Bila Anda membicarakan tentang Google Assistant, dapat dikatakan sebagai salah satu teknologi tercanggih. Terutama yang pernah dibuat oleh Search Engine tersebut. Tidak heran sangat dibanggakan dan memiliki banyak fitur.

Baca Juga : Mengenal Fungsi Drive Google dan Manfaat Terbaiknya

Pertama kali dirilis pada Mei 2016 dan menarik perhatian banyak orang. Apalagi penggunanya tidak main-main yaitu mencapai 1 miliar device. Tentunya ada potensi kalau jumlah pengguna akan terus meningkat lagi.

Sambutan user Google begitu besar saat pertama kali digunakan. Hal ini disebabkan karena termasuk belum pernah dicoba pada teknologi lain. Tidak heran dianggap sebagai tools bantuan baru yang sangat bagus.

Meski aplikasi Google Assistant sudah sangat terkenal, bukan berarti dipahami betul setiap user. Apalagi karena dilengkapi beragam fungsi atau manfaat besar. Terkadang cukup rumit karena membutuhkan kode khusus.

Jika Anda merupakan pengguna baru, tidak ada salahnya mengetahui tentang manfaat. Baik dalam rangka reminder atau membuat pesan secara otomatis. Termasuk dalam beberapa pekerjaan atau aktivitas yang cukup ringan.

Selain itu pemakaian tools ini juga merambah pada berita sampai lalu lintas. Begitu juga penerjemah otomatis dan tercepat yang dipakai user seluruh dunia. Jadi, dari kualitas manfaatnya terjamin sangat baik.

Kegunaan Google Assistant untuk Sehari-hari

Mengenal Google Assistant dan Manfaatnya

Dalam aktivitas sehari-hari, kita selalu membutuhkan assistant supaya tidak memakan waktu. Anda di sini bisa memanfaatkan reminder sampai mengirim pesan. Termasuk dalam aktivitas melihat kondisi lalu lintas terupdate.

1. Reminder

Pemakaian Google Assistant sebagai reminder terbilang cukup bermanfaat dan mudah dilakukan. Apalagi sebelumnya sudah terhubung langsung dengan produk sejenis. Misalnya akun Gmail, kalender bahkan Google Keep sehingga efektif.

Untuk Anda yang sering melupakan suatu jadwal, dapat memakainya sebagai pilihan. Terutama demi membuat reminder pada suatu acara atau event. Bukan hanya tanggalnya saja melakukan lokasi sampai isinya juga diingatkan.

2. Kondisi Lalu Lintas

Kondisi lalu lintas ternyata menjadi hal yang sangat ingin diketahui banyak orang. Apalagi untuk Anda yang setiap hari melakukan banyak aktivitas luar ruangan. Termasuk harus menerjang kemacetan jalanan yang menyebalkan.

Bila Anda memakai tools ini, maka dapat dibantu supaya perjalanan lebih lancar. Misalnya mencari mana rute perjalanan paling baik supaya tidak macet. Apalagi sebelumnya telah dihubungkan langsung dengan Google Maps.

Anda juga dapat memanfaatkan alat ini menggunakan pengaktifan suara sehingga lebih maksimal. Segala informasi berkaitan dengan wilayah yang dituju akan diberikan. Termasuk bila ada pengalihan bahkan kecelakaan.

3. Mengirim Pesan

Selanjutnya Google Assistant bisa dipakai sebagai alat bantuan untuk mengirim pesan. Biasanya kita memiliki aktivitas atau kegiatan sangat sibuk. Tidak heran melakukan multitasking merupakan hal yang sulit.

Di sini sangat membantu karena kita hanya perlu mengatakan pesan pada smartphone. Kemudian secara otomatis akan dituliskan pada sebuah pesan. Selain itu dapat dikirimkan langsung menuju orang yang diinginkan.

Assistant dalam Aktivitas Hiburan Terbaik

Mengenal Google Assistant dan Manfaatnya

Melakukan hiburan pada smartphone pastinya begitu penting dan harus terbantu dengan baik. Hiburan yang paling terbantu disini mungkin saat membaca berita. Termasuk urusan memutar musik sampai video menarik.

1. Membaca Berita

Membaca berita menggunakan Google Assistant masih tergolong sebagai hiburan menarik. Tidak lain disebabkan bisa mengetahui apa saja informasi terbaru dalam dunia. Baik berita dari dalam negeri sampai dunia internasional.

Anda hanya perlu mengatakan OK Google, Play The News untuk memulainya. Harus diketahui jika alat ini bukan sekedar untuk mencarikan berita saja. Melainkan dapat sekaligus membacakan sehingga lebih efektif hasilnya.

Tapi seringkali pembacaan tersebut memang hanya sekedar ringkasan saja. Nantinya akan diberikan link langsung agar membuka pada website utamanya. Jadi, informasi yang ditemukan pada sebuah berita menjadi lengkap.

2. Memutar Musik

Mencoba memutar musik dengan teknologi ini pastinya lebih baik karena terhubung pada YouTube sampai Play Music. Tidak heran dapat memutar segala jenis musik apapun. Termasuk dengan perintah dan setting sederhana.

Tapi yang cukup disayangkan memang belum dapat disambungkan dengan pihak ketiga. Misalnya ingin dipakai demi memutar musik dari JOOX dan Spotify. Meski begitu karena YouTube sangat lengkap, tidak dijadikan masalah.

3. Menonton Video

Selain memutar musik, pastinya Google Assistant dapat dipakai dalam urusan menonton film. Biasanya dilakukan pada film yang terdapat dalam YouTube. Anda dapat mencari sekaligus memutar secara mudah setiap saat.

Untuk perintah yang dilakukan juga masih sama dengan musik sehingga memudahkan pemakaian. Tapi unggul karena memiliki visual dari video yang muncul. Jadi, kemampuannya terbukti bagus untuk kebutuhan pengguna.

Google Assistant Sebagai Penerjemah Kata

Mengenal Google Assistant dan Manfaatnya

Menerjemahkan kata dalam bahasa lain termasuk aktivitas yang menyenangkan. Apalagi kita dapat mengetahui arti dari bahasa lain. Selain itu akan cocok bagi Anda yang sedang melakukan perjalanan ke luar negeri.

Biasanya Google Assistant dipakai oleh wisatawan untuk berkomunikasi dengan orang lokal. Misalnya untuk meminta bantuan atau bertanya tentang suatu hal. Begitu juga dengan tujuan melatih berbicara dengan orang asing.

Tentunya penting dimiliki karena tidak semua orang telah paham mengenai bahasa Inggris. Pastinya dapat menjadi kerugian karena tidak dapat komunikasi. Jadi, perlu adanya media tepat sehingga bisa berbicara.

Kelebihan lainnya yaitu dapat membenarkan pelafalan yang tepat. Terlebih jika mengatakan pada pelafalan kurang benar, mungkin tidak dapat dimengerti. Baik antara perkataan maupun frasa kalimat yang dikeluarkan.

Google Assistant juga telah dilengkapi lebih dari 188 bahasa asing bagi user. Tidak heran termasuk sebagai teknologi yang begitu membantu. Begitu juga dipakai orang yang sedang mempelajari bahasa secara otodidak.

Anda tidak membutuhkan banyak pembelajaran dari kursus terlebih jika mahal. Termasuk kalau bahasa yang ingin dipelajari ternyata tidak ada yang mengajarkan. Jadi, akan maksimal sebagai tools penerjemah kata terbaik.

Google untuk Membuka Kunci HP dan Konversi

Mengenal Google Assistant dan Manfaatnya

Untuk membuka kunci HP, umumnya kita akan menggunakan kata sandi atau password. Bisa juga memakai sensor sidik jari ataupun pengenalan wajah. Jika ingin membuka key smartphone paling unik, dapat memakai Google Assistant. 

Apalagi jika dibandingkan Google Assistant, cara pengamanan biasa terbilang lebih ribet. Terlebih jika tangan sedang kotor atau menutup wajah. Pastinya harus repot mencuci tangan dan sejenisnya padahal sedang penting.

Kelebihan utama memakai cara ini adalah pembuka kunci hanya membutuhkan suara saja. Pastinya tingkat keberhasilan pengamanan menjadi semakin terbukti. Terlebih suara masing-masing orang pastinya sangat berbeda.

Selain digunakan dalam membuka kunci smartphone, masih terbanyak fungsi penting seperti melakukan konversi. Pastinya ada suatu masa kita ingin mengetahui kurs mata uang. Jadi, dapat menggunakan dari semua kurs dunia.

Google Assistant juga dapat membantu kita mengetahui jarak atau tinggi. Pastinya dalam semua ketentuan konversi yang ingin Anda pahami jumlahnya. Tidak heran sangat membantu para pelajar dalam pelajaran matematika.

Selain itu pemakaian dalam konversi memberi informasi perbedaan jam satu negara dengan lainnya. Jadi, bisa mengetahui masa atau kondisi suatu negara. Wajar saja kalau telah menjadi teknologi yang paling membantu.

Manfaat Google Assistant dalam Mencari File Penting

Mengenal Google Assistant dan Manfaatnya

Manfaat Google Assistant untuk mencari file pastinya sudah banyak dipahami oleh user. Terkadang pada suatu smartphone, memiliki banyak folder dan file. Pastinya dapat menyulitkan kita untuk melakukan pencarian langsung.

Apalagi memiliki tingkat kesulitan dibandingkan laptop atau komputer. Teknologi ini telah terhubung langsung dengan Google Photos sehingga mudah bila mencari foto. Termasuk bila terdapat konten video di dalamnya.

Harus diketahui kalau nantinya dapat mencari sesuai dengan tanggal atau waktu. Begitu juga judul beserta ukuran yang diinginkan. Selain foto atau video, mencari folder secara penuh juga mudah dilakukan dengannya.

Kelebihan lain pencarian file dengan Google Assistant yaitu menemukan SMS. Tapi hanya jika dikirimkan langsung oleh Google Messenger saja. Jadi, cukup wajar kalau mencari file pesan Email juga dapat dilakukan.

Pastinya setiap orang kadang memiliki ratusan bahkan ribuan email yang begitu menumpuk. Kalau mencari satu per satu akan membutuhkan waktu lama. Jadi, harus memanfaatkan teknologi ini sehingga lebih cepat mencari.

Melihat bagaimana manfaat tools ini, pastinya membuat setiap user semakin terbantu. Apalagi selama ini telah menjadi perhatian khusus bagi banyak orang. Hal ini disebabkan karena kecerdasan teknologi yang besar.

Dalam berkembangnya waktu, kemungkinan Google akan menambah lagi sektor kecerdasan paling mutakhir. Tidak lain bertujuan supaya aktivitas dan kegiatan manusia dipermudah. Termasuk dalam urusan kerja atau pembelajaran.

Baca Juga : Mengenal Google Form, Fungsi, Kelebihan dan Cara Pakainya

Terlebih telah menjadi suatu kebutuhan besar terutama bagi pengguna smartphone. Jadi, terjamin dapat membantu kegiatan menjadi semakin maksimal. Tidak heran jika user Google Assistant semakin banyak jumlahnya.

Sumber Link: Kunjungi website