Jika bicara tentang sistem operasi pada komputer tentu macOS yang lebih banyak diunggulkan. Meski hingga saat ini masih menjadi perdebatan apakah sistem operasi dari Apple ini lebih unggul dibanding sistem operasi Windows buatan Microsoft. 

Baca juga : Perbedaan Linux dan Windows, Manakah yang Lebih Bagus di Tahun 2023?

Mac buatan Apple dan Windows buatan Microsoft memang saat ini yang merajai pasar sistem operasi di dunia. Beberapa orang menganggap Mac jauh lebih unggul terutama dari segi keamanannya. Hal ini juga yang membuat komputer yang menggunakan sistem operasi Mac umumnya memiliki harga lebih mahal. 

Namun pecinta Windows tentu jauh lebih mengunggulkan sistem operasi buatan Microsoft tersebut, karena memang ada juga beberapa kemampuan Windows yang tidak dimiliki oleh Mac. Sehingga jika bicara tentang mana yang terbaik, perdebatannya pasti tidak menemui titik akhir.

Bagi kalian yang lebih mengutamakan privasi dan keamanan data pada komputer, maka bisa menjadikan macOS sebagai pilihan. Hanya saja perlu merogoh kocek lebih dalam, karena rata-rata harga sistem operasi buatan Apple ini dibanderol lebih tinggi dari pesaingnya.

Meski harganya tergolong mahal, produk bekas dari komputer buatan Apple ini tetap diminati banyak orang, sehingga harga jualnya masih tergolong tinggi. Kalian bisa tetap mendapatkan performa yang maksimal, karena sistem operasi Mac umumnya memiliki daya tahan yang kuat. 

Mengenal Apa Itu macOS Lebih Dekat

Mengenal Apa Itu macOS Lebih Dekat

Mengenal Apa Itu macOS Lebih Dekat

Agar suatu PC atau komputer bisa bekerja, ada tiga komponen utama yang dibutuhkan, yakni hardware, software, dan juga firmware. OS atau sistem operasi juga menjadi komponen yang sangat penting pada sebuah komputer, karena tugas utamanya adalah mengelola sumber daya perangkat keras komputer tersebut.

Sederhananya OS ini merupakan seperangkat program yang diciptakan agar fungsi-fungsi dalam komputer bisa digunakan secara maksimal. macOS merupakan salah satu sistem operasi yang dapat digunakan untuk mengoperasikan komputer dengan fungsi maksimalnya. 

Sebelum menyimak lebih dalam apa saja keunggulan yang dihadirkan oleh sistem operasi Mac tersebut, perlu kiranya kalian mengenali lebih dekat tentang OS tersebut. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Mac merupakan sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan Apple. 

Dengan kata lain, mayoritas produk elektronik yang dibuat oleh Apple yang membutuhkan sistem operasi, kebanyakan menggunakan Mac, misalnya seperti PC dan juga Macbook. Biasanya pengguna Apple sulit beralih ke OS lain karena merasakan keunggulan dari perangkat tersebut. 

Berikut Ini Sejarah Perkembangan macOS

Kalian juga perlu kiranya mengetahui sejarah perkembangan sistem operasi buatan Apple tersebut, sehingga bisa mengerti mengapa produk tersebut sangat populer di seluruh dunia. Dirangkum dari berbagai sumber, Mac merupakan singkatan dari Macintosh Operating System. 

Awalnya program ini diberi nama OS X, hal ini juga yang membuat hingga saat ini beberapa orang masih menyebutnya sebagai OS X. Seperti yang telah disebutkan di awal bahwa pengembangnya adalah perusahaan Apple inc. 

macOS dibuat pertama kali pada tahun 1986, dan kabarnya nama Macintosh diambil dari salah satu jenis buah apel. Jef Raskin yang merupakan salah satu orang dibalik pembuatan Mac tersebut yang memberikan nama Macintosh, karena buah tersebut merupakan buah kesukaannya. 

Kemunculan Mac di dunia komputer langsung disambut antusias terutama karena banyak kebaruan yang dihadirkan. Hal ini membuat sistem operasi buatan Apple ini semakin berkembang hingga menjadi salah satu OS paling diunggulkan di masa sekarang. 

Setiap tahunnya Apple terus melakukan inovasi dan pembaruan pada sistem operasi Mac. Yang terbaru adalah macOS 11 yang diluncurkan pada November 2022. Tentu teknologi terbaru selalu disematkan bahkan melampaui para kompetitornya di dunia sistem operasi. 

Keunggulan macOS Dibanding Sistem Operasi Lain

Dari segi harga kebanyakan perangkat komputer yang menggunakan Mac dibandrol dengan harga yang jauh lebih tinggi dibanding kompetitor. Meski harganya tergolong mahal, tetap saja para penggemar memburu produk buatan Apple tersebut, salah satunya karena banyak keunggulan yang ditawarkan seperti berikut. 

  • Keamanan Jauh Lebih Terjamin

Salah satu hal yang membuat komputer yang menggunakan sistem operasi Mac sangat diunggulkan adalah karena tingkat keamanannya yang sangat terjamin. Jika dibandingkan dengan OS Windows, mac diklaim jauh lebih aman, terutama dari hal peretasan.

Pada Mac tidak bisa sembarangan software atau aplikasi di Instal, karena harus memerlukan izin dari admin untuk menginstal aplikasi tersebut. Jadi jika tidak terdaftar di App Store, aplikasi atau software tersebut akan sulit dipakai lewat macOS. 

  • Cocok untuk Developer atau Designer

Meski harganya tergolong mahal, beberapa orang tetap gigih membeli Mac, terutama mereka – mereka dari kalangan developer atau designer. Jika kalian berprofesi sebagai developer program atau designer, disarankan untuk menggunakan Mac.

Alasannya karena selain performanya yang sangat bagus, banyak fitur-fitur pada Mac tersebut yang mendukung produktivitas kalian. Pekerjaan jadinya lebih mudah dibuat, serta keamanannya juga jauh lebih terjamin. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa keamanan data pada Mac sangat bagus, terutama karena tersedia juga fitur backup yang mudah digunakan. Fitur backup yang ada pada macOS diberi nama Time Machine. Dengan adanya fitur ini, kalian hanya perlu menyediakan 1 hardisk. 

Dengan demikian secara otomatis sistem akan mencadangkan data yang kalian miliki, sehingga keamanannya semakin baik. Meski sistem dari mac ini dikenal sangat stabil, tentu penting untuk mencadangkan data, karena dalam perangkat elektronik, segala hal bisa saja terjadi. 

  • Mudah Digunakan Orang Awam 

Hal lain yang menjadi keunggulan dari macOS ini adalah user friendly atau dengan kata lain mudah digunakan oleh orang awam. Meski kalian tidak terlalu paham dengan dunia komputer, Macbook atau PC dari Mac tetap nyaman digunakan.

Tidak hanya para desainer atau pengembang software yang menggunakannya, tetapi orang awam juga cocok menggunakan Mac tersebut. Bahkan untuk pekerjaan ringan seperti mengetik atau mengerjakan tugas kantor, Mac tersebut cocok karena fitur-fiturnya mudah dipahami. 

Apakah macOS Bisa Terkena Virus?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Mac sangat unggul dalam hal keamanannya. Bahkan jika dibandingkan dengan Windows, Mac relatif jarang terkena hack atau juga terkena malware. Meski demikian, bukan berarti Mac tersebut tidak dapat kena virus. 

Semua perangkat elektronik berpotensi terkena virus, karena tidak ada sistem yang terjamin aman di dunia komputer dan internet. Oleh sebab itu, kalian harus tetap berhati-hati dan menghindari tindakan ceroboh, agar keamanan sistemnya tetap terjamin.

Salah satu alasan mengapa macOS diklaim sulit kena virus karena tidak banyak orang yang paham mengutak atik sistem OS dari Apple tersebut. Sistem operasi Windows jauh lebih banyak dipahami para pengembang, sehingga lebih banyak juga Windows yang menjadi sasaran peretasan.

Meski demikian, bukan berarti kalian boleh lalai ketika sudah menggunakan Mac. Tetap penting menghindari link-link berbahaya agar tidak terkena virus atau malware. Keamanan data akan lebih terjamin jika kalian juga cermat dan sigap menjaga data privasi tersebut. 

Hal yang Menjadi Nilai Minus dari Mac

Hal yang Menjadi Nilai Minus dari Mac

Hal yang Menjadi Nilai Minus dari Mac

Meski hadir dengan begitu banyak keunggulan, namanya perangkat elektronik pasti memiliki kekurangan, terutama pada zaman sekarang yang serba cepat. Sebelum kalian memutuskan untuk membeli produk Mac, penting untuk memperhatikan beberapa kekurangan berikut. 

Jika dibandingkan dengan sistem operasi pada umumnya, Mac memang cenderung paling mahal, bahkan harganya bisa mencapai dua kali lipat. Oleh sebab itu, tidak banyak orang yang mampu menjangkau harga yang ditawarkan oleh Apple tersebut.

Jika kalian ingin memiliki perangkat teknologi terbaru yang menggunakan sistem operasi Mac, maka harus rela merogoh kocek lebih dalam. Harga yang cenderung mahal tersebut bagi sebagian orang mustahil untuk dijangkau. 

  • Pilihan Software Terbatas

Hal lain yang menjadi kekurangan macOS adalah pilihan softwarenya yang sangat terbatas. Tidak seperti Windows yang mudah menginstal berbagai software, pada Mac hal tersebut sulit dilakukan. Hanya software yang diverifikasi Apple yang bisa diinstal dengan mudah pada Mac.

Jadi jika kalian gemar mencoba software baru, Mac bukan pilihan yang tepat, karena akan membuat kalian sulit menginstal software tersebut. Tetapi jika kebutuhan hanya sebatas software yang umum saja, tentu tidak masalah menggunakan produk Mac tersebut. 

Baca juga : Manfaat dari Sistem Jaringan Komputer yang Perlu Diketahui

Meski ada beberapa kekurangan, penggemar produk Apple tidak menjadikan hal tersebut sebagai hambatan untuk menikmati perangkat elektronik termutakhir tersebut. Jika kalian butuh sistem yang stabil dan sangat aman, maka macOS bisa menjadi pilihan utama. 

Sumber Link: Kunjungi website