Salah satu aplikasi video conference menyediakan fitur baru, yaitu fitur avatar di Zoom berupa karakter animasi hewan. Pembaharuan fitur ini membuat partisipan jadi lebih bebas berekspresi melalui on camera tanpa harus menunjukkan wajah asli.

Baca Juga : Langkah Mudah Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Aplikasi Zoom sendiri merupakan platform pertemuan secara online sebagai pengganti pertemuan tatap muka secara langsung. Penggunaan Zoom kian meningkat setelah pandemi Covid-19 mengharuskan seluruh kegiatan masyarakat dilakukan dari rumah.

Dalam beberapa kejadian, banyak yang mematikan kamera saat menggunakan aplikasi video conference ini. Sehingga pemimpin pertemuan tidak dapat memastikan apakah pesertanya benar – benar memperhatikan penjelasan atau ditinggal beraktivitas lainnya.

Namun kebanyakan, para partisipan mematikan kamera dikarenakan kurangnya percaya diri ketika harus on cam. Oleh sebab itu pihak Zoom memberi solusi dengan menghadirkan fitur avatar di Zoom untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Zoom

Fitur Avatar di Zoom

Sebelum memasuki pembahasan mengenai fitur avatar milik Zoom, ada baiknya memahami dahulu kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh Zoom. Sehingga jika ingin mengaktifkan avatar, Anda sudah tahu bagaimana cara mengoperasikannya.

Sebagai aplikasi video conference virtual, Zoom mampu menyediakan fitur kapasitas ruang yang besar dalam satu sesi konferensi atau pertemuan. Pada umumnya, rapat atau pertemuan memang dihadiri oleh banyak orang.

Berlatarbelakang hal tersebut, Zoom menyediakan kelebihan berupa kapasitas ruang yang besar dengan menerima maksimal 1000 peserta. Serta maksimal 10.000 penonton pada room live video, Anda dapat sambil mengaktifkan fitur avatar di Zoom.

Jumlah tersebut termasuk dalam kapasitas sangat besar dibandingkan aplikasi video conference lainnya. Dikarenakan kebanyakan aplikasi streaming lain hanya menerima ratusan peserta saja.

  • Menghasilkan Video dan Suara Berkualitas

Tidak diragukan lagi, bahwa kemampuan Zoom dalam menghasilkan video maupun suara berkualitas patut diapresiasi. Tidak seperti video conference app lainnya, Zoom mampu menghasilkan suara jernih serta video tidak mudah macet.

Kelebihan ini akan menunjang jalannya kelas atau rapat seseorang karena tidak terhalang oleh kualitas video maupun suara yang buruk. Dengan begitu, performa presentasi maupun hasil rapat bisa lebih maksimal.

  • Menyajikan Berbagai Fitur Menarik

Selain fitur avatar di Zoom, terdapat fitur lain berupa kemampuan merekam dan menyimpan video (recording) saat proses meeting berlangsung. Selain itu ada pengaturan untuk menyesuaikan kecerahan warna kulit atau background.

Bahkan Anda dapat mengatur jadwal pertemuan online lewat Zoom. Jadi kelebihan – kelebihan ini hanya tersedia pada Zoom saja, sehingga tidak heran jika banyak yang lebih menyukai pertemuan menggunakan media Zoom Cloud Meeting.

  • Penyediaan Fitur Presentasi

Agar penjelasan mengenai materi dapat diulas lebih dalam, maka pihak Zoom menyediakan fitur berupa presentasi atau Share Screen. Fitur tersebut memungkinkan pesertanya dapat mempresentasikan materi, dan akan terpampang di layar.

Tidak hanya itu, baik pemilik share screen maupun peserta dapat melakukan coret – coret dalam fitur share screen tersebut. Sehingga memudahkan Anda dalam memahami pelajaran, mata kuliah, hingga pekerjaan.

  • Dapat Dipakai di Berbagai Perangkat

Kelebihan Zoom termasuk fitur avatar di Zoom dapat Anda akses melalui berbagai perangkat baik smartphone, PC, maupun laptop. Untuk smartphone sendiri, Zoom dapat dijalankan baik dari iPhone ataupun Android.

Kelebihan ini memudahkan Anda mengikuti rapat mendadak tanpa harus menunggu menyalakan komputer atau laptop.

Filter dalam Zoom Selain Karakter Avatar

Fitur Avatar di Zoom

Berikut ini adalah fitur – fitur yang dapat Anda nikmati jika menggunakan Zoom selain fitur terbaru, yaitu karakter animasi.

Layanan filter wajah merupakan alternatif lain jika Anda tidak ingin menggunakan fitur avatar di Zoom. Pemilik akun dapat mengakses filter seperti kumis, jenggot, penutup mata, lipstick, alis, dan pilihan lainnya.

Lakukan presentasi baik dari format PowerPoint, PDF, Word, atau format lainnya dengan mengaktifkan fitur share screen. Anda juga dapat menggunakan mode PiP (Picture in Picture) dengan memindahkan video ke bagian manapun melalui slide.

Kirim emoji untuk memberi reaksi melalui tombol “Reaction.” Contohnya emoticon tertawa, merayakan pesta, memberi tepuk tangan, dan reaksi lainnya selama tergabung dalam pertemuan.

Fitur noise cancellation mampu menghilangkan suara berisik pada latar belakang video, contohnya karena hujan, suara hewan peliharaan, angin, dan sebagainya. Noise cancellation terdiri dari 3 opsi, yaitu rendah, sedang, tinggi.

Mengenal Apa Itu Fitur Avatar di Zoom

Fitur Avatar di Zoom

Pada 22 Maret 2022 lalu, Zoom resmi merilis update terbaru versi 5.10 dengan menambahkan fitur avatar virtual. Fitur avatar di Zoom memungkinkan penggunanya untuk memilih karakter animasi ketika pertemuan berlangsung.

Avatar ini sendiri tidak jauh berbeda seperti fitur emoji pada aplikasi Facetime. Keduanya sama – sama bertujuan untuk mengganti wajah penggunanya menjadi karakter binatang 3D yang lucu.

Selain itu, fitur ini dapat mengikuti sensor gerakan maupun ekspresi wajah penggunanya. Sehingga sangat membantu jika Anda tidak ingin menampilkan wajah ketika proses video call rapat atau kelas sedang berlangsung.

Namun fitur avatar di Zoom terbilang masih terbatas dalam hal jumlah karakternya, karena hanya terdiri dari animasi kelinci, anjing, kucing, rubah, dan sapi. Pihak Zoom akan menambahkan karakter virtual ini kedepannya.

Mengenai pendeteksian ekspresi wajah, Anda tidak perlu khawatir jika terjadi kebocoran ke pengguna lainnya. Hal ini dikarenakan baik wajah maupun ekspresi Anda tidak akan disimpan oleh Zoom maupun dikirim ke server.

Data wajah serta ekspresi tersebut hanya akan tersimpan dalam perangkat pengguna itu sendiri. Tujuannya untuk menjaga data privasi maupun keamanan pengguna Zoom. Sehingga pengguna tidak perlu ragu apabila ingin mencoba fiturnya.

Sampai saat ini, fitur avatar di Zoom dapat dinikmati pada aplikasi Zoom yang terinstall di Windows, MacOS, maupun perangkat iOS dengan versi terbaru yaitu 5.10.0.

Agar dapat menikmati fiturnya, maka pemilik atau admin wajib mengaktifkannya dahulu. Tapi pastikan penggunaan fitur ini disesuaikan dengan jenis pertemuan yang sifatnya santai. Jika formal tetaplah menampilkan wajah asli.

Fitur Avatar Zoom Meningkatkan Kepercayaan Diri

Fitur Avatar di Zoom

Bagi Anda yang malas on camera namun ingin tetap terlihat ekspresif, maka fitur avatar di Zoom dapat menjadi solusinya. Avatar ini mampu mengubah bagian kepala menjadi karakter 3D animasi hewan – hewan lucu.

Selain itu, kemampuannya dalam melakukan sensor jika penggunanya bergerak cukup diacungi jempol. Sebab kelebihan ini mampu menirukan gerakan bahkan ekspresi wajah peserta Zoom yang mengaktifkan fitur tersebut.

Teknologi ini tidak dapat membedakan wajah antara peserta satu dengan lainnya apabila mereka semua mengaktifkan fiturnya. Dikarenakan avatar pada Zoom sendiri bukanlah fitur seperti fitur face recognition pada gadget.

Apabila menggunakan fitur avatar di Zoom, tidak perlu khawatir terkait keamanan privasi. Hal tersebut dikarenakan pihak Zoom menjaga informasi pribadi mengenai wajah maupun ekspresi supaya hanya tersimpan dalam data milik Anda sendiri.

Untuk karakternya sendiri, sementara ini Zoom masih menyediakan avatar hewan saja. Namun pihak Zoom akan berupaya menambahkan variasi animasi lainnya supaya makin ekspresif dan peserta Zoom semakin percaya diri.

Ada kemungkinan besar semakin banyaknya tema maupun fitur avatar di Zoom yang bisa pesertanya pilih sendiri sesuai keinginan. Cara mengaktifkannya dapat dilakukan cukup melalui sistem kustomisasi.

Cara Menggunakan Fitur Avatar di Zoom

Fitur Avatar di Zoom

Berdasarkan pemaparan resmi dari pihak Zoom sendiri, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk mengaktifkan fitur animasi tadi, simak penjelasan berikut.

  1. Pastikan Zoom Anda merupakan versi terbaru, yaitu versi 5.10.0
  2. Aktifkan kamera atau webcam, pastikan video juga sudah dinyalakan.
  3. Pada bagian toolbar meeting, klik ikon panah ke atas lalu pilih opsi “Choose Virtual Background.”
  4. Tekan tab “Avatars Beta” pada bagian menu Backgrounds & Effects tersebut.
  5. Tinggal pilih fitur avatar di Zoom dengan meng-klik karakter sesuai keinginan.

Perlu dipahami, bahwa sistem kerja avatar ini adalah dengan mendeteksi wajah beserta gerakan atau ekspresi pemiliknya. Kemudian sesudah terdeteksi, maka akan diimplementasikan pada karakter 3D yang sudah dipilih sebelumnya.

Kehadiran fitur ini diharapkan memunculkan kesenangan tersendiri bagi penggunanya ketika bergabung dalam video call. Anda dapat memaksimalkannya melalui fitur lain seperti filter, virtual background, hingga immersive scene.

Baca Juga : Ketahui Cara Ganti Background Zoom dengan Mudah

Tips tersebut dapat dijadikan referensi ketika mengadakan rapat maupun webinar, namun ingin membuat sesi ice breaking jadi lebih rileks. Sehingga suasana yang tadinya cenderung serius bisa dicairkan kembali lewat fitur avatar di Zoom.

Sumber Link: Kunjungi website