Banyak orang ingin mengenal opensea marketplace NFT yang sempat populer di Indonesia oleh Ghozali ini. Ghozali atau biasa dikenal sebagai Ghozali everyday, menjadikan foto selfienya sebagai NFT, kemudian bisa meraup untung bahkan hingga miliaran rupiah.

Baca Juga : Kelebihan Metaverse Beserta Tujuan dan Contohnya

Hal tersebut membuat banyak orang berbondong-bondong ingin melakukan hal sama seperti apa yang dilakukan Ghozali. Yaitu dengan membuat NFT untuk kemudian dijual pada platform ini dan berharap asetnya bisa laku dibeli oleh orang lain.

Istilah NFT sendiri semakin melejit di Indonesia beberapa waktu belakangan. NFT sendiri merupakan singkatan dari non-fungible token yang merupakan objek jual beli pada opensea atau marketplace lainnya.

Namun, karena minimnya pengetahuan dan belum benar-benar mengenal opensea marketplace NFT secara keseluruhan. Banyak orang menjadikan data bersifat privasi seperti misalnya KTP, SIM, STNK, dan masih banyak lainnya untuk diupload pada platform ini.

Oleh karena itu, sebelum terjun ke dunia digital yang menjanjikan ini. Lebih baik bagi Anda untuk mengetahui dan mengenal situs opensea marketplace NFT mulai dari A sampai Z. 

Mengenal Situs Opensea Marketplace NFT Lewat Sejarah Panjangnya

opensea marketplace nft

Kemudian apa sih sebenarnya opensea ini? Kenapa bisa hype sekali di kalangan masyarakat Indonesia? Lalu apa sih alasan kenapa banyak orang ingin mengenal situs opensea marketplace NFT ini?

Opensea merupakan marketplace atau pasar online yang memungkinkan perdagangan aset digital. Situs ini bisa Anda akses melalui websitenya yaitu https://opensea.io atau bisa juga Anda akses melalui aplikasi yang sudah tersedia untuk android maupun iphone.

Tidak lengkap rasanya kalau mengenal situs opensea marketplace NFT tanpa mengetahui sejarah panjangnya. Platform ini pertama kali diluncurkan secara beta pada tahun 2017 oleh Devin Finzer dan Alex Athallah. 

Setelah beberapa tahun dalam pengembangan, situs ini akhirnya resmi dirilis secara full pada Maret 2020. Mereka membangun pasar untuk menciptakan serta memperdagangkan segala macam NFT, baik seni, musik, foto, video, dan juga game dikenal sebagai blockchain.

Blockchain sendiri merupakan teknologi yang memanfaatkan komputasi untuk menciptakan blok-blok saling berhubungan satu sama lain. Blok-blok tersebut berisi catatan transaksi dan dapat melacak keaslian aset dari sebuah jaringan bisnis termasuk aset digital.

Aset digital ini sendiri tidak bisa digandakan atau diganti, sehingga aset tersebut bisa diperjual belikan. Kepemilikan aset digital tersebut nantinya bisa Anda klaim lewat token digital. 

Supaya Anda bisa mengenal situs opensea marketplace NFT dan memahaminya dengan mudah, singkatnya platform ini adalah tempat untuk memperjualbelikan aset digital. Sedangkan NFT merupakan aset yang tidak bisa digandakan layaknya lukisan yang memiliki keorisinilannya masing-masing.

Pada saat itu Opensea marketplace NFT memiliki 4000 pengguna aktif yang melakukan transaksi 1,1 juta dollar AS per bulan. Hal tersebut sama saja dengan kedua founder tersebut hanya mendapat upah sebesar 2,5 persen atau sekitar 28.000 dollar AS, jika dirupiahkan nilainya menjadi Rp400.000,- saja.

Setelah aplikasi atau situsnya lumayan berkembang, tiba-tiba penjualannya menurun drastis. Ditambah lagi pandemi covid-19 semakin melanda membuat sang founder sempat berpikir kalau aplikasinya tidak akan bertahan lebih lama lagi.

Kebangkitan Opensea Marketplace NFT Menjadi Pasar Paling ditakuti

opensea marketplace nft

Dengan modal nekat, yaitu jargon “do or die” kedua founder dari platform ini mengambil langkah untuk menggandakan dan memuncak pada tahun 2020. Secara mengejutkan pada Februari 2021, platform ini bangkit dan berhasil menguasai dunia blockchain.

Mereka berhasil memproses transaksi sebesar 350 juta dolar AS atau setara dengan Rp 5,1 triliun dalam perdagangan aset digital pada bulan Juli 2021. Kemudian pada bulan Agustus transaksi jadi melonjak sepuluh kali lipat, yaitu menjadi 3,4 juta dollar AS atau Rp 48,669 triliun.

Nilai tersebut tergolong sangat fantastis untuk aplikasi opensea marketplace NFT yang hampir saja gulung tikar pada tahun sebelumnya. Pengguna platform ini juga terus meningkat, mencapai 1,8 juta pengguna yang aktif.

Salah satunya adalah Ghozali Everyday yang juga ikut mempopulerkan platform ini di Indonesia. Bagaimana tidak, ia berhasil memperoleh keuntungan hingga milyaran hanya dengan menjual foto-foto kesehariannya saja.

Hal tersebut sempat banyak ditiru oleh masyarakat Indonesia lainnya, mereka ingin mencoba mendapatkan keuntungan sama layaknya Ghozali. Namun, mereka dengan lancangnya mengunggah foto yang bersifat pribadi di dalam platform ini.

Kegiatan tersebut merupakan langkah yang salah karena selain data tersebut bisa disalahgunakan, aset digital yang sudah diunggah di opensea marketplace NFT juga tidak dapat dihapus.

Oleh karena itu lebih baik bagi Anda untuk mengetahui cara kerja platform ini terlebih dulu sebelum memulainya.

Cara Kerja Opensea Marketplace NFT

opensea marketplace nft

NFT merupakan bagian dari blockchain, sistem penyimpanan data digital yang memungkinkan pengguna bisa saling transfer secara rahasia, melalui skema enkripsi dalam kriptografi. 

Skema tersebut bisa mengubah data informasi menjadi kode rahasia sebelum dikirim, sehingga data tidak bisa dilacak dan dimiliki oleh pengguna lain yang tidak memiliki datanya.

Ada berbagai macam data dalam blockchain, contohnya adalah mata uang kripto seperti misalnya Ethereum, Bitcoin, dan sebagainya. Semakin lama bentuk data dalam sistem blockchain tersebut semakin berkembang, salah satunya adalah sertifikat aset digital ini.

Sertifikat digital pada aset digital ini biasanya ditanamkan pada gambar, foto, video, atau karya seni digital lainnya. Ketika karya digital tersebut sudah berubah menjadi NFT, itu menandakan karya seni tersebut telah dienkripsi dalam blockchain.

Karena itu, karya seni tersebut digital tidak bisa diduplikasi di dunia maya, oleh selain dari pemilik aslinya. Singkatnya NFT bisa dikatakan seperti sertifikat fisik hak cipta yang dapat menjamin keaslian suatu karya. 

Lebih singkatnya lagi NFT merupakan karya seni digital seperti video, gambar, yang bisa dilihat dan disimpan oleh banyak orang. Namun, hanya ada satu orang yang benar-benar resmi memiliki karya digital tersebut dengan dilengkapi dengan sertifikat kepemilikan digital dengan tersimpan rapi di dalam blockchain.

Berbagai Macam Hal yang Bisa dilakukan Pada Opensea Marketplace NFT

opensea marketplace nft

Jika Anda merasa tertarik untuk menjadi salah satu pengguna dari aplikasi ini, berikut banyak macam hal yang dapat Anda lakukan di dalam opensea marketplace NFT, misalnya membuat, membeli dan menjual aset digital.

Anda bisa melakukan berbagai macam hal tersebut tentunya sesudah Anda membuat akun dan mendaftar pada opensea marketplace NFT.

Berikut cara membuat akun pada aplikasi opensea

  1. Pertama adalah buka link https://opensea.io, bisa diakses melalui laptop atau ponsel.
  2. Untuk mendaftar akun opensea, klik ikon dompet atau ikon foto profil, kemudian pilih opsi wallet.
  3. Pilih dompet digital yang telah Anda gunakan sebelumnya, sebagai contoh metamask.
  4. Setelah itu lengkapi data diri di akun profil.
  5. Kemudian jangan lupa untuk verifikasi email, setelah email sudah terverifikasi akun opensea Anda sudah jadi.

Setelah itu Anda bisa langsung membuat aset digital maupun melakukan transaksi lainnya seperti membeli dan menjual.

Berikut langkah-langkah dalam membuat aset NFT

  1. Klik opsi “create” pada halaman awal opensea, kemudian unggah file yang ingin Anda jadikan aset digital. Bisa berupa foto, video, dan lain sebagainya.
  2. Beri nama dan isi deskripsi aset Anda.
  3. Lalu klik create.
  4. Kemudian Anda tinggal menunggu aset Anda disetujui oleh pihak Opensea. Setelah disetujui, aset Anda akan muncul pada pasar.

Cara untuk menjual aset pada opensea marketplace NFT

  1. Buka opsi my collection.
  2. Pilih aset yang akan dijual.
  3. Kemudian Anda bisa memilih 2 skema di dalamnya. Pertama adalah fixed price atau bisa pilih opsi lelang.
  4. Kemudian Anda akan diarahkan ke wallet metamask.

Cara membeli NFT di opensea

  1. Pastikan Anda memiliki saldo cukup pada dompet Anda uang mata digital yang terhubung dengan akun open sea.
  2. Cari aset digital yang akan Anda beli, dengan klik pilihan “explore”.
  3. Setelah menemukan karya yang cocok, apabila aset menggunakan skema lelang klik opsi “place bid” untuk memasukan penawaran harga ethereum Anda. 
  4. Namun, apabila menggunakan skema jual langsung, klik opsi “Buy Now” kemudian klik opsi “checkout” dan lakukan konfirmasi pembayaran lewat dompet digital mata kripto milik Anda.

Opensea marketplace NFT memberikan angin segar, terutama di era pandemi seperti sekarang ini. Caranya juga terkesan mudah, semakin menambah dahaga banyak orang untuk segera mencemplung dan merasakan nikmatnya berinvestasi pada dunia digital.

Baca Juga : Rekomendasi Game NFT yang Mendatangkan Keuntungan

Apalagi ditambah kemunculan Ghozali, kedatangannya seakan sebuah danau di tengah gurun pasir. Membuat banyak orang ingin ikut bergabung dengan opensea marketplace NFT, namun jangan pernah untuk melupakan fatamorgana yang bisa terjadi kapan saja.

Sumber Link: Kunjungi website