Cara menggunakan MailChimp untuk melakukan email marketing cukup mudah untuk dilakukan. Email marketing adalah salah satu hal yang cukup penting dilakukan dalam suatu bisnis.

Baca Juga : Mengenal Google Form, Fungsi, Kelebihan dan Cara Pakainya

Saat ini, media pemasaran email masih menjadi salah satu media yang sangat efektif untuk menjangkau para pelanggan. Jangan menjangkau pelanggan lebih luas tentunya akan membuat brand Anda lebih dikenal.

Karena tidak semua orang mengikuti sebuah brand di media sosial ataupun meluangkan waktu untuk melihat website dari sebuah brand. Oleh karena itu, mengirimkan sebuah email marketing bisa menjadi salah satu cara untuk menjangkau para konsumen.

Sehingga cara menggunakan MailChimp untuk email marketing menjadi penting untuk Anda ketahui. Macam merupakan salah satu platform yang bisa digunakan untuk mengirimkan email marketing kepada pelanggan dan subscriber website.

Dengan fitur yang sangat lengkap ini akan sangat berguna untuk memperkenalkan frinanda kepada khalayak ramai. Marketing adalah sesuatu hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam sebuah bisnis.

Tanpa marketing yang baik biasanya sebuah bisnis akan sangat sulit untuk berkembang. Karena salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan yaitu adalah dengan menggunakan marketing yang tepat.

Alasan MailChimp Bisa Menjadi Pilihan Tepat untuk Anda 

cara menggunakan MailChimp - email marketing

Sebelum membahas cara menggunakan MailChimp, kami akan memberi beberapa tahu keunggulan dari parfum email marketing satu ini. Ini merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 2001 di Amerika Serikat.

Karena berbasis cloud web, MailChimp sangat mudah untuk digunakan. Anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan apapun untuk bisa menggunakan platform satu ini. Anda juga dapat mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja sesuai dengan kebutuhan.

Bisa dikatakan jika ini merupakan salah satu platform terbaik bagi Anda yang ingin melakukan email marketing. Cara menggunakan MailChimp sangat mudah dan juga memiliki fitur yang sangat lengkap untuk melakukan pemasaran.

Dengan berbagai macam fitur yang dimiliki akan semakin memudahkan Anda untuk mengatur strategi pemasaran. Berikut beberapa fitur unggulan dari MailChimp.

1. Optimasi email marketing dengan baik

Platform MailChimp menyediakan berbagai macam fitur agar nantinya email yang dikirimkan bisa mencapai target dengan tepat. Itu artinya nantinya Anda bisa mengetahui strategi pemasaran yang efektif untuk menggaet pelanggan baru.

Selain itu, Anda juga dapat melihat performa campaign yang dibuat. Dengan begitu nantinya Anda bisa melakukan evaluasi jika dirasa campaign yang dilakukan belum bekerja dengan baik.

2. Mengirimkan email secara otomatis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika cara menggunakan MailChimp ini sangat simpel. Anda tidak perlu mengirimkan email satu persatu kepada pelanggan atas subscriber website.

Anda bisa mengirimkan email otomatis untuk mengingatkan pembayaran yang belum terselesaikan ataupun menawarkan produk baru yang sedang promo. Ini tentunya akan semakin memudahkan Anda untuk meningkatkan omset penjualan.

3. Sudah terintegrasi dengan berbagai macam apps dan tools 

Saat ini sudah tersedia berbagai macam apps dan tools untuk melakukan marketing. Ini juga dimanfaatkan oleh MailChimp untuk memberikan berbagai macam fitur tambahan yang menarik.

Jadi ketika Anda membuat campaign nantinya bisa melakukan pengaturan lain seperti misalnya memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan pelanggan beli sebelumnya.

4. Tersedia berbagai macam campaign

Selain cara menggunakan MailChimp yang sangat mudah ternyata platform ini juga menyediakan berbagai macam pilihan campaign. Jadi Anda tidak hanya bisa mengirimkan email marketing akan tetapi juga bisa membuat Google ads dan Facebook.

MailChimp juga memungkinkan penggunanya untuk membuat campaign dalam bentuk postcard, landing page, sign up form, dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Menggunakan MailChimp dengan Mudah

cara menggunakan MailChimp - email marketing

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya jika untuk menggunakan MailChimp sama sekali tidak sulit. Berikut langkah-langkah Ketika Anda ingin membuat email marketing dengan menggunakan MailChimp

1. Membuat akun

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun. Anda bisa mengunjungi website resmi dari MailChimp untuk melakukan registrasi pendaftaran.

Anda akan diminta untuk mengisi email, username dan password. Kata kamu buat password harus menggunakan minimal 1 huruf kapital, 1 huruf kecil, angka, dan juga karakter unik dengan panjang minimal 8 karakter.

Setelah itu Anda akan diminta untuk menginput domisili agar nantinya menghindari dari pengguna spam. Kemudian, MailChimp akan melakukan personalisasi untuk memberikan aplikasi atau fitur tambahan yang sesuai untuk meningkatkan bisnis Anda.

2. Membuat daftar penerima email

Cara menggunakan MailChimp yang keduanya itu adalah membuat daftar dar penerima email. Ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk mengisi daftar penerima email pada MailChimp.

Cara pertama yang bisa lakukan itu adalah dengan input manual. Cara ini bisa dikatakan cukup rumit karena Anda harus memasukkan email penerima satu persatu pada kolom yang sudah ditentukan.

Cara kedua yaitu dengan input pada file berekstensi .csv. Itu artinya Anda harus memasukkan ke dalam file Excel terlebih dahulu seluruh daftar email penerima. Cara ini bisa dikatakan lebih praktis dibandingkan harus memasukkan secara manual.

Cara ketiga yaitu bisa dilakukan dengan mengimpor data menggunakan layanan pendukung. Ini bisa dikatakan cara yang paling mudah karena prosesnya akan dilakukan secara otomatis.

Salah satu cara termudah untuk melakukannya yaitu adalah dengan menghubungkan Google kontak Anda. Jika ingin mengatur email penerima dengan praktis sepertinya cara ketiga adalah yang terbaik.

3. Membuat sign up form

Cara menggunakan MailChimp yang ketiga yaitu adalah untuk membuat sign up form. Ini akan berguna untuk mengumpulkan data pelanggan sehingga nantinya bisa mengirimkan promosi atau penawaran jika ada produk baru.

Sangat penting bagi Anda untuk memaksimalkan data-data dari pelanggan dengan baik untuk meningkatkan penjualan.

4. Membuat campaign

Ini merupakan salah satu fitur paling menarik dan paling bermanfaat pada MailChimp. Ada berbagai macam campaign yang bisa Anda buat. Cara menggunakan MailChimp untuk membuat email marketing sangat mudah untuk dilakukan.

Menggunakan platform ini Anda bisa membuat sebuah email marketing yang sangat menarik dan unik. Berbagai macam fitur yang disediakan juga membuat Anda bisa memilih target penerima sesuai dengan kebutuhan.

Cara Menggunakan MailChimp dengan Efektif

cara menggunakan MailChimp - email marketing

Email marketing masih menjadi salah satu strategi marketing yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar satu ini. Salah satu Alasannya karena memang email masih cukup efektif untuk menggaet para pelanggan.

Agar email marketing bisa bekerja dengan baik tentunya harus dilakukan dengan cara yang tepat. Berikut beberapa tips menggunakan MailChimp untuk email marketing. 

1. Buat perencanaan yang matang

Cara menggunakan MailChimp agar bekerja dengan efektif yang pertama yaitu adalah buat perencanaan yang matang. Strategi Marketing adalah sesuatu hal yang sangat penting untuk dipersiapkan dengan matang.

Karena dengan persiapan yang matang nantinya hasil yang diperoleh juga akan lebih baik. Anda harus melakukan berbagai macam analisis dan riset agar nantinya bisa menemukan formula strategi marketing yang tepat.

2. Ketahui target audience

Sangat penting bagi Anda untuk mengirimkan promosi ataupun marketing kepada orang yang tepat. Dengan menggunakan MailChimp Anda bisa melakukan beberapa pengaturan agar nantinya bisa menjangkau pelanggan dengan produk yang tepat.

3. Buat pesan email marketing yang lebih personal

Tips cara menggunakan MailChimp yang ketiga yaitu buat pesan email marketing yang lebih personal. Biasanya soft selling bisa menjadi pilihan yang tepat agar nantinya pelanggan lebih tertarik membaca pesan email yang Anda kirimkan.

Seberapa Efektif Kinerja Email Marketing?

cara menggunakan MailChimp - email marketing

Sampai sejauh ini bisa dikatakan email marketing menjadi salah satu strategi marketing yang masih sangat efektif. Hal ini terbukti ada banyak sekali perusahaan besar yang rajin mengirimkan email marketing kepada pelanggannya.

Hal Ini dikarenakan tidak semua orang di era modern mengikuti sosial media ataupun rajin membuka website dari brand. Oleh karena itu tindakan menghampiri pelanggan dengan mengirimkan email kan marketing bisa menjadi pilihan yang tepat.

Beberapa sumber juga menyebutkan jika email marketing terbukti masih mampu meningkatkan omset penjualan. Dengan menggunakan MailChimp Anda dapat mengelola database email dari para pengguna dengan lebih baik.

Keberhasilan dalam melakukan email marketing katanya ditentukan oleh berbagai macam faktor. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik agar nantinya biaya yang dikeluarkan untuk email marketing juga tidak sia-sia.

Baca Juga : Tidak Pakai Ribet, Ini Cara Logout Gmail di Android

Salah satu platform yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk melakukan email marketing yaitu adalah MailChimp. MailChimp memiliki fitur yang sangat lengkap dan cara menggunakan MailChimp sangat mudah.

Sumber Link: Kunjungi website