Dalam dunia digital, hampir semua konten sekarang ini menggunakan sistem bernama Search Engine Optimization atau lebih sering dikenal dengan istilah SEO. 

Baca juga : Daftar SEO Tools Gratis dan Manfaat yang Bisa Didapat

Selain mempermudah proses pencarian bagi pengguna, ternyata sistem ini dapat membantu website produsen lebih mudah dicari oleh calon pelanggan mereka. 

Maka dari itu, penting untuk mengenal dan mempelajarinya lebih jauh. Sehingga pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai SEO dan fungsinya.

Pengertian Search Engine Optimization (SEO).

Pengertian Search Engine Optimization (SEO)

Pengertian Search Engine Optimization (SEO)

Sebelum kita mengenal SEO lebih dalam, pertama-tama kalian dapat perkenalan lebih dulu mengenai pengertiannya.

Jadi, Search Engine Optimization (SEO) adalah serangkaian strategi maupun teknik yang digunakan untuk meningkatkan jumlah serta kualitas lalu lintas organik atau tidak berbayar ke sebuah situs web melalui mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan lain-lain. 

Dalam SEO, kalian akan melakukan upaya untuk mengoptimalkan situs web milik pribadi agar dapat terindeks serta ditampilkan di posisi teratas hasil pencarian mesin pencari dengan kata kunci atau frase yang relevan dengan konten situs web tersebut. 

Dengan demikian, SEO sangat penting dalam memperoleh trafik organik yang lebih banyak maupun meningkatkan keterlihatan online bisnis atau brand kalian.

Fungsi dari Search Engine Optimization

Fungsi dari Search Engine Optimization

Fungsi dari Search Engine Optimization

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa SEO merupakan teknik untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas lalu lintas organik ke situs web dengan meningkatkan peringkat situs web pada halaman hasil mesin pencari. 

Selain itu, masih ada fungsi lain dari teknik satu ini sebagai berikut:

  • Meningkatkan Jumlah Pengunjung Situs Web

Salah satu manfaat utama dari SEO adalah meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web pribadi. 

Ini dilakukan dengan meningkatkan peringkat situs web kalian pada hasil mesin pencari dan dengan demikian membuat situs tersebut lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang mencari informasi relevan.

  • Meningkatkan Kualitas Lalu Lintas

Dalam Search Engine Optimization, pengguna diarahkan ke situs web dengan kata kunci yang relevan. 

Hal ini berarti, bahwa lalu lintas organik yang datang ke situs web pribadi kalian adalah lalu lintas berkualitas tinggi karena pengguna yang mencarinya memang mencari informasi terkait dengan laman kalian.

  • Meningkatkan Visibilitas Merek

Dengan memperbaiki peringkat situs web kalian pada hasil mesin pencari, situs kalian akan muncul lebih sering dalam hasil pencarian sehingga membuat merek kalian lebih mudah diakses serta dikenal oleh pengguna.

  • Meningkatkan Reputasi Halaman Web

Dalam Search Engine Optimization, kualitas konten sangat penting. Jika konten situs web peribadi kalian relevan, informatif, dan berkualitas tinggi, maka situs web tersebut akan dianggap lebih otoritatif serta memiliki reputasi baik.

  • Meningkatkan Pengalaman Pengguna

SEO dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna dengan menyediakan situs web yang lebih mudah dinavigasi, cepat dimuat, serta responsif. Hal ini akan membantu meningkatkan tingkat retensi pengguna sekaligus mengurangi tingkat bounce rate laman kalian.

Search Engine Optimization relatif murah dibandingkan dengan metode pemasaran digital lainnya seperti iklan berbayar. Apabila menggunakan teknik ini secara efektif, kalian dapat menghemat biaya pemasaran dan tetap mendapatkan hasil yang diinginkan.

  • Mendapatkan Keunggulan Kompetitif

Jika kalian memperbaiki peringkat laman website pada hasil mesin pencari, maka kita akan memiliki keunggulan kompetitif yang lebih baik dibandingkan dengan pesaing lainnya. 

Hal ini dapat membantu meningkatkan posisi pasar sekaligus menghasilkan lebih banyak penjualan atau konversi.

Dalam keseluruhan, SEO sangat penting dalam meningkatkan kualitas sekaligus kuantitas lalu lintas organik ke laman website serta meningkatkan visibilitas dan reputasi merek kalian. 

Hal ini juga dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna serta menghemat biaya pemasaran, serta memberikan keunggulan kompetitif yang lebih baik.

Jenis-Jenis dari Search Engine Optimization

Jenis-Jenis dari Search Engine Optimization

Jenis-Jenis dari Search Engine Optimization

Setelah tahu pengertian dan fungsinya, kita akan membahas mengenai jenis-jenis SEO. Karena setiap jenisnya memiliki fungsi serta kelebihan masing-masing berikut ini.

On-Page SEO

On-Page SEO

On-Page Search Engine Optimization adalah proses optimasi halaman website yang dilakukan untuk meningkatkan peringkat halaman pada mesin pencari. 

Hal ini dilakukan dengan mengoptimalkan elemen pada halaman website secara internal, termasuk judul, deskripsi, URL, konten, struktur heading, meta tag, penggunaan kata kunci, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kualitas halaman website.

Berikut adalah beberapa faktor yang penting dalam On-Page SEO:

Judul Halaman (Title Tag)

Judul Halaman (Title Tag)

Judul Halaman (Title Tag)

Judul halaman paling penting karena mesin pencari menggunakan judul halaman untuk menentukan topik sekaligus relevansi suatu halaman web. 

Oleh karena itu, judul halaman yang relevan sekaligus menarik dapat meningkatkan peringkat halaman pada mesin pencari.

Deskripsi Halaman (Meta Description)

Deskripsi Halaman (Meta Description)

Deskripsi Halaman (Meta Description)

Deskripsi halaman digunakan sebagai cuplikan singkat halaman website di hasil pencarian, sehingga deskripsi halaman yang menarik dapat meningkatkan jumlah klik ke halaman tersebut.

URL

URL yang mudah dibaca dan diingat juga dapat membantu meningkatkan peringkat halaman pada mesin pencari.

Konten

Konten yang relevan sekaligus berkualitas tinggi juga sangat penting. Konten harus memiliki struktur heading yang baik serta mudah dibaca oleh pengguna. 

Selain itu, penggunaan kata kunci yang tepat dalam konten dapat membantu meningkatkan peringkat halaman pada mesin pencari.

Meta Tag

Meta Tag

Meta Tag

Selain judul halaman dan deskripsi halaman, beberapa elemen meta tag lainnya juga dapat membantu meningkatkan peringkat halaman pada mesin pencari. Beberapa meta tag penting lainnya termasuk tag meta keyword, tag meta robots, dan tag meta author.

Off-page Search Engine Optimization adalah serangkaian teknik maupun taktik yang digunakan untuk meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari melalui faktor di luar halaman situs itu sendiri. Faktor off-page SEO meliputi backlink, sosial media, dan pengaruh online lainnya.

Berikut ini adalah beberapa teknik off-page SEO yang sering digunakan:

Backlink

Backlink adalah tautan dari halaman website lain yang mengarah ke situs web pribadi. Backlink yang berkualitas dan relevan dengan konten situs web kalian dapat membantu meningkatkan peringkat website di mesin pencari.

Sosial Media

Sosial media dapat membantu meningkatkan peringkat situs dengan meningkatkan eksposur konten dan membantu kalian membangun otoritas online. 

Aktivitas sosial media seperti pembagian, like, dan follow juga dapat membantu meningkatkan backlink dan lalu lintas organik ke halaman tersebut.

Citations

Citations adalah nama, alamat, dan nomor telepon website kalian (NAP) yang terdaftar di direktori online seperti Google My Business, Yelp, atau Yellow Pages. 

Citations yang konsisten dan relevan dapat membantu meningkatkan otoritas halaman kalian dan peringkat lokal.

Guest Blogging

Ia merupakan teknik menulis konten untuk halaman lain dengan tautan kembali ke situs web pribadi. Guest blogging dapat membantu meningkatkan otoritas website kalian dan backlink.

Pengaruh Online

Maksudnya melibatkan kolaborasi dengan orang-orang atau merek lain yang memiliki otoritas online dan pengikut yang besar. Hal ini dapat membantu meningkatkan eksposur konten kalian, backlink, dan pengikut sosial media.

Technical Search Engine Optimization merupakan bagian dari optimasi mesin pencari yang berkaitan dengan optimasi teknis dari sebuah situs web untuk meningkatkan peringkatnya di halaman hasil mesin pencari. 

Ia melibatkan proses mengoptimalkan aspek teknis dan infrastruktur situs web untuk membantu mesin pencari memahami konten dan struktur situs dengan lebih baik.

Beberapa aspek teknis yang perlu dioptimalkan dalam Technical SEO antara lain:

  • Kecepatan situs: ini mencakup waktu muat situs web, kecepatan server, dan pengoptimalan gambar.
  • Struktur URL: membuat struktur URL yang mudah dipahami dan mudah dimengerti oleh pengguna dan mesin pencari.
  • Meta deskripsi: memastikan setiap halaman situs web memiliki meta deskripsi yang unik dan relevan.
  • Sitemap: membuat sitemap situs web untuk membantu mesin pencari memahami struktur situs.
  • Penggunaan tag heading: penggunaan tag heading yang benar dan relevan untuk membantu mesin pencari memahami struktur dan konten situs.
  • Keamanan situs: menggunakan protokol HTTPS dan memastikan situs aman dari serangan malware atau virus.

Dalam jenis ketiga ini, fokus utamanya adalah meningkatkan kinerja teknis website dan infrastruktur yang mendukungnya. 

Hal ini dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna dan membantu mesin pencari memahami dan menemukan halaman website dengan lebih mudah, sehingga dapat meningkatkan peringkat situs di halaman hasil mesin pencari.

Local Search Engine Optimization adalah jenis optimisasi mesin pencari yang dirancang untuk meningkatkan visibilitas dan kemudahan aksesibilitas bisnis lokal pada hasil pencarian lokal. 

Hal ini terutama berguna bagi bisnis yang beroperasi di wilayah tertentu dan ingin menjangkau pelanggan setempat. Teknik dasar yang digunakan dalam local SEO meliputi:

  • Membuat serta mengoptimalkan Google My Business listing, yang meliputi informasi seperti alamat, jam buka, nomor telepon, dan deskripsi bisnis.
  • Mendapatkan ulasan maupun rating positif dari pelanggan yang telah menggunakan produk atau jasa bisnis lokal.
  • Membuat serta mengoptimalkan halaman web yang mencakup informasi tentang produk atau layanan, kata kunci terkait, serta informasi kontak dan lokasi.
  • Menggunakan struktur markup seperti schema.org untuk membantu mesin pencari memahami informasi bisnis serta menampilkan informasi lebih spesifik di hasil pencarian.
  • Menjalin keterikatan dengan bisnis lokal lainnya, seperti menjadi anggota komunitas bisnis setempat, serta berpartisipasi dalam acara atau kegiatan lokal.

Baca juga : Mengenal Search Engine Marketing Pemasaran dan Detailnya

Dengan memanfaatkan local Search Engine Optimization, bisnis dapat meningkatkan kehadiran di mesin pencari dan memperkuat hubungan kalian dengan pelanggan setempat, sehingga membantu meningkatkan penjualan serta keuntungan.

Sumber Link: Kunjungi website