Cara menggunakan Instagram Reels sebenarnya bukan menjadi hal yang sulit. Anda dapat menggunakan fitur baru yang dimiliki oleh Instagram ini untuk lebih berekspresi di sosial media. 

Instagram Reels menjadi sebuah fitur baru yang dimiliki Instagram. Ketika melihat Instagram Reels, sekilas Anda akan menganggap jika bentuknya mirip dengan TikTok. Saat menggunakan Instagram Reels, Anda dapat mengedit, merekam serta berbagi video dengan durasi pendek. 

Instagram Reels memiliki berbagai macam fitur pengeditan mulai dari efek, menggabungkan, memotong video, memberikan transisi serta mengontrol kecepatan video. Tentu saja cara untuk menggunakan Instagram Reels ini hampir mirip dengan TikTok.

Mudahnya Cara Menggunakan Instagram Reels

Cara Menggunakan Instagram Reels dan Serba-serbinya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cara untuk membuat Instagram Reels mirip dengan TikTok. Berikut langkah yang dapat Anda ikuti, antara lain:

1. Buka aplikasi Instagram

Cara menggunakan Instagram Reels yang pertama ialah membuka aplikasi Instagram di smartphone. Ketika ada di beranda awal, Anda dapat menggeser ke kanan layar ponsel seperti ketika membuka kamera saat membuat Instagram Stories. 

2. Pilih Instagram Reels

Cara menggunakan Instagram Reels, di bagian menu bawah layar, nantinya Anda akan melihat berbagai macam fitur kamera Instagram. Cukup geser sampai menemukan Reels, kemudian pilih tool Reels yang ada di sebelah kiri. 

Bila ingin merekam video, Anda hanya perlu klik tombol kamera yang ada di bagian tengah, kemudian Anda dapat melihat waktu berjalan dengan batasan hingga 15 detik. 

3. Klik set timer kemudian edit video 

Cara menggunakan Instagram Reels agar bisa merekam dengan hands free, Anda bisa mengklik tombol timer, kemudian pilih durasi video. Bila sudah selesai, klik set timer. 

Sesudah selesai merekam, klik tombol dengan logo > agar bisa melanjutkan editing. Anda dapat menambah efek, music dan yang lainnya. Cukup klik beberapa ikon yang ada di bagian atas, kemudian klik Next jika sudah selesai melakukan pengeditan. 

Jangan lupa menulis caption yang sesuai dengan Instagram Reels yang Anda miliki. Bila sudah selesai melakukan penulisan caption, Anda hanya perlu klik upload. 

Tools yang Ada Dalam Instagram Reels

Cara Menggunakan Instagram Reels dan Serba-serbinya

Bukan hanya cara menggunakan Instagram Reels saja yang harus diketahui, namun tools yang adda di dalam Instagram Reels ini juga harus Anda tahu. Pengguna Instagram Reels bisa merekam serta mengedit video dengan durasi 15 sampai 30 detik. 

Kemudian pengguna bisa menambahkan efek dan audio serta membagikannya ke pengikut mereka, atau ke semua pengguna bila akun bersifat public. Dengan menggunakan berbagai macam tools di Instagram Reels. 

Tentu saja dengan adanya ini, video akan menjadi semakin hidup. Ada berbagai macam fitur yang bisa digunakan ketika mempraktekkan cara menggunakan Instagram Reels, antara lain:

1. Audio

Instagram tentu saja mempunyai daftar music tersendiri. Sehingga, Anda dapat menemukan berbagai macam lagu yang digunakan untuk mendukung konten Instagram Reels ini. Anda dapat memilih segmen tertentu dan dimasukkan ke dalam Reels dengan cara menggeser timer. 

Bukan hanya itu, Anda juga dapat membuat audio sendiri dengan cara merekamnya sehingga pengguna Instagram yang lain bisa menggunakan audio yang sudah Anda reka.

2. Timer

Ketika Anda ingin mempraktekkan cara menggunakan Instagram Reels dengan hands free, timer menjadi salah satu fasilitas yang dapat digunakan. Kemudian Anda bisa klik tombol rekam. Jika hitungan mundur selesai, proses perekaman dimulai. 

3. Align

Align sebenarnya merupakan fitur yang bisa memungkinkan Anda untuk membuat potongan video sehingga membuatnya terlihat semakin mulus. 

Tidak sedikit orang yang menggunakan tolls Align. Apalagi saat mereka ingin mengubah pakaian atau ingin berpindah tempat. 

4. Speed

Fitur lain yang bisa digunakan adalah speed. Dengan menggunakan fitur speed Anda dapat memperlambat maupun membuat video yang dibuat menjadi lebih cepat. Dengan menggunakan fitur ini, video akan menjadi lebih menarik dan dramatis. 

Cara Menggunakan Instagram Reels dengan Pengeditan

Cara Menggunakan Instagram Reels dan Serba-serbinya

Ketika menggunakan Instagram Reels, Anda pasti ingin membuatnya terlihat dengan semenarik mungkin bukan. Ada beberapa tips yang bisa diikuti jika ingin menggunakan Instagram Reels dengan pengeditan, seperti:

1. Menggunakan aplikasi luar

Cara menggunakan Instagram Reels dengan pengeditan yang pertama adalah menggunakan aplikasi luar. Selain menggunakan berbagai macam fitur yang disediakan oleh Instagram Reels. 

Anda juga dapat menggunakan aplikasi-aplikasi lain yang bersifat gratis. Contohnya saja Anda bisa menambahkan warna, animasi dan berbagai macam efek yang bisa diperoleh dari berbagai macam aplikasi luar tersebut. 

2. Mencocokannya dengan rekaman

Jika sudah menemukan pengeditan yang tepat, Anda dapat menyinkronkan kecepatan rekaman. Sinkronisasi kecepatan rekaman ini bisa menciptakan kenyamanan bagi mereka yang melihatnya. 

3. Menambahkan efek

Penambahan efek menjadi salah satu cara menggunakan Instagram Reels yang penting. Namun, jangan sampai membingungkan penonton karena terlalu banyak menggunakan efek. Anda bisa menambahkan efek yang standar, asalkan membuat penonton nyaman dengan adanya efek tersebut. 

4. Tentukan durasi rekaman dengan baik

Akan lebih baik jika Anda membuat konten dengan durasi kurang lebih 30 detik. Sehingga jangan hanya membuat konten selama 15 detik saja. Durasi 30 detik bisa memberikan informasi lebih ke penonton sehingga informasinya bisa sesuai. 

5. Mensejajarkan klip

Anda dapat mensejajarkan klip dengan cara menekan tombol ikon 2 layar. Dengan cara ini, penonton akan nyaman melihat konten yang Anda miliki serta dapat menyerap berbagai macam informasi yang ingin Anda sampaikan dengan baik. 

Cara Menggunakan Instagram Reels Agar Ditonton Banyak Orang

Cara Menggunakan Instagram Reels dan Serba-serbinya

Jika sekarang ini Anda sudah mulai membuat konten untuk Instagram Reels namun masih belum mendapatkan likes serta view dengan jumlah banyak, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa diikuti, seperti:

1. Tampilkan hal menarik di awal video

Agar bisa menarik minat penonton, pada beberapa detik awal video, Anda harus memperhatikan opening dengan baik. Beberapa detik konten Instagram Reels biasanya akan diputar dengan otomatis. 

Contohnya ketika pengguna melakukan scrolling feed mereka. Sehingga, video ini akan membuat penasaran kemudian melihat Instagram Reels yang Anda buat dengan keseluruhan. 

Selain itu Anda juga harus menciptakan konten yang kreatif dan menarik di awal, ucapkan hal-hal yang dapat memancing penonton serta sisipkan kata-kata yang menarik. 

2. Pilih music berlatar keren

Cara menggunakan Instagram Reels agar menarik penonton yang lainnya adalah memilih music yang tepat. layaknya TikTok, music maupun sound yang sedang trend bisa menjadi pilihan tepat untuk konten video Anda. 

Tentu saja peluang untuk memperoleh penonton dalam jumlah lebih banyak dalam setiap penayangannya bisa semakin meningkat, bahkan Anda dapat mendatangkan pengikut baru. 

3. Gunakan fitur bawaan

Cara menggunakan Instagram Reels yang lainnya adalah menggunakan fitur bawaan yang dimiliki Instagram Reels. Ada berbagai macam fitur yang dimunculkan Instagram Reels, dan bukan hanya untuk sekedar tampilan. 

Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan fitur bawaan ini. Bukan hanya itu, fitur bawaan juga bisa digunakan untuk meningkatkan eksposur akun saat sering menggunakannya. 

Tidak mengherankan bila penggunaan Instagram Reels bisa memberikan peluang agar bisa meningkatkan view serta likes di konten. 

4. Pastikan angle terlihat menarik

Jika Anda membuat Instagram Reels dengan durasi 30 detik namun angle yang dimiliki sama, tentu akan membuat penonton bosan. Oleh sebab itu, cara menggunakan Instagram Reels agar lebih menarik adalah mengubah angle.

Anda bisa mengubah angle kamera serta menambahkan transisi saat melakukan edit video. Dengan cara ini, penonton akan lebih tertarik untuk menonton lebih lama. 

Inspirasi Tema Instagram Reels yang Bisa Diikuti

Cara Menggunakan Instagram Reels dan Serba-serbinya

Bukan hanya memperhatikan cara menggunakan Instagram Reels. Namun, tema juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Sehingga nantinya Instagram Reels yang Anda buat bisa menarik perhatian. Ada beberapa tema Instagram Reels yang bisa menjadi pilihan, seperti:

1. Komedi

Biasanya orang Indonesia tertawa dengan hal-hal yang berbau komedi. Beberapa waktu belakangan ini banyak comedian baru yang muncul dari Instagram Reels. Mereka membuat video lucu dengan durasi yang singkat. 

2. Cinta serta keluarga

Pandemic ini memang membuat orang-orang lebih menghabiskan waktu bersama dengan keluarga dan pasangan. Anda bisa membuat konten yang memberikan gambaran interaksi bersama dengan mereka yang terkasih. 

Walaupun tidak sering berpergian kemana-kemana, sekarang ini orang masih suka berbelanja, oleh sebab itu Instagram Reels bisa menjadi tempat yang tepat untuk menunjukkan gaya yang Anda miliki. 

Baca juga: Cara Melihat Instagram yang di Private Tanpa Follow

Tidak sedikit konten yang menyejukkan sehingga membuat kita istirahat sejenak dari stress serta rutinitas yang dihadapi. Terdapat peningkatan obrolan serta diskusi yang berkaitan dengan kesehatan mental. 

Itulah cara yang dapat Anda terapkan dengan mudah. Jika sudah mengantongi berbagai macam informasi di atas, cara menggunakan Instagram Reels tenuti saja menjadi hal yang tidak sulit. 



Sumber Link: Kunjungi website