini. Padahal, fitur ini sangat berguna.

1. Pencarian online untuk merek barang

Google Lens yang ada di ponsel Anda dapat dengan mudah digunakan oleh pengguna untuk mengakses berbagai jenis informasi yang sudah tersedia di mesin pencari Google.

Pengguna dapat mengoperasikan aplikasi dengan mengambil foto baru atau foto yang sudah ada di galeri. Kemudian buka aplikasi Google Photos dan pilih menu Lens untuk mengaktifkannya.

Ketahui merek atau nama merek barang yang dapat Anda gunakan dengan fitur ini. Anda tinggal menjepret atau memotret barang-barang yang ingin Anda temukan terlebih dahulu.

Kemudian buka di aplikasi Google Foto dan pilih apk Lens. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi menampilkan hasil pencarian item yang ingin diketahui.

Selain dapat menemukan objek tertentu, Lens juga dapat membantu Anda menemukan item yang memiliki kesamaan. Ini dapat membantu Anda menemukan alternatif untuk sebuah artikel.

Misalnya, jika Anda menggunakan aplikasi Lens pada gambar dengan kutipan tertentu, nanti mungkin akan menampilkan hasil pencarian untuk produk lain yang cocok dengan item Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengambil foto produk di outlet. Kemudian minta bantuan aplikasi Lens, dan pilihan belanja lainnya yang menawarkan rangkaian produk yang sama akan langsung muncul, lengkap dengan informasi harga produk.

2. Dapat mengenali benda asing

Kelebihan lain dari aplikasi Google Lens ini adalah dapat menemukan objek yang tidak dikenal. Kemampuan ini juga sangat berguna jika Anda berencana untuk bepergian ke suatu lokasi yang belum pernah dikunjungi sebelumnya dan untuk mengetahui nama objek tersebut.

Anda dapat mengambil foto bangunan atau landmark dari suatu area, meskipun ada tanaman di dekatnya. Lens segera menunjukkan hasil pencarian yang diinginkan.

3. Salin teks dengan mengambil foto

Mengenali teks hanya dengan memotret objek tulisan. Anda juga dapat mengambil gambar dari semua jenis dokumen, sambil mengenali konten teks di dalamnya.

Kemudian aplikasi mengubah rekaman menjadi teks yang dapat disalin dan ditempel. Kemudian Anda cukup menyalinnya ke aplikasi, membaginya dengan teman atau mengirim pesan teks melalui email.

4. Salin informasi dari KTP

Anda juga dapat menggunakan kemampuan untuk mengenali teks dari aplikasi Lens untuk menyalin berbagai informasi ke kartu nama. Anda hanya mengambil foto dari kartu nama.

Kemudian informasi yang ada secara otomatis disalin untuk disimpan di kontak ponsel nanti. Selain itu, Lens akan memberikan hasil pencarian lainnya seperti foto hingga alamat melalui Google Maps.

Baca juga: Tips Beli Smartphone Saat Butuh, Jangan Salah

Ternyata kehadiran aplikasi Lens sangat berguna untuk aktivitas sehari-hari berbekal teknologi kecerdasan buatan yang diterapkan di apk. Aplikasi Google Lens memang merupakan produk baru dari sebuah perusahaan teknologi raksasa di dunia.

Sumber Link: Kunjungi website