Kini, para pengguna dapat mencoba efek AR di Tiktok dalam membuat konten video. Ya, Augmented Reality atau AR kini telah tersedia di aplikasi Tiktok. Tujuannya agar para konten kreator dapat lebih kreatif dalam membuat konten video.

Baca juga: Kode Voucher Gratis Ongkir Shopee tanpa Minimal Belanja

Augmented Reality atau AR ini merupakan gabungan antara video yang diambil secara real time dengan efek visualisasi yang dibuat oleh teknologi komputer. Sehingga, video Tiktok dapat menampilkan beberapa karakter-karakter lucu yang disediakan oleh pihak developer.

Untuk Anda yang ingin memberikan efek Augmented Reality pada aplikasi Tiktok, maka dapat langsung mencari ke fitur Effect House. Ada beberapa pilihan jenis Augmented Reality yang bisa digunakan dalam membuat konten video.

Dengan menggunakan efek tersebut, maka kemungkinan besar konten yang Anda buat bisa masuk dalam kategori FYP atau For Your Page. Artinya, konten video yang Anda buat akan masuk ke halaman beranda beberapa pengguna aplikasi Tiktok.

Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk menjadi developer yang dapat mengembangkan efek Augmented Reality pada aplikasi Tiktok. Hanya saja, terdapat beberapa syarat untuk dapat menjadi developer dari efek Augmented Reality di aplikasi Tiktok.

Mengenal Lebih Dalam tentang Efek AR di Tiktok

Mengenal Tentang Efek AR di Tiktok dan Cara Penggunaannya_Mengenal Lebih Dalam tentang Efek AR di Tiktok

Mengenal Tentang Efek AR di Tiktok dan Cara Penggunaannya_Mengenal Lebih Dalam tentang Efek AR di Tiktok

Augmented Reality atau AR menjadi salah satu teknologi terbaru yang bermanfaat dalam pembuatan konten video dan foto. Jadi, konten video atau foto yang diambil secara real time akan mendapat sentuhan grafis seperti gambar bergerak.

Sehingga, konten foto dan video lebih menarik dan terlihat unik. Hal tersebut tentu meningkatkan insight dalam pembuatan konten. Artinya, semakin banyak orang akan melihat hingga menyukai konten video yang Anda buat.

Di aplikasi Tiktok, kini para pengguna dapat meningkatkan kreativitasnya dengan menambahkan efek Augmented Reality atau AR. Beberapa pengguna pun dapat memanfaatkan gambar-gambar bergerak dari AR yang telah disediakan oleh Tiktok.

Tak perlu khawatir, gambar bergerak dari efek visualisasi Augmented Reality ini tidak mengandung unsur SARA. Sehingga, konten video yang Anda hasilkan tentu sangat berkualitas. Efek AR di Tiktok tentu telah disaring secara ketat oleh pihak developer aplikasi.

Jadi, Anda dapat berpikir kreatif dan imajinatif untuk menghasilkan konten foto dan video berkualitas dengan memanfaatkan efek Augmented Reality atau AR ini. Selain menjadi pengguna efek AR, Anda juga berkesempatan untuk menjadi pengembang dari AR pada aplikasi Tiktok.

Tiktok selaku developer memberikan kebebasan bagi siapapun, termasuk pengguna untuk menjadi pengembang efek AR di Tiktok. Anda tentu mendapat royalti khusus dari Tiktok jika efek AR yang dibuat cukup memuaskan. 

Hanya saja, ada beberapa syarat dan mekanisme yang harus dipatuhi untuk menjadi pengembang efek AR yang diunggah di Tiktok. Jadi, Anda harus mengetahui apa saja syarat serta prosedur menjadi pengembang efek AR pada aplikasi Tiktok.

Cara Menggunakan Efek AR di Tiktok via Mobile Smartphone

Sebagai seorang konten kreator, tentu Anda dituntut untuk memiliki kreatifitas dalam membuat video dan gambar sebelum diposting ke Tiktok. Dengan harapan, Anda mendapat insight dan reaksi positif dari pengguna lain.

Selain itu, Anda juga dapat membuat video iklan dengan berkolaborasi bersama produk dari brand tertentu. Salah satu membuat konten video dan foto menarik adalah memberikan efek virtual yang tampak nyata. 

Caranya dengan memberikan efek Augmented Reality atau AR yang kini tersedia di aplikasi Tiktok. Untuk itu, ini dia cara memberikan efek AR di Tiktok melalui mobile smartphone pribadi. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Langkah pertama, segera download dan install aplikasi Tiktok melalui Google Play Store (Android Phone) maupun App Store (iOs Phone). Dan kemudian, buat akun Tiktok dahulu. Jika telah memiliki akun, segera login dengan menulis User ID dan kata sandi akun Tiktok.

  • Masuk ke Menu Buat Konten

Langkah kedua, masuk ke menu buat konten video atau foto. Kemudian, tekan tombol efek yang tersedia di pojok bawah kiri. Dan kemudian, cari menu “dunia AR”. Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan efek Augmented Reality atau AR.

Pilih salah satu dan tunggu beberapa saat. Lalu, arahkan kamera ke beberapa sudut ruangan atau objek. Secara otomatis, efek AR akan muncul pada aplikasi Tiktok.

  • Lakukan Editing Sederhana

Langkah ketiga, Anda dapat melakukan editing sederhana. Anda dapat menambahkan potongan suara untuk backsound atau melakukan koreo sederhana pada objek. Setelah itu, tekan posting dan buat tagar agar konten video masuk dalam kategori FYP di Tiktok.

Cara Menjadi Pengembang Efek AR di Tiktok

Mengenal Tentang Efek AR di Tiktok dan Cara Penggunaannya_Cara Menjadi Pengembang Efek AR di Tiktok

Mengenal Tentang Efek AR di Tiktok dan Cara Penggunaannya_Cara Menjadi Pengembang Efek AR di Tiktok

Selain dapat menggunakan efek Augmented Reality, sebagai pengguna juga diberikan hak oleh Tiktok untuk menjadi pengembang efek AR. Anda juga berkesempatan untuk menjadi pengembang pada fitur Augmented Reality yang digunakan di efek konten video dan foto Tiktok.

Untuk itu, Anda juga dapat menjadi seorang pengembang efek Augmented Reality untuk disematkan pada aplikasi Tiktok. Syarat untuk menjadi pengembang efek AR di Tiktok juga tidak terlalu sulit.

Syarat pertama, Tiktok melarang pengembang untuk membuat efek AR yang berbau negatif atau menyudutkan salah satu pihak. Selain itu, efek AR juga tidak boleh menggambarkan suatu tindakan operasi plastik.

Lalu, efek Augmented Reality juga tidak boleh mengkampanyekan suatu kepentingan politik tertentu. Dan syarat terakhir, efek AR yang akan dipasang di Tiktok tidak boleh mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).

Syarat ini bersifat mutlak dan wajib dipatuhi oleh semua kalangan. Jadi, Anda harus membuat efek AR di Tiktok sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Cara untuk membuat efek Augmented Reality ini juga cukup mudah bagi yang telah berpengalaman.

Anda dapat menggunakan device seperti PC Desktop atau laptop untuk membuat efek Augmented Reality pada Tiktok. Buat dengan kreatif agar efek AR dapat bermanfaat dan sering digunakan oleh pengguna.

Setelah itu, upload efek AR melalui aplikasi Tiktok. Anda harus bersabar, sebab efek AR akan ditinjau oleh pihak developer Tiktok. Jika telah memenuhi syarat, maka efek AR yang Anda buat langsung tersedia di fitur effect house di aplikasi Tiktok.

Keuntungan Menggunakan Efek AR di Tiktok dalam Membuat Konten Foto dan Video

Tercatat, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memanfaatkan efek Augmented Reality untuk memproduksi konten foto dan video di Tiktok. Sehingga, foto dan video yang menggunakan efek AR dirasa lebih menarik dan meningkatkan insight.

Keuntungan yang pertama, efek-efek visual dan digital dari Augmented Reality di Tiktok ini terlihat seperti nyata. Sehingga, efek AR di Tiktok tampak seperti aslinya. Alhasil, konten yang Anda buat terlihat tanpa editan.

Keuntungan yang kedua, ada puluhan pilihan efek Augmented Reality yang bisa Anda gunakan secara gratis di Tiktok. Efek-efek tersebut bisa Anda gunakan kapanpun dibutuhkan. Tak perlu khawatir, Anda tidak dikenakan biaya untuk menggunakan efek Augmented Reality di Tiktok.

Keuntungan yang ketiga, Anda juga memiliki kesempatan untuk menjadi pengembang efek Augmented Reality pada aplikasi Tiktok. Jadi, Anda dapat membuat efek Augmented Reality sendiri yang kemudian diunggah pada aplikasi Tiktok.

Tips Menggunakan Efek Augmented Reality untuk Membuat Konten di Tiktok

Mengenal Tentang Efek AR di Tiktok dan Cara Penggunaannya_Tips Menggunakan Efek Augmented Reality untuk Membuat Konten di Tiktok

Mengenal Tentang Efek AR di Tiktok dan Cara Penggunaannya_Tips Menggunakan Efek Augmented Reality untuk Membuat Konten di Tiktok

Agar konten video semakin menarik untuk dilihat, maka Anda harus tepat dapat melakukan pemilihan efek Augmented Reality pada aplikasi Tiktok. Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih efek AR yang akan digunakan untuk memproduksi konten foto maupun video.

Sebab, masih banyak konten kreator yang melakukan kesalahan dasar, yakni pemilihan efek AR di Tiktok. Ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan ketika memproduksi konten untuk aplikasi Tiktok dengan efek AR.

Tips yang pertama, sesuaikan efek AR dengan tema konten yang akan Anda buat. Sebab, efek AR akan terlihat menarik jika sesuai dengan tema konten yang diproduksi. Jadi, Anda harus mengetahui konsep dan tema konten video untuk aplikasi Tiktok.

Tips yang kedua, Anda dapat menambahkan koreografi untuk konten video. Sebab, perpaduan antara efek AR dengan koreografi dapat membuat konten video tampak lebih bagus. Sehingga, konten video masuk dalam kategori FYP dan mendapat atensi positif dari pengguna Tiktok.

Baca juga: 17 Jam Tangan Termahal di Dunia, Harganya Lebih dari Rumah

Kini, di Tiktok para pengguna dapat mencoba mengaplikasikan efek Augmented Reality atau AR. Efek ini memberikan efek digital dan visual yang tampak nyata. Bahkan, Anda dapat membuat efek AR secara custom. Untuk itu, ketahui cara menggunakan efek AR di Tiktok agar konten Anda masuk kategori FYP.

Sumber Link: Kunjungi website