OK Google adalah salah satu mantra yang paling banyak diucapkan oleh sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Ini dikarenakan ia mampu melakukan banyak hal sesuai yang diminta, misal set alarm, putar film, cari informasi, hingga mematikan lampu.

Baca juga : Mengenal Google Nest dan Jenisnya Beserta Informasi Lengkapnya

Walaupun begitu, masih ada banyak orang pula yang belum tahu bagaimana cara mengaktifkan dan menggunakannya padahal mempunyai perangkat mumpuni. 

Oleh sebab itu, artikel ini akan membahas lengkap tentang cara aktivasi, cara menggunakan, hingga beberapa hal yang bisa dilakukan oleh asisten cerdas ini. Jadi, kalian wajib simak penjelasannya hingga akhir!

Mengenal Apa Itu OK Google Assistant?

Mengenal Apa Itu OK Google Assistant?

Mengenal Apa Itu OK Google Assistant?

Google Assistant adalah asisten virtual cerdas yang memungkinkan kalian bisa menggunakan suara saja untuk memberikan perintah guna melakukan suatu tugas atau menjawab pertanyaan. 

Hanya dengan ponsel saja, kalian sudah bisa memberikan perintah untuk membuka aplikasi, menyetel alarm, mengirim pesan teks, memeriksa cuaca, menjawab pertanyaan, mengontrol lampu, memeriksa baterai, dan lain sebagainya.

Cara Praktis Aktifkan OK Google Assistant di Berbagai Perangkat

Asisten Google bisa diinstal dan digunakan di perangkat Android maupun iOS, termasuk diakses melalui speaker dan layar pintar yang tersambung.

  • Cara Mengaktifkan OK Google Assistant di Android

Sebelum mengaktifkannya, kalian perlu memastikan bahwa perangkat yang digunakan susah kompatibel, yaitu Android 5.0 atau lebih tinggi, aplikasi Google 6.13 atau lebih tinggi, layanan Google Play, dan memori 1,0 GB. 

Asisten cerdas ini juga berfungsi ketika perangkat kalian masih terkunci, tetapi hanya untuk Android 8.0 atau lebih tinggi. Berikut adalah cara untuk memeriksa persyaratan tersebut, yaitu:

  • Periksa pembaruan perangkat Android, kemudian perbarui ke versi Android terbaru jika itu sudah lawas atau di bawah versi 5.0.
  • Perbarui aplikasi Google ke versi teranyar. Cara untuk memeriksanya adalah dengan buka aplikasi Google, pilih Lainnya > Setelan > Tentang.
  • Masuk ke layanan Google Play di aplikasi Google Play, dan pilih Instal jika kalian menemukannya. 
  • Aktifkan mode pengembang dan buka Pengaturan > Sistem > Lanjutan > Opsi pengembang > Memori guna memeriksa apakah perangkat mempunyai lebih dari 1 GB memori atau tidak.
  • Konfirmasikan bahwa ponsel atau tablet kalian sudah disetel ke bahasa yang ada pada daftar. Cara menemukan pengaturan bahasa adalah ketuk Pengaturan > Sistem > Bahasa & Masukan > Bahasa .

Setelah memastikan bahwa perangkat sudah memadai, kini kalian hanya perlu mengaktifkan OK Google Assistant dan inilah langkah-langkahnya, yaitu:

  • Buka tombol “Home” selama beberapa saat hingga muncul halaman Google Assistant.
  • Setelah itu, buka Assistant Setting dan klik “General”.
  • Ganti setelan Google Assistant ke “ON” untuk mengaktifkannya.
  • Gulir ke bawah hingga menemukan “Voice Match” pada bagian “Popular Setting”.
  • Lakukanlah “Tap Voice Mode” dan rekam suara agar Google bisa mengenali kalian.
  • Kini, Google Assistant sudah bisa kalian gunakan.
  • Cara Mengaktifkan OK Google Assistant di iOS

Walaupun sudah mempunyai Siri, ternyata iOS juga bisa dipasangi Google Assistant yang mempunyai fungsi serupa. Namun, itu hanya bisa berjalan di iOS 10 atau lebih tinggi. 

Tidak sama dengan Android, Google Assistant tidak termasuk dalam aplikasi bawaan, sehingga kalian harus mengunduhnya terlebih dahulu. Jika sudah, berikut ini adalah cara untuk mengaktifkannya, yaitu:

  • Buat dan masuk dengan akun Google kalian.
  • Pada halaman Google Partners, klik “Lanjutkan”.
  • Tap opsi “Izinkan” pada permintaan terkait pengiriman notifikasi. Namun, kalian juga bisa menolaknya jika tidak ingin mendapatkan notifikasi atau peringatan dari Google Assistant.
  • Daftar untuk mendapatkan pembaruan dari Google terkait fitur baru, penawaran, dan hal lainnya. Ini opsional untuk dilakukan.
  • Jika sudah, klik “Berikutnya”.
  • Ketika disajikan pertanyaan terkait akses mikrofon, pilih “OK” karena ini penting untuk memungkinkan kalian bisa berbicara dengan Google Assistant.
  • Cara Mengatur OK Google di Apple Watch

Selain iPhone dan iPad, Apple Watch atau iWatch juga bisa diinstall Google Assistant agar menjadi lebih mudah. Persiapan yang perlu dilakukan cukup mudah, yaitu:

  • Tap layar agar iWatch aktif dan bisa dioperasikan.
  • Gulir dari bawah ke atas dan pilih “Pengaturan”.
  • Selanjutnya, klik “Personalization” atau “Personalisasi”.
  • Aktifkan deteksi “OK/Hai Google”.

Cara Menggunakan OK Google Assistant

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Google Assistant bisa berjalan, baik itu di Android maupun iOS bahkan Apple Watch sekalipun. Sebelum mengaktifkannya, kalian perlu mengetahui bagaimana cara untuk menggunakannya dengan benar.

Berikut adalah daftar yang wajib kalian pelajari dengan seksama, antara lain:

Saat pertama kali menggunakan asisten cerdas, maka kalian akan diminta untuk menggunakan Asisten Google dan deteksi suara “OK/Hai Google”. 

Jadi, nantinya sebagai pemilik harus mengatakan mantra tersebut agar ponsel bisa mengenali suara kalian kapan saja untuk mengaktifkan Asisten Google dan melayani segala kebutuhan.

  • Pilih Akun Google untuk Asisten

Pastikan untuk mengaktifkan asisten menggunakan satu akun dengan yang kalian minta ketika mencari informasi, khususnya jika menyangkut foto. Jika menggunakan satu akun untuk asisten dan akun lain untuk Google Foto, maka ia tidak akan bisa mendapatkan akses.

Asisten Google dilengkapi dengan menu Pengaturan yang bisa diatur sedemikian rupa, mulai dari menyesuaikan model suara “Ok Google” hingga mengetahui ringkasan aktivitas kalian.

Caranya adalah buka aplikasi “Setelan Anda” dan cari menu “Asisten”. Setelah itu, akan muncul pilihan yang bertuliskan “Setelan Asisten’” dalam daftar tersebut. Klik itu dan kalian akan dibawa ke menu pengaturan utama Google Assistant. 

Buka pengaturan “Asisten Google” dan gulir ke bawah hingga mendapati opsi “Berita”. Pada halaman tersebut klik untuk menyesuaikan daftar berita kalian.

Cara tersebut bisa membantu menambahkan sumber berita dan mengubah urutan jika mengetuk tab “Ubah Urutan” di bagian kanan atas daftar berita. 

  • Lokasi Rumah dan Kantor 

Buka pengaturan “Asisten Google” dan scroll ke bawah untuk menuju ke “Tempat Anda”. Pada halaman tersebut, kalian akan disajikan opsi untuk menambahkan alamat rumah dan kantor. Selain itu, bisa juga tambahkan alamat baru jika diperlukan.

Kalian bisa mengetahui alamat tersebut ketika mendesak hanya dengan mengucapkan “OK Google”.

Buka pengaturan “Asisten Google” dan cari opsi “Face Match”. Setelah itu, klik “Siapkan Face Match” agar Google bisa mengenali wajah dan hanya menampilkan info yang hanya ditujukan untuk kalian saja.

  • Gunakan untuk Membuka Kunci Perangkat

Buka setelan “Asisten Google” dan search “Hasil Penelusuran Personal”. Kemudian, klik aktif pada opsi “Hasil Penelusuran Personal Layar Kunci”. 

Selain itu, kalian juga bisa mengaktifkan “Voice Match” untuk mengirim pesan dan mengakses email, kalender, kontak, ketika ponsel masih terkunci.

Hal-hal yang Bisa Dilakukan Oleh OK Google

Hal-hal yang Bisa Dilakukan Oleh OK Google

Hal-hal yang Bisa Dilakukan Oleh OK Google

Asisten Google adalah asisten pribadi canggih yang bisa kalian aktifkan dan gunakan dengan mudah. Ada banyak sekali hal yang bisa ia lakukan, termasuk memutar musik, mengatur pengingat, memeriksa penerbangan, dan lain sebagainya. 

Berikut adalah penjelasan rinci terkait beberapa hal yang bisa kalian ucap dan perintahkan pada Google Assistant, antara lain:

Cara mengaktifkan dan menonton Netflix, kalian hanya perlu mengucapkan “Hai Google”, kemudian diikuti dengan apa yang ingin ditonton, misal “Tonton Umbrella Academy di Netflix”. 

Kalian bisa meminta Asisten untuk menceritakan berita dari sumber yang sudah dipilih sebelumnya dengan cara ucapkan “Hai Google”, kemudian diikuti dengan “Apa beritanya”, “Berita internasional”, “Apa berita tentang politik “, “Berita olahraga”, dan lain sebagainya.

Kerennya, Assistant Google juga bisa mengontrol perangkat smart yang kompatibel. Jika sudah menyiapkan perangkatnya, maka kalian hanya perlu mengucapkan “OK Google”, kemudian diikuti dengan “Matikan lampu “, “Nyalakan pemanas”, dan lain sebagainya.

Agar bisa mendapatkan pengarahan harian kepada Asisten, maka ucapkan “Hai Google” yang diikuti “Selamat pagi”, “Selamat siang”, atau “Selamat malam”. Selanjutnya, kalian akan mendapatkan informasi cuaca, rapat yang akan datang, narasi berita, dan lainnya.

Cara meminta Asisten untuk menyetel pengingat adalah ucapkan “Hai Google” yang diikuti dengan “Setel pengingat untuk makan”, “Ingatkan saya untuk membeli buku”, “Ingatkan untuk menelepon ibu malam ini”, dan perintah lainnya sesuai kebutuhan.

Selain pengingat, kalian juga bisa meminta asisten untuk menyetel alarm dengan ucapkan “Ok Google” diikuti “Setel alarm jam 12 malam”, “Bangunkan saya jam 9 pagi”, “Bangunkan saya jam 10 pagi setiap hari”, hingga “Tunjukkan alarm saya”.

Bertanya kepada Asisten tentang cuaca, yaitu dengan ucapkan “Hai Google” diikuti “Bagaimana cuacanya”, “Apakah besok hujan”, “Berapa suhunya”, atau “Ramalan cuaca akhir pekan”.

  • Dapatkan Informasi Penting

Mencari informasi hanya bisa dengan cara ucapkan “Hai Google” yang diikuti pertanyaan, seperti “Siapa Archimedes”, “Berapa jarak bulan ke bumi”, “Berapa gram dalam satu piring”, “Siapa penemu lampu pijar”, dan lain sebagainya.

Cara meminta asisten untuk menemukan hal-hal terdekat, yaitu ucapkan “Hai Google” diikuti perintah, misalnya “Cari restoran”, “Hotel terdekat”, “Pom terdekat”, atau “Film horor apa yang sedang diputar di bioskop”, dan lain sebagainya.

Baca juga : Mengenal Perbedaan HTTP dan HTTPS Beserta Detail Pengertian

Google Assistant adalah teknologi yang digandrungi banyak orang karena mampu membantu banyak pekerjaan atau aktivitas harian. Hanya cukup mengucapkan “OK Google” saja, kalian sudah bisa melakukan banyak hal, seperti mencari informasi hingga set alarm.

 

Sumber Link: Kunjungi website