Berburu produk Apple seperti iPhone 6 yang memiliki harga rendah memang menjadi pilihan yang banyak dilakukan saat ini. Selain karena harga iPhone 6 yang sangat terjangkau, kesan elegan dengan menggunakan iPhone menjadi salah satu ajang untuk bergengsi dan status sosial.

Dilihat dari beberapa aspek penting lainnya pada ponsel, seperti dapur pacu, ukuran layar, dan juga kamera memang tidak begitu mumpuni. Terutama jika dibandingkan dengan beberapa ponsel yang keluar di tahun berikutnya atau pada seri 8 keatas.

Spesifikasi Lengkap dan Harga iPhone 6

1. Tahun Rilis

Tahun Rilis

Ketika akan membeli suatu produk smartphone yang telah dirilis 3 atau 4 tahun kebelakang, Anda perlu berhati-hati untuk memilih spesifikasinya.

Ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan seperti spesifikasi dapur pacu yang mungkin lebih rendah dari sebelumnya

Pada bulan September 201 ponsel ini mulai memasuki pasar dengan respon yang cukup positif dari masyarakat.

Mulai banyak orang yang membeli produk ini bahkan dengan harga yang cukup tinggi pada saat itu. Saat ini iPhone 6 memang tidak begitu mumpuni untuk penggunaan yang berat.

2. Jaringan yang digunakan dan SIM Card

Jaringan yang digunakan dan SIM Card

Memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan beberapa seri ponsel lain dijamannya, iPhone 6 ini masih menggunakan jaringan yang cukup sederhana.

Beberapa diantaranya adalah GSM, EDVO, DCHSDPA, EDGE, VOLTE, UMTS, CDMA, dan VoLTE yang terkesan sangat standar.

Jenis penyimpanan SIM Card yang bisa Anda gunakan pada ponsel adalah Nano SIM Card yang memang menjadi trend terbaik sejak saat itu sampai sekarang.

Namun, ada satu kekurangan yang dimilikinya seperti tidak bisa menggunakan microSIM card yang masih banyak digunakan.

3. Ukuran layar dan berat ponsel

Ukuran layar dan berat ponsel

Ukuran layar yang kecil tidak menjadi hambatan bagi banyak orang untuk membeli ponsel yang satu ini.

Ukuran ponsel berada pada kisaran 138.1 x 67 x 6,9 mm, dengan berat 129gram yang sangat ringan. Bisa dibayangkan bahwa ponsel ini cukup mungil dan ringan untuk Anda gunakan.

Spesifikasi ukuran layar pada produk ini hanya bekisar pada 4,7 inci, sesuai dengan harga iPhone 6 yang ditawarkan pada saat itu.

Anda bisa mencoba untuk mempertimbangkan spesifikasinya jika berniat untuk membeli produk ini di masa sekarang, terutama dengan resolusi layar yang rendah di kisaran 750 x 1334pixel saja.

4. Perlindungan layar

Perlindungan layar

Perlindungan layar menjadi salah satu bagian paling utama bagi setiap orang yang memutuskan untuk membeli suatu ponsel.

Jika dibandingkan dengan seri selanjutnya tentu ponsel ini tidak memiliki banyak kekurangan yang signifikan dari segi keamanan layar yang dimilikinya.

Di bagian depan ponsel sudah memiliki perlindungan ion strengthened glass yang memungkinkan ponsel aman dari benturan dan goresan.

Selain itu sudah memiliki perlindungan oleophobic coating di bagian belakang. Namun, sangat disayangkan bagian depan ponsel ini terbuat dari material kaca.

5. Sistem Operasi

Sistem Operasi

Anda tidak bisa berharap lebih ketika akan membeli produk iPhone seri 8 kebawah karena sistem operasi yang dimilikinya masih sangat rendah.

Untuk sistem operasi yang ditanamkan pada ponsel ini adalah iOS 8, cukup rendah jika dibandingkan dengan versi yang dimiliki oleh iPhone 8 keatas.

Nantinya pengguna bisa mengupgrade sistem operasi yang digunakan menjadi iOS 12,4, meskipun masih menjadi kekurangan yang signifikan.

Hal ini menjadi bagian penting ketika Anda akan membeli ponsel terbaru, khususnya untuk mendapatkan performa yang lebih baik untuk dipergunakan.

6. Prosesor

Prosesor

Tidak ada banyak yang bisa diharapkan dari ponsel yang satu ini jika dilihat pada segi dapur pacunya. Memiliki performa standar dan harga yang setara dengan ponsel lain yang berkapasitas lebih tinggi.

Chipset yang digunakannya adalah Apple A8 chip berkekuatan 64bit (20nm) terkesan sangat rendah.

Untuk processornya smartphone ini menggunakan Dual-Core 1.4GHz Typhoon dengan spesifikasi (ARM V-8 Based).

Hal ini perlu Anda pertimbangkan dengan lebih baik lagi ketika akan menggunakan ponsel yang satu ini, meskipun telah dilengkapi dengan kartu grafis PowerVR GX6450 quad-core.

7. Penyimpanan/storage

Penyimpanan storage

Penyimpanan atau memori pada produk Apple memang tidak pernah mengecewakan penggunanya. Ada sedikit berbeda dari seri yang satu ini dan tidak sesuai dengan harga iPhone 6 yang ditawarkan saat itu. RAM yang diberikan oleh Apple tidak begitu memuaskan dengan hanya berbekal DISESUAIKAN.

Untuk Anda yang ingin mencoba untuk membelinya saat ini, cobalah untuk membandingkannya terlebih dahulu dengan ponsel lain.

RAM yang kecil ini tidak didukung dengan penyimpanan internal yang tidak memuaskan hanya berbekal 16GB, 32GB, 64GB, dan 128GB yang sangat kecil.

8. Kamera

Kamera

Tidak perlu berharap banyak jika Anda ingin membeli atau menggunakan ponsel yang satu ini. Di awal kemunculannya memang segi kamera yang dimilikinya cukup memuaskan. Untuk saat ini iPhone 6 memiliki kapasitas kamera depan beresolusi 1.2 MP yang kurang memuaskan bagi penggunanya.

Meskipun telah memiliki fitur face detector dan HDR seperti ponsel pada umumnya, kamera belakang ponsel ini juga tidak begitu mumpuni. Resolusi yang diberikan berada pada kisaran 8MP yang sangat rendah, khususnya jika dibandingkan dengan seri iPhone lain yang baru muncul setelahnya.

9. Harga

Harga

Sejak pertama kali rilis banyak orang menyerbu produk ini meskipun harganya sangat tinggi untuk ponsel kelas menengah keatas.

Di tahun 2014 saat pertama kali dirilis harga yang diberikan bisa mencapai 10,7 jutaan yang sangat menguras kantong.

Berbeda dengan saat ini setelah 5 tahun berlalu harga yang ditawarkan cukup rendah. Kekurangannya adalah ketika Anda akan mencari atau membeli produk ini akan sedikit sulit ditemukan dengan produksi yang sudah tidak dilakukan lagi. Saat ini harganya berada pada kisaran 2-3 jutaan dengan performa standar yang dimilikinya.

10. Sensor yang diberikan

Sensor yang diberikan

Kegunaan dan keberadaan sensor pada ponsel menjadi hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli produk elektronik.

Sensor yang dimiliki oleh ponsel ini masih bisa dikategorikan aman dan Anda juga bisa menikmatinya dengan nyaman seperti pada seri diatasnya.

Sensor utama yang dimilikinya seperti Siri, TouchID, barometer, proximity, ambient light, compass, dan three axis gyro.

Semua bagian ini merupakan fitur yang cukup standar untuk ditemukan pada beberapa ponsel iPhone pada umumnya. Anda juga akan mendapatkan sensor sidik jari di bagian depan layar.

11. Baterai

Baterai

Baterai ponsel memiliki fungsi yang sangat signifikan untuk performa ponsel yang lebih baik. Hal tersebut menjadi dasar mengapa Anda perlu membeli ponsel dengan daya yang cukup mumpuni.

Sangat disayangkan harga iPhone 6 yang tinggi di kelasnya saat ini tidak sesuai dengan kapasitas baterainya.

Kapasitas baterai yang diberikan oleh iPhone sangat rendah berada di kisaran 1810Mah. Tentu performa dan penggunaannya hanya dapat digunakan sebentar saja. Selain itu ponsel ini masih belum memiliki support fitur pengecasan daya cepat yang kurang memuaskan.

Dilihat dari spesifikasi yang dimilikinya, pengguna atau peminat sudah dapat melihat bahwa harga iPhone 6 yang dikeluarkan tidak akan begitu mahal.

Hal tersebut menjadi dasar utama yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli dan menyesuaikannya dengan kebutuhan penggunaan.

Baca Juga:

Sumber Link: Kunjungi website