Untuk mendukung peningkatan skill dalam permainan, maka musisi pemula dapat mencoba berbagai aplikasi alat musik di Android. Ya, kini ada berbagai aplikasi mobile smartphone berbasis Android yang dapat membantu para musisi pemula untuk berkarya.

Baca Juga : Aplikasi Musik Terbaik Android Mudah dalam Pemakaian

Tercatat, ada beberapa aplikasi yang digunakan sebagai efek gitar elektrik. Sehingga, Anda tidak perlu membeli efek gitar yang memang dijual dengan harga mahal di pasaran. Selain itu, Anda juga dapat mendownload aplikasi untuk mixing rekaman lagu melalui smartphone.

Sehingga, hasil karya yang telah direkam dapat diedit melalui smartphone pribadi. Tentu saja, aplikasi ini dapat Anda download melalui mobile smartphone berbasis sistem operasi Android. Namun, tidak semua smartphone dapat kompatibel dengan aplikasi alat musik yang tersedia di Google Play Store.

Pasalnya, ada beberapa faktor yang membuat aplikasi alat musik di Android tidak dapat diinstall pada smartphone milik Anda. Salah satu faktornya adalah tidak kompatibelnya versi Android smartphone miik pribadi. 

Selain itu, kapasitas RAM dan ROM internal smartphone juga berpengaruh pada keberhasilan saat proses instalasi aplikasi. Oleh karena itu, lakukan pengecekan spesifikasi smartphone terlebih dahulu sebelum mendownload aplikasi yang berguna sebagai pengganti alat musik.

Spesifikasi Smartphone yang Kompatibel dengan Aplikasi Alat Musik di Android

Memang, kini terdapat berbagai aplikasi yang dapat difungsikan sebagai alat musik. Aplikasi tersebut tersedia pada smartphone dengan sistem operasi Android. Hanya saja, tidak semua smartphone ini kompatibel dengan aplikasi alat musik yang tersedia di Google Play Store.

Ada beberapa faktor yang membuat pengguna tidak dapat melakukan instalasi aplikasi alat musik di Android. Sebagai pengguna, tentu Anda harus mengetahui faktor-faktor tersebut untuk mengatasi kendala gagal install aplikasi alat musik.

  • Ketidaksesuaian Jenis Sistem Operasi Android

Faktor yang pertama, ketidaksesuaian jenis sistem operasi Android juga berpengaruh pada proses instalasi aplikasi. Umumnya, aplikasi musik yang dikembangkan oleh developer ini bisa Anda gunakan jika menggunakan smartphone dengan versi Android terbaru.

Minimal, Anda harus menggunakan smartphone berbasis Android versi 7 atau “Android Nougat”. Apabila Anda menggunakan smartphone Android versi dibawahnya, tentu tidak dapat menginstall aplikasi tersebut.

  • Cek Kapasitas RAM Serta ROM Internal

Faktor yang kedua, cek kapasitas RAM serta ROM internal smartphone milik pribadi. Sebab, aplikasi alat musik di Android ini membutuhkan RAM dan ROM cukup besar untuk menyimpan file database.

Idealnya, Anda harus menggunakan smartphone pribadi berkapasitas minimal RAM 4GB dengan ROM internal setidaknya 64GB. Dengan begitu, maka Anda dapat bermain musik menggunakan bantuan aplikasi mobile smartphone.

Dengan menggunakan smartphone yang kompatibel dengan aplikasi, maka Anda dapat mencoba berkarya tanpa perlu membeli peralatan lengkap. Sebab, aplikasi yang tersedia di Google Play Store ini dapat membantu Anda untuk tetap berkarya dalam bermain musik.

Rekomendasi Aplikasi Alat Musik di Android yang Wajib Dicoba oleh Musisi Pemula

Sebagai musisi pemula, tentu merasa terbantu dengan adanya aplikasi dalam bermusik. Sehingga, Anda tidak perlu membeli peralatan seperti amplifier hingga efek gitar. Tercatat, ada berbagai rekomendasi aplikasi yang memiliki fungsi dalam bermusik.

Namun tidak semuanya dapat berfungsi secara normal sesuai dengan keinginan pengguna. Oleh karena itu, ini dia daftar rekomendasi aplikasi alat musik di Android yang harus dicoba oleh musisi pemula. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Real Drum

aplikasi alat musik di Android

Real Drum merupakan salah satu aplikasi yang cocok untuk musisi pemula, khususnya yang memiliki bakat sebagai seorang drummer. Aplikasi ini menampikan satu set drum yang memiliki suara mirip dengan aslinya.

Aplikasi alat musik di Android Real  Drum ini dilengkapi dengan double pedal, snare, tom-tom, floor, dan beberapa jenis cymbal. Oleh karena itu, sebagai seorang drummer Anda dapat menoba aplikasi Real Drum sebagai media pembelajaran dalam bermain drum.

2. Walk Band

aplikasi alat musik di Android

Bagi Anda yang ingin mencoba alat musik orchestra, maka dapat mendownload aplikasi Walk Band. Aplikasi ini menampilkan berbagai jenis alat musik, seperti piano, gitar akustik, bass akustik, hingga drum.

Maka tidak heran jika Walk Band menjadi salah satu rekomendasi aplikasi alat musik di Android dengan rating bintang tinggi. Tidak perlu khawatir, hampir semua jenis smartphone terbaru ini kompatibel dengan aplikasi Walk Band.

3. Guitar Rig

aplikasi alat musik di Android

Dan rekomendasi aplikasi alat musik yang terakhir adalah Guitar Rig. Aplikasi ini berguna sebagai pengganti efek gitar. Ada berbagai jenis efek gitar yang tersedia. Jadi, Anda hanya perlu plug and play ketika menggunakan aplikasi Guitar Rig yang tersambung dengan amplifier serta gitar elektrik.

Panduan Cara Download Aplikasi Alat Musik di Android

Setelah mengetahui rekomendasi aplikasi alat musik melalui smartphone pribadi, maka segera pelajari cara mendownloadnya. Bagi pengguna smartphone berbasis sistem operasi Android, maka Anda dapat mendownload melalui store application Google Play Store.

  • Cek Spesifikasi Smartphone

Ada beberapa tahapan untuk dapat mendownload aplikasi alat musik yang tersedia di Google Play Store. Langkah pertama, segera cek spesifikasi smartphone apakah kompatible dengan aplikasi alat musik di Android atau tidak.

  • Buka Aplikasi Google Play Store dan Download Aplikasi Musik

Langkah kedua, segera buka aplikasi Google Play Store yang telah terinstall secara otomatis pada smartphone pribadi. Kemudian, cari aplikasi alat musik yang akan Anda download. Langkah ketiga, tekan download dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

  • Cek Kapasitas RAM Serta ROM Smartphone

Apabila proses download gagal, maka cek kapasitas RAM serta ROM smartphone. Jika RAM dan ROM internal penuh, maka hapus beberapa file untuk memperluas ruang penyimpanan file database aplikasi.

Langkah keempat, segera mencoba masuk ke aplikasi alat musik di Android telah Anda download. Lalu, pilih jenis alat musik yang akan Anda gunakan. Anda dapat melakukan perekaman atau menyambungkan dengan amplifier.

Gunakan jack khusus untuk menyambungkan aplikasi ke amplifier. Setelah aplikasi telah tersambung, maka segera mainkan sesuai dengan kemampuan Anda. Jadi, Anda harus mencoba mendownload aplikasi alat musik sebagai media pembelajaran dalam berkarya.

Keuntungan Mencoba Menggunakan Aplikasi Alat Musik di Android

Memang, untuk memiliki alat-alat musik tentu membutuhkan biaya yang tidak mudah. Sebab, harga alat musik di pasaran masih sangat tinggi. Sehingga, Anda tentu belum memiliki kemampuan membeli satu set peralatan musik lengkap.

Selain itu, bermain menggunakan alat musik sungguhan ini juga menyulitkan musisi pemula untuk belajar. Sehingga, Anda lebih disarankan untuk menggunakan aplikasi musik yang bisa didownload melalui store application seperti Google Play Store.

Tercatat, ada beragam keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mencoba bermain melalui aplikasi alat musik di Android. Keuntungan pertama, Anda dapat melatih kemampuan atau skill dalam bermusik.

Sebab, beberapa aplikasi alat musik ini memberikan arahan kepada Anda terkait notasi atau tangga lagu. Sehingga, Anda dapat belajar mulai dari basic dalam bermusik. Alhasil, pengetahuan yang didapat dalam aplikasi dapat digunakan saat berkarya.

Keuntungan yang kedua, Anda dapat menghemat biaya dalam bermusik. Sebab, Anda tidak perlu membeli peralatan musik yang harganya cukup mahal. Sedangkan, dengan mendownload aplikasi alat musik yang dikembangkan oleh developer ini bisa diunduh secara gratis.

Bahkan Anda tidak dikenakan biaya berlangganan atau biaya pemakaian aplikasi. Syaratnya, pastikan smartphone Anda terhubung dengan koneksi internet. Dan setelah itu, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi alat musik di Android kapanpun dan dimanapun.

Keuntungan yang ketiga, aplikasi musik yang Anda download di smartphone pribadi ini bersifat plug and play. Artinya, Anda tidak perlu menggunakan alat tambahan untuk menggunakan aplikasi musik yang telah didownload. Bahkan, Anda dapat menyambungkan aplikasi ke amplifier.

Tips Memilih Aplikasi Alat Musik di Android

Memang, ada banyak aplikasi yang berfungsi sebagai media belajar alat musik. Tips pertama, cek rating aplikasi alat musik yang tersedia di Google Play Store. Apabila aplikasi tersebut memiliki rating bintang cukup tinggi, maka Anda dapat mendownloadnya.

Sebab, rating bintang ini menjadi penilaian yang objektif dari pengguna. Tips yang kedua, silahkan Anda membaca ulasan-ulasan tentang penilaian pada aplikasi alat musik yang akan didownload.

Pastikan Anda tidak mendownload aplikasi alat musik yang mendapat ulasan buruk dari pengguna. Sebab, aplikasi tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi pengguna. Jadi, perhatikan rating bintang serta ulasan dari pengguna sebelumnya jika ingin mendownload aplikasi musik yang kompatibel dengan sistem operasi Android.

Bermusik memang menjadi salah satu bakat yang cukup diminati oleh banyak orang. Akan tetapi, keterbatasan biaya membuat Anda harus memutar otak untuk memiliki peralatan untuk bermusik.

Baca Juga : Cara Download Lagu dan Video dari Youtube Anti Ribet

Kini, Anda dapat mencoba mendownload aplikasi tertentu untuk bermain musik dan berkarya. Oleh karena itu, ketahui rekomendasi aplikasi alat musik di Android yang cocok untuk semua sistem operasi smartphone.

Sumber Link: Kunjungi website