Bagi sebagian orang, terus-menerus mendapatkan notifikasi pada ponsel dan komputer yang mengingatkan mereka tentang pembaruan perangkat lunak/software benar-benar menjengkelkan. Oleh karena itu, sangat mudah untuk menekan tombol ‘Remind Me Later’ atau bahkan biarkan saja.

Hati-hati, malas memperbarui perangkat lunak/software dapat berdampak buruk pada perangkat anda. Mengapa, karena kebiasaan ini bisa memperlambat ponsel atau laptop anda.

Anda perlu tahu, update software atau sering disebut patch software adalah download software gratis untuk aplikasi, sistem operasi atau rangkaian software yang meningkatkan fitur untuk meningkatkan fungsionalitas aplikasi atau sistem operasi.

Tidak hanya melindungi pengguna dari risiko keamanan, update software dirilis dengan tujuan memperbaiki bug atau celah, memperkenalkan fitur baru ke perangkat anda, memperpanjang usia baterai, dan meningkatkan kinerja kecepatan perangkat.

Pembaruan software juga berfungsi untuk memperpanjang umur perangkat anda. Selain itu, ada juga upgrade software, yang merupakan versi terbaru dengan peningkatan kinerja dari software pada perangkat anda, dan seperti yang biasanya berbayar.

Setelah mempelajari pentingnya pembaruan software, anda harus mulai terbiasa dengannya. Jika anda bingung tentang cara memulai, coba ikuti petunjuk di bawah ini.

Smartphone

Untuk iPhone, dengan update iOS 12, Apple membuat opsi Automatic Updates pada layar Update Software. Jika anda memilih ini, ponsel akan menunggu hingga perangkat dalam kondisi idle, maka software akan secara otomatis memperbarui sepanjang malam.

Catatan, ponsel tidak dapat diperbarui kecuali dalam kondisi baterai yang cukup dan terhubung ke jaringan WiFi. Jika anda memilih untuk tidak mengaktifkan update otomatis, cek update di Settings – General – Software Update.

Jika versi terbaru iOS tersedia, Anda dapat mengetuk download, lalu instal. Jika anda tidak dapat menemukan versi terbaru iOS, sebuah pesan akan memberi tahu anda bahwa perangkat software anda telah diperbarui.

Baca Juga:  Apple Resmi Membeli Bisnis Cip Modem Intel Seharga 14 Triliun Rupiah

Untuk pengguna Android, cek lewat Settings – System – Advanced – System Update. Jika pembaruan tidak tersedia, ini berarti perangkat perangkat anda tidak memerlukan update software. Untuk lebih spesifik, coba ketuk bagian ‘Check For Update’.

Laptop atau komputer

Para pemilik komputer Apple, penting bagi anda untuk mengetahui bahwa MacOS Mojave menerapkan perubahan tertentu. Sekarang anda dapat melihat tool yang digunakan untuk memperbarui Mac dengan melihat Menu Bar di bagian atas layar.

Dari sana, coba klik pada Apple – About This Mac – Software Update. Jika anda merasa nyaman menerapkan pembaruan otomatis, anda dapat mencentang opsi ‘Automatically Keep My Mac Up to Date’.

Untuk pengguna Windows, buka Settings – buka menu Start dan klik ikon roda bergigi – Update & Security – Windows Update. Kemudian, anda dapat memilih waktu tertentu ketika Windows akan menginstal pembaruan secara otomatis. Klik ‘Change Active Hours’ dan anda tidak akan terganggu ketika perangkat tiba-tiba meminta update software pada saat sedang digunakan.

Bagi anda yang menggunakan Chromebook, sistem operasi anda akan menginstal update otomatis. Untuk mengetahui pembaruan Chrome OS dimana yang sedang digunakan, buka tab browser, klik tombol menu (tiga titik) di sudut kanan atas, kemudian klik Help – About Chrome OS.

Jadi, meskipun pemberitahuan update software mengganggu, tidak apa-apa jika perangkat anda dapat berjalan cepat, lancar, dan tahan lama. Tingkatkan perangkat anda sekarang…!!!

Sumber Artikel : https://www.jualanbarang.com/blog/teknologi/jangan-malas-memperbarui-software-anda-harus-tahu-apa-kegunaannya/

Belum ada peringkat.

Berikan rating untuk post ini ?