Lagi cari rekomendasi aplikasi translator terbaik untuk PC atau smartphone? Seperti kita tahu bahwa bahasa Inggris dikenal sebagai bahasa internasional yang memang harus kita kuasai, minimal mengetahui sedikit demi sedikit.

Baca juga: Inilah Cara Menggunakan Google Translate dengan Mudah

Bahasa tersebut digunakan di berbagai bidang, termasuk pendidikan, sosial, traveling hingga bisnis. Namun memang tidak setiap orang memiliki kemampuan english yang baik sehingga mereka membutuhkan kamus untuk menerjemahkan ke bahasa Indonesia.

Menariknya, dengan kemajuan teknologi di zaman sekarang Anda bisa memanfaatkan aplikasi translator terbaik untuk menerjemahkan dari bahasa asing ke Indonesia maupun sebaliknya.

Aplikasi tersebut dapat di-install di perangkat komputer atau laptop maupun smartphone seperti Android dan iOS. Berikut kami berikan review rekomendasi aplikasi aplikasi penerjemah terbaik yang bisa Anda install.

Tips Memilih Aplikasi Penerjemah Terbaik

Daftar Aplikasi Translator Terbaik untuk PC dan Smartphone

Sebelum melangkah lebih lanjut, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu tips memilih dan menggunakan aplikasi translator terbaik agar tidak salah instal. Berikut tips-tipsnya:

  • Memilih yang Sesuai Kebutuhan

Ada dua tipe, yakni single dan multibahasa. Tipe single mempunyai fitur untuk menerjemahkan dari bahasa Inggris ke Indonesia maupun sebaliknya.

Sementara untuk tipe multibahasa memuat lebih banyak pilihan, termasuk bahasa Inggris, Jepang, Prancis, Jerman, China dan lain sebagainya. Bahkan dalam satu aplikasi bisa memuat hingga puluhan bahasa sekaligus.

Jadi gunakan aplikasi translator terbaik dan pilih sesuai kebutuhan Anda. Biasanya untuk single punya ukuran file program yang lebih ringan dan praktis digunakan.

  • Cek Fitur-fitur yang Tersedia

Fitur-fitur yang ditawarkan akan memudahkan Anda dalam menggunakan aplikasi tersebut. Setiap program tentunya juga menawarkan fitur berbeda, apalagi jika menggunakan versi premium.

Fitur aplikasi translator terbaik yang dimaksud misalnya camera translator untuk mengkonversi gambar jadi teks secara instan tanpa harus mengetik manual. Ada juga fitur text-to-speech, yang berguna untuk mempelajari pelafalan kata dengan benar.

Jangan lupa perhatikan apakah aplikasi translator tersebut bisa digunakan offline atau online, maupun keduanya. Misalnya akan digunakan sebagai alat penerjemah saat traveling, tentu lebih baik memakai versi offline. Karena tidak semua lokasi wisata memiliki koneksi internet yang baik.

Aplikasi Translator Terbaik untuk Android

Daftar Aplikasi Translator Terbaik untuk PC dan Smartphone

Kemajuan teknologi di era sekarang memang memungkinkan apapun bisa diakses lebih mudah hanya melalui smartphone. Termasuk aplikasi terjemahan, Anda bisa menginstalnya di Android. Berikut beberapa rekomendasinya:

  1. Google Translate

Sebagai milenial pasti sudah tidak asing dengan nama Google Translate bukan? Salah satu aplikasi translator terbaik ini paling banyak digunakan oleh masyarakat karena dapat menerjemahkan berbagai bahasa dengan praktis.

Selain punya fitur multibahasa, Google translate juga dapat menerjemahkan hanya dengan mengarahkan kamera sehingga Anda tidak perlu menulis secara manual.

Apk sangat cocok sebagai kamus berjalan ketika Anda berpergian ke suatu negara. Saat ini ada lebih dari 59 bahasa dapat diterjemahkan. Bahkan sudah bisa diakses secara offline tanpa harus selalu terhubung ke internet.

  1. Microsoft Translator

Ini merupakan aplikasi translator terbaik yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation dengan dukungan lebih dari 60 bahasa. Fitur-fitur yang ditawarkan juga sangat lengkap meliputi penerjemahan teks, percakapan, suara, hingga teks pada gambar.

Selain itu, Microsoft Translator juga dilengkapi dengan fitur kamus frasa yang berguna untuk memudahkan mempelajari frasa-frasa penting bahasa asing. Jika ingin menikmati secara offline maka perlu mengunduh bahasanya terlebih dahulu.

  1. Easy Language Translator

Bagus dan akurat, Anda juga dapat menginstal aplikasi translator terbaik Easy Language Translator sebagai penerjemah bagi pengguna Android. Tampilan antarmukanya sederhana dan mudah digunakan, tapi juga punya fitur fitur lengkap.

Salah satunya tersedia fitur untuk menerjemahkan bahasa dari suara. Anda akan diberitahu bagaimana cara menggunakan suatu kata melalui contoh kalimat pronoun untuk memudahkan dalam memahami bahasa asing.

  1. Voice Translator

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini punya fitur utama untuk menerjemahkan bahasa melalui deteksi suara. Misalnya ketika Anda bepergian ke luar negeri maka cukup mengucapkan kalimat bahasa Indonesia maka aplikasi akan menerjemahkan secara otomatis ke bahasa lain yang diinginkan.

Aplikasi Translator untuk Pengguna iPhone

Daftar Aplikasi Translator Terbaik untuk PC dan Smartphone

Bagi pengguna sistem operasi iOS, Anda juga bisa menginstal salah satu aplikasi translator yang terbaik berikut ini yang kompatibel untuk smartphone seperti iPhone:

  1. Camera Translator

Google Translate sebenarnya juga menjadi salah satu aplikasi penerjemahan yang populer digunakan oleh pengguna iPhone. Namun Camera Translator ini juga tidak kalah bagus dan bahkan telah mendukung lebih dari 100 bahasa.

Sesuai dengan namanya, untuk menggunakannya Anda hanya perlu mengarahkan kamera pada teks atau objek. Arahkan kamera ponsel pada objek tertentu yang ingin diterjemahkan. Aplikasi secara otomatis akan menerjemahkan sesuai hasil deteksi kamera tersebut.

  1. Waygo

Untuk aplikasi translator terbaik ini secara khusus menyediakan fitur terjemahan bahasa Jepang, Korea dan Cina. Jadi sangat cocok di install bagi Anda yang berencana bepergian ke salah satu negara tersebut.

Pada beranda aplikasinya, pengguna bisa memindai teks dengan satu maupun beberapa baris sekaligus untuk mendapatkan terjemahan yang sesuai. Selain itu, ada juga fitur menerjemahkan melalui pemindaian kamera ke dalam bahasa yang dipilih.

  1. Never Papago

Ini merupakan program penerjemah pintar yang dapat menerjemahkan dokumen dengan mudah dan praktis. Anda bisa memanfaatkan fitur teks dengan suara, gambar maupun percakapan. Bahkan Never Papago ini bisa digunakan secara offline.

Saat ini menyediakan 13 bahasa asing yang dapat diterjemahkan ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya. Sama seperti sebelumnya, manfaatkan terjemahan kamera untuk melakukan translate dengan mudah.

  1. SayHi Translate

Ini merupakan aplikasi translator terbaik dan juga gratis yang bisa di instal oleh pengguna iPhone. Aplikasi ini menawarkan fitur utama untuk menerjemahkan percakapan dengan orang lain. Dari segi antarmukanya cukup mudah digunakan.

Aplikasi Translator untuk PC Paling Bagus

Daftar Aplikasi Translator Terbaik untuk PC dan Smartphone

Untuk pengguna PC atau desktop Anda bisa menginstal aplikasi Microsoft Translator. Memang aplikasi buatan dari Microsoft ini kompatibel untuk berbagai perangkat termasuk komputer dan laptop.

Fitur-fiturnya sangat lengkap dan tersedia lebih dari 60 bahasa. Bisa digunakan secara online maupun offline. Ada juga fitur untuk mendengarkan hasil terjemahan dan mempelajari pronunciation atau pelafalan bahasa asing dengan benar.

Bagi yang membutuhkan rekomendasi aplikasi translator terbaik untuk PC lainnya, bisa menginstal salah satu berikut ini:

Keunggulan dari Lingvanex yakni dapat mengaplikasikan metode NMT (Neural Machine Translation). Lingvanex mampu menerjemahkan hingga lebih dari 100 bahasa secara instan. Pengguna bahkan bisa menerjemahkan dokumen dalam berbagai format.

Babylon juga banyak digunakan oleh para pengguna PC sebagai aplikasi terjemahan terbaik. Saat ini sudah mendukung hingga 77 bahasa asing serta dapat menerjemahkan teks maupun dokumen dalam beberapa format.

Jika Anda membutuhkan aplikasi translator terbaik dan simple maka bisa instal Kamus 2.04 ini. Bisa digunakan secara online maupun offline, tapi secara khusus hanya dapat menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Kamus 2.04 paling direkomendasikan bagi yang cari layanan terjemahan bahasa. Ukurannya ringan dan mudah digunakan. Tampilan jendela aplikasinya juga tampak praktis tanpa memenuhi layar desktop.

QTranslate juga bisa digunakan untuk menerjemahkan hampir semua bahasa yang ada di dunia dengan mudah dan praktis. Hanya saja dalam penggunaannya membutuhkan koneksi internet alias online sehingga tidak bisa dipakai ketika offline

Selain yang sudah kami sebutkan di atas tentu masih banyak program penerjemah lainnya untuk para pengguna komputer atau laptop. Jika tidak ingin menggunakan aplikasi, Anda juga bisa memanfaatkan situs Google Translate untuk menerjemahkan bahasa.

Manfaat Menginstal Aplikasi Terjemahan Terbaik

Daftar Aplikasi Translator Terbaik untuk PC dan Smartphone

Bagi sebagian orang, menginstal aplikasi translator terbaik merupakan hal penting yang harus dilakukan. Biasanya karena mereka adalah mahasiswa, dosen, traveller, pengajar, karyawan perusahaan atau berbagai bidang profesi lainnya yang membutuhkan alat terjemahan praktis.

Karena di era digital sekarang, masyarakat mulai banyak meninggalkan kamus konvensional. Mereka tidak lagi membeli buku kamus yang berisi kumpulan kosakata dan artinya.

Lebih praktis dan efektif apabila menggunakan aplikasi yang bisa di-instal di Android maupun PC. Karena Anda tidak perlu membawa buku kamus kemanapun, tinggal mengakses gadget tersebut jika ingin menerjemahkan sesuatu.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Arab dan Websitenya

Dengan menginstal aplikasi terjemahan juga bisa menjadi sarana dalam mempelajari bahasa asing. Seperti kita ketahui bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang hampir digunakan pada setiap bidang kehidupan.

Bahkan anak sekolah dasar di era sekarang sudah banyak yang menerima pelajaran bahasa Inggris. Maka tidak ada salahnya mulai mengenalkan mereka bahasa asing dengan cara menginstalkan aplikasi translator terbaik di ponsel anak.

Sumber Link: Kunjungi website