Masalah yang dihadapi wanita saat ini jauh lebih beragam. Tidak banyak wanita muda dan ibu menyusui mengeluh masalah kesehatan pribadi. Masalah yang sering terjadi pada wanita adalah rasa sakit saat menstruasi, sedangkan ibu menyusui sering menghadapi masalah kurangnya ASI (ASI).

Masalah-masalah ini dapat mempengaruhi kondisi psikologis wanita, bahkan mengganggu rutinitas sehari-hari mereka. Ternyata masalahnya saat ini ada solusinya. Lima mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menemukan cara untuk mengatasi hal ini dengan menciptakan terobosan dalam bentuk mie instan yang terbuat dari daun torbangun (Coleus amboinicus L).

ASI dan PMS

Kelima siswa tersebut terdiri dari Ipik Julpikar, Rahmatun Nisful Maghfiroh, Alifian Gigih Pangestu, Hendriani Wijayanti, dan Iffah Nabilah. Mereka bergabung dengan tim di bawah pengawasan Nancy Dew Yuliana.

Produk yang dihasilkan termasuk dalam Program Kreativitas Mahasiswa dalam Kewirausahaan (PKM-K) berjudul “Torbi Mie Instan: Penggerak ASI Inovatif dan Solusi untuk Masalah PMS”.

Disebutkan bahwa perubahan tersebut membuat wanita yang mengonsumsi mie instan dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi dan bagi ibu menyusui dapat meningkatkan produksi ASI. “Kandungan lactagogum pada tanaman torbangun dapat meredakan kram menstruasi dan meningkatkan produksi ASI pada wanita.

Namun, torbangun terasa pahit ketika dimakan langsung atau setelah direbus. Jadi, kami memproses torbangun dengan mie karena akan lebih mudah dilakukan, ”kata Rahma, yang diterbitkan. di situs resmi IPB, Rabu (8/7/2019).

Konsumen Pria

Proses pengolahan torbangun dalam mie instan terdiri dari beberapa fase, terutama merebus daun torbangun yang sebelumnya dicuci, mencampurkannya dengan bahan lain, dan membuatnya menjadi mie kering.

Ada banyak variasi rasa, terutama rasa soto, bawang putih, dan kari. Produk ini dijual seharga Rp 7.000 untuk satu paket, dan dapat dibeli melalui akun Instagram @torbos_noodle dan penjual resmi. Pimpinan kelompok pelajar Ipik, mengatakan ada konsumen yang membeli produk tidak hanya perempuan, tetapi juga laki-laki, karena mereka merasakan manfaat mie instan.

Baca Juga:  Aplikasi “Gerak” Mendorong Orang Untuk Hidup Sehat Melalui Olahraga

Sebab, selain dari lactagogum, torbangun juga mengandung antioksidan untuk mengurangi radikal bebas sehingga mie instan yang baik dan sehat dapat dikonsumsi untuk pria dan wanita. “Kami berharap produsen lain dapat terinspirasi oleh mie ini, dan dapat menggunakan bahan-bahan lokal di Indonesia,” kata Ipik.

Sumber Artikel : https://www.jualanbarang.com/blog/gaya-hidup/unik-inovasi-mie-instan-siswa-ipb-memecahkan-masalah-pms-dan-asi/

Belum ada peringkat.

Berikan rating untuk post ini ?