Rakit komputer gaming tidak hanya bisa dilakukan oleh orang berpengalaman saja, bahkan pemula sekalipun bisa melakukannya. Dengan catatan mengikuti setiap langkahnya dengan benar.

Baca juga : Tips Memilih Prosesor Gaming supaya Hasilnya Tidak Mengecewakan

Melakukan perakitan secara pribadi bisa menjadi salah satu cara paling pasti untuk bisa menyesuaikannya dengan keinginan pribadi. Kalian bisa menentukan hal terkait dengan hal bisa terkoneksi ke PC dari catu daya. 

Kalian juga bisa tahu apa saja game yang bisa dimainkan sesuai dengan frame rate diinginkan. Bukan hanya itu saja, merakit sendiri PC tersebut bisa meningkatkan peluang untuk merakitnya sesuai dengan budget yang kalian miliki.

Meski melakukan rakit komputer gaming terdengar rumit, terutama jika kalian melakukannya untuk pertama kali membuka bagian dalam. Padahal hal tersebut sebenarnya tidaklah serumit yang dipikirkan.

Kalian bisa mengikuti panduan mudahnya melalui pembahasan ini. Kita akan memberikan pembahasan secara bertahap atau panduan lengkap merakit komputer gaming.

Persiapan untuk Rakit Komputer Gaming

Persiapan untuk Rakit Komputer Gaming

Persiapan untuk Rakit Komputer Gaming

Sebelum memulai merakit komputernya, pastikan agar kalian menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu.

Tanpa mempersiapkannya, bisa mengalami kesulitan dalam proses perakitannya. Maka dari itu, silahkan kalian persiapkan hal seperti yang kami sebutkan berikut ini ketika memulai rakit komputer gaming.

Sebelum memasuki langkah demi langkah proses perakitan kalian perlu mempersiapkan alat tertentu. Selain itu, siapkan juga ruang kerja yang jauh dari pengaruh-pengaruh bisa mengganggu konsentrasi. Lebih detailnya silahkan pahami persiapan berikut:

  • Obeng, merupakan benda yang sangat perlu kalian persiapkan. Jenis obeng yang diperlukan adalah Phillips #2, jika memasang M.2 gunakan obeng Philips #0.
  • Flash drive USB, diperlukan juga flash drive 8 GB atau bisa lebih besar, agar bisa menyimpan menginstal sistem operasi nantinya akan kalian gunakan.
  • Ruang kerja, untuk ruang tempat bekerja dibutuhkan permukaan besar, misalnya meja yang luas. Supaya bisa menghindari pelepasan elektrostatis secara tidak sengaja, pastikan untuk berdiri pada permukaan tanpa adanya karpet.

Sebelum memulai untuk menentukan komponen, ada baiknya pertimbangkan terlebih dahulu casing atau ukuran casingnya terlebih dahulu. Perlu kalian ketahui, saat memilih casing ketahui apa yang ingin kalian pasang pada komputer tersebut. 

Sebab lokasi akhir dari PC ini akan menentukan seberapa besar bisa melakukannya. Juga menentukan apakah casing fitur tersebut layak dibeli atau tidak. Biasanya tersedia dalam tiga ukuran, besar, sedang, juga mini. 

Ukuran tersebut, merupakan ukuran pada umumnya dan sudah berdasarkan ukuran dari motherboard.

Pada poin ini, sudah saatnya untuk menyatukan komponen, sebelum melakukannya ada baiknya kalian ketahui secara menyeluruh terkait dengan komponen tersebut.

Kemudian barulah buat susunanya, atau jika ingin lebih mudah kalian bisa melihat rakitan komputer siap pakai di internet. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan anggaran serta kebutuhan khusus diinginkan. Silahkan persiapkan berikut ini saat akan mulai rakit komputer gaming:

  • Anggarannya, sebelum menentukan komponen yang akan digunakan disarankan untuk menentukan anggaran terlebih dahulu. Jika memiliki anggaran tidak terlalu banyak, jangan khawatir kalian tetap bisa mengupgrade-nya di kemudian hari.
  • Buat daftar, selanjutnya buat daftar komponen perakitan secara lengkap, serta pastikan agar komponen tersebut kompatibel dengan komponen lainnya.
  • Periksa persyaratan sistem, langkah lainnya jika ingin merakit PC karena game tertentu periksa terlebih dahulu persyaratan sistem yang memang direkomendasikan oleh game tersebut. 

Komponen penting lainnya, perlu untuk diperhatikan selain casing kalian harus mempersiapkan: CPU, GPU, Motherboard, memori (RAM), penyimpanan, PSU, sistem pendingin, periferal gaming, juga sistem operasi.

Pembahasan Komponen Penting saat Rakit Komputer Gaming

Pembahasan Komponen Penting saat Rakit Komputer Gaming

Pembahasan Komponen Penting saat Rakit Komputer Gaming

Dari beberapa komponen tersebut, terdapat tiga komponen penting atau berperan besar saat komputer digunakan. Mari kita lihat apa saja peran komponen penting sehingga sangat perlu kalian beli:

  • Unit Pemrosesan Pusat atau CPU

Merupakan peran paling penting karena menjadi otak dari komputer saat proses rakit komputer gaming, CPU mempunyai tanggung jawab untuk mengeksekusi perintah saat menjalankan program. Juga memberikan perintah pada komponen lainnya.

Kehadirannya mempengaruhi seluruh aspek, termasuk untuk kegiatan streaming, gaming, pembuatan konten juga multitasking. Sangat perlu untuk memilih jenis CPU paling tepat terutama saat merakit PC gaming.

Saat memilihnya, pastikan agar kamu memilih intel core frekuensi Turbo Maks tinggi. Karena bisa menentukan clock tertinggi hingga dapat dicapai memakai teknologi intel turbo boost juga mempunyai titik tubo banyak.

Kedua hal tersebut bisa memberikan dampak sangat signifikan pada performa yang dihasilkan. Sehingga sangat perlu memilih kualitas CPU terbaik tapi pastikan kompatibel dengan komponen lainnya.

  • Unit Pemrosesan Grafis atau GPU

Penggunaan CPU dengan GPU dapat memberikan efek pada FPS game secara langsung, dan GPU sangat perlu kalian miliki jika ingin memainkan game dengan tampilan grafis berat. 

Memilih jenis GPU intel Arc seri A bisa membantu meningkatkan skala XeSS-nya, yakni dengan cara menskalakan resolusinya ke 1080p ke 4K. Sehingga mampu memberikan visual jernih serta performa sangat lancar.

Ketika memilihnya untuk jenis rakit komputer gaming, pastikan kalian mencari tahu nilai dari benchmark online-nya. Atau bisa dengan cara melihat persyaratan sistem yang direkomendasikan pada game ingin dimainkan dan tinggal sesuaikan.

Komponen ini merupakan papan sirkuit utama dalam proses rakit komputer gaming , juga terhubung pada semua bagian. CPU juga berada di motherboard dan keduanya harus kompatibel.

Tidak hanya itu, komponen lainnya seperti GPU, hard drive, drive, memori, optik, kartu nirkabel akan terintegrasi pada motherboard. Salah satu tips mempersempit pilihan saat membeli motherboard adalah membeli berdasarkan ukurannya. 

Bentuk paling umum: Extended atx, micro atx, atx, serta mini-itx. Karena semua komponen menempel pada motherboard, kalian harus memilih ukuran besar (extended atx atau atx) supaya bisa memuat semua perangkat.

Pastikan juga untuk memilih motherboard yang kompatibel dengan komponen lainnya. Untuk jenis motherboard terbaru, bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi penggunanya.

Cara untuk Rakit Komputer Gaming

Cara untuk Rakit Komputer Gaming

Cara untuk Rakit Komputer Gaming

Setelah apa saja yang perlu dipersiapkan, serta mengetahui komponen penting harus kalian beli saatnya untuk mulai rakit komputer gaming. Pastikan untuk menyimak penjelasannya dengan baik, ya.

  1. Keluarkan motherboard dari kemasan dan letakan pada meja
  2. Pasang CPU dengan hati-hati, saat memasangnya tanda panah CPU harus sejajar dengan soketnya
  3. Pasang SSD M.2, kalian bisa mencari slot kecil tersebut pada motherboard. Jika tidak menemukannya silahkan lihat buku panduan (untuk melepas sekrup bias menggunakan obeng #0)
  4. Pasang pendingin CPU, untuk pemasangan lebih tepat kita sarankan agar kalian melihat buku panduan motherboard secara langsung
  5. Pasang memori (RAM), pastikan agar slotnya memiliki 2-4 slot dan silahkan isi semua slot ram tersebut. Apabila tidak ingin mengisinya, silahkan lihat buku panduan. Untuk melihat konfigurasi yang paling tepat
  6. Pasang catu daya, perhatikan casing CPU dan lihat di bagian mana seharusnya catu daya diletakkan.
  7. Pasang motherboard, jika motherboard tidak memiliki pelindung yakni berupa logam persegi dengan potongan port dibelakang casing kalian harus memasangkannya terlebih dahulu. Silahkan pasang apabila sudah diterapkan pelindungnya.
  8. Pasang GPU, untuk memasang pada motherboard kalian memerlukan GPU, obeng philips #2, sekrup dan buku petunjuk.
  9. Pasang penyimpanan, agar bisa memasangkannya membutuhkan SSD, HDD, sekrup, obeng philips #2, buku petunjuk dari casing.
  10. Instal sistem operasi, langkah terakhir dalam proses rakit komputer gaming adalah dengan menginstal SO atau sistem operasi. Untuk langkah lengkapnya, bisa melihat di internet.

Apabila telah menyelesaikan berbagai langkah tersebut, kalian tetap bisa menyesuaikannya lagi di kemudian hari. Menjadikannya sebagai sebuah pekerjaan yang menyenangkan dan tidak ada habisnya.

Kalian juga bisa menyesuaikannya sesuai dengan selera, bahkan dapat membuat kegiatan bermain game menjadi lebih seru juga menyenangkan. Setelah berhasil melakukan rakit komputer gaming, pastikan untuk menjelajahi sistem baru apa yang bisa diterapkan lagi.

Kemudian perbarui GPU menggunakan driver terbaru, aktifkan kecepatan memori lebih tinggi jika kalian memasang RAM kecepatan lebih tinggi, dan jangan lupa untuk mengoptimalkan sistem komputer, agar kegiatan bermain game lebih menakjubkan.

Membuatnya dengan versi atau rakitan sendiri, jauh lebih menyenangkan. Kalian bisa paham bagaimana proses perakitan dengan benar juga bisa melakukannya lagi di kemudian hari. 

Baca juga : Spesifikasi Laptop Gaming Terbaik Terkencang dan Worth It di Tahun 2023

Sehingga tetap bisa diupgrade dengan mudah, serta sesuai dengan keinginan pribadi. Agar langkah-langkahnya bisa berhasil, pastikan agar kalian mengikuti langkah atau cara merakit komputer gaming sesuai penjelasan di atas.

Sumber Link: Kunjungi website