Perjalanan lain dan perjalanan startup muncul. Selama ini, Karikatour telah menetapkan fokus untuk memudahkan wisatawan untuk mendapatkan panduan terbaik.

Karikatour didirikan pada akhir tahun 2018 oleh lima alumni Politeknik Bandung. CEO Karikatour, Ryan Nurrochman, mengatakan ide startup ini muncul setelah mereka kehilangan tur di Sukabumi. Sekembalinya, mereka melakukan sedikit riset dan memutuskan bahwa tidak ada aplikasi tunggal di bidang pariwisata yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan layanan dari pemandu wisata profesional.

“Kami tidak melihat aplikasi seperti Gojek yang dalam hal ini mencari panduan dan tujuan.” Aplikasi lain hanya rekomendasi tetapi tidak ada interaksi, “kata Ryan.

Ryan berulang kali memanggil sistem tempat kerja seperti Gojek. Jika Gojek bertemu dengan pengemudi dan penumpang, Karikatour mendukung wisatawan dengan pemandu wisata profesional yang tidak hanya menjadi pemandu wisata, tetapi juga menyediakan moda transportasi dan fotografi untuk pelanggan mereka.

Namun, layanan panduan yang disediakan oleh Karikatour masih terbatas. Ryan mengatakan bahwa saat ini ada 5-10 pemandu profesional dengan cakupan tujuan wisata di sekitar Bandung. Ryan menyadari bahwa nilai dan cakupannya sangat kecil sehingga targetnya lebih besar pada akhir tahun ini.

Mengikuti model bisnis Gojek, Karikatour juga menerapkan sistem bagi hasil untuk mendapatkan minat dalam bisnis ini. Mereka mengambil 10 persen dari jumlah transaksi yang terjadi pada platform mereka.

“Tahun ini target seluruh tujuan wisata di Jawa Barat bukan hanya di Bandung, jumlah pemandu mencapai 100 orang sehingga tahun depan akan mencapai Yogyakarta dan Malang,” tambah Ryan.

Hingga saat ini, status pendanaan Karikatour masih bootstrap. Mereka masih berusaha mencari dana dengan banyak cara, satu untuk berpartisipasi dalam program inkubator dan akselerator.

Baca Juga:  Tokopedia Hadirkan Layanan Tukar Tambah Ponsel Dengan Menggunakan Teknologi AI

Sumber Artikel : https://www.jualanbarang.com/blog/bisnis/karikatour-aplikasi-yang-dapat-mempermudah-wisatawan-untuk-mendapatkan-pemandu-profesional/

Belum ada peringkat.

Berikan rating untuk post ini ?