Baru-baru ini salah satu platform media sosial terbesar di dunia tengah melakukan uji coba fitur baru. Fitur repost di TikTok kabarnya bakal segera dihadirkan setelah proses uji coba. Sehingga pengguna bisa langsung membagikan postingan konten kreator lain dengan mudah.

Baca juga: Download Video Tiktok Tanpa Watermark dengan Mudah

Fitur repost dari TikTok ini bakal menjadi salah satu yang paling menarik. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa fitur yang nantinya akan disematkan di TikTok bakal mirip persis seperti Twitter.

Menurut laporan Tech Crunch, fitur repost di TikTok sepertinya bakal terbatas untuk feed For You saja dan bukan untuk berbagi di seluruh aplikasi TikTok. Selain itu, video yang dibagikan juga tidak bisa muncul di profil orang yang berbagi.

Video yang dibagikan menggunakan fitur repost di aplikasi TikTok hanya akan muncul pada feed For You milik teman-teman pengguna. Tombol Repost yang sedang diuji coba ini hanya akan mendorong video ke feed pengguna yang saling mengikuti satu sama lain.

Fakta Tentang Fitur Repost di TikTok

Mengenal Fitur Repost di TikTok yang Masih Uji Coba

Kabar lainnya menyebutkan bahwa fitur repost di aplikasi TikTok ini bakal diuji pada sejumlah pengguna yang tentu saja masih sangat terbatas. Itu artinya, hanya ada beberapa pengguna yang akan mendapatkan fitur Repost ini.

Sedangkan pengguna lainnya kemungkinan tidak akan menerima fitur repost di TikTok pada aplikasinya. Pihak TikTok sendiri memberikan komentar secara resmi terkait uji coba yang dilakukan.

TikTok mengatakan bahwa mereka selalu memikirkan cara baru agar membawa nilai bagi komunitas sehingga memperkaya pengalaman pengguna di TikTok. Berdasarkan laporan pengguna, disebutkan bahwa mereka melihat tombol Recommend.

Tombol tersebut disinyalir sebagai pengganti fitur repost. Baik tombol recommend maupun repost sama-sama bisa dipakai untuk membagikan unggahan video kepada pengguna lain.

Kemungkinan Perilisan Fitur Repost di TikTok

Fitur repost di aplikasi TikTok hingga saat ini masih dalam proses uji coba dan belum diluncurkan secara resmi untuk semua pengguna. Video yang diposting ulang oleh satu akun hanya akan menampilkan untuk followers.

Sehingga video tersebut tidak akan bisa muncul di halaman profil pengguna yang membagikan ulang melalui fitur repost di TikTok. Sehingga pengguna yang posting tidak akan bisa melihat hasil video yang di-repost.

Selain itu, hingga saat ini masih belum ada informasi apakah TikTok akan memilih pengguna secara khusus dengan persyaratan tertentu atau tidak. Contohnya seperti jumlah followers, like, maupun komen. Bisa jadi TikTok akan memberlakukannya secara acak di akun tertentu.

Metode fitur repost di TikTok memang belum tersedia sehingga platform yang sangat populer ini masih dinilai kurang. Tombol Repost yang akan hadir di TikTok kabarnya juga bakal dibuat persis seperti Twitter.

Pengguna bisa mengambil video apapun yang muncul dan ditonton di TikTok lalu membagikannya kepada pengikut akun pengguna tersebut. Anda tidak bisa berharap lebih untuk bisa melihat video repost di profile.

Untuk perilisan fitur repost di TikTok sendiri sepertinya masih dalam tahap uji coba dan akan dirilis secara perlahan. Uji coba pun baru dilakukan ke sebagian pengguna belum ke semua pengguna.

Banyaknya informasi menarik yang bermanfaat di TikTok membuat platform ini disukai oleh banyak kalangan. Tentu kebermanfaatannya akan semakin luas lagi jika fitur repost di aplikasi Tiktok jadi diluncurkan.

Alasan Fitur Repost di TikTok Dihadirkan

Mengenal Fitur Repost di TikTok yang Masih Uji Coba

Sebagai salah satu platform media sosial terbesar di dunia yang digunakan oleh miliaran pengguna, pihak pengembang terus melakukan upgrade. Banyak fitur yang diperbarui agar semakin menarik dan ramah pengguna.

Salah satu fitur yang saat ini tengah dalam tahap uji coba adalah fitur repost di Tiktok. Tentu pihak pengembang membuat fitur ini bukan tanpa alasan.

Untuk bisa mengunduh video di TikTok, pengguna bisa melakukannya melalui fitur yang tersedia. Namun, sayangnya ada watermark atau tanda air dalam video tersebut jika disimpan dan diposting ulang.

Jika ingin mengunduh video tanpa ada watermark, maka harus menggunakan aplikasi pihak ketiga maupun situs website. Aplikasi atau situs untuk menghilangkan tanda air pada video TikTok pun sebenarnya sudah banyak tersedia.

Setelah mengunduh video melalui aplikasi maupun website, pengguna baru bisa memposting ulang tanpa ada tanda air atau watermark. Tentu metode ini cukup ribet dan kurang praktis serta bisa menyebabkan masalah hak cipta.

Fitur repost di TikTok yang baru-baru ini masih dalam tahap uji coba tampaknya didasari atas keinginan pengguna yang ingin membagikan video dan mempostingnya ulang ke orang lain. Sehingga muncullah fitur tersebut meskipun masih dalam tahap uji coba.

Hingga saat ini masih belum ada kejelasan dan konfirmasi resmi apakah TikTok akan mempertahankan fungsi tersebut atau mengubah cara kerjanya. Tentu TikTok harus melihat dan menganalisanya terlebih dahulu dari uji coba yang dilakukan.

Cara Kerja Fitur Repost di TikTok

Mengenal Fitur Repost di TikTok yang Masih Uji Coba

Fitur ini rencananya bakal muncul di ikon Share yang biasanya terletak di bagian kanan layar. Ikon ini sebenarnya sudah biasa digunakan oleh pengguna untuk membagikan video.

Namun, hanya terbatas pada membagikan ke media sosial dan mengunduhnya dengan watermark. Belum ada fitur untuk membagikan dan mengirimkan video secara langsung dengan mengunggahnya di akun sendiri.

Meskipun terbilang mirip seperti tombol Repost pada Twitter, namun tetap saja akan ada perbedaan untuk tombol yang nantinya disematkan di TikTok. Video TikTok yang di-repost hanya akan muncul di feed For Your Page teman pengguna.

Selain itu, fitur repost di TikTok juga tidak bisa muncul di semua bagian aplikasi dan hanya akan tersedia di video yang ditemukan di feed For You. Anda tidak akan menemukan tombol Repost ini melalui pesan atau halaman Discover.

Selain itu, video yang di-repost juga hanya akan muncul di feed pengguna jika sudah mutualan atau saling mengikuti dengan pengguna yang melakukan repost. Untuk uji cobanya sendiri masih dengan segelintir pengguna sehingga belum diketahui dampaknya seperti apa.

Fitur Stitch dan Duet untuk Berbagi di TikTok

Mengenal Fitur Repost di TikTok yang Masih Uji Coba

Meskipun fitur Repost masih belum muncul, namun pengguna masih bisa berbagi video dengan pengguna lainnya melalui fitur Stitch atau Duet Video. Fitur tersebut juga tersedia pada tombol Share yang terletak pada bagian kanan layar.

Namun, untuk bisa menggunakan fitur repost di TikTok ini pengguna harus berkontribusi. Contohnya dengan memberikan reaksi, membuat video tanggapan, atau menambahkan sesuatu ke klip.

Selain itu, pengguna pertama yang membuat video juga harus menyediakan tombol Stitch dan Duet Video ini agar pengguna lainnya dapat memberikan reaksi. Itu artinya ada keterlibatan dari kedua belah pihak.

Cara ini tentu lebih ribet dan belum tentu semua postingan menyediakan fitur Stitch dan Duet Video ini. Meskipun video bagus jika tidak tersedia fitur tersebut maka pengguna tetap tidak bisa membagikannya.

Berbeda dengan tombol Repost yang saat ini sedang diuji coba. Tentu akan membuat pengguna Tik Tok jadi lebih mudah untuk berbagi video dengan pengguna selama bersedia membuat konten sendiri.

Daftar Fitur Berbagi di TikTok

Mengenal Fitur Repost di TikTok yang Masih Uji Coba

Membagikan postingan konten video di TikTok ke platform media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram, maupun WhatsApp tentu sudah biasa terjadi. Tiktok telah menyediakan fitur tersebut melalui tombol Share.

Baca juga: 7 Fakta Aplikasi Tiktokcash: Aplikasi yang Penting Anda Ketahui

Tombol Share bisa diakses oleh pengguna dengan mudah karena terletak di bagian kanan video. Tombol ini memungkinkan Anda untuk berbagi ke media sosial lain dan melakukan pengunduhan. Berikut ini hal-hal yang bisa Anda lakukan dengan tombol Share di TikTok, di antaranya:

  1. Mengirim pesan ke pengguna lain secara pribadi dan akun pengguna lainnya bisa membuka pesan tersebut melalui tombol pesan di bagian kanan atas
  2. Berbagi ke aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, Telegram, dan Line
  3. Berbagi pesan langsung ke pengguna lain
  4. Membagikan konten video di TikTok ke platform media sosial lainnya seperti Facebook, Facebook Lite, Instagram Feed, Instagram Stories, Messenger Facebook, Twitter, Line
  5. Berbagi konten melalui email atau menyimpannya langsung di Drive
  6. Menyalin tautan link video tersebut
  7. Menambahkan ke favorit
  8. Melaporkan jika konten yang diposting mengandung unsur yang membahayakan
  9. Memberi tanda tidak tertarik pada konten video yang diposting
  10. Membuka fitur Duet dan Stitch
  11. Mengunduh secara langsung dan menyimpannya di ponsel

Sebagian pengguna sudah ada yang mendapatkan fitur tersebut. Namun, untuk jelasnya kapan bakal dirilis secara keseluruhan masih belum dikonfirmasi oleh TikTok. Saat ini fitur Repost di TikTok memang terkesan lebih praktis.

Sumber Link: Kunjungi website