Printer merupakan salah satu barang elektronik yang sangat penting saat ini, terutama bagi para pelajar. Tidak hanya mahasiswa, kini setiap kantor dan meja harus memiliki printer. Itu sebabnya Anda perlu tahu caranya cara instal printernya gimana?.

Sekarang jika ingin mencetak dengan printer, tidak hanya bisa mencetak di laptop, tapi juga bisa mencetak dengan ponsel. Bagaimana? Lihat penjelasan lengkapnya di sini.

Cara instal printer di laptop

Cara instal printer di laptop

Sebelum menginstal printer di laptop Anda, Anda perlu mempersiapkan: mengendarai printer yang akan Anda instal. Mendapatkan mengendarai disini kamu bisauntuk menyalindari CD atau unduh dari situs web resmi printer.

Setiap beli printer pasti dapet CD mengendarai yang mengandung pemasang dari pencetak. Kamu harus pindah dulu mengendarai ke laptop atau komputer.

Bagaimana jika laptop Anda tidak memiliki ruang untuk CD? Memasang printer di laptop yang tidak memiliki CD dapat diunduh pemasangpertama.

Untuk mengunduh pemasangPertama, Anda perlu memastikan merek dan jenis printer yang Anda gunakan. Anda bisa mendapatkan pemasang semua jenis dan merek printer di situs resmi printer. Setelah mengunduh, Anda dapat langsung menginstal printer.

Adapun untuk menginstal printer setelah mendapatkan: pemasangini:

  1. Hubungkan kabel USB dari printer ke laptop
  2. Buka berikutnya pemasang diunduh sebelumnya
  3. Tunggu sebentar, akan muncul perintah, klik tombol Selanjutnya atau selanjutnya
  4. Laptop atau komputer akan mendeteksi printer yang terhubung
  5. Tunggu hingga selesai menginstal lalu klik Finish. Anda sudah dapat menggunakan printer.

Instal printer di laptop tanpa kabel USB

Instal printer di laptop tanpa kabel USB

Selain metode yang dijelaskan, Anda juga dapat menginstal printer tanpa menggunakan kabel USB. Namun cara ini hanya bisa dilakukan jika printer Anda dilengkapi dengan fungsi Wi-Fi.

Siapkan printer secara nirkabel ke laptop hampir sama dengan cara sebelumnya. Anda harus mempersiapkan pemasangpertama. Setelah Anda selesai, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk: untuk memasang printer:

  1. Nyalakan WiFi di printer dan laptop Anda
  2. Buka menu start atau tanda Windows di sudut kiri laptop
  3. Kemudian pilih menu pengaturan atau pengaturan
  4. Kemudian pilih menu perangkat lalu pilih Printers and scanners
  5. Kemudian pilih Add printer or scanner, tunggu beberapa saat sampai laptop sudah menemukan printer yang ingin di install.
  6. Ketika jenis printer yang ingin Anda instal muncul, klik printer dan pilih port yang ingin Anda gunakan. Karena port sudah ada, pilih Gunakan port yang ada.
  7. Pilih selanjutnya Instal driver printer lalu klik selanjutnya
  8. Proses instalasi sedang berlangsung, tunggu sampai selesai dan pilih menu akhir, Anda dapat menggunakan printer.

Bagaimana cara menginstal printer pada ponsel dengan dan tanpa kabel?

Instal Pencetak di Ponsel

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kini Anda dapat mencetak dengan printer melalui ponsel. Cara memasang printer di ponsel sangat sederhana, Anda dapat menggunakan kabel printer USB atau menggunakan wifi.

Jika Anda ingin menginstal dengan kabel USB, Anda perlu menyiapkan OTG terlebih dahulu. Anda menggunakan OTG ini sehingga Anda dapat menghubungkan printer ke ponsel Anda melalui kabel USB.

Bagi Anda yang tidak ingin ribet, Anda bisa menggunakan Wi-Fi untuk mencetak dari ponsel Anda. Anda perlu menghubungkan ponsel ke WiFi yang sama dengan printer. Pastikan Wi-Fi berfungsi dengan baik sehingga dapat mencetak dengan cepat.

Adapun langkah-langkahnya cara instal printer di hp, itu adalah:

  1. Download dulu aplikasi Nokoprint dari play store
  2. Setelah instalasi, buka aplikasi dan pilih dokumen atau foto yang ingin Anda cetak
  3. Lihat dulu melalui preview yang sudah tersedia
  4. Kemudian pilih printer yang sudah terhubung dan tunggu proses pencetakan selesai.

Sangat sederhana bukan cara menginstalnya? Dengan Nokoprint Anda dapat mencetak ke berbagai merek printer melalui HP. Agar proses pencetakan lancar, pastikan Wi-Fi Anda terhubung dan berfungsi dengan baik. Jika Anda tidak dapat mencetak dengan Wi-Fi, Anda dapat menggunakan kabel USB yang terhubung ke ponsel melalui OTG.

Instal Pencetak baik ke laptop maupun ke handphone cukup sederhana dan praktis. Anda dapat mencetak dengan cepat dan mudah di mana saja, kapan saja.

Sumber Link: Kunjungi website