Kelebihan Metaverse yang utama terletak pada fungsi atau manfaatnya terhadap masyarakat. Metaverse sendiri merupakan sebuah produk digital yang banyak diperbincangkan beberapa waktu belakangan ini. Tidak hanya pada kalangan pecinta teknologi saja, istilah satu ini juga populer di berbagai kalangan.

Baca Juga : Mengenal Metaverse, Konsep Dunia Virtual yang Super Canggih !

Istilah Metaverse naik ke permukaan semenjak CEO Facebook Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaannya menjadi Meta Platforms Inc. Semenjak perubahan nama tersebut, Mark Zuckerberg juga mengungkap akan menciptakan sebuah dunia Metaverse di perusahaan barunya.

Tidak bisa disangkal lagi, keberadaan Metaverse ini memang menjadi bagian utama dari teknologi futuristik. Keberadaannya memang identik dengan kemajuan teknologi dan dunia digital. Sekarang Anda bisa bebas keluar masuk dunia virtual tanpa terkendala oleh apapun. 

Pengertian Metaverse dan Sejarah Perkembangannya

Kelebihan Metaverse

Sebelum kita membahas lebih lanjut terkait kelebihan Metaverse, Penting sekali untuk memahami pengertian dan sejarah istilah ini terlebih dahulu. Dengan memahaminya, Anda bisa lebih mudah dalam menangkap fungsi, manfaat dan cara penggunaan dari sarana virtual tersebut. 

Metaverse adalah sebuah dunia virtual dimana para penggunanya bisa saling terhubung secara digital. Bisa bekerja berkomunikasi bertransaksi bermain dan melakukan aktivitas lain yang biasa dilakukan di dunia nyata. Metaverse ini sendiri merupakan sebuah istilah yang belum ada artinya.

Namun orang-orang lebih mengartikan Metaverse sebagaimana yang sudah kami jelaskan di atas. Namun pada dasarnya konsep teknologi satu ini memungkinkan orang-orang untuk saling berhubungan sosial secara virtual tanpa batasan tempat maupun waktu. 

Meskipun merupakan bagian dari dunia virtual, ternyata Metaverse ini bisa diisi dengan aktivitas dan hal-hal yang sifatnya nyata. Inilah kelebihan Metaverse yang jarang orang ketahui. 

Tentu saja dalam penerapan dan penggunaan teknologi satu ini dibutuhkan penunjang yang yang tidak kalah canggih. Dalam hal ini, para pengembang Metaverse lebih memilih untuk mengkombinasikannya dengan Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). 

Kedua perangkat tersebut membuat perwujudan Metaverse menjadi semakin dekat dengan kenyataan. Penting untuk dipahami, istilah Metaverse ini sendiri mulai dikenal pada tahun 1992 lalu. 

Kata Metaverse berasal dari sebuah buku berjudul Snow Crash yang dikarang oleh seorang novelis bernama Neal Stephenson. Saat ini kelebihan Metaverse sendiri lebih sering dikaitkan pada Meta Inc atau Facebook. 

Jika merujuk pada situs resmi Meta, keberadaan Metaverse ini bertujuan untuk membantu orang-orang saling terhubung, mengembangkan bisnis, menemukan komunitas dan melakukan aktivitas lain di dunia virtual secara bersamaan. 

Apa Kekurangan dan Kelebihan Metaverse Bagi Manusia?

Kelebihan Metaverse

Apapun yang ada di dunia ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tentu saja kelebihan dan kekurangan ini dilihat dari berbagai sudut pandang. Lantas apa saja kekurangan dan kelebihan dari Metaverse tersebut? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

  • Bisa berdampak buruk terhadap kondisi psikologi dan psikis dari penggunanya jika dilakukan secara terus menerus.
  • Meskipun hanya bersifat digital, keberadaan platform Metaverse ini beresiko meningkatkan pelecehan seksual di dunia virtual.
  • Penggunaan Metaverse bisa membuat seseorang mengalami kecanduan
  • Keberadaan Metaverse juga bisa membuat penggunanya menjadi lupa waktu
  • Bisa menjadi sarana untuk melakukan promosi
  • Menjadi sumber mata pencaharian bagi penggunanya
  • Menjadi tempat rekreasi atau hiburan online tanpa batas
  • Berpotensi untuk menambah relasi di dunia maya

Bagaimana dengan Cara Kerja Metaverse?

Kelebihan Metaverse

Selain mengetahui apa saja kelebihan Metaverse, hal lain yang tidak kalah penting untuk dipahami adalah bagaimana dengan cara kerja dari Metaverse itu sendiri. Pada dasarnya cara kerja dari penemuan teknologi satu ini sama persis dengan dunia nyata. 

Untuk mengakses Metaverse, pengguna harus masuk ke dalam dunia virtual dengan menggunakan perangkat seperti AR dan VR. Jika sudah memenuhi semua persyaratan yang ditentukan, pengguna akan masuk ke sebuah dunia digital yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak hal di dalamnya. 

Contoh perangkat yang sangat kompatibel dengan teknologi reproduksi adalah headset VR dari Oculus. Perangkat satu ini memiliki kompatibilitas tingkat tinggi dan spesifikasi yang sesuai. Setelah Anda masuk ke Metaverse menggunakan perangkat tersebut, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan. 

Untuk dipahami kalau Metaverse ini hanya bisa diakses melalui koneksi internet. Sedangkan untuk grafisnya hanya dikhususkan untuk jenis NFT tertentu saja. Inilah yang membuat tampilan pada dunia Metaverse jauh lebih realistis bagi para penggunanya. 

Hal-Hal yang Bisa Dilakukan di Metaverse

Kelebihan Metaverse

Sebagai salah satu teknologi virtual paling maju di dunia, ada banyak sekali hal menarik yang bisa Anda lakukan di dalam Metaverse. Bukan hal yang tidak mungkin jika kedepannya teknis dari Metaverse ini akan sama persis dengan dunia nyata. Inilah beberapa hal menarik yang bisa Anda lakukan di dalamnya. 

Hal menarik pertama yang bisa Anda lakukan di Metaverse adalah konser virtual. Tentunya ini menjadi salah satu kelebihan Metaverse yang tidak akan Anda temukan pada portal virtual lainnya. 

Konser virtual di Metaverse tentu akan berbeda jauh dengan konser virtual di portal streaming. Di dalam Metaverse Anda akan merasakan pacuan adrenalin yang benar-benar sempurna. 

Dengan efek-efek yang dihasilkan oleh perangkat teknologi modern, suasana yang dihasilkan juga sangat realistis. Persis seperti aslinya. Ada yang sudah pernah mencoba menonton konser virtual di platform tersebut?

Kelebihan Metaverse lainnya adalah platform gaming yang tidak kalah seru dibandingkan platform saat ini. Saat Anda bergabung dalam platform Metaverse, Anda bisa mengikuti permainan seperti di dunia nyata. Ada banyak juga jenis permainan yang bisa dipilih.

Diantaranya adalah game FPS aksi, craft, kecerdasan dan lain sebagainya. Sudah pasti kedepannya para pengembang game di dalam portal virtual satu ini akan semakin menanjak. Contoh game yang bisa Anda coba di dalamnya adalah Decentraland, Yield Guild Games, Mines of Dalarnia, Gala dan lain sebagainya.

  • Berdiskusi dengan rekan kerja

Hal keren lain yang bisa Anda lakukan di Metaverse ini adalah Horizon Workrooms. Dengan fitur tersebut Anda bisa bekerja secara virtual bersama rekan-rekan lainnya. Ini merupakan salah satu fitur Metaverse yang paling ditunggu oleh para pengembang bisnis.

Mungkin bekerja secara online dan melakukan pertemuan virtual adalah hal yang biasa bagi Anda. Namun ketika menggunakan fitur Metaverse, suasana kerja akan terasa sangat realistis meskipun berbasis online. Ini merupakan kelebihan Metaverse lain yang tidak akan Anda temukan pada portal virtual lainnya.

  • Melakukan perjalanan online

Menggunakan Metaverse juga memungkinkan Anda untuk melakukan perjalanan online. Namun tentu saja titik lokasinya harus didukung oleh sistem dan perangkat Metaverse itu sendiri. Saat ini mungkin spot yang bisa dipilih masih sangat terbatas. Tapi kedepannya, cakupan dari Metaverse ini akan mencapai seluruh dunia. 

Tentunya untuk mencoba perjalanan online berbasis Metaverse ini Anda harus menggunakan perangkat yang mendukung. Contohnya seperti VR atau AR. Perangkat tersebut kemudian dikombinasikan dengan server dari Metaverse yang bisa Anda akses melalui PC atau Smartphone.

  • Melihat karya seni dan aset digital lainnya

Hal keren lain yang bisa Anda lakukan dengan kelebihan Metaverse ini adalah layanan dan fasilitas untuk melihat karya seni digital. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melihat berbagai jenis aset digital lainnya dengan menggunakan platform satu ini.

Harga dari aset digital ini juga sangat variatif dari mulai ratusan perak hingga miliaran rupiah. Contoh aset digital yang viral beberapa waktu belakangan ini adalah NFT atau NFT (Non-Fungible Token). Anda bisa melakukan eksplorasi terhadap berbagai jenis file tersebut di berbagai marketplace di Metaverse.

Contoh Metaverse yang Sedang Dikembangkan

Kelebihan Metaverse

Saat ini ada banyak sekali platform yang menciptakan kelebihan Metaverse masing-masing. Namun hampir seluruhnya masih berada dalam fase BETA atau perancangan. Jadi platform Metaverse ini memang belum diluncurkan dengan sempurna. Beberapa diantaranya adalah :

Meta merupakan contoh Metaverse yang dikembangkan oleh Facebook atau Meta Platform Inc sejak Oktober 2021 lalu. Platform satu ini dipercaya akan menjadi Metaverse terbaik yang pernah ada di dalam sejarah teknologi.

Tidak mau kalah dengan Facebook, Microsoft Inc juga sedang mengembangkan konsep Metaverse di dalam perusahaan mereka. Tentunya kita bisa merasakan berbagai kelebihan Metaverse dari keberadaan platform satu ini di masa depan. 

Jarang orang tahu kalau Roblox juga sedang mengembangkan sebuah platform Metaverse untuk game mereka. Metaverse sudah mulai dibenamkan ke dalam aplikasi yang dirilis sejak tahun 2006 ini. Namun sayangnya belum ada perkembangan yang signifikan dari proyek tersebut.

Baca Juga : Rekomendasi Game NFT yang Mendatangkan Keuntungan

Pada dasarnya, Metaverse ini merupakan sebuah penemuan teknologi terbaik abad ini. Sebagai pecinta teknologi, tentu saja keberadaan dan pengembangan Metaverse kita dukung secara maksimal. Namun sebagai pengguna kita harus bertanggung jawab supaya kelebihan Metaverse ini benar-benar bisa dirasakan.

Sumber Link: Kunjungi website