Apa yang akan Anda lakukan jika internet IndiHome di rumah tiba-tiba melambat? Anda membiarkannya pergi dan apakah Anda sebodoh itu? Atau Anda hanya marah pelayanan pelanggan IndiHome secara langsung? Nah, ternyata ada beberapa cara mengatasi IndiHome secara perlahan apa yang dapat Anda lakukan sendiri, Anda tahu.

Wifi Memang, IndiHome yang lambat bisa terjadi kapan saja karena berbagai faktor. Bisa jadi FUP memiliki limit, penggunaan valas melebihi limit atau server melakukan kesalahan.

Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi indihome yang lemot. Anda tidak perlu memanggil teknisi karena Anda dapat melakukan metode ini sendiri di rumah.

1. Ubah Pengaturan DNS ke Tercepat

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengubah pengaturan DNS Wi-Fi. Menurut beberapa orang, cara pertama ini terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kecepatan internet saat menggunakan internet Indihome turun secara masal

Langkah-langkah untuk mengubah pengaturan DNS IndiHome ke DNS yang lebih kuat juga cukup sederhana. Jika Anda memiliki komputer yang selalu terhubung dengan koneksi internet Indihome, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Langkah pertama, klik menu mulai.
  2. Di kolom Mencari, mengetik Panel kendali”.
  3. Lanjutkan dengan masuk ke menu jaringan dan internetT, Untuk memilih Pusat Jaringan, lalu klik pengaturan adaptor.
    bagaimana cara mengatasi speed indihome yang lambat?
  4. Langkah selanjutnya, klik kanan pada jaringan ethernet atau wifi yang Anda gunakan, klik properti.
    cara mengatasi modem indihome lemot
  5. Langkah selanjutnya, ketuk menu protokol internet versi 4 (TCP/IPv4).
  6. Pilih menu gunakan alamat server DNS berikut.
  7. memasukkan DNS (1,1,1,1) atau (8.8,8.8) hujan deras dan Buka DNS
    bagaimana cara mengatasi jaringan internet indihome yang lemot?
  8. Terakhir klik ikon Oke dan Berlaku.

Cara ini tidak akan merugikan Indihome, namun jika terjadi kerusakan, Indihome juga tidak bertanggung jawab. Anda dapat melakukan solusinya dengan mengubah atau mengatur ulang pengaturan awal.

2. Batasan jumlah pengguna

Batasi pengguna WiFi

Kapan akan memilih? kecepatan internet IndiHome, Anda juga perlu tahu berapa batasan jumlah pengguna. Misal internet dengan kecepatan 10 mbps, maka limitnya adalah perangkat yang hanya perlu terhubung ke internet 3-5 perangkat.

Jika jumlah alat atau perangkat Jika Anda terhubung ke internet lebih dari itu, itu normal untuk koneksi internet lambat. Oleh karena itu Anda perlu mengubah pengaturan jumlah perangkat atau perangkat yang terhubung ke Internet sebagai salah satu dari cara Mengatasi kecepatan IndiHome lambat.

Selain membatasi jumlah pengguna melalui pengaturan IndiHome, Anda juga harus berkomunikasi dengan keluarga Anda untuk setuju tidak membagikan kata sandi kepada orang-orang acak. Atau, Anda juga dapat mengubah kata sandi secara bertahap setiap hari. Dijamin internetan otomatis stabil!

Bagi yang belum tahu, baca artikel tentang Bagaimana Membatasi Pengguna WiFi dan Bandwidth WiFi? ini.

3. Tempatkan router di tempat yang tepat dan ideal

Atur Posisi Router

Jika koneksi internet adalah sesuatu yang nyata dan Anda dapat melihatnya, maka itu akan menjadi lingkaran dengan radius beberapa meter dari router. Supaya koneksi internetnya lebih stabil tentunya harus di tempatkan router di tengah ruangan. Ini juga berusaha untuk koneksi internet yang merata.

Jika perlu, Anda dapat menempatkan router atau access point di dekat tempat Anda bekerja atau yang biasa Anda gunakan untuk browsing internet. Jangan letakkan router di dekat dinding atau di sudut ruangan, karena Internet tidak akan menyebar secara merata.

4. Sesuaikan Palsu router

Bagi yang belum tahu, sebagai pemilik internet IndiHome, Anda bisa mengatur sendiri pengaturannya melalui router, kamu tahu. Anda dapat melakukan ini untuk kenyamanan dan kecepatan saat menggunakan internet.

Beberapa pengaturan yang dapat Anda ubah sebagai bentuk bagaimana cara mengatasi koneksi indihome yang lemot? adalah sebagai berikut:

  • Ubah pengaturan DNS default ke pengaturan DNS tercepat
  • Setel jumlah pengguna WiFi
  • Blokir orang yang terhubung atau perangkat orang asing yang tidak kamu kenal
  • Mengubah pengaturan saluran default aktif pengaturan saluran berbeda

5. Kecepatan internet maksimal dengan kabel LAN

Menggunakan LAN

FYI, koneksi internet nirkabel atau tanpa kabel umumnya memiliki kecepatan yang berbeda dari yang diklaim oleh penyedia. Misalnya, koneksi internet Indihome yang diklaim kecepatannya bisa mencapai 10 mbps. Bahkan, Anda mungkin tidak akan mendapatkan koneksi secepat itu.

Hal ini berbeda jika Anda menggunakan koneksi internet melalui kabel. Meski tidak persis sama dengan klaim Indihome, setidaknya koneksi internet bisa mendekati kecepatan internet maksimal. Ini bisa menjadi solusi dan cara mengatasi jaringan indihome yang lemot.

Menggunakan kabel LAN untuk koneksi internet biasanya bagus jika Anda menggunakan perangkat seperti komputer. Namun, baru-baru ini Anda dapat terhubung smartphone pada LAN menggunakan kabel sambungan khusus.

6. Pakai repeater untuk memperluas penyebaran koneksi internet

Jika Anda memiliki rumah dengan lebar 100 meter seperti rumah Tiktokers Siska Kohl atau rumah Anda sepenuhnya berdinding, koneksi internet akan jauh lebih lambat.

Ini karena ada banyak kendala antara perangkat yang Anda gunakan dan router. Itu sebabnya Anda membutuhkan penguat sinyal tambahan.

Ada beberapa alat yang bisa Anda gunakan. Misalnya dengan menggunakan router mahal sebagai pengganti router gratis yang diberikan Indihome, dengan tool wifi extender, atau dengan tool yang bernama wifi mesh.

Informasi tentang tiga penguat sinyal umum ini dapat ditemukan di Internet atau di YouTube.

Agar aman, perangkat atau alat tersebut hanya dapat berfungsi sebagai penguat sinyal di bagian samping rumah yang tidak dapat dijangkau melalui koneksi internet. Bukan untuk menambah kecepatan internet.

7. Hapus cache Peramban di perangkat

Terpisah dari router apakah koneksi internetnya memang kurang stabil, ternyata perangkat atau smartphone apa yang Anda gunakan juga mempengaruhi koneksi internet. Salah satunya bisa karena cache terlalu banyak browser.

cache adalah salah satu file di perangkat yang menjadi penyumbang terbesar mengapa penyimpanan cepat habis. Bahkan, penyimpanan yang penuh akan memperlambat perangkat. Hal ini membuat koneksi internet terkesan lambat.

Oleh karena itu, Anda harus membersihkan area penyimpanan secara teratur untuk mengurangi jumlah cache yang menumpuk.

8. Tingkatkan Kecepatan Internet

Memiliki banyak perangkat yang perlu terhubung ke internet setiap saat, tetapi internet Anda memiliki kecepatan atau kecepatan yang kecil? Mungkin ini salah satu faktor kenapa koneksi internet Indihome kamu lemot.

Jika demikian, saatnya Anda meningkatkan kecepatan internet Anda sebagai salah satu cara mengatasi jaringan indihome yang lemot.

Sebelumnya, jika kecepatan internet Indihome hanya 20 Mbps yang dibatasi kurang dari 10 perangkat, Anda dapat mengupgrade ke kecepatan internet yang lebih tinggi. Misalnya: 50 mbps hingga 100 mbps untuk pengalaman menjelajah web yang lebih baik.

9. Kontak Pelayanan pelanggan

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan jika koneksi internet lemot bukan karena berbagai penyebab seperti di atas, kamu bisa langsung menghubungi CS Indihome atau Telkom.

Anda dapat menghubungi melalui beberapa cara, mulai dari akun Facebook, Twitter, atau Anda dapat menghubungi 147 secara langsung. Nantinya, langkah pertama yang akan dilakukan CS adalah me-restart jaringan pusat. Jika masalah tidak teratasi, Telkom akan memberikan tiket dan teknisi akan segera datang ke rumah Anda.

Penutupan

Indihome merupakan salah satu layanan internet dengan jangkauan terluas di Indonesia. Namun, bukan berarti Indihome memiliki internet yang stabil. Terkadang koneksi internet melambat atau mati secara tiba-tiba.

Koneksi internet Indihome yang lambat dapat disebabkan oleh berbagai faktor eksternal. Misalnya seperti kabel yang putus, router rusak atau karena redaman yang tinggi. Bisa juga karena beberapa kondisi lain.

Nah, berbeda cara mengatasi indihome lemot diatas bisa anda lakukan sebagai pengobatan pertama jika internet mati atau lemot. Anda tidak harus segera mengundang mekanik dan mencari tahu sendiri.

Sumber Link: Kunjungi website