Saat ini, ada beberapa pilihan kamera diam baik untuk pemula maupun profesional. Meski posisinya sudah tergeser karena hadirnya kamera mirrorless, kamera DSLR tak kalah diminati. Apalagi sekarang sudah banyak kamera DSLR berkualitas dengan harga yang relatif terjangkau.

Kamera DSLR ini merupakan kamera digital yang menggunakan cermin untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder. Penggunaannya yang sederhana membuat banyak orang tertarik dengan kamera fotografer ini. Ditambah dengan performanya, cukup tangguh dan tangguh.

Baca juga: Kenali jenis lensa kamera untuk pemula

Namun, pemilihan kamera DSLR tentu tidak sembarangan. Anda harus mempertimbangkan jenis, fitur dan juga harga yang ditawarkan. Tentunya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Kamera Fotografer DSLR yang Direkomendasikan

Untuk kamu yang saat ini sedang mencari kamera fotografer, simak rekomendasi kamera DSLR berikut ini, oke! Siapa tahu bisa jadi alternatif referensi buat kamu.

1. Canon EOS 5D Mark IV

Kamera fotografer DSLR untuk mengambil gambar terbaik

Bagi pemula yang ingin menekuni hobi sebagai fotografer profesional, Canon EOS 5D Mark IV bisa menjadi kamera yang cocok untuk para fotografer. Kamera ini dilengkapi dengan fungsi sensor CMOS full-frame dan disandingkan dengan resolusi 30,4 MP.

Selain itu, kamera ini juga memiliki level ISO hingga 32000, sehingga dapat mengambil gambar dengan sangat sempurna. Canon EOS 5D Mark IV dapat digunakan untuk pemotretan outdoor dan indoor. Jadi jika Anda mencari kamera yang fleksibel, EOS 5D Mark IV adalah jawabannya.

Fungsi Intelligent Scene Analysis (iSA) juga menjadi fitur tambahan dari kamera ini. Kemudian penambahan teknologi Dual Pixel CMOS AF dapat membantu Anda memotret gambar bergerak sehingga hasilnya lebih akurat.

Bagi Anda yang tertarik memiliki kamera Canon EOS 5D Mark IV, siapkan budget Rp. 60 juta. Meski cukup mahal tapi harganya sebanding dengan kualitas yang Anda dapatkan.

2. Nikon D5200

Kamera fotografer DSLR untuk mengambil gambar terbaik

Kamera rekomendasi berikutnya untuk fotografer adalah Nylon D5200, yang dikenal dengan fleksibilitasnya. Kamera ini memiliki layar 3 inci yang bisa diputar 360 derajat. Tentunya layar tersebut memudahkan Anda saat mengambil foto atau video.

Selain itu, seri D5200 juga dilengkapi dengan sensor DX-Format CMOS dengan resolusi 24,1 MP dan EXPEED 3. Bagi para penggemar, kamera ini juga dilengkapi dengan fungsi D-Movie yang merekam video dengan kualitas HD 1080p.

Fitur lain yang tak kalah canggih antara lain Full Time Servo AF dan AF Tracking yang seharusnya melacak fokus pada objek bergerak. Harga kamera ini cukup terjangkau, sekitar Rp. 5 juta.

3. Nikon D750

Kamera fotografer DSLR untuk mengambil gambar terbaik

Jika Anda menginginkan kamera fotografer yang ringan dan mudah dibawa kemana-mana, Nikon D750 adalah pilihan yang tepat. Kamera ini memiliki desain yang ringan dan bagian depan terbuat dari bahan termoplastik dan karbon.

Sedangkan bagian belakangnya terbuat dari bahan alumunium alloy. Nikon D750 dilengkapi dengan berbagai pilihan efek yang dapat menunjang kreativitas Anda, seperti efek miniatur, sketsa warna dan juga warna selektif.

Kemudian ia menggunakan format CMOS FX untuk sensor kamera ini dengan resolusi hingga 24,4 MP dan noise rendah. Selain itu, kamera ini memiliki layar 3,2 inci yang sudah menggunakan fungsi fleksibilitas.

Baterai yang tahan lama menjadi salah satu keunggulan kamera ini. Jika Anda tertarik untuk membawa pulang Nikon D750, sebaiknya siapkan bujet sebesar Rp27 juta.

4.Canon EOS 750D

Kamera fotografer DSLR untuk mengambil gambar terbaik

Kamera Canon EOS 750D sangat cocok untuk pemula yang ingin menggunakan kamera profesional. Kamera fotografer ini dilengkapi dengan kid mode, food mode, black and white mode dan night scene mode.

Selain itu, sensor CMOS APS-C 24,2 MP memastikan bidikan Anda terlihat jernih dan detail. Selain itu, dengan 19 persimpangan autofocus yang berfungsi untuk mengikuti fokus pada objek.

Canon EOS 750D didukung dengan layar LCD 3 inci yang dapat diputar ke berbagai sudut secara bersamaan untuk merekam video dalam resolusi HD dan format MP4. Kamera canggih ini dibanderol Rp 14 juta.

5. Canon EOS 700D

Kamera fotografer DSLR untuk mengambil gambar terbaik

Bagi fotografer pemula yang masih ragu dalam memilih kamera, kamera fotografer Canon EOS 700D mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Canon EOS 700D adalah kamera terbaik di kelasnya dan sempurna untuk fotografer pemula.

Dengan sensor CMOS 18 MP, foto yang Anda ambil berkualitas tinggi dan jernih. Selain itu, kamera ini juga didukung oleh prosesor DIGIC 5 yang meningkatkan akurasi warna melalui Intelligent Multi-area yang mampu mengatur white balance.

Anda bisa mendapatkan gambar yang jernih meski berada di lingkungan minim cahaya dan tidak menggunakan flash. Hal ini dikarenakan adanya fitur ISO 12800 pada Canon EOS 700D. Hanya dengan budget Rp. 5 juta kamu bisa mendapatkan kamera DSLR canggih ini di rumah.

6. Canon EOS 760D

Kamera fotografer DSLR untuk mengambil gambar terbaik

Kamera Canon EOS 760D adalah seri yang banyak disukai orang karena dilengkapi dengan pengaturan eksposur otomatis dan fokus objek sehingga pengguna tidak perlu mengaturnya secara manual. Selain itu, kamera ini juga menggunakan sensor CMOS AF III 24,2 MP.

Proses DIGIC 6 yang digunakan pada kamera fotografer ini juga membantu memaksimalkan proses pengolahan gambar. Kamera ini dilengkapi dengan 19 titik autofokus dan lensa yang kompatibel dengan aksesoris lainnya.

Jika tertarik, siapkan bujet sekitar Rp13 juta untuk bisa membawa pulang kamera Canon EOS 760D ini.

7. Nikon D3400

Kamera fotografer DSLR untuk mengambil gambar terbaik

Kamera DSLR Nikon D3400 sangat cocok untuk pemula seperti Anda. Kamera ini sudah menggunakan sensor CMOS 24.2MP dan prosesor EXPEED 4 dan ISO hingga 25600, yang memungkinkan pengambilan gambar yang jelas dan detail.

Selain itu, fungsi SnapBridge pada kamera ini juga dapat memudahkan Anda jika ingin membagikan hasil jepretan Anda ke berbagai media sosial. Tidak hanya itu, Nikon D3400 memiliki kualitas yang mumpuni untuk video time-lapse, high definition, dan slow motion.

Dengan tambahan lensa VR, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang pemfokusan manual. Harga kamera ini sekitar Rp. 5,5 juta.

8. Pentax K50

Kamera fotografer DSLR untuk mengambil gambar terbaik

Kamera DSLR Pentax K50 dilengkapi dengan sensor CMOS APS-C 16 MP dengan teknologi prosesor PRIME M. Selain itu, kamera fotografer ini juga dapat merekam video full HD 1920 x 1080 piksel.

Bodi kamera yang sangat kokoh menjadikan Pentax K50 sebagai proteksi dan pertahanan khusus terhadap cuaca. Kecepatan rana kamera ini adalah 1/6000 detik dengan ISO 51200 dan didukung oleh fungsi autofokus SAFOX IXi+.

Fungsi shake-reduction dari Pentax K50 berfungsi untuk mencegah gambar menjadi buram akibat goyangan. Sedangkan fungsi Eye-Fi pada kartu memori dapat digunakan untuk mentransfer gambar melalui Wi-Fi.

9.Canon EOS 70D

Kamera fotografer DSLR untuk mengambil gambar terbaik

Kamera fotografer seharga Rp 17 juta ini dilengkapi dengan sensor CMOS 20,2 MP dan prosesor DIGIC 5 yang Canon EOS 70D dapat mengambil gambar bahkan dalam cahaya rendah.

Sensor Dual Pixel CMOS AF pada kamera ini juga berfungsi untuk memaksimalkan fungsi autofokus. Selain itu, kamera ini juga dilengkapi dengan built-in teknologi Wi-Fi dan EOS remote sehingga dapat dioperasikan dari jarak jauh.

10. Nikon D5500

Kamera fotografer DSLR untuk mengambil gambar terbaik

Kamera terakhir yang direkomendasikan untuk fotografer adalah Nikon D5500 dengan layar vari-angle. Kamera ini dibanderol dengan harga sekitar 9 jutaan rupiah dan dilengkapi dengan prosesor 24,2 MP CMOS dan EXPEED 4 dengan rentang ISO hingga 35600.

Baca juga: Daftar Harga Kamera Mirrorless Terbaik dan Terjangkau

Nikon D5500 memiliki 39 persimpangan autofokus yang dapat melacak objek dengan mudah dan cepat, sehingga memudahkan Anda untuk membidik objek tertentu.

Kamera Fotografer DSLR Mana yang Akan Anda Pilih?

Demikian 10 rekomendasi kamera dari fotografer untuk pemula dengan harga dan fitur yang berbeda-beda. Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari kamera DSLR untuk fotografer pemula.

Sumber Link: Kunjungi website