Saat Idul Adha, itu tidak akan lengkap jika tidak menghasilkan daging sapi atau kambing olahan. Hanya saja kebanyakan orang biasanya tidak memasak semua daging ini sekaligus.

Ketika daging sapi dan pengorbanan tidak berakhir dengan memasak suatu hari, maka menyimpan di lemari es mungkin merupakan salah satu cara paling aman untuk ‘mengawetkan’ daging. Sudahlah, letakkan saja di lemari es dan dagingnya aman. Ingat, daging bisa sangat tidak sehat jika Anda menyimpannya dengan salah.

Anda perlu tahu cara sehat menyimpan daging di lemari es.

Ketika Anda menyimpan daging dari pengorbanan Idul Adha, daging memiliki potensi untuk menyebabkan rasa sakit bagi pemakan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit memperkirakan bahwa setiap tahun sekitar 48 juta orang sakit karena keracunan makanan.

Healthline menyebutkan bahwa ada dua jenis bakteri yang akan tumbuh dalam makanan, terutama bakteri patogen dan menghancurkan bakteri.

Bakteri patogen berbahaya ini akan menyebabkan cacat lahir. Tumbuh cepat dalam makanan yang tidak didinginkan dan seringkali sulit untuk menentukan bagaimana makanan terlihat, rasanya, dan baunya.

Tetapi untuk menawarkan pengorbanan kepada Idul Adha atau daging lain yang tetap sehat untuk dikonsumsi, berikut cara menyelamatkan daging yang sehat.

1. Bekukan

Membekukan makanan hingga 0 ° F (-18 ° C) tidak mengaktifkan mikroba seperti bakteri, ragi, dan jamur serta memperlambat aktivitas enzim. Semua hal yang dapat menyebabkan makanan menjadi buruk.

Jadi, apa pun jenis dagingnya, harus disimpan di lemari es. Ini aman karena dapat membekukan daging tanpa batas.

2. Bungkus dengan rapi

USDA menyarankan tidak hanya menyimpannya dalam kemasan asli, tetapi juga menambahkan lapisan lain bungkus plastik atau aluminium foil sebelum memasukkan daging ke dalam kulkas.

Baca Juga:  Akulaku Akan Segera Memasukkan Distribusi Kredit Produktif

Penambahan lapisan tambahan dikenal untuk membantu mempertahankan kelembaban dan menjaga makanan tetap segar. Membekukan daging saat masih segar juga dapat membantu mempertahankan rasa dan nutrisi.

3. Pisahkan dengan daging lainnya

Jangan menyimpan daging dan ikan di wadah yang sama. Dalam beberapa kasus, itu membuat kedua daging kurang enak. Aroma daging kambing yang kuat dan aroma kayu gurih bercampur satu sama lain.

4. Pencairan es ‘jalan yang benar’

Daging sapi atau kambing dan ikan lebih lama di freezer daripada di anak-anak. Penting untuk mengetahui cara meleleh setelah dikeluarkan dari kulkas.

Melelehkan daging kambing beku dan ikan mentah dapat dibuat dengan mencairkannya di lemari es atau di dalam kantong plastik plastik yang direndam dalam air dingin.

Mencairkan daging kambing beku langsung pada suhu kamar akan membuat bakteri tumbuh lebih cepat. Namun, jika dikonsumsi langsung di lemari es, pastikan tetesannya tidak menyentuh makanan lain di bibir.

Menyimpan persembahan kurban seperti daging kambing dan sapi selama Idul Adha harus dilakukan dengan benar agar daging tetap aman dan sehat saat dikonsumsi.

Sumber Artikel : https://www.jualanbarang.com/blog/gaya-hidup/cara-yang-benar-dalam-menyimpan-daging-kurban-idul-adha/

Belum ada peringkat.

Berikan rating untuk post ini ?