Facebook Lite sampai sekarang dikenal sebagai versi mini dari Facebook dengan pro dan kontra yang berbeda. Aplikasi ini biasanya dipasang oleh pengguna ponsel Android lawas karena platform ini cocok untuk sistem operasi lawas.

Baca juga: Mudah! Inilah Cara Mengunci Profil Facebook Anda, Bebas Dari Kepo

Pengguna yang menyukai media sosial pasti memahami aplikasi ini karena sangat mirip dengan versi lengkapnya. Walaupun masih terdapat kekurangan di beberapa bagian, namun terdapat kelebihan dari segi performa untuk mengaksesnya.

Manfaat Facebook Lite untuk Media Sosial

Facebook Lite

Keunggulan dari versi yang lebih ringan sangat menonjol dari segi performa untuk meningkatkan performa penggunaan. Apalagi pada seri Android dengan OS lama karena bisa menyimpan data tanpa menguras RAM.

1. Cocok digunakan oleh smartphone Android lawas

Android lawas dengan OS versi 4 ke bawah dapat menggunakan aplikasi ini dengan mudah. Ukurannya sangat ringan, sehingga tidak terlalu berat saat digunakan langsung pada perangkat spesifikasi rendah.

Meski ukurannya hanya sekitar 2,51 MB dibandingkan versi fullnya, namun aplikasi ini dilengkapi dengan fitur standar. Oleh karena itu, ketika Anda menggunakannya, Anda tidak perlu khawatir karena pengoperasiannya mirip dengan software aslinya.

2. Lebih efisien dalam hal penggunaan data

Facebook Lite sangat disukai oleh pemilik ponsel lama karena dapat menghemat penggunaan data internet secara signifikan. Sistem secara otomatis dapat menampung jaringan secara efisien dengan mengurangi bagian-bagian tertentu.

Platform ini dirancang untuk bekerja sambil meminimalkan penggunaan data dengan baik, bahkan pada kecepatan 2G. Implementasi teknis adalah opsi untuk mengunduh gambar terlebih dahulu jika Anda ingin melihatnya.

3. Antarmukanya sederhana, sehingga mudah dinavigasi

Platform dalam versi ringan tidak berubah tampilan seperti versi lengkap Facebook. Mulai dari menu, ikon, warna, hingga performa, secara umum hampir sama, meski ada beberapa yang dihilangkan.

Tidak mengherankan, Facebook Lite banyak dipilih karena membiasakan pengguna dengan tampilannya. Proses bernavigasi, berinteraksi dan menjelajah aplikasi akhirnya menjadi sangat mudah dilakukan.

4. Lebih cepat dari FB versi lengkap

Kelebihan ini terjadi karena ada beberapa fitur yang dianggap mubazir kemudian dihilangkan di versi Lite. Salah satunya adalah notifikasi yang disederhanakan, dan komentar pada postingan jarang muncul di halaman utama.

Penyederhanaan fitur ini meningkatkan kinerja aplikasi beberapa persen dalam hal kecepatan. Dibandingkan dengan versi lengkap, platform ini masih lebih unggul karena tidak membebani kinerja RAM saat digunakan.

5. Tidak terlalu membebani kinerja RAM

Keuntungan Facebook Lite berikutnya adalah tidak membebani kinerja RAM saat pertama kali sistem dimuat oleh perangkat. Sangat cocok untuk diinstal pada ponsel Android lama dengan OS versi 4 dan di bawahnya.

Keberadaan RAM atau Random Access Memory pada sebuah handphone sangat penting karena menjadi wadah saat aplikasi dijalankan. Jika kapasitas kurang dari yang diminta, akibatnya kinerja sistem akan lebih lambat.

6. Berukuran kecil, sehingga aman untuk penyimpanan internal

Ukuran kecil dan kompak dari FB versi ringan ini juga dinilai sangat bersahabat dengan penyimpanan internal. Saat penginstalan selesai, aplikasi hanya akan menggunakan kapasitas 2,65 MB, jadi masih ada banyak ruang tersisa.

Faktanya, FB berfitur lengkap telah menghabiskan total 181 MB hanya untuk aplikasi dan tidak termasuk ekstra. Oleh karena itu, versi Lite lebih disukai karena tidak memakan terlalu banyak penyimpanan internal.

Kekurangan platform dibandingkan dengan versi lengkap

Facebook Lite

Selain kelebihan di atas, Facebook Lite juga tidak lepas dari kekurangan teknis. Beberapa di antaranya memiliki kualitas gambar yang tidak terlalu bagus, terbatas pada pengguna iOS dan sebagainya.

1. Banyak fungsi yang hilang karena pengurangan

Beberapa fitur sebagian besar telah diambil alih dari versi lengkap FB sehingga penggunaannya tetap sama. Hanya ada bagian tertentu yang dihilangkan secara teknis agar cocok untuk ponsel lawas.

Beberapa fitur seperti umpan berita, pasar, cerita, dan grup masih tersedia di aplikasi secara default. Namun, pembaruan fitur terbaru tampaknya ditugaskan ke Facebook terlebih dahulu, bukan versi Lite.

2. Ketersediaan aplikasi sangat terbatas untuk sistem operasi iOS

Aplikasi kecil ini memang paling cocok untuk perangkat android lama dengan performa terbatas. Namun, penggunaannya terbatas pada versi sistem operasi iOS yang lebih lama dan hanya tersedia di wilayah tertentu.

Facebook Lite sendiri sepertinya lebih populer diterapkan pada pengguna ponsel Android, meski dengan kekurangan di sana-sini. Sementara itu, Apple akhirnya berhenti mendukung aplikasi tersebut karena alasan kinerja yang lebih baik.

3. Kualitas gambar tidak terlalu bagus

Bukan rahasia lagi bahwa ini adalah salah satu kekurangan utama dari FB versi praktis. Secara teknis, sebuah gambar memiliki ukuran besar jika kualitas pikselnya sangat tinggi

Untuk Facebook Lite, hal ini tentu menjadi masalah karena sistem akan otomatis melakukan penyesuaian. Sebagai hasil. gambar terlihat rusak karena platform lebih mementingkan proses pemuatan cepat.

4. Tidak dapat memuat secara otomatis

Meskipun unggul dalam hal kecepatan memuat, perangkat lunak tidak dapat melakukannya secara otomatis. Hal ini terjadi karena sistem di dalamnya mencoba mengurangi memori agar tidak terlalu banyak digunakan

Gambar besar membutuhkan memori yang sangat besar, sehingga akan memakan banyak sumber daya perangkat. Tidak heran jika opsi 'Download' diberikan kepada pengguna apakah mereka ingin melihat gambar tersebut atau tidak.

Fitur unik dalam aplikasi yang harus Anda ketahui

Facebook Lite

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan Facebook Lite di atas, aplikasi ini masih memiliki beberapa fitur unik. Di dalamnya Anda akan menemukan opsi 'mode gelap', Messenger, untuk mengubah ukuran font.

1. Ubah ukuran font

Dalam versi Lite ini, pengguna memiliki opsi untuk mengubah ukuran font jika tidak sesuai. Ukurannya sangat kecil secara default sehingga seringkali sulit bagi sebagian besar pengguna baru untuk menggunakannya untuk pertama kali.

Anda dapat mengatur font di Facebook Lite dengan mengetuk ikon tiga bilah di bagian atas. Setelah masuk ke pengaturan, pilih ukuran font di bawah Pengaturan jika Anda mau.

2. Aktifkan Mode Gelap

Mode gelap adalah salah satu fitur yang paling dicari pengguna media sosial. Selain tampil beda, opsi ini digunakan agar mata tidak mudah lelah saat melihat layar.

Untuk mengaktifkan mode gelap, ketuk ikon tiga garis di sudut kanan atas aplikasi. lalu gulir ke bagian bawah menu dan alihkan sakelar di sebelah mode gelap hingga tampilannya berubah.

3. Lihat postingan terbaru dengan cepat

Facebook Lite juga memungkinkan pengguna untuk dengan cepat melihat posting terbaru di layar utama. Dibandingkan dengan FB yang menampilkannya dalam split screen, dianggap lebih efisien dan mudah dinavigasi.

Untuk melihat postingan sesuai urutan publikasinya, ketuk ikon tiga bilah di aplikasi. Kemudian klik opsi 'Terbaru' dan luncurkan atau segarkan platform untuk melihat perubahan setelahnya.

4. Fitur Messenger Lite tersedia secara default dan opsi untuk menghapus riwayat

Facebook Lite menawarkan fitur Messenger secara default, jadi Anda tidak perlu menginstalnya sebagai aplikasi terpisah. Lokasi termasuk ikon yang memudahkan pengguna untuk mengakses pesan secara langsung.

Anda juga dapat dengan mudah menghapus semua istilah pencarian dari daftar melalui halaman 'Search'. Cukup klik 'Edit' di samping 'Penelusuran Terbaru' lalu ketuk ikon 'X' untuk menghapus riwayat.

Pilihan mana yang cocok untuk Anda?

Facebook Lite

Pro dan kontra di atas seringkali membuat pengguna baru ragu untuk menggunakan aplikasi tersebut. Selain fitur terbatas, ada beberapa hal yang mungkin tidak mereka temukan di versi lengkapnya.

Oleh karena itu, Facebook Lite sangat cocok digunakan oleh Anda yang memiliki ponsel lawas dengan segala keterbatasannya. Selain dapat digunakan, sistem operasinya masih didukung sehingga tidak membebani kinerja perangkat.

Namun jika ingin performa lebih, Facebook full version bisa menjadi pilihan utama. Anda mendapatkan semua fitur secara lengkap (bahkan pembaruan terbaru), tetapi dengan ukuran aplikasi yang lebih besar sebagai hasilnya.

Baca Juga: 14 Versi Gratis Terbaik Aplikasi Pengukur Jarak Di Android

Aplikasi di atas adalah solusi pamungkas bagi Anda yang tidak ingin membebani kinerja ponsel. Selain ukuran dan sistemnya yang ringkas, kinerja Facebook Lite sangat baik, meskipun juga memiliki beberapa kekurangan.

Sumber Link: Kunjungi website