Kami akan menjelaskan cara menonaktifkan IG, bagi Anda yang sedang penat dalam bermain sosial media atau ingin fokus pada urusan tertentu. Instagram memang menjadi salah satu social media apps, yang cukup banyak memiliki pengguna di seluruh dunia.

Baca juga: Cara Melihat Instagram yang di Private Tanpa Follow

Semenjak dirilis pada 6 Oktober 2010, sudah lebih dari 2 miliar pengguna aktif yang rutin bermain atau membagikan keseharian mereka melalui aplikasi ini. IG memang memiliki ciri khasnya tersendiri, jika dibandingkan dengan aplikasi sosial media lainnya.

Meskipun banyak digandrungi oleh para pengguna dari seluruh dunia, sebagian user juga ingin mengetahui cara menonaktifkan IG, karena beberapa dari mereka mengaku merasa bosan atau ingin rileks sejenak dari media sosial yang dianggap kurang baik bagi kesehatan mental.

Tidak ada salahnya jika ingin libur dalam bermain sosial media, karena terdapat dampak negatif jika terlalu sering mengaktifkannya. Berikut ini kami akan menjelaskan kepada Anda, bagaimana tahapan menonaktifkan akun IG baik secara permanen atau sementara.

Cara Menonaktifkan IG secara Sementara

cara menonaktifkan IG

Terkadang kita ingin fokus pada urusan di dunia nyata, yang lebih penting untuk dipikirkan. Dan kehadiran sosial media, bisa mengganggu fokus Anda dalam mencapai tujuan tersebut. Jika ingin menghapus akun sementara, agar bisa digunakan lagi, maka tutorial berikut ini akan membantu.

Pertama pengguna perlu membuka website Instagram, karena proses penonaktifan ini tidak bisa dilakukan melalui aplikasi. Setelah itu masukkan email, nama pengguna atau nomor telepon dan password, untuk masuk ke account yang ingin dinonaktifkan.

Cara menonaktifkan IG selanjutnya, pengguna harus menuju profile account yang terletak di kanan atas pada website. Lalu klik edit Profile, maka jika Anda scroll ke bawah terdapat pilihan Temporarily disable my account atau Nonaktifkan sementara akun saya.

  • Berilah Alasan Penonaktifan dan Masukkan Password

Anda akan dibawa ke halaman selanjutnya, dimana pengguna harus memberi alasan mengapa ingin menghapus secara sementara akun tersebut. Terdapat banyak opsi yang bisa dipilih, seperti wanted to remove something, created a second account, too many ads dan lainnya.

Cara menonaktifkan IG berikut ini, pengguna harus memastikan bahwa alasan tersebut bisa menjadi pegangan bagi Instagram terkait penonaktifan account pengguna secara sementara.

Jika sudah memilih alasannya, maka pengguna harus memasukkan kembali password. Jika semua kolom telah terisi, maka klik tombol Temporarily Disable Account. Nantinya pengguna bisa mengaktifkan kembali akun, jika ingin menggunakannya kembali.

Cara Menonaktifkan IG secara Permanen

Cara Menonaktifkan IG

Jika pengguna merasa Instagram tidak memiliki dampak positif bagi diri Anda, atau akun sudah lama tidak digunakan sehingga ingin menghapusnya secara permanen, maka tahapan berikut ini bisa membantu pengguna dalam menghapus akun untuk selamanya.

  • Log In ke Akun Instagram Anda

Sama seperti tutorial sebelumnya, penonaktifan akun tidak bisa dilakukan melalui aplikasi. Sehingga harus log in account terlebih dahulu melalui website Instagram, pastikan Anda mengingat email serta password dalam proses log in.

Jika sudah, maka cara menonaktifkan IG berikutnya adalah, Anda harus mengakses link berikut ini https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/. Setelah akun IG sudah log in pada browser, maka secara otomatis account sudah terhubung.

  • Pilih Alasan Penghapusan Akun

Setelah mengakses link tersebut, maka akan muncul opsi, dimana pengguna harus memilih alasan penonaktifan akun, seperti Can’t find people to follow, Too busy atau Too distracting. Jika sudah memilih alasannya, maka pengguna harus memasukkan kembali password pada akun.

Cara menonaktifkan IG berikutnya adalah, Anda hanya perlu klik tombol Delete yang terletak di bawah halaman website. Setelah ditekan, nantinya akun tidak secara langsung terhapus, Instagram akan memberikan waktu kira-kira 1 bulan sejak penghapusan tersebut.

Sehingga pengguna masih memiliki waktu, jika ingin mengaktifkannya kembali. Maka dari itu pastikan jika keputusan Anda dalam menghapus akun sudah dibuat dengan matang, karena jika sudah terhapus selamanya, maka account serta data didalamnya tidak bisa ditemukan.

Manfaat Menonaktifkan IG bagi Pengguna

Cara Menonaktifkan IG

Meskipun hampir seluruh orang di dunia memiliki akun sosial media, karena memiliki banyak manfaat yang bisa dipergunakan. Sebagian orang menganggap jika sosial media hanya membuat kesehatan mental terganggu, dan membuat kita membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

  • Lebih Fokus pada Pekerjaan ataupun Diri Sendiri

Dengan mengetahui cara menonaktifkan IG, pengguna bisa lebih fokus pada pekerjaan atau diri sendiri. Terkadang kita memang suka bermain sosial media, disaat waktu senggang untuk melihat kehidupan orang lain atau berita-berita yang sedang booming.

Namun Anda juga bisa terganggu akibat berita yang dibaca, atau merasa iri dengan kehidupan orang lain, dan nantinya malah mengganggu produktivitas dalam bekerja. Cukup fokus saja pada aktivitas yang lebih penting di dunia nyata.

  • Sehat secara Emosional juga Fisik

Meskipun hanya melihat komentar dari pengguna lain yang kurang baik untuk dibaca, nyatanya itu semua bisa mempengaruhi kesehatan fisik maupun mental Anda. Jika secara terus menerus berada di pusaran negatif, kondisi tersebut bisa merusak mental Anda.

Dan jika mental sudah tidak sehat, hal tersebut juga bisa berdampak pada fisik seseorang. Maka dari itu berhati-hatilah dalam membaca atau mengetik komentar di user account lain, bisa saja hal tersebut menganggu kesehatan mental Anda maupun orang lain.

Cara menonaktifkan IG juga bisa membantu Anda untuk lebih bersyukur, terkadang orang-orang hanya menampilkan kesenangan mereka saja di dunia maya. Padahal belum tentu jika di dunia nyata, mereka merasakan hal yang sama.

Jika kita melihatnya secara positif, seharusnya kita juga merasa senang, apabila melihat seseorang senang. Namun terkadang rasa iri bisa saja datang, dan membuat kita tidak merasa bersyukur dengan kehidupan yang telah kita dapatkan.

Dampak Menonaktifkan Instagram secara Permanen

Cara Menonaktifkan IG

Memang terdapat dampak yang akan muncul dan berpengaruh pada aktivitas user account, jika Anda menghapus sosial media ini secara permanen.

  • Semua Aktivitas Akun Anda akan Hilang

Dengan mengaplikasikan cara menonaktifkan IG secara permanen, nantinya aktivitas di dalam sosial media, seperti Likes, Comment, Follow, serta memposting berbagai foto atau story akan hilang, Anda maupun orang lain tidak bisa melihatnya kembali.

  • Akun Anda Tidak Dapat Ditemukan

Jika sudah memilih untuk menghapus akun secara permanen, maka tentu saja akun tidak bisa ditemukan kembali. Username Anda bisa saja digunakan orang lain, namun biasanya mesin pencari masih mengindeks akun Anda, namun lama kelamaan akan hilang dengan sendirinya.

Maka dari itu sebelum menghapus akun, pikirkan dengan baik, sebab semua data akan terhapus oleh sistem Instagram dan tidak bisa dikembalikan.

  • Tidak Lagi Ditemukan di Daftar Following maupun Follower Orang Lain

Dengan mengaplikasikan cara menonaktifkan IG secara permanen, nantinya akun yang telah Anda follow, pada daftar following mereka, tidak ditemukan username account Anda.

Sebab seperti yang telah kami sampaikan, user account akan hilang selamanya. Sehingga jumlah followers pada akun yang Anda follow juga akan berkurang, karena akun pengguna sudah tidak ada di daftar followers mereka.

Dampak Menonaktifkan Instagram secara Sementara

Cara Menonaktifkan IG

Meskipun hanya menonaktifkannya secara sementara, sistem aplikasi ini akan membuat seolah-olah akun Anda sudah menghilang. Namun tenang saja, setelah diaktifkan kembali, nantinya akun Anda bisa kembali hidup dan ditemukan oleh pengguna lain.

  • Jumlah Follower dan Following Masih Tetap Sama

Berbeda halnya dengan cara menonaktifkan IG permanen, jika Anda menonaktifkan IG secara sementara, maka jumlah follower maupun following akan tetap sama. Karena user account tidak terhapus secara permanen, sehingga sistem Instagram masih bisa mendeteksinya.

Selain itu data pengguna juga masih tersimpan di Instagram dan tidak terhapus, sehingga setelah mengaktifkannya kembali, kondisi akun Anda akan kembali seperti semula.

  • Akun Instagram Anda Tidak Bisa Ditemukan

Meskipun data akun tetap tersimpan, namun pengguna lain tetap tidak bisa menemukan akun Anda. Namun jika pengguna sudah mengaktifkannya lagi, maka akun juga aktivitas yang pernah Anda lakukan, bisa kembali seperti semula.

  • Hanya Bisa Menonaktifkan Akun Seminggu Sekali

Cara menonaktifkan IG secara sementara, juga tidak bisa dilakukan terus menerus. Terdapat batas bagi setiap pengguna dalam menonaktifkannya secara sementara, yaitu hanya bisa dilakukan satu minggu sekali.

Jika mencoba menonaktifkannya sebelum satu minggu, nantinya akan muncul pemberitahuan dari pihak Instagram. Maka dari itu, buatlah keputusan terbaik jika Anda berencana untuk puasa bermain sosial media.

  • Semua Aktivitas akan Disembunyikan

Dengan mengaplikasikan cara menonaktifkan IG secara sementara, aktivitas pengguna seperti Likes, Comment, Story, Direct Message akan disembunyikan, seolah-olah pengguna tidak ada, karena akun pengguna juga tidak bisa ditemukan.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi dan Situs Instagram Downloader yang Gratis

Memang penting setidaknya sekali dalam seminggu, jika Anda ingin menonaktifkan sosial media. Rehat sejenak dari dunia maya, bisa membuat pengguna lebih fokus dalam mengejar semua cita-cita atau rencana di kehidupan nyata.

Manfaatkan fitur tersebut, jika pengguna sudah merasa tidak nyaman dengan penggunaan IG. Dengan mengaplikasikan cara menonaktifkan IG, tutorial ini dapat membantu Anda untuk puasa bermain sosial media.



Sumber Link: Kunjungi website