Sistem operasi Linux Penggunanya sangat banyak, yaitu hampir semua penghuni belahan bumi. Namun, mereka tidak menyadari ketika mereka menggunakan OS Linux dirimu sendiri. Menggunakan Linux di internet infrastruktur sistem operasi banyak.

CCTV, DVR, mesin medis, lampu lalu lintas, hingga ponsel Anda menggunakan sistem operasi Linux. android apakah sistem operasinya aktif? Linux Dikemas dalam smartphone.

Untuk eksis Linux dari tahun sembilan puluhan banyak orang mulai mengenalnya. Kapan fungsinya? Linux yaitu sebagai sistem yang berguna untuk menyalakan internet. atau perangkat untuk infrastruktur internet.

Sakelar, server, router mereka semua memakai Linux. Sistem operasi ini sangat stabil dalam perkembangannya yang berlangsung bahkan hingga saat ini. Linux gratis untuk digunakan, dan juga aman dan gratis.

Tahu Linux

Mari kita mengenal sistem operasi Linux dan berbagai fiturnya

Definisi Linux adalah sistem operasi seperti: Unix dengan menggunakan kernel yang Anda sebutkan Linux sebagai intinya. Sehingga penggunaannya berfungsi dan Anda dapat memanfaatkannya secara maksimal seperti sistem operasi lain pada umumnya.

Baca juga: Ketahui jenis dan cara mengaktifkan Windows 10 dengan aman

Menggunakan Linux gratis dan sumber terbuka, oleh karena itu Anda dapat menggunakan dan mengembangkannya secara gratis. Linux itu sendiri adalah perangkat lunak yang berguna untuk memproses sumber daya pada komputer.

Sistem operasi aktif Linux itu berfungsi sebagai penghubung komunikasi antara perangkat keras dan aplikasi produktif. Mrs Office, Coreldraw, Photoshop, dan seterusnya adalah beberapa jenis aplikasi produktif yang biasa digunakan orang.

Tanpa sistem operasi, aplikasi produktif ini tidak ada gunanya sama sekali. Linux itulah yang membantu menjaga aplikasi produktif tetap sinkron dan berguna bagi pengguna.

Sejarah Linux

Mari kita mengenal sistem operasi Linux dan berbagai fiturnya

Sistem komersial seperti: Unix dan doS selalu ada, apa yang kamu sebut sekarang jendela. Alam jendela tidak gratis alias dengan penggunaan berbayar. Sehingga sistem jendela itu tertutup atau Anda bisa mendapatkannya jika Anda ingin membelinya.

Akhirnya kelompok pengembang membentuk kelompok yang disebut GNU. Grup ini adalah tempat untuk membuat sistem operasi dan aplikasi yang dapat Anda gunakan dan akses secara bebas.

Pada satu titik, setelah semua bagian selesai, ada satu bagian yang lolos. Komponen yang berhasil mereka buat adalah: Linux itulah inti dari sistem operasi itu sendiri.

Pada tahun 1991, seorang mahasiswa Universitas Helsinki jurusan ilmu komputer akhirnya menulis sistem operasi independen. Sistem operasi independen berguna untuk dapat menggunakan komputer tanpa menggunakan kode unik.

Nah, OS ini adalah apa yang Anda sebut saat ini Linux. Menggunakan linux gratis dan tidak berbayar adalah hasil perjuangan pengembang yang berbeda.

Tujuan dari sistem operasi Linux

Mari kita mengenal sistem operasi Linux dan berbagai fiturnya

Proses linux tidak hanya mandek, para developer terus berinovasi untuk melakukan pengembangan. Sistem operasi dari 1991 hingga 1994 Linux mengalami perkembangan. 1994 mereka berhasil memperbarui dan meluncurkan kernel Linux versi 1.0.

Regulasi dan lisensi merupakan masalah atau konflik bagi pengembang Linux NS. Sehingga lisensi OS yang ada saat membuat project ini menjadi ide munculnya OS gratis. Bahkan bebas untuk menyesuaikannya.

Sehingga kedepannya akan banyak developer yang lebih mudah melakukan inovasi saat membuat sistem operasi. Ini adalah tujuan utama pembuatan agar generasi berikutnya tidak mengalami hal yang sama seperti sebelumnya linux merasa.

Dulu, ketika menjalankan kreasi mereka, mereka harus dipukul dengan lisensi OS, dan juga harus membayar karena sifatnya yang tertutup, yang juga menjadi kendala. Sangat jelas bahwa tujuan pembuatan produk Linux sebagai pemecah masalah.

Tujuan utamanya adalah untuk mematahkan monopoli sistem operasi di perusahaan besar. Monopoli menjadi kendala bagi developer Anda untuk melakukan berbagai inovasi dan kreasi. Sehingga sulit bagi pengembang untuk mewujudkan terobosan dan inovasi baru untuk aplikasi mereka.

Fungsi Linux

Mari kita mengenal sistem operasi Linux dan berbagai fiturnya

Linux sendiri memiliki fungsi utama yaitu sebagai perangkat infrastruktur internet untuk dapat mengontrol sistem operasi yang ada di dalamnya. Sama seperti jendela, Namun Linux lebih terbuka dan bebas.

Lisensi juga masuk gratis dan sumber terbuka, sehingga Anda dapat membuat, mengembangkan, dan mendistribusikan secara gratis. Fokus kreasi Linux yaitu pembuatan sarana prasarana jaringan internet.

Sistem operasi Linux penggunaan yang sering Anda temui adalah pada perangkat seperti: router, Pengawasan kamera, drone, mesin industri dan sebagainya. Bagaimanapun, Linux itu tidak begitu terkenal penggunaannya sebagai jendela yang banyak digunakan orang biasa.

Tapi untuk dunia industri Linux adalah perangkat yang terkenal dan menjadi suatu keharusan. Terutama bagi para programmer yang membuat aplikasi untuk mengikuti perkembangan zaman.

Kelebihan dan kekurangan Linux Dibandingkan jendela

Mari kita mengenal sistem operasi Linux dan berbagai fiturnya

Linux sendiri merupakan sistem operasi yang banyak digunakan pada perangkat keras komputer. seperti desktop, komputer super, sistem permainan video game, Dan seterusnya.

Sistem operasi Linux telah menjadi sistem operasi yang dianggap baik oleh banyak orang. Banyak dari penggunanya adalah programmer, peretas, pengembang, dan sebagainya. Perkembangan Linux terus berlangsung dengan cepat dan dapat bersaing dengan perusahaan besar seperti : jendela.

jendela itu sendiri adalah sistem operasi yang dikembangkan dari dalam perusahaan perusahaan Microsoft. Sistem operasi jendela Ini yang banyak digunakan orang, dari kalangan menengah ke atas hingga kalangan bawah.

Nah, karena Linux dan jendela adalah sistem operasi dengan banyak pengguna, apa bedanya? Kami merangkumnya dalam pro dan kontra yang disertakan dalam Linux pengikut.

1. Gratis

Sistem operasi Linux Anda dapat mengakses ini secara gratis tanpa membayar. Jadi sangat cocok untuk anda yang berprofesi sebagai developer, programmer dan lain sebagainya. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk hal-hal yang masih eksperimental.

Jadi lebih hemat, beda dari jendela yang harus dibayar untuk mendapatkan akses. Bahkan akses jendela tertutup bukan open source, sehingga sulit bagi pengembang untuk berinovasi. Linux adalah pilihan yang tepat untuk Anda jika Anda tidak ingin menghabiskan uang untuk sebuah sistem operasi.

2. Memiliki sistem keamanan yang baik

Hak akses terbatas pada: Linux memastikan bahwa ia memiliki sistem keamanan yang lebih unggul dari: jendela. Karena celah untuk memasuki sistem Linux sangat minim.

Baca juga: Pentingnya Pembaruan Windows 10 untuk Keamanan Sistem

Saat Anda ingin mengunduh aplikasi, Anda hanya membutuhkan repositori online. Jadi jarang orang bodoh membuat virus di sistem Linux ini.

3. Performa ringan

Spesifikasi pada Linux Ini sangat ringan sehingga mengunduh tidak memerlukan spesifikasi besar. Kinerja Sistem Operasi Linux (bukan gaming) hanya membutuhkan harddisk sekitar 10GB dan 512MB. Anda sudah dapat mengunduh Linux di komputer.

4. Punya banyak Alat Keamanan

Jumlah peralatan ada apa? Linux Ini adalah salah satu keuntungan yang sangat berguna. Banyak tersedia alat keamanan semua tanpa membayar. Jadi, para peretas banyak gunanya Linux untuk melaksanakan tindakan mereka.

5. Memiliki banyak varian Linux

Keuntungan lainnya adalah: Linux memiliki banyak versi meskipun gratis. Pengembang menggunakan banyak varian Linux. Contohnya seperti Debian, Ubuntu, Kali Linux, Linux Mint yang terdiri dari beberapa varian, salah satunya adalah Linux Koin 20.

6. Tidak direkomendasikan untuk pemain permainan

Selain kelebihan, kekurangan Linux tidak direkomendasikan untuk para pemain permainan. Karena desain sistem operasi Linux bukan untuk game jadi jendela lebih cocok untuk pemain permainan.

7. Mengunduh aplikasi khusus yang rumit Microsoft

Unduh Aplikasi Microsoft akan lebih rumit bagi anda yang memakai Linux. Ini salah satu kekurangannya Linux yang dikeluhkan oleh orang-orang yang tidak terbiasa.

Bahkan jika itu waktu pesta Linux telah mengajukan permohonan penggantian (Kantor Libre), masih belum maksimal. Karena banyak orang yang sudah familiar dengan aplikasinya Microsoft Office. Jadi akan sulit bagi orang awam.

8. Sulit untuk pemula

Menggunakan Linux cukup rumit untuk pemula, mungkin karena banyak yang kurang terkenal. Microsoft mendominasi pasar sistem operasi perangkat lunak. Bahkan beberapa pesanan Linux sulit untuk Anda gunakan.

Meskipun mereka melengkapinya dengan versi GUI, tetapi masih ada beberapa perintah untuk digunakan CLIA. Untuk pengguna baru yang masih amatir, gunakan Linux akan membingungkan.

Itulah pembahasan tentang sistem operasi Linux yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Tentang kekuatan dan kelemahan Linux pada dasarnya sama dengan jendela. Keduanya merupakan sistem operasi yang bisa membawa manfaat bagi dunia teknologi.

Sumber Link: Kunjungi website