Google Maps merupakan salah satu aplikasi yang sangat banyak digunakan di era modern seperti saat ini. Google sebagai salah satu raksasa teknologi sepertinya selalu berusaha untuk memberikan produk-produk yang berkualitas dan memudahkan kegiatan manusia.

Baca Juga : Google Scholar Layanan Khusus Mahasiswa dan Akademia

Penggunaan Maps semakin marak dengan adanya berbagai macam kegiatan bisnis yang melibatkan transportasi online. Maps menjadi hal yang sangat penting untuk menemukan titik lokasi tujuan.

Google Maps sendiri telah mengalami banyak sekali perubahan dari ketika pertama kali diluncurkan. Saat ini, ada berbagai macam fitur canggih yang akan membuat Anda semakin nyaman ketika menggunakan aplikasi ini.

Fungsi utamanya sudah jelas yaitu untuk memberikan petunjuk arah ke tempat-tempat yang belum Anda ketahui sebelumnya. Dengan menggunakan aplikasi Maps Anda bisa mengunjungi tempat dengan arahan yang jelas tanpa bantuan dari orang lain.

Apa Itu Google Maps?

Manfaat Google Maps

Ini merupakan aplikasi yang memberikan layanan Maps secara online. Di mana aplikasi ini bisa menampilkan gambar jalan dan juga bangunan-bangunan di sekitarnya dengan sangat jelas.

Dengan begitu, aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk menemukan berbagai macam tempat dengan sangat mudah. Anda bisa mengakses Google Maps dengan sangat mudah menggunakan smartphone atau komputer.

Untuk aplikasinya sendiri sudah bisa Anda dapatkan melalui Play Store untuk bangun Android dan App Store untuk pengguna ios.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis, oleh karena itu Anda bisa menggunakannya tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Adapun aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang harus diinstal, jika Anda merupakan orang yang sering kebingungan di jalan.

Manfaat Google Maps yang Jarang Digunakan

Aplikasi ini memang memiliki banyak sekali fitur. Akan tetapi sayangnya, tidak semua orang sudah bisa menggunakan seluruh fitur yang disediakan. Berikut beberapa fitur yang mungkin jarang diketahui atau jarang digunakan oleh orang-orang. 

1. Fitur untuk menyimpan alamat rumah dan kantor

Salah satu fitur yang masih jarang sekali digunakan yaitu adalah fitur untuk menyimpan alamat rumah dan kantor. Padahal ini merupakan salah satu fitur yang sangat berguna dan memudahkan ketika Anda membutuhkan bantuan Maps saat pulang atau pergi ke kantor.

Cara menambahkan alamat rumah dan kantor bisa dilakukan dengan sangat mudah menggunakan menu Your Place. Anda tinggal menekan ikon 3 baris kemudian pilih menu Your Place dan tambahkan alamat kantor atau alamat rumah Anda. 

2. Masuk museum secara gratis

Fitur Google Maps selanjutnya yang masih jarang digunakan yaitu adalah untuk mengakses isi di dalam Museum secara gratis.

Perlu Anda ketahui, saat ini beberapa negara sudah mengizinkan untuk mengambil gambar di dalam ruangan. Ada beberapa museum yang sudah bisa diakses melalui tanggapan gambar di Google Ini.

Jika Anda ingin melihat isi dalam Museum, tetapi tidak bisa datang secara langsung ini bisa menjadi aplikasi alternatif yang bisa Anda gunakan untuk melihat isi di dalam Museum. Walaupun mungkin tidak semua museum memberikan akses untuk menangkap gambar di dalam Museum.

3. Bisa digunakan untuk melihat keindahan bawah laut

Mungkin masih sedikit orang yang mengetahui bahwa Google Maps ini bisa digunakan untuk melihat keindahan bawah laut.

Google telah bekerjasama dengan The Catlin Seaview Survey sehingga bisa menampilkan Street View di bawah laut. Tentunya akan menjadi salah satu pengalaman yang menyenangkan bisa melihat keindahan bawah laut dengan melihatnya di layar smartphone atau komputer.

4. Melihat tempat rahasia di Google Maps

Perlu Anda ketahui tidak semua lokasi didunia ini ditampilkan. Karena mungkin tidak semua negara mengizinkan beberapa tempat yang sensitif untuk ditampilkan.

Seperti misalnya saja, peta Korea Utara baru terlihat pada tahun 2013. Google merupakan salah satu perusahaan yang sangat menjaga privasi para penggunanya.

Tidak mengherankan terkadang ada beberapa tempat ataupun gambar yang disamarkan oleh Google untuk menjaga ke amanan privasi. Permasalahan Privasi menjadi salah satu hal yang sangat sensitif di era modern seperti saat ini.

Fakta-Fakta Unik Mengenai Google Maps

Manfaat Google Maps

Setelah mengetahui berbagai macam manfaatnya, Kami akan memberitahu Anda berbagai macam fakta mengenai aplikasi besutan Google satu ini. Berikut fakta-fakta unik yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Kualitas kamera yang digunakan

Salah satu yang menjadi pertanyaan banyak orang yaitu adalah kualitas kamera yang digunakan oleh Google Maps. Karena tampilan gambar bisa sangat tajam dan sangat detail.

Dari sumber yang kami rangkum, Google menggunakan sistem 15 kamera di mana kamera tersebut dapat menghasilkan gambar beresolusi 65 megapixel.

Kamera ini mungkin sangat jarang dilihat oleh orang-orang awam. Karena kamera ini hanya digunakan oleh karyawan-karyawan Google ketika sedang mengambil data-data yang dibutuhkan.

2. Wajah yang disamarkan

Mungkin saja Anda pernah melihat wajah yang disamarkan pada Street View. Hal ini dikarenakan Google Maps telah memiliki sistem yang otomatis menyamarkan wajah orang-orang yang terlihat pada Street View.

Walaupun Mungkin bagi sebagian orang hal ini tidak terlalu diperhatikan. Akan tetapi Anda juga meminta penyamaran yang lebih maksimal ketika dirasa foto yang ditampilkan oleh Google masih menampilkan wajah dengan jelas.

3. Perekaman kamera

Google mengakui jika terkadang ada beberapa kejadian-kejadian yang tidak seharusnya ditampilkan secara umum di Google Maps.

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, ketika melihat kejadian atau tempat yang tidak seharusnya ditampilkan apakah bisa langsung menghubungi tim Google. Dengan begitu nantinya Google akan segera menangani keluhan yang Anda berikan.

Manfaat Google Maps untuk Bisnis

Manfaat Google Maps

Ini merupakan salah satu aplikasi yang menawarkan berbagai macam keuntungan untuk para pelaku bisnis. Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi satu ini untuk keperluan bisnis.

1. Memudahkan orang lain untuk menemukan lokasi bisnis Anda

Ini merupakan aplikasi yang sangat berguna untuk membantu orang lain bisa menemukan lokasi bisnis Anda dengan mudah. Karena ada banyak orang yang mencari informasi lokasi dengan menggunakan aplikasi Maps.

Oleh karena itu, sangat kami sarankan bagi Anda para pelaku bisnis untuk memasang atau menambahkan bisnis Anda pada Google Maps. Ini akan sangat berguna agar nantinya lokasi bisnis Anda bisa diketahui oleh banyak orang sehingga meningkatkan kunjungan ke bisnis Anda.

2. Meningkatkan kredibilitas bisnis

Google merupakan salah satu mesin pencari paling populer dan paling banyak digunakan orang-orang di seluruh dunia. Oleh karena itu, ada banyak orang yang mencari toko online dan lain sebagainya melalui Google Maps.

Dengan adanya lokasi bisnis Anda tentunya akan meningkatkan kredibilitas dari bisnis yang Anda jalankan. Orang-orang bisa melihat terlebih dahulu mengenai jadwal operasional, kontak, dan lain sebagainya terlebih dahulu sebelum datang.

3. Bisa digunakan untuk melakukan promosi secara gratis

Promosi adalah sesuatu hal yang sangat penting di dalam sebuah bisnis. Tanpa promosi yang baik tentunya sebuah bisnis tidak akan berkembang dengan cepat.

Salah satu fitur yang ditawarkan Google untuk melakukan promosi secara gratis yaitu adalah Google My Business. Ini merupakan salah satu layanan yang harus dimanfaatkan dengan baik oleh para pebisnis pemula karena layanan ini bersifat Gratis.

Google Maps Bisa Digunakan Secara Offline 

Manfaat Google Maps

Salah satu hal yang sering menjadi kendala orang-orang ketika menggunakan aplikasi online yaitu adalah tidak ada sinyal atau kuota yang habis. Ini akan menjadi masalah ketika terjadi pada situasi situasi genting.

Memahami hal tersebut, Google menyediakan salah satu fitur yaitu untuk menggunakan Maps secara offline. Jadi Anda tetap bisa melihat peta walaupun tidak memiliki kuota internet.

Cara menggunakan secara offline, juga tidak jauh berbeda dengan ketika menggunakan secara online. Pertama silahkan Anda aplikasi Google Maps secara online terlebih dahulu, pilih lokasi tujuan, kemudian pilih simpan.

Setelah itu Anda pergi ke ikon tiga garis yang terletak pada pojok kiri atas, kemudian pilih lokasi offline. Jadi nantinya lokasi yang telah disimpan sebelumnya, dapat dimunculkan kembali walaupun Anda tidak memiliki kuota internet.

Anda bisa melihat lokasi offline maksimal selama 30 hari, setelah itu akan dihapus oleh Google. Ini merupakan salah satu fitur yang sangat berguna ketika Anda sedang tidak memiliki banyak kuota internet.

Baca Juga : Mengetahui Manfaat Google Lens untuk Pengguna Internet

Google merupakan raksasa teknologi yang memiliki banyak sekali produk-produk di bidang teknologi yang sangat banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Google Maps menjadi salah satu produk dari Google yang berhasil membuat banyak orang merasa terbantu.

Sumber Link: Kunjungi website