Scroll to read more

Back-end developer menjadi sebuah aktivitas dan pekerjaan di dunia maya yang hingga sekarang banyak digeluti orang. Terutama mereka yang memiliki situs website yang sudah eksis online. Atau mungkin, orang yang dibayar untuk mengelola situs web tertentu.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Menggambar Android untuk Tingkatkan Kreativitas di Tahun 2023

Kalian mungkin lebih familiar dengan sebutan admin website yang dapat bekerja dimana saja. Asalkan mempunyai minimal laptop dan koneksi internet lancar, maka aktivitas onlinenya dapat dilakukan dengan baik.

Namun demikian, seorang developer web lebih detail job descriptionnya karena berkaitan dengan server yang digunakan untuk pengelolaan website secara keseluruhan. Meskipun kenyataannya, seorang web developer bisa sekaligus mengelolanya secara keseluruhan.

Mengenal Back-End Developer Lebih Detail

Mengenal Back-End Developer Lebih Detail

Mengenal Back-End Developer Lebih Detail

Kalian sudah mengetahui dari uraian pendahuluan diatas bahwa membicarakan perihal developer web sangat erat dengan topik kali ini. Kalian yang masih awam akan lebih mengenal situs webnya saja di dunia maya.

Ada banyak sekali situs yang dapat diakses bebas setiap waktu selama ada jaringan internet. Ternyata, dibalik situs web tersebut ada pekerjaan hebat dari Back-end developer yang bertanggung jawab penuh atas pengelolaannya.

Pihak developer bisa hanya seorang saja, tetapi juga dapat sebuah tim yang sudah dibentuk khusus. Dikarenakan tugas dan pekerjaannya mengelola situs web, maka seharusnya developer sudah menguasai berbagai fitur, fasilitas, dan pernak-pernik di dalamnya.

Terutama di bagian server yang digunakan dan dimanfaatkan untuk mendukung situs web agar dapat diakses banyak orang. Namun sebelumnya, apa itu server? Kalian yang sudah familiar dengan internet tentu tidak asing dengan kata tersebut.

Perlu diketahui server merupakan sistem komputer di dalam sebuah jaringan khusus yang berfungsi menjalankan layanan tertentu. Dimana pelayanan jaringan tersebut biasanya berkaitan dengan pengelolaan situs web di dunia maya.

Jadi, situs web yang bisa diakses melalui browsing di internet sangat membutuhkan server sebagai tempat eksistensinya. Tanpa server, website tidak akan bisa diakses oleh banyak orang. 

Oleh karenanya, tugas utama dari Back-end developer adalah menyiapkan server sebaik-baiknya yang nantinya akan menjadi tempat sebuah situs web. Tentu saja websitenya juga harus dikelola dengan baik agar kedua komponen tersebut dapat dioptimalkan.

Kalian yang ingin belajar menjadi developer web harus benar-benar menguasai keahlian pemrograman komputer. Hal itu dikarenakan pekerjaan menyiapkan server untuk situs web dilakukan dengan cara memberikan perintah khusus melalui kode-kode bahasa pemrograman.

Mengenal Tugas-Tugas Back-End Developer

Mengenal Tugas-Tugas Back-End Developer

Mengenal Tugas-Tugas Back-End Developer

Kalian juga perlu mengetahui beberapa tugas dari developer web yang berkaitan dengan pengelolaan server untuk website sekaligus situsnya itu sendiri. Pekerjaannya cukup mendetail, sehingga memang tidak mungkin dilakukan oleh seorang saja.

Maka dari itu, sebuah tim Back-end developer dapat dibentuk yang beranggotakan beberapa orang. Dimana tiap orang bertugas sesuai keahlian dan kemampuannya masing-masing. Tentu saja disesuaikan dengan beberapa tugas developer web sebagai berikut.

Sistem operasi dalam komputerisasi yang digunakan dalam pengelolaan situs web juga harus dibuat, dikelola, dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Hal itu dikarenakan sangat krusial peranannya dalam pekerjaan ini.

Dimana operating systems dalam sistem komputer diibaratkan sebagai organ otak di tubuh manusia. Tempat berpikir dan merencanakan segala sesuatunya, sehingga harus dirawat serta dikelola dengan baik agar bisa dioptimalkan dalam pekerjaan ini.

  • Membangun Aplikasi Back-End Framework

Tugas developer web berikutnya, yaitu membangun aplikasi bersifat framework yang sangat dibutuhkan dalam pengelolaan sebuah website. Aplikasinya dibangun dan diciptakan dengan mengaplikasikan bahasa pemrograman tertentu sesuai kebutuhan programer.

Jadi, anggota tim developer web juga harus ada programer komputer khusus karena sangat membutuhkan keahliannya. Selanjutnya, aplikasi bisa segera dibangun agar dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan website.

  • Memperkuat Bagian Keamanan Website

Tugas developer web yang satu ini juga tidak kalah pentingnya karena mengantisipasi segala hal membahayakan website. Misalnya, penyusup, tindak peretasan, dan lain sebagainya. Maka dari itu, pihak developer harus memperkuat bagian keamanannya.

Dengan keahlian programer di dalam tim developer web, dipastikan keamanan situsnya bisa dibuat berlapis. Tujuannya mempersulit hacker menembus keamanannya dan mencegah pencurian data-data di dalamnya.

  • Menganalisis Data Situs Web

Kalian juga perlu mengetahui bahwa tugas developer web juga harus menganalisis data di website yang dikelola. Dimana di dalam setiap situs web pasti ada data tertentu yang bersifat kualitatif, kuantitatif, atau umum saja.

Semua data tersebut tergabung dalam sebuah basis data yang harus dikelola dan dianalisis. Tujuannya adalah datanya lebih teratur karena sudah dipilih dan dipilah. Selain itu, database tersebut juga sudah disesuaikan untuk mendukung pengelolaan situs webnya.

  • Menjalankan Fungsi Backup dan Restore

Masih ada satu tugas pokok Back-end developer dalam mengelola situs web yang dikerjakannya. Developer harus mampu mengerjakan fungsi backup atau dapat diartikan cadangan untuk semua bagian di websitenya.

Sebagai contoh, backup data di dalam situs yang penting dilakukan agar semua di dalam database tidak hilang karena suatu sebab. Selain backup, developer web juga harus melakukan fungsi Restore atau pemulihan.

Dimana situs web di server tertentu yang mungkin mengalami masalah tertentu hingga menjadikannya tidak bisa diakses. Developer web harus dapat mencarikan solusinya, memperbaikinya, lalu memulihkan kembali situsnya agar bisa diakses di dunia maya.

Beberapa Keahlian Back-End Developer yang Harus Dikuasai

Kalian semua sudah mengetahui perihal apa itu developer web beserta beberapa tugas pokoknya. Setelah mengetahuinya lebih dekat, kalian dapat mulai menebak dan membayangkan pekerjaannya yang sangat identik dengan teknologi komputerisasi.

Pastinya mereka yang berprofesi sebagai developer web harus memiliki beberapa keahlian khusus di bidang komputer. Tidak hanya mampu menggunakan serta mengaplikasikan berbagai aplikasi di dalam komputer.

Namun, developer web juga harus mengenal sistem komputerisasi luar dan dalam secara detail. Dengan begitu, mereka dapat menjalankan semua tugas dan pekerjaannya, seperti yang diuraikan diatas. 

Oleh karenanya, dibutuhkan beberapa keahlian khusus bagi kalian yang ingin bekerja sebagai Back-end developer. Berikut uraian selengkapnya.

  • Bahasa Pemrograman Komputer

Keahlian yang satu ini memang harus dikuasai oleh programer. Tugas utamanya memberikan banyak perintah dalam bentuk cheat atau kode-kode khusus yang bertujuan tertentu. Misalnya, membangun situs web, aplikasi khusus, atau mengelola sistem komputer.

Berbicara mengenai bahasa pemrograman tentu saja akan identik dengan kode-kode khusus yang diketikkan melalui keyboard oleh seorang programer. Semua kode tersebut merupakan perintah yang nantinya menjadi tool.

Sementara itu, banyak tool yang dikerjakan oleh programer bisa menjadi fitur atau fasilitas tertentu. Semua fitur dan fasilitasnya merupakan hasil proses membangun aplikasi. Nantinya aplikasi tersebut bisa diunduh dan diinstal di berbagai gadget.

Diketahui ada beberapa macam bahasa pemrograman dengan karakteristik dan fungsi berbeda. Programer bisa memilih dan mengaplikasikannya sesuai kebutuhan pekerjaannya.

Back-end Developer harus mampu mengelola web server yang juga menjadi salah satu tugas pokoknya. Server yang nantinya dijadikan tempat untuk situs web yang dibangun harus dalam kondisi optimal.

Jangan sampai servernya mudah ditebus atau dibobol oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Oleh karenanya, pengelolaan web servernya harus bagus dan hanya mampu dilakukan oleh programer profesional serta berpengalaman.

Bagi yang sudah berpengalaman, pasti mudah mengerjakannya dengan hasil sangat memuaskan. Jadi, memang keahlian developer web yang sudah teruji kompetensinya memang sangat dibutuhkan.

Terutama oleh perusahaan besar yang berbasis digital komputer pasti sangat membutuhkan programer berpengalaman seperti itu. Kesempatan ini jangan sampai kalian sia-siakan karena cukup menguntungkan.

Setiap situs web yang dalam proses pembangunan tentu melibatkan database di dalamnya. Juga harus mempunyai keahlian manajemen atau pengelolaan basis data. Tujuannya menghasilkan data-data yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan website.

Untuk bisa mengelola database dengan baik dan benar, Back-end developer tetap harus mengaplikasikan bahasa pemrograman tertentu sesuai kebutuhannya. Biasanya, bahasa SQL yang digunakan programer jika berkaitan dengan pekerjaan mengelola database.

Hal itu dikarenakan jenis bahasa pemrogramannya memang dirancang dan mempunyai kode-kode perintah khusus untuk mengatur serta menjadikan basis data menjadi lebih baik. Developer web harus memiliki keahlian seperti itu karena fungsinya penting.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Menggambar Android untuk Tingkatkan Kreativitas di Tahun 2023

Kalian sudah membaca informasi bermanfaat seputar developer situs web yang ternyata mempunyai tugas begitu kompleks. Semuanya masih berkaitan dengan bidang komputerisasi yang lebih spesifik di bagian Back-end developer.

Sumber Link: Kunjungi website