Lagi cari rekomendasi VPN gratis terbaik dan aman digunakan? Ketika kita mengakses sebuah situs yang terblokir atau terdeteksi internet positif biasanya langsung terpikirkan untuk menggunakan VPN agar dapat membukanya.

Baca juga: Simak 7 Browser terbaik untuk android yang Bisa Kalian Coba!

VPN sendiri tersedia versi gratis maupun berbayar. Layanan tersebut memungkinkan pengguna untuk mengakses situs secara pribadi melalui server jaringan lain. Dengan kata lain, Anda menggunakan akses internet dari koneksi yang bukan seharusnya.

Layanan tersebut sangat populer digunakan di Indonesia, baik perorangan maupun perusahaan karena dapat dimanfaatkan untuk melindungi data sensitif. Saat ini layanan tersebut semakin banyak digunakan agar dapat mengakses situs tanpa batas.

Sepertinya masih banyak pengguna yang belum mengenal tentang VPN, cara kerja dan ada tidaknya bahaya menggunakan layanan ini. Berikut kami akan memberikan ulasannya lengkap beserta rekomendasi VPN gratis terbaik yang bisa Anda gunakan. Mari simak!

Mengenal Tentang VPN dan Cara Kerjanya

 

VPN gratis terbaik

VPN atau Virtual Private Network merupakan layanan yang mempunyai fitur untuk memungkinkan pengguna dapat mengakses website secara pribadi melalui server jaringan lainnya.

Ketika Anda menghubungkan perangkat komputer atau telepon genggam ke VPN maka layanan akan langsung mengenkripsi data perangkat yang digunakan tersebut. Proses enkripsinya berlangsung sangat cepat dibandingkan dengan layanan internet pada wi-fi.

Data pada perangkat akan dikirimkan melalui sambungan dengan aman menuju layanan, lalu diteruskan ke destinasi online yang dituju seperti aplikasi atau situs. Destinasi yang dimaksud tersebut akan menganggap bahwa data tidak berasal dari lokasi dan server asli Anda.

Sebagai gambarannya, Anda menggunakan komputer dan menginstal VPN gratis terbaik. Kemudian Anda menggunakan layanan tersebut untuk masuk ke suatu alamat website.

Pada kondisi yang nyata Anda berada di Jakarta, tapi karena menggunakan layanan Virtual Private Network maka server akan terbaca dari Singapura, Amsterdam, Australia atau kota lainnya di seluruh dunia. Lokasi tersebut lah yang akan terdeteksi sebagai destinasi online Anda.

Pada intinya, dengan menggunakan layanan VPN gratis terbaik bertujuan untuk menyamarkan identitas pribadi saat mengakses internet. Sehingga yang menjadi tujuan online Anda tidak mengetahui di mana lokasi asli sumber data.

Fungsi dan Manfaat Menggunakan VPN

VPN gratis terbaik

Bukan tanpa alasan mengapa banyak orang ingin menggunakan layanan VPN gratis terbaik dan aman. Berikut beberapa fungsi dan manfaat menggunakan layanan tersebut:

  1. Mengamankan enkripsi

Seperti telah dijelaskan dalam cara kerja Virtual Private Network bahwasanya layanan ini dapat mengamankan enkripsi data Anda saat berselancar di Internet. Aktivitas online Anda beserta data-datanya akan disembunyikan dari jaringan publik.

  1. Menyamarkan Keberadaan

Manfaat lainnya yakni dapat bertindak sebagai proxy di internet. Layanan akan membuat data demografis Anda yang sesungguhnya tidak diketahui karena servernya telah diubah dari negara lain.

Beberapa penyedia layanan tersebut bahkan tidak dapat menyimpan log aktivitas penggunanya. Namun tetap harus berhati-hati dan pastikan menggunakan layanan VPN gratis terbaik yang aman agar informasi pribadi Anda tidak diberikan ke sembarang pihak.

  1. Transfer Data dengan Aman

Manfaat lainnya dari layanan ini yaitu dapat mentransfer data dengan lebih aman. Seperti yang terjadi di masa pandemi saat ini, banyak karyawan diharuskan bekerja dari rumah dan tetap mengakses data penting pada jaringan perusahaan.

Sehingga dengan memanfaatkan VPN agar dapat menghubungkan ke server pribadi serta memakai metode enkripsi. Cara ini dapat mengurangi resiko kebocoran data penting perusahaan.

  1. Mengakses ke Konten Regional

Tidak semua situs bisa diakses, dengan kata lain hanya negara tertentu saja yang dapat membuka website tersebut. Namun dengan memanfaatkan VPN ini maka Anda bisa bebas mengakses berbagai konten situs regional hanya dengan mengganti servernya.

  1. Mengurangi Gangguan Koneksi

Keunggulan lainnya menggunakan VPN gratis terbaik yakni bisa mengurangi gangguan koneksi ketika berselancar di Internet. Hal itu karena VPN bekerja sebagai pengaman dari koneksi sehingga dapat meminimalisir adanya gangguan.

Daftar VPN Gratis Terbaik dan Aman

VPN gratis terbaik

Dengan menggunakan VPN yang aman akan membantu Anda untuk mengakses internet lebih lancar. Berikut kami berikan beberapa rekomendasi layanan terbaik yang bisa digunakan secara gratis:

  1. TunnelBear

TunnelBear merupakan aplikasi VPN yang bisa digunakan secara gratis dan populer di kalangan pengguna Indonesia. Tampilan antarmukanya sederhana dan mudah dioperasikan. Kualitas kecepatannya juga cukup bagus untuk internetan.

TunnelBear saat ini telah menyediakan alternatif server lebih dari 20 negara berbeda. Aplikasi tersebut juga kompatibel untuk beberapa sistem operasi seperti Windows, Android, MAC dan iOS.

  1. PrivadoVPN

Anda juga bisa menggunakan layanan ini yang telah kompatibel untuk MAC, Windows, Android serta Android TV. PrivadoVPN memang telah didukung dengan aplikasi FireStick yang memungkinkan dapat digunakan pada beragam Smart TV.

PrivadoVPN memang masih baru, tapi sangat bisa diandalkan karena sudah menyediakan 9 lokasi server berbeda. Selain itu kuota gratis setiap bulannya mencapai 10 GB dengan kecepatan tanpa batas.

  1. ProtonVPN

ProtonVPN adalah rekomendasi VPN gratis terbaik lainnya yang bisa digunakan. Keunggulan dari aplikasi ini yakni tidak ada batasan penggunaan data maupun kecepatan internetnya.

Saat ini juga telah tersedia lebih dari 50 lokasi server dari berbagai negara. Namun untuk versi gratisnya, pengguna hanya dapat menggunakan satu perangkat saja serta maksimal 3 lokasi server.

  1. Windscribe Free

Anda bisa mendapatkan 2 GB gratis setiap bulan dengan menggunakan layanan Virtual Private Network yang satu ini. Kuota tersebut bisa di-upgrade hingga 10 GB apabila telah meregistrasikan email.

Kelebihan dibandingkan VPN lainnya yaitu bisa digunakan tanpa ada batasan jumlah perangkat. Apalagi sekarang juga sudah kompatibel hampir di semua sistem operasi termasuk Android, Linux, Windows, Mac, Android hingga FireTV.

Rekomendasi Aplikasi VPN Terbaik Lainnya

VPN gratis terbaik

Apapun tujuannya, Anda wajib menggunakan VPN gratis terbaik yang aman. Selain beberapa yang telah kami sebutkan sebelumnya, berikut rekomendasi VPN terbaik lainnya dengan fitur istimewa:

1. Hotspot Shield Free

Hotspot Shield Free adalah VPN gratis terbaik lainnya yang sangat populer digunakan karena memiliki kecepatan relatif tinggi serta fitur privasi yang memadai.

Sayangnya, untuk versi gratis sangat terbatas karena kuotanya hanya 500 MB per hari. Kalau mau menikmati yang lebih besar maka disarankan untuk memakai versi premium-nya.

Aplikasi telah dilengkapi dengan fitur enkripsi data berstandar militer sehingga dapat menyampaikan informasi pribadi sangat aman saat menelusuri internet. Maka tidak heran apabila lebih dari 50 juta kali unduhan telah tercatat memakai aplikasi ini dari Google Play store

2. TouchVPN

TouchVPN unggul dalam hal pemakaiannya yang mudah dibandingkan layanan lainnya. VPN gratis terbaik ini juga mempunyai kelebihan tidak ada batasan kecepatan. Tersedia server-server besar termasuk Amerika Serikat.

3. HidemanVPN

HidemanVPN memiliki keunggulan yaitu dari segi kecepatan dan keamanannya. Aplikasi telah dilengkapi dengan enkripsi 256bit sehingga faktor keamanannya lebih terjamin dan aktivitas internet Anda akan terjaga. Namun untuk versi gratis dari aplikasi ini hanya dapat digunakan maksimal 5 jam setiap minggunya.

4. SnapVPN

Rekomendasi VPN gratis terbaik lainnya adalah SnapVPN yang cocok digunakan oleh pengguna smartphone. Keunggulannya dapat menembus firewall dari website yang diblokir oleh penyedia internet. Jadi Anda bisa mengakses semua situs dengan lancar memakai VPN ini.

Hati-hati dengan Bahaya Menggunakan VPN

VPN gratis terbaik

Meskipun memiliki banyak kegunaan dan manfaat untuk berselancar di Internet, tapi menggunakan Virtual Private Network tetap harus berhati-hati. Karena setiap layanan VPN tentunya menawarkan keunggulan serta tingkat keamanan yang berbeda-beda.

Apalagi untuk layanan gratisan, lebih rentan mengalami beberapa resiko, diantaranya sebagai berikut:

  1. Mengandung malware, biasanya dibawa pada iklan. Berbeda dengan versi premium karena sudah ada Adblocker untuk melindungi dari serangan malware.
  2. Kemungkinan dapat melacak aktivitas online Anda sehingga pengiklan akan menampilkan iklan lainnya yang lebih banyak.
  3. Resiko pembajakan dan peretasan
  4. Resiko penyadapan data perbankan atau keuangan
  5. Berpotensi memperlambat koneksi internet jika menggunakan VPN abal-abal

Dengan potensi resiko tersebut sangat disarankan untuk menggunakan layanan berbayar atau premium. Karena tidak ada jaminan aplikasi gratis bisa melindungi Anda dari berbagai ancaman.

Pilihlah penyedia layanan sesuai kebutuhan Anda berdasarkan keunggulan dan fitur-fiturnya. Tidak masalah menggunakan versi gratis, asalkan hanya ketika memang benar-benar membutuhkan saja, bukan untuk seterusnya.

Selain dari beberapa layanan seperti sudah kami sebutkan diatas, tentu masih banyak developer-developer lainnya yang menawarkan Virtual Private Network dengan keunggulannya masing-masing.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi dan Situs Instagram Downloader yang Gratis

Namun tetap harus berhati-hati, sebaiknya cek terlebih dahulu review dan detail fitur dari aplikasi VPN gratis terbaik yang akan Anda gunakan, semoga bermanfaat.

Sumber Link: Kunjungi website