Kemunculan Oppo Reno6 menjadi salah kabar baik bagi pecinta ponsel Android di seluruh dunia. Salah satu produk buatan pabrikan ponsel asal China itu hadir dengan berbagai fitur dan teknologi canggih.

Baca juga: Review Handphone OPPO, Rekomendasi HP Murah Berkualitas!

Bertarung di jajaran menengah atas, ponsel tersebut dibekali sejumlah pembaruan dari segi fisik, performa, fitur, hingga kelebihan lainnya. Pembahasan lebih lengkapnya bisa Anda simak pada ulasan di bawah berikut ini:

Spesifikasi Ponsel Oppo Reno6 Secara Fisik

Mengenal Spesifikasi Oppo Reno6 dan Keunggulannya

Secara fisik, smartphone terlihat sangat elegan menggunakan desain ultra-slim sehingga terlihat nyaman digenggam oleh tangan. Meski berukuran besar, dimensi ketebalannya sangat tipis bersama balutan warna gradasi dengan kombinasi warna-warna cerah.

1. Dari segi ukuran dan berat

Dimensi smartphone terlihat sangat estetik dan pas di genggaman meski mengusung layar berukuran 6.4′ pada rasio 91.7%. Secara teknis, tingginya mencapai 159.1mm dengan lebar 73.3mm, ketebalan 7.8mm, serta berat 173g.

Ukuran tersebut untuk saat ini sangat lazim karena produsen smartphone cerdas tersebut berlomba-lomba untuk memanjakan pengguna. Seperti kombinasi dengan tepian datar dan bingkai logam sehingga terlihat sekilas mirip iPhone 12.

2. Layar sentuh berkualitas FHD+

Oppo Reno6 dibekali oleh layar sentuh berukuran 6.4 dan rasio 91.7%. Spesifikasi tersebut mampu menyajikan tampilan pada resolusi 2400×1080 (FHD+), serta refresh rate di angka 90 Hz atau 60 Hz.

Kerapatan pikselnya mencapai 410 PPI dan kecerahan 430 nits (maksimum 600 nits di bawah sinar matahari). Teknologi pada layar tersebut kemudian dibungkus bersama panel AMOLED yang terkenal kuat dan kaku.

3. Kamera 64MP (belakang) dan 44 MP (depan)

Pada kamera utama, resolusi sebesar 64MP: f/1.7; FOV 79.5°; lensa 6P disematkan di bagian belakang. Ditambah dengan Kamera Ultra Wide-angle 8MP, Kamera Makro 2MP, serta Kamera Mono 2MP untuk memotret.

Kamera depan Oppo Reno6 memiliki resolusi 44MP (f/2.4); FOV 85 °; lensa 5P. Kamera belakang mampu menghasilkan gambar berukuran maksimal 6936 x 9248 dan bagian depan maksimum 5760 x 7680.

Mengenal Spesifikasi Oppo Reno6 dan Keunggulannya

4. Desain ultra-slim bersama pilihan warna menarik

Desain ultra-slim pada ponsel tersebut membuatnya terlihat semakin elegan dengan permukaan bebas dari sidik jari. Warna Aurora yang menjadi salah satu paten dari pabrikan tersebut membuat smartphone terlihat semakin berkilauan.

Warna tersebut tidak lepas dari proses Spektrum Berlian dengan lapisan ​sehingga memunculkan warna-warna lembut. Aurora yang disematkan pada ponsel tersebut selalu berubah-ubah ketika dilihat dari berbagai posisi layaknya cahaya kutub.

5. Teknologi Kelas Atas dari Segi Performa

Performa dari smartphone yang menjadi penerus seri Reno5 ini termasuk dalam jajaran kelas atas. Mulai dari perangkat keras seperti chipset, baterai dengan kemampuan fast charging, sistem pendingin, dan lain sebagainya.

6. Dapur pacu menggunakan chipset Snapdragon™ 720G

Oppo Reno6 dibekali CPU: Qualcomm® Snapdragon™ 720G untuk bertarung di kelas mid-end. Inti CPU berjumlah 8 tersebut mampu menghasilkan frekuensi maksimum 2,3 GHz (2 inti besar + 6 inti kecil)

Memory 8GB-nya memiliki kapasitas penyimpanan mencapai 128GB memastikan perangkat mampu berjalan dengan mulus saat digunakan. Fitur Quick Startup, Bullet Notification, serta Game Focus Mode ditambahkan demi kelancaran saat dipakai bermain,

7. Baterai 4220 mAh plus teknologi pengisian cepat

Baterai berkapasitas 4220 mAh menjadi suplai daya bagi perangkat dengan teknologi pengisian cepat atau fast charging. Baterai polimer lithium-ion tersebut Mendukung 50W Flash Charge, VOOC 4.0, PD 2.0, QC 2.0

Pengguna Oppo Reno6 tidak perlu khawatir akan kehabisan daya berkat fitur Super Power Saving Mode agar lebih hemat. Ada juga Super Nighttime Standby yang membuat Anda bisa beraktivitas terus menerus.

8. Sistem operasi terbaru dan dukungan teknologi biometrik

Kenyamanan dalam menggunakan perangkat akan diakomodasi oleh ColorOS 11.1 berbasis Android 11 dan tampilan antarmuka intuitif. Keamanan ponsel juga semakin terjaga karena adanya teknologi biometrik menggunakan sidik jari untuk membuka.

Teknologi biometrik tersebut juga memungkinkan Anda untuk membuka perangkat dengan cara memindai wajah secara cepat. Semuanya dikombinasikan dan saling melengkapi satu sama lain demi menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

9. Jaringan dual SIM berteknologi koneksi Bluetooth generasi 5

Oppo Reno6 mendukung slot Dual SIM (Nano) dengan dua operator berbeda yang diaktifkan secara bersamaan. Keduanya telah mendukung jaringan 2G, 3G, 4G, serta tambahan berupa konektivitas pada jaringan WiFi 5.8G

Untuk konektivitas berbasis Bluetooth, versi yang digunakan adalah BT 2.1 + EDR, BT5.1 terbaru. Perangkat ini menggunakan USB Tipe C untuk pengisian daya maupun transfer file dan jack earphone standar 3,5mm

10. Dibekali teknologi GPS hingga berbagai macam sensor

Kelebihan lainnya dari seri ini adalah adanya beberapa sensor yang dibenamkan pada sistem. Meski terkadang tidak semuanya digunakan, hal tersebut merupakan salah satu bukti bahwa produsennya tidak main-main soal teknologi.

Oppo Reno6 diketahui menggunakan beberapa jenis sensor yang lazim ditemui pada ponsel kelas mid-end. Mulai dari sensor geomagnetik, sensor jarak, sensor optik, akselerometer, sensor gravitasi, giroskop, hingga alat pengukur langkah.

Keunggulan Seri Reno6 Dibandingkan Versi Sebelumnya

Mengenal Spesifikasi Oppo Reno6 dan Keunggulannya

Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, Reno6 termasuk salah satu yang diunggulkan berkat adanya teknologi terbaru. Mulai dari penggunaan kecerdasan buatan (AI), tangkapan layar instan, hingga fitur NFC untuk membaca kartu.

1. Menggunakan kecerdasan buatan lewat Algoritme Penginderaan

Oppo Reno6 memiliki kecerdasan buatan (AI) lewat Algoritme Penginderaan yang telah disempurnakan pada kamera depan. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai interaksi seperti menjawab panggilan dengan teknologi Air Gestures.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggulir dan bahkan membisukan panggilan dengan cara yang sama. Ada juga fitur Adaptive Sleep untuk membuat layar tetap stand-by (menyala), dan Anti-Pepping untuk notifikasi.

2. Tangkapan layar terintegrasi secara otomatis dengan Google Lens

Oppo Reno6 mampu melakukan tangkapan layar secara instan hanya dengan menggeser tiga jari ke bawah. Gerakan tersebut juga bisa memilih bentuk atau model tangkapan layar apa pun sesuai keinginan pengguna.

Proses tersebut bahkan terintegrasi secara otomatis dengan Google Lens. Anda hanya tinggal mengetuk menggunakan satu jari, kemudian area tangkapan layar secara otomatis akan diterjemahkan ke lebih 100 bahasa secara cepat.

3. Memiliki fitur NFC untuk membaca kartu

Oppo Reno6 telah dibekali teknologi NFC untuk membaca kartu milik pihak ketiga secara cepat. Proses konektivitasnya bahkan lebih cepat dari Bluetooth ketika digunakan untuk mengirim (transfer) file ke perangkat lain.

Fungsi lainnya yang tidak kalah penting adalah, NFC bisa digunakan untuk membayar tagihan secara digital. Anda juga bisa melihat saldo ATM atau isi nominal e-Tol dengan men-scan kartu menggunakan ponsel.

4. Fasilitas Premium yang Eksklusif untuk Pengguna

Tidak lengkap rasanya jika membahas seri Reno6 tanpa mengetahui fasilitas premium apa saja di dalamnya. Ponsel kelas mid-end ini ternyata dibekali sejumlah fitur premium yang tidak ada para merek lainnya.

5. Akses eksklusif ke aplikasi O Relax

Pengguna Oppo Reno6 akan dimanjakan dengan sebuah aplikasi khusus bernama O Relax. Software ini mampu menyediakan hiburan untuk penggunanya agar mampu mengurangi tingkat stress seperti menyediakan musik serta mini-games pilihan.

Ada juga suara-suara alam seperti hembusan angin, deburan ombak, hingga suasana hutan untuk relaksasi saat beristirahat. Sangat cocok bagi Anda sebagai pengantar tidur, fokus, hingga membantu untuk bernafas secara perlahan.

6. Mendapatkan sertifikasi dari Netflix dan Amazon Prime HD

Dari segi hiburan, perangkat ini telah mendapatkan sertifikasi dari Netflix HD dan Amazon Prime HD. Pengguna bisa menikmati berbagai konten hiburan terbaik dengan kualitas tertinggi di mana saja mereka berada.

Oppo Reno6 merupakan perangkat yang telah tersertifikasi Widevine DRM Level 1 (L1) oleh Netflix dan Amazon Prime. Hal tersebut memungkinkan sistem untuk memutar film atau sejenisnya berkualitas HD (High Definition).

7. Tersedia berbagai pilihan wallpaper eksklusif

Bagi Anda yang suka mengganti tampilan gambar di latar belakang, ponsel ini juga menyediakan berbagai macam wallpaper pilihan. Bukan sembarang wallpaper, konten tersebut tersedia secara eksklusif dalam Artist Wallpaper Project.

Baca juga: Tidak Pakai Ribet, Ini Cara Logout Gmail di Android

Artist Wallpaper Project. merupakan kemitraan antara Oppo dengan lembaga sains dan seni Global bernama Beauty of Science. Kolaborasi tersebut kemudian menghadirkan rangkaian wallpaper bercorak surealis yang diambil dari reaksi kimia.

Tidak salah jika Anda memilih ponsel di atas karena secara fitur dari segi teknis dan hiburannya terbilang sangat lengkap. Sertifikasi oleh Netflix dan Amazon Prime membuat Oppo Reno6 layak dimiliki.

Sumber Link: Kunjungi website