PUBG Mobile kini menjadi salah satu game yang menjadi favorit banyak orang. Akan tetapi, tidak semua bisa menggunakan eksistensi game yang satu ini dengan bijak. Bahkan ada juga yang kecanduan PUBG Mobile dan disini peran dari orang tua akan sangat penting mencegah hal itu.

Baca Juga : Cara Cek Nomor Telkomsel yang Mudah untuk Dilakukan

PUBG adalah sebuah game yang dirilis versi mobilenya di tahun 2017. Sejak saat itu, PUBG telah merajai chart game paling populer, terkhusus sampai tahun 2019. Game ini selalu jadi juara 1 dalam weekly chart game di negara-negara Asia seperti China dan juga India.

Game seperti ini memang sangat populer, tetapi tidak semuanya bisa memanfaatkan adanya game PUBG ini dengan bijak. Ada yang bahkan rela menghabiskan 6 hingga 12 jam hanya untuk bermain game ini. Dan itu menjadi sebuah tanda kalau sudah ada kecanduan.

PUBG sendiri memang menyasar sektor anak-anak dan remaja. Game yang membuat para pemainnya harus mengalahkan lebih dari 100 pemain untuk menjadi juara ini akan memakan waktu 20-30 menit dalam satu ronde bermain. Maka dari itu, orang tua harus batasi!

Ketika Hobi PUBG Mobile Berubah Menjadi Kecanduan

Kecanduan PUBG Mobile

Kepopuleran game PUBG ini sudah menjangkau anak demi anak dan bahkan kini sudah ada yang menamakan para pecandu game ini sebagai PUBG Addiction. Kasus buruk akibat anak yang kecanduan dengan game yang satu ini sudah sangat banyak, termasuk kematian.

Pada umumnya, kita semua tahu kalau gaming adalah sebuah kegiatan yang bisa berbahaya untuk suatu aktivitas yang lain. Untuk banyak orang, ini mungkin dianggap sebagai sebuah hiburan. Akan tetapi, jika tidak digunakan sebagai satu hal yang positif, ini bisa bahaya.

Orang tua juga tentu saja percaya kalau anaknya terlalu sering bermain game, termasuk juga dengan PUBG mobile, itu akan membuat mereka cenderung tertutup. Skill kognitif akan lebih mengecil karena kurangnya sosialisasi dan hanya menghabiskan waktu untuk game.

Anak yang sudah kecanduan dalam bermain game akan kurang melakukan aktivitas yang baik untuk fisik, malas mengikuti acara sosial dan keluarga, dan bahkan malas untuk mengerjakan aktivitas lain. Menurut Psychology Today, gaming ini akan membuat orang “cacat”.

Caca disini dapat diartikan sebagai sebuah dopamin yang membuat energi hanya akan digunakan untuk bermain game. Dalam otak, mungkin sebagian besar orang akan mencoba memulai sesuatu yang positif. Tetapi bagi pemanin yang sudah kecanduan Pubg Mobile, ini tidak berlaku.

Pelajar dan anak kecil harus menangani semua adiksi atau kecanduan terhadap semua game mobile apapun. Mencari suatu aktivitas yang lebih positif, melakukan hobi selain bermain game, dan bahkan bisa juga untuk memulai rekreasi untuk waktu yang lebih santai.

Tanda Kalau Anak Sudah Kecanduan Game PUBG Mobile

Kecanduan PUBG Mobile

Tetapi sebelum Anda memberikan treatment atau penanganan mengenai kecanduan atas game ini, akan lebih baik lagi jika Anda kenali dulu apa tanda-tandanya. Terkadang ada yang menghabiskan banyak waktu untuk main game, tetapi tidak selamanya kecanduan.

Ini juga yang perlu para orang tua ketahui dulu apakah, hobi bukan sama dengan kecanduan. Meskipun sama-sama menghabiskan banyak waktu, mungkin saja efek dopamin dari PUBG Mobile belum sampai pada anak. Tetapi jika sudah ada tanda ini, maka sudah kecanduan:

  1. Secara konstan memikirkan tentang game, bahkan saat bermimpi
  2. Performa di sekolah dan pekerjaan menurun
  3. Kehilangan teman dunia nyata
  4. Sindrom Carpal Tunnel di usia muda
  5. Sifat agresif terhadap pemain game yang lain
  6. Berbicara sering dengan nada yang tinggi
  7. Menghabiskan banyak uang untuk item pada game
  8. Berbohong tentang game
  9. Fisik yang semakin sakit, seperti sakit tulang punggung belakang
  10. Tidak bisa keluar dari game
  11. Menghabiskan game untuk kegiatan yang emosional
  12. Mendahulukan game ketimbang pekerjaan lain
  13. Gejala buruk dan tidak normal ketika tidak bermain PUBG Mobile
  14. Berbohong ke keluarga atau teman tentang berapa lama menghabiskan waktu untuk game
  15. Terlalu sering menolak untuk pekerjaan lain karena sedang bermain game

Konsekuensi Buruk Jika Anak Sudah Kecanduan PUBG Mobile

Kecanduan PUBG Mobile

Tetapi jika kita berbicara tentang apa yang akan terjadi jika sudah kecanduan PUBG Mobile, banyak ahli yang mengatakan kalau rasa candu ini akan membuat gaming disorder. Menurut Dr. Raffael Boccamazzo, efek dari rasa candu bermain game dengan antusias ini berbeda.

Dan Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders menjelaskan kalau kecanduan terhadap game seperti PUBG Mobile ini akan membawa seseorang ke kelainan. Konsekuensi yang pertama ini ada di level akademis, dimana nilai dan pencapaian menurun drastis

Menurut Jurnal My Hysband is Addicted to Gaming: You’re Not Alone, dijelaskan secara umum tentang bahaya gaming. Meskipun tidak menjelaskan secara langsung soal kecanduan PUBG Mobile, tetapi dengan kecanduan, konsekuensinya juga masuk ke hubungan teman & keluarga.

Di segi kesehatan, menurut Sedentery Lifestyle, orang yang bermain game akan habiskan berjam-jam untuk duduk di depan device bermainnya. Ini akan mempengaruhi badan anak muda. Kurangnya aktivitas fisik akan membuat postur buruk dan berat badan berlebih.

Ada juga yang mengatakan kalau skill yang dibutuhkan dalam hal umum juga akan hilang. Skill semua hanya digunakan untuk game, bukan untuk melatih sesuatu yang memiliki manfaat. Karena skill PUBG Mobile hanya menembak, dan apakah dipakai di dunia nyata?

Dari semua konsekuensi buruk ini, apakah Anda masih kepikiran untuk bermain PUBG untuk waktu yang lama? Kalau dari kami, akan lebih baik jika hindari semua bahaya itu dengan satu kegiatan rutin yang membuat fisik, akademis, hingga faktor positif lain berkembang.

Apa Saja Peranan Orang Tua dalam Membantu Anak Atasi Kecanduan PUBG Mobile?

Kecanduan PUBG Mobile

Tidak bisa jika semua ini diserahkan pada anak, mereka butuh bantuan dari orang tua untuk bisa mengontrol semua rasa candu yang telah ia dapatkan untuk bermain game mobile. Dari semua efek yang dapat di dapatkan, orang tua tentu saja tidak ingin itu terjadi ke anak.

Maka dari itu, harus ada penanganan dari orang tua, meski itu sifatnya minor, tetapi dalam praktiknya nanti, peranan orang tua akan sangat bermanfaat. Jadi, apa yang bisa dilakukan Anda atau orang tua untuk mengatasi semua rasa candu terhadap PUBG Mobile?

1. Berkomunikasi

Jangan langsung sita atau menghakimi anak secara tiba-tiba. Mulai dulu dengan komunikasi dan coba lihat apa saja perubahan dalam hal psikologis yang dialami anak. Dengan adanya komunikasi ini, maka Anda tahu penanganan apa yang tepat.

2. Tetapkan Jadwal Bermain

Mulai dengan perbaiki jadwal bermain game, misalnya pada malam hari saja. Pada dasarnya, dalam satu ronde main PUBG Mobile, akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam. Batasi hingga 2-2,5 jam dalam satu hari agar bisa hilangkan rasa candu itu.

3. Memerintahkan Anak Untuk Bermain di Dekat Kita

Setelah mengatur jadwal bermainnya, jangan juga langsung membebaskan. Tetapi agar lebih aman, minta anak untuk bermain di sekitar, jangan dibiarkan di kamar seorang diri. Ini juga untuk mengawasi agar saat bermain tidak sembarangan.

4. Monitor Aktivitasnya

Di perangkat HP Android maupun iOS, biasanya dapat melihat berapa jam atau menit yang dihabiskan untuk satu aplikasi di perangkat tersebut. Pastikan setiap hari Anda monitor itu dan pastikan kalau batasan harian PUBG Mobile tidak dilanggar.

5. Alihkan Atensi dari Gaming

Buat juga anak untuk memiliki aktivitas lain selain hanya bermain game. Arahkan anak untuk mengikuti aktivitas di luar sekolah atau lingkungan sekitar agar menambah sosialisasi juga. Ini adalah solusi untuk mengalihkan pikiran dari hanya main game.

Cara Kontrol Rasa Kecanduan PUBG Mobile dari Diri Sendiri

Kecanduan PUBG Mobile

Namun, ini semua tidak akan berhasil jika diri sendiri tidak memiliki keinginan yang besar. Jika Anda sudah merasa kecanduan bermain game PUBG ini, maka coba alihkan perhatian ke yang lain, jangan hanya memikirkan game dan cara mengalahkan lawan di dalam PUBG saja.

Tetapi akan lebih baik lagi jika mengatasi rasa candu ini dengan mencari tahu bagaimana cara untuk menjadi seseorang yang unggul. Unggul di sini dapat diartikan sebagai cara menjadi pribadi yang lebih baik daripada lainnya di sektor skill general maupun yang terfokus.

Anda juga bisa mulai dengan berkomunikasi dengan teman yang bisa mengendalikan diri dalam bermain game. Tanya saja ke mereka tentang bagaimana cara mengatur waktu. Jadi, ini adalah cara yang paling masuk akal serta tidak membuat para gamers makin stres.

Baca Juga : Berikut Cara Daftar NPWP Online, Wajib Tahu !

Tidak ada yang salah dalam bermain game, tetapi yang akan memberikan konsekuensi buruk adalah jika sudah kecanduan. Apakah Anda sendiri merasa kalau sudah ada rasa candu pada game? PUBG Mobile ini skillnya hanya soal tembak menembak, tidak akan di real life.

Sumber Link: Kunjungi website