Proses booting komputer memakan waktu lama? Kamu bisa membuat proses booting berjalan kurang dari 10 detik. Berikut cara mempercepat booting windows 10.


Proses booting idealnya memakan waktu berapa lama sih? Jawabannya, relatif. Tergantung versi windows atau sistem operasi yang dipakai. Akan tetapi, khusus untuk windows 10 seharusnya tidak memakan waktu yang lama.

Jika kamu memiliki permasalahan seputar proses booting yang lama, coba terapkan cara mempercepat booting windows 10 dibawah ini. Ada beberapa setting yang harus kamu ubah untuk membuat proses booting berjalan kurang dari 10 detik. Berikut informasi lengkapnya.

Non-Aktifkan Semua Efek Spesial

Salah satu faktor yang membuat proses booting windows 10 lama sekali bisa diakibatkan karena efek spesial. Banyaknya efek spesial yang terpasang bisa membuat proses booting berjalan lama. Coba nonaktifkan semua efek special tersebut menggunakan cara ini.

  1. Buka start menu -> klik ikon mesin pencarian, atau tekan “Windows+R” pada keyboard. Tuliskan “View Advanced Systems Settings” di kolom pencarian tersebut.
  2. Klik pada tab “Advance
  3. klik tombol “Setting” pada menu performance 
  4. Masuk di menu Performance Option, kamu akan dihadapkan pada beberapa pilihan, salah satunya“Visual Effect”.

Jika kamu menerapkan effect special pada komputer, seharusnya titik hitam berada di pilihan “Let windows choose what’s……

Tugas kamu, ganti opsi tersebut dengan klik pada opsi “adjust for best performance”.

  1. Klik ok, dan selesai.

Special effect yang mempercantik layar komputer kamu akan hilang, namun proses booting akan menjadi lebih cepat. Namun jika cara ini belum bisa membuat proses booting berjalan cepat, coba terapkan cara selanjutnya.

Sembunyikan Icon Desktop

Saat proses booting berjalan, sistem akan meload semua tampilan yang ada di desktop . Semakin banyak tampilan yang muncul di desktop, semakin lama proses booting berjalan. Coba sembunyikan semua icon pada desktop untuk mempercepat proses booting. 

  1. Klik kanan di layar dekstop
  2. Pilih opsi “View
  3. Hilangkan tanda centang pada opsi “Show icon desktop
  4. Selesai. Icon dekstop sudah tidak terlihat di layar lagi. Proses sistem melakukan load saat booting, otomatis akan semakin cepat.

Aktifkan Pengaturan Fast Startup

Cara lain untuk membuat proses booting berjalan cepat adalah dengan mengubah setting windows 10. Dimana, sistem operasi windows 10 memiliki fitur Fast Startup. Fungsinya adalah untuk meningkatkan performa booting. 

Nah, jika kamu ingin proses booting berjalan kurang dari 10 detik, aktifkan pengaturan fast startup tersebut. Berikut tutorialnya.

  1. Arahkan kursor ke icon battery yang ada di pojok kanan bawah.
  2. Klik kanan di icon baterry tersebut, kemudian pilih opsi “power option
  3. Masuk di menu Power Option, kamu akan melihat ada beberapa pilihan di layar bagian kiri. Tugas kamu selanjutnya, pilih menu yang bertuliskan “Choose what the power button does”.
  4. Lalu, klik di bagian “Change setting that are currently…….” untuk mengubah setting fast startup-nya
  5. Centang kotak pada tulisan “Turn on fast startup”. (opsi ini ada dibagian bawah)
  6. Klik “Save changes” untuk menyimpan perubahan tersebut.
  7. Selesai. Performa booting akan meningkat 2 lebih cepat dari sebelumnya.

Sistem operasi windows 10 memiliki fitur rekomendasi lainnya selain Fast Start-up, yakni Boot Menu Time-Out. Fitur tersebut merupakan sistem untuk mengatur waktu yang berkaitan dengan proses booting. 

Singkatnya, fitur Boot Menu Timeout ini bisa kamu setting untuk mempercepat waktu booting. Dari yang semula proses booting berjalan selama lebih dari 30 detik, bisa dipercepat menjadi 15 atau 10 detik saja.

Berikut tutorial setting waktu startup windows 10 dengan mudah

  1. Buka start menu -> masuk ke toolbar pencarian atau bisa langsung tekan tombol “Windows+R” untuk masuk ke kolom pencarian.
  2. Tuliskan “View Advance system settings
  3. Masuk di System Properties, kamu akan melihat ada beberapa pilihan menu bar yang tersedia. Langsung saja pilih yang “Advanced” 
  4. Disitu kamu akan masuk di jendela baru Startup and Recovery. Lalu dibagian kotak yang tercentang “ Time to display list operating systems” ada opsi untuk merubah detik. Ubah saja menjadi 10 second (bisa diubah sesuka hati) 
  5. Klik ok untuk menutup jendela tersebut.
  6. Selesai.

Cobalah untuk restart komputer, dan lihat berapa lama proses booting akan berjalan. Bahkan jika kamu ingin membuat proses booting hanya berjalan 5 detik saja juga bisa. Keberadaan fitur Boot Menu Time-out memang digunakan untuk mengatur waktu booting komputer sesuka hati.

Non-Aktifkan Program yang Sedang Berjalan

Saat windows 10 memulai proses booting, sistem akan beberapa program yang terpasang tanpa ditampilkan pada layar desktop. Bisa dibilang “run in the background”. Semakin banyak program yang dijalankan, semakin lama proses booting berlangsung.

Program yang dijalankan sifatnya “Run in the background”, maka tidak semua orang tahu tentang hal ini. Nah, untuk tahu mengurangi program yang berjalan saat proses booting, coba terapkan cara non-aktifkan program windows 10 dibawah ini.

  1. Klik kanan pada layar utama windows 10 (desktop)
  2. Pilih Task Manager
  3. Halaman Task Manager akan muncul. Disitu ada beberapa pilihan menu yang tersedia, klik pada tab “Startup
  4. Disitu kamu akan melihat daftar program yang berjalan saat proses booting berlangsung. Tugas kamu adalah non-aktifkan beberapa program yang sekiranya tidak penting untuk dijalankan dibalik layar.
  5. Caranya, arahkan kursor program yang akan dihentikan, klik kanan -> pilih opsi “Disable
  6. Setelah itu, status yang tertulis pada layar akan berhenti dari “Enable” menjadi “Disable”
  7. Sangat disarankan untuk menghentikan/non-aktikan program yang tidak berkaitan dengan sistem.
  8. Selesai. Tidak ada lagi istilah windows 10 lemot 2019. 

Jadi, kesimpulan yang bisa diambil adalah proses booting tidak akan berlangsung lama jika tidak ada faktor penyebabnya. Sebagai solusi, kamu memang harus menerapkan cara mempercepat booting seperti diatas. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga:

Sumber Link: Kunjungi website