Google Forms adalah salah satu dari sekian banyak layanan dokumen online yang dapat Anda temukan saat ini. Kami yakin Anda juga pernah menggunakan salah satu layanan Google ini.

Baca juga: Mengetahui Manfaat Google Lens Bagi Pengguna Web

Tidak hanya perorangan, layanan Google form ini juga banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Tentu saja, keberadaan layanan Google membawa banyak kemudahan dalam proses administrasi dan menjaga hubungan pelanggan.

Tentu saja, mengingat fitur hebatnya, sangat penting bagi Anda untuk memahami Google Formulir dengan lebih baik. Dalam layanan prima ini, terdapat fitur-fitur yang memudahkan Anda.

Terutama dalam mengelola kebutuhan administrasi online dan offline. Selain itu, ada juga banyak format formulir yang dapat dipilih sehingga dapat mewakili perusahaan dan kebutuhan Anda secara detail.

Hebatnya lagi kamu bisa menggunakan layanan yang satu ini secara gratis. Anda hanya memerlukan akun Google untuk mengakses layanan. Tidak main-main, Google Forms saat ini digunakan oleh lebih dari jutaan orang di seluruh dunia.

Pelajari lebih lanjut tentang Layanan Google Formulir

Memperkenalkan Google Formulir - Menggunakan Google Formulir

Google sangat detail dalam memberikan layanan kepada pengguna internet di seluruh dunia. Salah satu bentuk totalitas Google adalah penyampaian layanan Google Forms yang kita bahas.

Saat Anda menggunakannya, Anda dapat membuat pertanyaan dan jawaban yang mudah diakses, survei, atau dokumen perekrutan. Semua jenis dokumen dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Di dalam layanan Google Forms terdapat fungsi untuk menyesuaikan form dengan kebutuhan individu. Karena berbasis online, Anda dapat langsung mengakses jawaban target tanpa menunggu.

Anda bahkan dapat mengaksesnya secara langsung saat dokumen masih diedit oleh target. Hingga saat ini, Google masih terus berinovasi untuk memaksimalkan layanan kepada pengguna dalam bentuknya.

Tentu saja, inovasi ini menawarkan banyak keuntungan bagi Anda. Terutama dari segi administrasi. Hingga saat ini, Google Forms telah menjadi salah satu portal pembuatan dokumen online terbaik yang digunakan oleh ratusan juta orang di seluruh dunia.

Dengan penggunanya yang begitu banyak, tak heran jika layanan ini kerap dijadikan sarana untuk melakukan survei online. Di sisi lain, penggunaan Google Forms ini sangat kompatibel dengan berbagai jenis perangkat.

Anda dapat mengaksesnya melalui laptop, PC atau bahkan melalui smartphone secara bersamaan. Saat ini juga ada Google Forms versi apk yang bisa diunduh langsung dari Playstore.

Penggunaan Google Forms yang harus Anda ketahui

Memperkenalkan Google Formulir - Menggunakan Google Formulir

Bagi Anda yang jarang menggunakannya, pasti penasaran dengan fungsi sebenarnya dari Google form ini. Tentunya banyak sekali kegunaan yang bisa Anda dapatkan dari layanan tersebut.

Tidak mungkin bagi Google untuk merilis layanan tanpa fungsionalitas atau kegunaan apa pun. Untuk memudahkan Anda memahami kegunaan layanan Google, silakan simak poin-poin di bawah ini.

  1. Memudahkan Anda dalam membuat kuesioner atau survei online dalam waktu singkat
  2. Membantu Anda mengumpulkan atau mengumpulkan data dari publik dengan cara yang cepat dan real-time
  3. Memberi Anda waktu dan upaya untuk mendapatkan banyak jawaban
  4. Memudahkan Anda dalam membuat Google Forms online untuk kantor, sekolah, kampus dan lain sebagainya.
  5. Minimalkan biaya pembuatan kuesioner atau survei karena tidak perlu mencetaknya di atas kertas.
  6. Memudahkan Anda dalam mengirimkan kuesioner atau survei kepada semua pengguna yang termasuk dalam target audiens. Anda tidak perlu membagikannya secara langsung karena proses ini dilakukan melalui email atau media sosial.
  7. Memberi Anda jaminan keamanan atas isi kuesioner atau survei yang dibagikan kepada kelompok sasaran.
  8. Ini memiliki ratusan template menarik yang membuat kuesioner atau formulir Anda jauh lebih menarik.
  9. Tidak memerlukan persyaratan yang rumit untuk mengaksesnya.
  10. Layanan Google Form ini gratis dan dapat diakses dengan berbagai jenis perangkat mulai dari handphone, laptop, tablet dan komputer.

Dengan beberapa manfaat yang telah kami uraikan di atas, Anda tidak perlu heran lagi mengapa layanan Google ini menjadi rekomendasi teratas bagi pembuat survei dan kuesioner online.

Hal-hal yang harus dipersiapkan

Memperkenalkan Google Formulir - Menggunakan Google Formulir

Sebelum Anda mulai mendesain akun Google, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan semuanya dari awal. Memang ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sejak awal. Ini adalah hal-hal.

  1. Akun Google atau Gmail
  2. Koneksi internet stabil
  3. Perangkat untuk mengakses Google Formulir. Bisa menggunakan PC dan laptop atau smartphone.

Jika ketiga hal di atas sudah Anda siapkan, sekarang kita bisa langsung membahas cara membuat Google Forms sendiri.

Pembuatan Google Formulir yang Mudah

Memperkenalkan Google Formulir - Menggunakan Google Formulir

Sekarang setelah Anda terbiasa dengan Google Forms, Anda sekarang dapat memahami lebih detail cara menggunakan Google Forms sendiri. Tentunya menggunakan layanan Google yang satu ini tidak sulit sama sekali.

Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana untuk mendesain formulir Google dari awal hingga akhir. Terdengar rumit? Jangan khawatir, karena di sini kami akan menjelaskan semua langkah untuk membuat formulir Google ini untuk Anda.

1. Cara membuat kuesioner Ketik Google Form

Setelah mempersiapkan beberapa persyaratan di atas, sekarang kita bisa lanjut ke tahap produksi. Tentu adalah beberapa langkah pertama yang perlu Anda ambil. Berikut panduannya.

  • Pertama, Anda harus masuk ke akun Google Anda di browser.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung menuju website resmi Google Docs di alamat https://docs.google.com/
  • Setelah login, Anda bisa langsung memilih Google Form Template di dalamnya
  • Cukup pilih Formulir
  • Berbagai jenis template muncul di sini. Anda dapat menggunakan semuanya secara gratis. Pilih template yang paling sesuai dengan selera Anda.
  • Jika Anda tidak dapat menemukan template yang sesuai, Anda dapat memilih template biasa dengan simbol (+) di tengahnya.
  • Setelah ini Anda dapat langsung mengisi kuesioner jika diperlukan. Klik pada kolom "Formulir Tanpa Judul"
  • Kemudian isi judul form sesuai keinginan
  • Pada kolom deskripsi, uraikan secara rinci kuesioner yang telah Anda buat. Buatlah deskripsi sedetail mungkin.
  • Dari sini Anda dapat melanjutkan ke tahap daftar pertanyaan
  • Caranya dengan mengklik kolom "pertanyaan" di bagian bawah deskripsi.

Masukkan pertanyaan apa pun yang ingin Anda tanyakan kepada orang lain. Pilih jenis pertanyaan yang tersedia dari pilihan ganda (multiple choice) atau jawaban singkat (short answer). Ada juga pilihan ganda dengan tipe jawaban "ya", "tidak" atau bahkan "mungkin".

Setelah fase ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengirimkan kuesioner Google Form. Cara mengirimkannya silakan email atau salin tautan formulir dan bagikan di media sosial atau situs. Setiap kali audiens mengisi formulir, Anda akan menerima pemberitahuan.

2. Buat Formulir Jenis Pendaftaran Google

Selain tipe pertama yang telah kami uraikan di atas, Anda juga dapat menggunakan layanan Google form dengan tipe form registrasi atau registrasi. Tidak sulit sama sekali bagaimana Anda melakukannya. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah di bawah ini.

  • Sama seperti sebelumnya, Anda harus masuk ke Google Documents terlebih dahulu.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung memilih menu template Google Form.
  • Judul dan deskripsinya bisa langsung kamu isi seperti langkah-langkah yang sudah kami jelaskan tadi.
  • Jika sudah, Anda bisa langsung menyusun pertanyaan yang ingin Anda berikan kepada audiens.
  • Biasanya jenis respon pada formulir pendaftaran seperti ini adalah "paragraf" atau "jawaban". Oleh karena itu, jawabannya tidak boleh diformat dalam pertanyaan pilihan ganda.
  • Sertakan pertanyaan apa pun yang ingin Anda berikan kepada audiens Anda sedetail mungkin.
  • Jika ingin lebih sederhana, Anda bisa menggunakan fitur “multiple choice grid” yang disediakan oleh Google. Fitur Google Formulir ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah membuat tabel di aplikasi.
  • Setelah selesai, Anda hanya perlu mengirimkan formulir pendaftaran.
  • Caranya mudah, cukup klik tombol 'kirim' di sudut kanan bawah Google Documents.
  • Anda juga dapat menyalin tautan dan mempostingnya di media sosial atau di situs web.

Prosesnya sudah selesai, sekarang tinggal menunggu masyarakat mengisi semua formulir. Setiap kali audiens mengisi formulir, Anda akan menerima pemberitahuan. Pastikan untuk menggunakan koneksi internet yang stabil untuk menghindari masalah apa pun.

Baca juga: Cara Upgrade DANA dan Detail Penjelasannya

Dengan memahami penjelasan yang kami jelaskan di atas, kini Anda sudah mengetahui apa dan bagaimana memaksimalkan fungsionalitas dari Google Forms tersebut. Ikuti pembaruan Google karena akan ada lebih banyak fitur unggulan yang dimiliki formulir Google ini di masa mendatang.

Sumber Link: Kunjungi website