Chipset HP terbaik 2022 menjadi hal utama yang dilihat seseorang ketika akan membelinya. Hal ini dikarenakan berfungsi sebagai tulang punggung utama smartphone. 

Baca juga: Rekomendasi Android Terbaru April 2022 Kualitas Terbaik

Selain itu, berperan sebagai otak ponsel pintar tersebut. Dengan demikian, kualitasnya harus bagus karena jika lambat maka berpengaruh juga terhadap kinerja smartphone. Oleh karena itu, sebaiknya Anda lebih teliti saat memilihnya. 

Jangan ragu untuk menanyakan spesifikasinya secara detail agar nanti tidak kecewa dengan performanya. Anda harus mengetahui apa saja fungsi dari chipset, jenis-jenisnya beserta komponen di dalamnya. 

Pengertian Apa itu Chipset HP

Intip Berbagai Macam Chipset HP Terbaik 2022 di Dunia

Chipset merupakan salah satu hardware yang memiliki fungsi vital sehingga tidak dapat tergantikan oleh komponen lain. Komponen tersebut sudah dirancang khusus dan sangat kompleks. 

Di dalamnya terdapat GPU, CPU dan core seperti komponen dalam laptop maupun komputer. Chipset HP terbaik 2022 dapat diartikan sebagai IC dengan ukuran kecil yang tersusun pada motherboard. 

Biasanya IC kecil tersebut dikenal sebagai chip. Semua chip pada perangkat akan saling bekerja sama agar mendukung kinerja HP. Anda juga dapat menyebutnya sebagai bentuk mini motherboard. 

Bagi para pengguna iPhone maupun android pasti tidak asing karena pada mesin ponsel peran utamanya seperti prosesor pada komputer. Selain itu, sebagai faktor penentu kecepatan performa smartphone. 

Alasan penggunaan chipset HP terbaik 2022 adalah menghemat daya dan tempat. Di dalamnya berisi komponen seperti pada motherboard. Jika prosesor, VGA, motherboard serta RAM diletakkan terpisah maka kurang efisien. 

Di samping itu, bentuknya menjadi kurang praktis karena ukurannya besar sehingga tidak bisa masuk ke kantong. Konsumsi baterainya juga lebih boros sehingga tidak bisa digunakan dalam waktu lama. 

Fungsi Chipset HP Terbaik 2022

Intip Berbagai Macam Chipset HP Terbaik 2022 di Dunia

Fungsi utama dari chipset yaitu mengatur kinerja semua aplikasi maupun komponen pada smartphone. Fungsi tersebut sama seperti CPU pada komputer, perbedaannya pada smartphone lebih banyak. 

Pada komputer hanya mengontrol grafis, komputasi, memori dan suara saja. Sedangkan, di smartphone fungsinya lebih beragam, yaitu mengontrol CPU, mengolah memori maupun grafis dan manajemen baterai.

Selain itu, berperan mengelola sensor, mengatur konektivitas jaringan termasuk wifi, 3G, 4G, 5G dan lain-lain. Chipset HP terbaik 2022 bisa mengemban banyak tugas karena didukung dengan banyak core. 

Sebagian besar prosesor pada HP saat ini dibekali 8 core, berbeda dengan komputer atau PC yang hanya memiliki 4 atau 6 core. Cara kerjanya sangat kompleks seperti halnya otak manusia. 

Pada ponsel biasanya lebih populer disebut SoC (System on Chip). SoC memiliki 2 komponen utama, yaitu Southbridge dan Northbridge. Southbridge berperan mengatur ISA Bus, mengontrol slot IDE dan I/O port. 

Selain itu, menghubungkan ISA Bus dengan PCI Bus. Sedangkan, Northbridge bertugas mengatur memori utama, chace memori, slot PCI ekspansi dan Hot Bus. 

Chipset HP terbaik 2022 juga mempengaruhi kapasitas maupun kompatibilitas tipe memori agar menyatu bersama motherboard. Fungsi lainnya adalah menentukan kecepatan bus memory, front-side bus dan bus grafis. 

Performa CPU dan GPU sangat ditentukan oleh SoC. Di samping itu, juga mendukung efisiensi baterai, konektivitas dan teknologi sensor. Semakin bagus spesifikasi SoC akan meningkatkan kecepatan pemrosesan ponsel. 

Komponen yang Terdapat pada Chipset HP Terbaik 2022

Intip Berbagai Macam Chipset HP Terbaik 2022 di Dunia

Komponen dari iPhone maupun Android beserta fungsinya sebaiknya harus Anda ketahui. Ada 8 komponen yang terdapat di dalamnya, berikut detail penjelasannya. 

1. CPU

Fungsi dari CPU adalah mengatur seluruh komponen yang terdapat di bawahnya. Selain itu, menjadi penentu seberapa kencang performa smartphone secara keseluruhan. 

Performa HP android atau iPhone semakin tinggi jika CPU kencang. Hal ini didukung dengan semakin efisien kinerja CPU. Oleh karena itu, informasi ini penting diketahui. 

2. DSP

Komponen chipset HP terbaik 2022 DSP berfungsi menerjemahkan informasi video, suara, suhu, rotasi dan posisi HP. DSP juga berperan memastikan fitur dan aplikasi yang memerlukan data dari sensor berjalan baik. 

3. GPU

GPU berfungsi mengolah perintah sekaligus menerjemahkannya agar menjadi berbentuk grafis. Komponennya terintegrasi langsung agar penggunaan daya lebih efisien. GPU mempengaruhi kualitas visual saat bermain game. 

4. Display

Adanya display ini membuat informasi berupa gambar dapat tampil dengan baik menyesuaikan resolusi layarnya. Setiap orang pasti ingin memiliki display yang bagus dan menarik. 

5. Memory

Komponen berikutnya dalam chipset HP terbaik 2022 adalah memory. Perannya adalah mengatur agar memori RAM dan penyimpanan internal dapat menampung semua data aplikasi. 

6. Modem

Keberadaan modem sangat mendukung jaringan data GSM, wifi, 4G LTE dan GPRS. Dengan demikian, smartphone akan terhubung dengan internet lewat layanan provider SIM card. 

7. ISP

ISP menjalankan peran sebagai sensor gambar di smartphone. Fungsinya tidak jauh berbeda dengan sensor gambar yang terdapat pada kamera digital. 

8. Audio

Fungsi audio adalah mengelola sebuah informasi dalam bentuk suara. Nantinya, audio yang dihasilkan dari smartphone dapat terdengar sangat bagus. 

Merek dari Chipset HP Terbaik 2022

Intip Berbagai Macam Chipset HP Terbaik 2022 di Dunia

Di bawah ini akan mengulas secara detail jenis-jenis chipset terbaik untuk HP. Pastikan Anda mengenali masing-masing jenisnya karena berguna ketika membeli smartphone baru. 

1. Apple A15 Bionic

Apple A15 Bionic memiliki kemampuan untuk memproses data lebih cepat sehingga menjadi andalan dari iPhone 13. Hal ini didukung dengan adanya GPU atau unit pemrosesan grafis yang baru. 

Kinerja mesin sarafnya cukup tinggi dan dilengkapi teknologi AI sehingga hasil jepretannya menjadi lebih baik. Transistornya lebih banyak, yaitu 15 miliar. 

2. Dimensity 9000

Chipset HP terbaik 2022 berikutnya ada Dimensity 9000 memiliki performa sangat bagus. Berdasarkan penilaian Geekbench 5, skornya lebih tinggi daripada snapdragon 8 gen 1, yaitu 1.293. 

Adapun untuk arsitekturnya lebih baru, yaitu Armv9. Sedangkan, untuk fabrikasinya 4 nm. Chipset ini mampu mendukung RAM dengan kecepatan hingga 7500 Mbps. 

3. Snapdragon 8 Gen 1

Jenis ini merupakan generasi penerus snapdragon versi 888 dan 888+. Kelebihannya yaitu kemampuan CPU 20% lebih tinggi dan bisa menghemat daya sebesar 30%. 

CPU yang digunakan chipset HP terbaik 2022 ini adalah Armv9. Prosesornya terdiri atas 3 kluster, yang utama adalah Cortex-X2. Kedua prosesor lainnya adalah 3 core Cortex-A710 dan 4 core Cortex A510. 

4. Apple A14 Bionic

Kinerja Apple A14 Bionic ini lebih cepat 40% daripada A13 Bionic. Teknologi yang digunakan untuk pembuatannya adalah fabrikasi 5 nm sehingga bisa memasang hingga 11,8 miliar transistor. 

5. Exynos 2200

Chipset HP terbaik 2022 tersebut merupakan hasil kerja sama antara Samsung dengan AMD. Proses pembuatannya menggunakan fabrikasi 4 nm dan dirancang memakai teknologi EUV dan prosesor Armv9. 

Inilah HP Terbaik yang Dilengkapi Chipset Snapdragon 845

Intip Berbagai Macam Chipset HP Terbaik 2022 di Dunia

Berikut adalah beberapa jenis HP dengan chipset snapdragon 845. Produsennya adalah Qualcom yang dibuat tahun 2017. Meskipun usianya tua, namun di tahun ini masih powerful dan menunjukkan performa gaming tinggi. 

1. Asus Zenfone 5z

Asus Zenfone 5z dirilis pertama kali pada Februari 2018. Meskipun sudah berumur, ponsel tersebut tetap tergolong bagus untuk digunakan saat ini. Harganya juga mengalami penurunan drastis dibandingkan pada awal perilisan. 

Keistimewaan Asus Zenfone 5z yaitu memiliki desain minimalis serta performa mesinnya gahar. Harganya dibandrol sekitar 5 juta untuk RAM 6/126 GB. Kapasitas baterainya juga tinggi, yaitu 3300 mAh. 

2. Razer Phone 2

Chipset HP terbaik 2022 Razer Phone 2 ini sengaja didesain untuk mendukung keperluan gaming. Spesifikasi pada smartphone tersebut lebih unggul karena anti debu dan tahan air. 

Smartphone yang dirilis Oktober 2018 ini memiliki stereo speakers dan mempunyai refresh rate layar tertinggi. Selain itu, masih dapat digunakan untuk memainkan game-game berat. 

3. Xiaomi Pocophone F1

Xiaomi Pocophone F1 ini masuk dalam deretan smartphone yang tetap layak dipakai. Alasannya karena banyak kelebihan di dalamnya, yaitu mesinnya powerful untuk bermain game. 

Baterainya juga lebih awet karena menggunakan teknologi fast charging. Baterainya memiliki kapasitas sebesar 4000 mAh. Pertama kali rilis pada Agustus 2018.

4. Xiaomi Mi 8

Chipset HP terbaik 2022 pada Xiaomi Mi 8 juga menggunakan snapdragon 845. Banyak penawaran menarik untuk para penggunanya seperti layarnya super amoled dengan desain terbaru. 

Baca juga: Kenali Xiaomi Dengan Chipset Redmi Note 9 Andalan

Kualitas kameranya tinggi dan mesinnya masih powerful. Kapasitas baterai cukup besar, yaitu 3400 mAh. Banyak toko online yang masih menjual smartphone tersebut. 

Pengetahuan tentang jenis chipset sangat penting karena menentukan performa sebuah HP. Setiap komponen di dalamnya berpengaruhi terhadap kinerja perangkat tersebut. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih chipset HP terbaik 2022.

Sumber Link: Kunjungi website